53. PERKATAAN YANG BIJAK


53.  PERKATAAN YANG BIJAK

SIKAP HATI: BIJAK/ WISE

SIAPKAN BALON, BABY OIL DAN JUGA MINYAK KAYU PUTIH
SIAPKAN BALON, BABY OIL DAN JUGA MINYAK KAYU PUTIH

 

THN II. 30. PERKATAAN YANG BIJAK

SIKAP HATI: BIJAK/ WISE

 

TERMIN 1

MEMPERKATAKAN FIRMAN TUHAN

( disarankan 5 menit saja, jangan terlalu lama pada termin ini)

Untuk menjaga keadilan, maka anak yang menang dalam sesi ini berhak maju untuk mencoba sesi percobaan. ( kita hanya butuh 2 orang pemenang)

Ajak anak-anak memperkatakan ayat mas kita pada : (pakai gerakan untuk menghafalkan ayat ini)

AMSAL 12: 18

Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang,

tetapi lidah  orang bijak mendatangkan kesembuhan

Siapa dua orang yang berani maju dan ayat terkatakan sempurna, boleh maju untuk mencoba sesi percobaan. Tetapi jika tidak sempurna, harus digantikan oleh anak lain yang bisa memperkatakan Firman Tuhan dengan lebih baik.

TERMIN 2

 PERCOBAAN:

( metode eksperiment)

(disarankan 5 menit saja, jangan terlalu lama pada termin ini, biarkan rasa penasaran anak-anak untuk mencoba kita tahan untuk sesi berikutnya, dan ada prasyarat tertentu jika mereka ingin melakukan percobaan yang sama)

Tips : gunakan balon yang setipis mungkin, karna balon tipis mudah meletus, namun saran saya, saat membeli balon usahakan beri hitungan cadangan yang agak lebih banyak, karna balon tipis juga mudah meletus saat ditiup.

  1. Pertama-tama ajak anak-anak untuk melakukan percobaan. Percobaan ini sengaja kita taruh di awal acara sebagai metode AKTIVE BRAIN, setelah mereka memperkatakan ayat mas kita hari ini
  2. Siapkan balon yang siap tiup, minyak kayu putih, baby oil, perlengkapan cuci tangan yang terdiri dari : lap/serbet  bersih, sabun cair/ batang serta air untuk mencuci tangan.
  3. Tempelkan label : LANCANG MULUT di depan minyak kayu putih, dan tempelkan label ; LIDAH ORANG BIJAK di depan baby oil. LABEL INI SUDAH ADA DI LAMPIRAN 4 SAAT ANDA PRINT NANTI ( JADI ANDA TIDAK PERLU MENGETIK SENDIRI)
  4. Kini anda tiup balon di depan anak-anak (jika anda mengajar kelas kecil / tengah), atau anda meminta salah seorang anak meniupnya (jika anda mengajar kelas besar/pra remaja). Namun jika anda ingin menghemat waktu, ada baiknya balon sudah ditiup oleh guru lain, atau sudah anda tiup sebelum ibadah dimulai.
  5. Lumuri kedua belah telapak tangan salah seorang anak (pemenang dari sesi memperkatakan Firman Tuhan)  dengan baby oil, ( jangan terlalu sedikit), minta dia memegang balon tersebut dengan kedua belah telapak tangan secara penuh menyentuh balon tersebut, dalam waktu 10 detik, dan tunggu apa yang terjadi dengan balon itu. (ternyata tidak terjadi apa-apa)
  6. Kini minta anak lain yang tangannya masih kering, (pemenang dari sesi memperkatakan Firman Tuhan)  (pastikan anak ini tidak takut pada balon yang meletus, karna ada beberapa anak yang trauma dengan balon meletus),  untuk mencoba hal yang sama, tetapi untuk kali ini tangannya bukan dilumuri baby oil, tetapi dilumuri oleh minyak kayu putih. Lihat apa yang terjadi dalam 10 detik itu. ( balon akan meletus , walau hanya dipegang biasa) – ingat..belilah balon yang kualitas bahannya tipis dan murah, karna semakin tebal balon, semakin sulit meletusnya.
  7. Mengapa hal ini terjadi? ( ajak anak-anak mendiskusikannya)
  8. Hal tersebut terjadi, karna molekul-molekul minyak kayu putih itu apabila dicermati menggunakan mikroskop, bentuk molekulnya tajam dan runcing, sehingga menyebabkan si balon meletus dengan sendirinya, walau kita tidak menggunakan jarum, pisau atau menekan balon itu dengan keras. Berbeda sekali dengan minyak yang molekulnya berbentuk lingkaran, tidak meruncing dan tajam, sehingga aman bagi balon itu, tidak akan menyebabkan balon itu meletus.
  9. Nah adik-adik, itulah sebabnya perkataan yang keluar dari orang yang LANCANG MULUT, kakak ibaratkan seperti MINYAK KAYU PUTIH INI, adalah perkataan yang tajam, pedas, perkataan yang tidak membangun, kritik yang menjatuhkan, perkataan yang melemahkan semangat orang, meremehkan, mengejek, menghina, memojokkan, menghakimi, dll ( pokoknya perkataan negatif). Perkataan seperti ini dapat melukai hati orang lain, membuat orang lain patah semangat, mogok , loyo, gagal bahkan stress. Hal ini adalah perkara yang jahat.
  10. Dan , itulah sebabnya perkataan yang keluar dari lidah orang yang BIJAK, kakak ibaratkan seperti BABY OIL ini, adalah perkataan yang membangun, perkataan yang sedap didengar, perkataan yang menghibur, perkataan yang menasehati, kritik yang membangun, perkataan yang menguatkan, membuat orang bersemangat, membuat orang maju, dll (pokoknya perkataan positif). Perkataan seperti ini dapat membuat orang bersemangat, maju terus, naik , berhasil, berprestasi, terhibur, tersenyum, dan hal seperti ini adalah hal yang sangat baik.
  11. Nah untuk kelas besar, kini ulangi percobaan yang sama, tetapi kali ini, gunakan campuran antara baby oil dan minyak kayu putih dalam pasangan telapak tangan yang sama, dan hasilnya? (balon akan tetap meletus). Yang berhak mencoba , tetap dua anak yang menang di termin sebelumnya – jika anda melanggar aturan ini ,semua anak pasti berebut ingin mencoba ( sabar saja, nanti di akhir acara, mereka boleh mencoba semua- dengan jumlah balon tersedia sesuai dengan prestasi mereka di termin sesudah ini) Jika anda ingin menghemat waktu, percobaan ketiga ini tidak perlu dilakukan.
  12. Jelaskan arti dari percobaan  campuran baby oil dan minyak kayu putih ini adalah: kita tetap tidak bisa mengambil jalan tengah, artinya terkadang memilih berkata-kata membangun, tetapi di lain waktu, juga ikut-ikutan berkata-kata negatif. Di hadapan Tuhan, kalau kita bersikap seperti itu, sama artinya perkataan kita tetap negatif dan tidak membangun
  13. Bagi anak yang ingin mencoba lagi dan lagi, minta mereka bersabar, karna kelompok pemenang nanti akan mendapat balon terbanyak, tetapi kelompok yang nilainya kurang bagus di sesi berikutnya akan mendapat jumlah balon yang tidak sebanyak kelompok pemenang.

TERMIN 3

PENANDAAN 10 VERSI TERJEMAHAN AYAT MAS DENGAN WARNA

(Disarankan 20 menit, sudah termasuk pembagian kelompok dan koreksi hasil kerja kelompok)

Metode yang digunakan di sini adalah

  • Metode Skriptura,
  • Metode Warna,
  •  Metode Perbandingan,
  • Metode Aktive Brain,
  • Metode Huruf,
  • Metode Narasi,
  • Metode Diskusi

Keterangan: dalam khotbah untuk orang dewasa, kita sering mendengar ataupun menyampaikan perbandingan sebuah ayat dalam berbagai terjemahan Alkitab, tetapi mengapa metode ini jarang bahkan hampir tidak pernah kita berikan pada anak-anak, padahal jika metode ini kita gunakan, kita akan memetik multiguna , yaitu :

  • Melatih anak-anak berpikir cermat
  • Melatih anak-anak mengerti perbedaan gaya bahasa/ kekayaan bahasa
  • Melatih anak-anak memperbandingkan beberapa kalimat
  • Melatih anak-anak berpikir aktif
  • Melatih anak-anak mengenal warna
  • Melatih anak-anak bertukar pikiran dengan teman-teman kelompok

Saya mengajak anda mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bagi anak-anak dalam beberapa kelompok, misalnya dalam 10 kelompok ( satu kelompok satu terjemahan) atau 5 kelompok (satu kelompok mengerjakan 2 terjemahan) , atau berapapun kelompok yang anda inginkan misalnya 3 kelompok ( pakai saja 3 terjemahan sesuai  jumlah kelompok, jadi tidak harus 10 terjemahan)
  2. Copy dan print 10 macam  terjemahan dari Amsal 12: 18 ini. LIHAT LAMPIRAN 1 ( yang belum di beri arsiran  warna dan diubah warna hurufnya) sesuai jumlah kelompok yang ada
  3. Sediakan 7 warna stabillo/ sepidol untuk menandai, untuk tiap kelompoknya. Jika anda membagi dalam 10 kelompok, kini anda membutuhkan 7 warna X 10
  4.  Tanda  bisa dibubuhkan langsung  di atas huruf (jika anda menggunakan stabillo/pensil warna) atau bisa berupa tanda centang (jika anda menggungakan sepidol), atau bisa juga berupa tanda lingkaran (jika anda menggunakan sepidol)
  5. Minta tiap kelompok mendiskusikan , dari sepuluh terjemahan yang ada ini, kata-kata yang sama/ mirip artinya  ini harus diberi warna yang sama dengan yang ada di ayat lain. Jelaskan pada mereka bahwa tiap ayat pasti terdiri dari 6 warna, tetapi mereka harus dengan teliti memilih warna apa saja yang sama dengan ayat lain, karna bisa saja urutan warna dan pilihan warna pada tiap ayat tidak selalu sama dengan ayat lain.
  6. Untuk lebih jelasnya, guru boleh menunjukkan langsung di depan anak-anak contoh bagaimana cara memberi tanda warna pada yang sudah saya buatkan (tetapi bersumber dari ayat lain, bukan dari Amsal 12:18 ini), sehingga anak-anak boleh mengerti apa yang kita maksudkan. LIHAT LAMPIRAN 2.  PAMERKAN LAMPIRAN 2 PADA ANAK-ANAK

Perlu dijelaskan pada anak-anak bahwa pengetikan tiap ayat sudah disengaja pemotongan frasering/pemenggalan kalimat itu merupakan satu paket warna, misalnya:

Amsal 15;4

Kata-kata yang baik

menambah semangat,

kata-kata yang menyakitkan

melemahkan hasrat.

Pemakaian warna pada ayat tersebut di atas adalah cara yang BETUL, karna satu baris terdiri dari satu warna saja

Jadi tidak mungkin kita memberi warna seperti ini:

Amsal 15;4

Kata-kata yang baik

menambah semangat,

kata-kata yang menyakitkan

melemahkan hasrat.

Yang betul adalah setiap baris itu, pasti satu warna, dan satu warna itu pasti satu baris…pakai warna yang sama untuk kotak lainnya/ terjemahan lainnya, jangan memakai warna yang sama untuk ayat yang sama pada kotak yang sama, pada terjemahan yang sama.

  1. Kini setelah mereka mengerjakan PENANDAAN 10 VERSI TERJEMAHAN AYAT DENGAN WARNA cocokkan jawaban tiap kelompok dengan kunci jawaban yang sudah saya buat. LIHAT LAMPIRAN 3. Jika di kelas anda ada beberapa orang guru, libatkan lebih banyak guru untuk memeriksa jawaban, sehingga waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat, untuk itu anda perlu print kunci jawaban pada lampiran 2 sejumlah guru yang ada. Tetapi untuk kelas besar, anda bisa gunakan koreksi silang, dengan cara jawaban kelompok A diperiksa kelompok B, jawaban kelompok B diperiksa kelompok C, dst, dengan panduan dari guru.  Agar penilaian tetap fair/adil, di kelompok B diletakkanlah salah satu anggota kelompok A untuk memeriksa apakah ada kecurangan penilaian pada kelompok B saat memerika hasil kerja kelompok A tersebut. Demikian kita berlakukan hal yang sama pada tiap kelompok.
  2. Penilaian terbaik adalah pada kelompok……, kebaik kedua pada kelompok……, dst (nilai ini akan menjadi salah satu faktor penentu berapa jumlah balon yang berhak diterima di termin berikutnya)

TERMIN 4

MENYUSUN KALIMAT AYAT DAN GAMBAR SESUAI TERJEMAHAN AYAT

(DISARANKAN CUKUP 5 MENIT SAJA)

  1. Kini tugas anda sebagai guru adalah mempersiapkan gambar-gambar yang dibutuhkan oleh tiap kelompok, printlah sesuai petunjuk sbb : LIHAT LAMPIRAN 4
    1.  ORANG 1 ( yang menggambarkan orang yang lancang mulutnya), PRINT SEJUMLAH 10 UNTUK SEMUA TERJEMAHAN
    2. gambar ORANG 2 (yang menggambarkan orang yang bijak), PRINT SEJUMLAH 10 UNTUK SEMUA TERJEMAHAN
  1. gambar mulut (yang menggambarkan mulut orang 1)- PRINT SEJUMLAH 10 UNTUK FRASE PERTAMA AYAT TERSEBUT, BERLAKU BAGI SEMUA TERJEMAHAN
  2. gambar lidah   (yang menggambarkan bibir/mulut/lidah orang 2- PRINT SEJUMLAH 10 UNTUK FRASE KEDUA AYAT TERSEBUT, BERLAKU BAGI SEMUA TERJEMAHAN
  3. gambar pedang – PRINT SEJUMLAH 7 UNTUK 7 AYAT YANG MENCANTUMKAN KATA PEDANG, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 1,3,5,6,7,9,10
  4. gambar keris – PRINT SEJUMLAH 1 SAJA, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 2
  5. gambar timbangan PRINT SATU SAJA, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 2
  6. gambar pisau – PRINT SATU SAJA, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 4
  7. gambar broken heart/ hati yang terluka- PRINT 4 KALI, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 3,5,6,8
  8. gambar cabai/lombok- PRINT SATU KALI SAJA, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 3
  9. gambar otak- PRINT 3 KALI UNTUK KATA ‘PIKIR’, YAITU UNTUK  TERJEMAHAN NOMOR 4,5,7
  10. gambar obat- PRINT 3 KALI, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR 2, 3, 6
  11. gambar hati yang sembuh- PRINT 7 KALI, YAITU UNTUK TERJEMAHAN NOMOR  1,4,5,7,8,9,10
  12. gambar wajah terhibur- PRINT UNTUK TERJEMAHAN KE 8
  13. print kata LANCANG khusus untuk terjemahan nomor 1 dan 9
  14. print kata SEMBARANGAN khusus untuk terjemahan nomor 6
  15. Print kata  GOPOH khusus untuk terjemahan nomor 10
  16. Kelompokkan gambar yang berhak diterima oleh tiap terjemahan, dengan demikian saya mendaftar sebagai berikut, gambar-gambar yang perlu anda kelompokkan untuk diberikan pada tiap kelompok
    1. Terjemahan 1 mendapat gambar :

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      pedang

vi.      hati sembuh

vii.      kata LANCANG

  1. Terjemahan 2 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Keris

vi.      Timbangan

vii.      Obat

  1. Terjemahan 3 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pedang

vi.      Broken heart

vii.      Cabai

viii.      Obat

  1. Terjemahan 4 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pisau

vi.      Otak

vii.      Hati yang sembuh

  1. Terjemahan 5 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pedang

vi.      Broken heart

vii.      Otak

viii.      Hati sembuh

  1. Terjemahan 6 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pedang

vi.      Broken heart

vii.      Obat

viii.      Kata ‘SEMBARANGAN’

  1. Terjemahan 7 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pedang

vi.      Otak

vii.      Hati sembuh

  1. Terjemahan 8 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Broken heart

vi.      Hati sembuh

vii.      Wajah terhibur

  1. Terjemahan 9 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pedang

vi.      Hati sembuh

vii.      Kata LANCANG

  1. Terjemahan 10 mendapat gambar:

i.      Orang 1

ii.      Orang 2

iii.      Mulut – (nantinya diletakkan di depan MINYAK KAYU PUTIH)

iv.      Lidah – (nantinya diletakkan di depan BABY OIL)

v.      Pedang

vi.      Hati sembuh

vii.      Kata GOPOH

  1. Kini bagilah tugas, bahwa kelompok 1 mengerjakan penyusunan gambar pada terjemahan 1, kelompok 2 menyusun gambar pada terjemahan 2, kelompok 3 menyusun terjemahan 3 dst
  2. Contoh pada terjemahan 1 , ada 7 frase/ 7 potongan kalimat/ 7 bagian kalimat sbb:
    1. Amsal 12:28
    2. Ada orang yang
    3. Lancang mulutnya
    4. Seperti tikaman pedang
    5. Tetapi lidah
    6. Orang bijak
    7. Mendatangkan kesembuhan

Jelaskan pada anak-anak bahwa tiap potongan kalimat tersebut tersedia satu gambar, jadi untuk terjemahan satu ini kita memiliki 7 gambar karna ada a, b, c, d, e, f, g ( 7 frase kalimat)

  1. Kini tiap kelompok bertugas menyusun GAMBAR yang telah dikelompokkan sesuai terjemahannya, dan telah diacak oleh guru, sesuai dengan penugasan, kelompok ini menyusun gambar dari terjemahan berapa, dst. Susun gambar dalam satu garis lurus sesuai dengan terjemahan yang ada
  2. Contohnya pada ayat terjemahan 1,urutan peletakkan  gambar yang betul dari kiri hingga kanan ( bisa juga dari atas ke bawah) adalah sbb:
    1. Gambar orang 1,
    2. Kata lancang
    3. Gambar mulut (baik kata lancang dan gambar mulut-keduanya diletakkan di dekat minyak kayu putih)
    4. Gambar pedang
    5. Gambar lidah (dekatkan dengan baby oil)
    6. Gambar orang 2
    7. Gambar hati sembuh
    8. Kelompok tercepat dan tertepat mendapat tambahan point , yang ditambahkan pada point penilaian di termin 3,
    9. Hasil akumulasi termin 3 dan 4 ini menentukan jumlah balon yang akan diterima tiap kelompok. Contohnya saja; Jika satu kelompok juara satu terdiri dari 4 orang, anda bisa menyediakan 8 balon pada kelompok tersebut, juara dua, dapat 7 balon, juara 3 dapat 6 balon, yang tidak juara semuanya hanya mendapat 5 balon per kelompok. Jumlah ini dapat anda sesuaikan dengan kemampuan keuangan gereja anda dan pilihan balon tidak harus yang mahal, bisa saja untuk penghematan anda dapat mmemakai balon yang tipis dan murah.

TERMIN 5

PERCOBAAN OLEH SEMUA KELOMPOK,

(DISARANKAN 10 MENIT SAJA)

sesuai dengan jumlah balon yang diterima tiap kelompok.

Sediakan balon cadangan, jika saat ditiup sudah meletus duluan, maka kelompok tersebut mendapat balon pengganti.

Tiap kelompok mendapat baby oil dan minyak kayu putih ( dua botol per kelompok, atau jika anda ingin menghemat, sediakan kedua jenis minyak ini pada pinggan, jika anda memilih cara kedua, biarkan anak-anak membedakan kedua jenis minyak ini hanya dengan menggunakan indra penciuman mereka, jadi tidak perlu diberi label pembeda jenis) Namun jika anda menginginkan label boleh-boleh saja. Label sudah ada di LAMPIRAN 4 saat anda print: label 1: LIDAH ORANG BIJAK, label 2 : LANCANG MULUT. Label 1 ditaruh di depan BABY OIL, dan Label 2 ditaruh di depan MINYAK KAYU PUTIH

TERMIN 6

APLIKASI

(DISARANKAN 5 MENIT)

KELAS KECIL

Untuk aplikasi dalam kehidupan keseharian, guru bersiap membaca naskah ucapan negatif dan positif, dan minta mereka mengacungkan jempol untuk perkataan positif, dan kelingking/ jempol terbalik/ menghadap bawah,  untuk perkataan negatif

Apakah ini perkataan yang baik atau yang jelek ya…?

  • Uuuuh dasar…kamu jelek!
  • Ya gitu dong….itu bagus sekali…aku bangga padamu
  • Gitu aja nggak bisa, dasar bodoh !
  • Kamu memang sahabat terbaikku
  • Masakan mama enak, terima kasih ya ma
  • Kamu itu kog hitam dan pesek ya…
  • Kamu pasti tidak bisa berenang
  • Aku yakin, kalau kamu mau belajar berenang, kamu pasti bisa kog.
  • Suaramu itu jelek,kamu tidak mungkin bisa menyanyi
  • Walaupun kamu tidak bisa menyanyi, jangan kecil hati, kan kamu hebat di komputer.
  • Aku akan berdoa untukmu, biar kamu lekas sembuh
  • Penyakitmu sungguh mengerikan, jangan sampai aku ketularan
  • Semoga tahun ini kamu tidak naik
  • Aku senang kalau kita bisa sama-sama lulus dengan nilai yang baik.
  • Dll

KELAS TENGAH

Membuat kalimat dari topik yang diminta oleh guru.

  • Ucapkan sebuah kalimat yang memberi dorongan pada ibumu saat ia baru saja selesai memasak makanan kesukaanmu
  • Ucapkan sebuah kalimat yang memberi semangat pada temanmu yang sedang belajar naik sepeda
  • Ucapkan sebuah kalimat yang membanggakan saat ayahmu baru saja pulang dari kantor
  • Ucapkan sebuah ucapan selamat pada temanmu yang baru saja berhasil memenangkan sebuah lomba menggambar, walau dalam lomba yang sama kamu kalah dari dia
  • Ucapkan sebuah ucapan yang menguatkan saat adikmu sedang sakit
  • dll

KELAS BESAR

Menciptakan sendiri contoh-contoh kata-kata negatif dan positif, dengan topik dan ide pribadi.

PRAKIRAAN WAKTU

Jika anda menepati aturan waktu yang tercantum dalam naskah ini, dengan waktu cadangan , seluruhnya membutuhkan waktu 60 menit, di luar pujian pembuka, dengan rangkuman prakiraan waktu sbb:

TERMIN 1 MEMPERKATAKAN FIRMAN TUHAN –                                                                                                5 MENIT

TERMIN 2 PERCOBAAN                                                                                                                                  5 MENIT

TERMIN 3 PENANDAAN 10 VERSI TERJEMAHAN AYAT MAS DENGAN WARNA                      20 MENIT

TERMIN 4 MENYUSUN KALIMAT AYAT DAN GAMBAR SESUAI TERJEMAHAN AYAT                             5 MENIT

TERMIN 5 PERCOBAAN OLEH SEMUA KELOMPOK                                                                             10 MENIT

TERMIN 6 APLIKASI                                                                                                                                         5 MENIT

WAKTU CADANGAN                                                                                                                                       10 MENIT

TOTAL PRAKIRAAN WAKTU                                                                                                                         60 MENIT

CHEK LIST PERSIAPAN GURU:

  • ALKITAB UNTUK TERMIN 1
  • BABY OIL PADA MEJA PERCOBAAN
  • MINYAK KAYU PUTIH PADA MEJA PERCOBAAN
  • LABEL ‘LANCANG MULUT’, print dari lampiran 4, PPT  kotak 1 atau 2
  • LABEL ‘LIDAH ORANG BIJAK’, print dari lampiran 4, PPT  kotak 1 atau 2
  • BALON 5 BUAH ( DUA DIPAKAI UNTUK PERCOBAAN, 1 UNTUK CAMPURAN BABY OIL DAN MINYAK KAYU PUTIH, DUA UNTUK CADANGAN, JIKA MELETUS SEBELUM DICOBA)
  • DUA ANAK PEMENANG TERMIN 1
  • 10 VERSI TERJEMAHAN = LAMPIRAN 1- DIGANDAKAN SEJUMLAH KELOMPOK
  • LAMPIRAN 2 – DIPRINT SATU KALI UNTUK DIPAMERKAN
  • LAMPIRAN 3 – PRINT SEJUMLAH YANG DIPERLUKAN/ JUMLAH GURU YANG MEMBANTU MENILAI
  • 6 ALAT PENANDA WARNA DIKALIKAN SEJUMLAH SEKOMPOK
  • GAMBAR PADA TIAP TERJEMAHAN YANG SUDAH DIACAK , TOTAL 10 PAKET GAMBAR, PACKING DENGAN PLASTIK PER PAKETNYA – PRINT DARI LAMPIRAN 4 ( POWER POINT)
  • BABY OIL DAN MINYAK KAYU PUTIH PADA TIAP KELOMPOK
  • BALON SEJUMLAH YANG DIRENCANAKAN UNTUK TIAP KELOMPOK
  • TIMER BERUPA HP/ STOP WACH, DLL APABILA DIPERLUKAN.
  • KERTAS DAN BALLPOINT UNTUK ENULISKAN HASIL PENILAIAN TERMIN 3 DAN 4

 

Dapatkan lampiran yang anda butuhkan DENGAN KLIK TAUTAN BERIKUT

LAMPIRAN 1 sudah diedit dari lampiran terdahulu

LAMPIRAN 2 sudah diedit dari lampiran terdahulu

LAMPIRAN 3 sudah diedit dari lampiran terdahulu

LAMPIRAN 4

KLIK PADA TAUTAN POWER POINT (berwarna biru di bawah ini)

POWER POINT INI DAPAT DIPRINT DENGAN UKURAN YANG ANDA INGINKAN, BISA PER LEMBAR SATU GAMBAR, DUA GAMBAR DST, SEMAKIN BANYAK GAMBAR PER LEMBARNYA, UKURAN GAMBAR OTOMATIS SEMAKIN KECIL.

DALAM POWER POINT INI SUDAH SAYA PERBANYAK JUMLAH GAMBAR DALAM SLIDE, SEHINGGA MEMUDAHKAN ANDA UNTUK LANGSUNG PRINT SAJA TANPA PERLU MENGHITUNG DAN MENAMBAH GAMBAR LAGI.

LAMPIRAN 4, GAMBAR ‘PERKATAAN YANG BIJAK’ SIAP PRINT

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s