32. IKATAN DOSA


MINGGU KE 32
CERITA ALKITAB PER KELAS

IKATAN DOSA
(SIKAP HATI : PENGUASAAN DIRI / SELF CONTROL)

buat tulisan tiap dosa Simson, beri esolasi bolak-balik untuk ditempalkan pada tiap satuan ikatan tali.
buat tulisan tiap dosa Simson, beri esolasi bolak-balik untuk ditempalkan pada tiap satuan ikatan tali.
buat borgol buatan untuk menggambarkan terikat oleh dosa. Borgol ini terbuat dari karton dan tali rafia.
buat borgol buatan untuk menggambarkan terikat oleh dosa. Borgol ini terbuat dari karton dan tali rafia.

lubangi bagian belakang karton untuk mengesolasi tali rafia di balik karton. Bagian tepi karton beri esolasi bolak balik untuk membuka dan menutup borgol dari tangan anak.
lubangi bagian belakang karton untuk mengesolasi tali rafia di balik karton. Bagian tepi karton beri esolasi bolak balik untuk membuka dan menutup borgol dari tangan anak.
sematkan tanda salib di belakang gunting, jelaskan saat menggunting ikatan tali.
sematkan tanda salib di belakang gunting, jelaskan saat menggunting ikatan tali.
samson
samson
samson-cd2
samson-cd2

(bacakan setiap ayat yang ada di bagian cerita ini bersama anak-anak)

Guru mengumumkan satu minggu sebelumnya : minggu depan anak-anak diminta membawa tali raffia yang cukup panjang
(lebih kurang 10 meter)

Ajak anak-anak menyebutkan daftar dosa apa saja yang mereka ketahui…mungkin mereka akan menjawab: berbohong, mencuri, sombong, dll

Daftar dosa ada ditulis di Alkitab di :
Galatia 5: 19-21, dan di bagian-bagian alkitab lainnya. (ajak anak-anak membacanya)

Dosa itu bersifat mengikat, mungkin  ketika seseorang pertama kali berbohong dia akan merasa bersalah, jantungnya berdebar-debar, takut ketahuan, ada rasa takut dimarahi, tetapi jika sudah dilakukan berkali-kali, orang yang sudah sering berbohong tadi, tidak akan merasa bersalah lagi, tidak akan merasa takut lagi, dll. Pada saat seperti itulah ia sudah terikat pada dosa bohong. Rasanya kalau tidak bohong malah merasa aneh.

Hari ini kita akan belajar dari hidup SIMSON.
Pada awalnya SIMSON berseru pada Tuhan saat ia kehausan, dan Tuhan menolong dia secara ajaib (Hak 15: 19)
Tetapi selanjutnya, Simson hidup dalam hawa nafsu yang tidak baik:
•    ajak anak-anak membaca tiap bagian alkitab di bawah ini
•    salah satu guru  jadi relawan/rela diikat tubuhnya dengan tali
•    jika tali kurang panjang bisa disambung dahulu oleh guru
•    guru yang akan dililitkan tali, berdiri posisi siap grak.
•    Anak yang akan melilitkan tali boleh naik ke kursi
•    tiap melewati satu point dosa simson, lilitkan tali satu kali mulai dari bahu menuju ke arah kaki
1.    ia tidak mau mendengar nasihat orang tuanya dan minta dinikahkan dengan bukan orang Israel, padahal Tuhan tidak berkenan kalau bangsa Israel menikah dengan bangsa lain yang tidak mengenal Tuhan (Hak  14: 1-3).
2.    ia bergaul dengan orang yang tidak baik (Hak 16:1) padahal Tuhan melarang kita bergaul dengan orang yang tidak baik. (I kor 15: 33)
3.    jatuh cinta pada perempuan yang bukan orang Israel, Delila ( Hak 16: 4)
4.    berbohong (Hak 16: 7)
5.    berbohong lagi dan tidak menghindari Delila yang jelas-jelas berniat jahat ingin mengetahui rahasia kekuatannya (Hak 16: 11)
6.    berbohong lagi (hak 16: 13)
7.    membiarkan rahasia kekuatannya diketahui pihak musuh, sehingga dengan demikian ia membuka kesempatan pihak musuh memotong rambutnya, dengan memberi kesempatan pihak musuh memotong rambutnya, ia melanggar perjanjiannya dengan Tuhan (hak 13: 5).
(di bagian ini guru-guru menjelaskan bahwa letak kekuatan simson bukanlah pada rambutnya yang panjang, melainkan pada perjanjiannya dengan Tuhan, bahwa ia tidak boleh terkena pisau cukur, saat perjanjian ini dilanggar, maka pengurapan kekuatan simson pun diambil/diangkat oleh Tuhan. Jangan sampai anak-anak menganggap rambut Simson itu jimat/sakti)
8.    Simson meremehkan/bermain-main dengan karunia yang Tuhan berikan kepadanya ( hak 16: 20). Ia tidak peka lagi, bahwa sekarang Tuhan telah meninggalkan dia
Dosa yang dilakukan Simson, seperti ikatan yang terus melilit sampai 8 kali, dari badan sampai kaki, orang yang terikat , dia tidak bisa bergerak lagi, tidak bisa lari dan menyelamatkan diri, yang bisa dilakukan hanya KALAH.

Cobalah pada anak yang terikat 8 kali tadi, apakah ia bisa bergerak/berjalan-jalan dengan bebas, seperti tadi sebelum terikat?
Orang yang sudah terikat oleh dosa, dia menjadi diperbudak oleh dosa/iblis. Karna dia sudah tidak bisa bergerak lagi, iblis dengan seenaknya bisa menendang dia, menggiring dia ke sebuah tempat, menyuruh ini dan itu, dlsb. Gara-gara Simson terikat oleh dosa-dosanya maka Simson dan orang Israel kalah melawan orang Filistin.
Oleh karna itu adik-adik, bertobatlah dari kebiasaan dosa yang kalian lakukan, misalnya sudah terbiasa bohong, nyuri, ngomong kotor, lihat gambar porno, mlas bikin PR, membantah orang tua, sombong , dll
Untunglah akhirnya setelah Simson kehilangan kekuatannya, dan matanya dicungkil serta ia dijadikan budak, simson pun bertobat kembali. Dalam doanya yang terakhir kali, kita bisa melihat bahwa sekarang Simson mau  mengandalkan kekuatan yang dari Tuhan. Ia menyadari kembali panggilannya , dan kembali berseru kepada Tuhan, dan tidak memakai hidupnya dengan sembarangan lagi. Itulah sebabnya Simson pun bisa menang melawan orang Filistin pada akhir hidupnya.

Bacalah Hak 16: 28-30
Pertobatan bagaikan mengguting/membuka ikatan dosa, sehingga orang itu bisa merdeka dan menang melawan Iblis. Dengan datang pada Yesus, dan bertobat, tidak mengulangi lagi dosa yang sama, maka kita bisa menang. Tidak bohong lagi, tidak mencuri lagi, dll. Karna Yesus sudah menang atas dosa saat Ia bangkit dari kematian.
(nah sekarang, buka/gunting ikatan dosa itu, sebagai lambang pertobatan/tidak mau mengulangi lagi dosa di masa lalu)

Ayat Mas:
Yesaya 30: 15
Sebab beginilah firman Tuhan Allah, yang Mahakudus, Allah Israel: “Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”

NB : bisa menambahkan nama-nama dosa Simson di sebuah kertas, yang dibaliknya sudah diberi perekat esolasi bolak-balik, untuk direkatkan di tiap ikatan tali, sesuai isi cerita. Bisa tambahkan tanda salib pada gunting, dan menjelaskan pada anak-anak bahwa kuasa salib Kristus, menolong kita bebas dari ikatan dosa. (Ini adalah pengembangan ide dari Guru Sekolah Minggu GPDI Bayeman, Kak Jun Mei, terima kasih pada Kak Jun Mei)

Berikut saya tambahkan foto-foto kiriman dari teman facebook yang menerapkan materi ini di sekolah minggunya: (TERIMAKASIH SAYA YANG MENDALAM PADA KAK TRIFENA CAROLINE MANURUNG, MEDAN)

FOTO-FOTO KIRIMAN DARI TRIFENA CAROLINE MANURUNG, MEDAN

Nama anak : Rafael Sihotang.
Guru Pengajar : Trifen Caroline Manurung
Guru yang Buat Peraga : Trifena Caroline Manurung
Tanggal Aktifitas : Minggu, 6 Mei 2012

Respon anak-anak; sangat luar biasa:

SI SIMSON YANG KUAT DAN PERKASA
SI SIMSON YANG KUAT DAN PERKASA
PERAGA RAMBUT SAMSON YANG PANJANG DARI RAFIA
PERAGA RAMBUT SAMSON YANG PANJANG DARI RAFIA
SI SIMSON TERIKAT OLEH DOSA
SI SIMSON TERIKAT OLEH DOSA
RESPON ANAK-ANAK YANG SANGAT ANTUSIAS
RESPON ANAK-ANAK YANG SANGAT ANTUSIAS

zwani.com myspace graphic comments

Tinggalkan komentar