MINGGU XIV. LAKI LAKI ATAU PEREMPUAN ? PEREMPUAN !!


MINGGU XIV

LAKI-LAKI ATAU PEREMPUAN?

(minggu ini kita membahas PEREMPUAN,

minggu depan membahas LAKI_LAKI)

Beberapa budaya tertentu mengagung-agungkan jenis kelamin tertentu, misalnya ada nama marga yang diturunkan melalui Patrilinial/ garis keturunan dari pihak Ayah, membuat suku-suku tertentu sangat mendambakan anak laki-laki yang akan meneruskan nama marga keluarga dan memberi cucu dalam/ cucu dari anak laki-laki. Apalagi kalau anak pertama laki-laki, sungguh sangat membanggakan keluarga tersebut. Suku-suku tertentu juga mempunyai hokum adapt yang membedakan warisan anak laki-laki yang jauh mendapat lebih banyak dibandingkan dengan anak perempuan.

Hal ini menyebabkan anak perempuan sangat tidak dihargai kehadirannya, oleh beberapa suku tertentu

Berbeda lagi dengan suku tertentu yang punya anggapan bahwa kehadiran anak perempuan justru ditunggu-tunggu, karna diharapkan anak perempuan bisa menjadi anak yang sanggup merawat sang orang tua di masa pensiun nanti dibandingkan dengan anak laki-laki. Tak heran orang-orang dari suku tersebut belum puas kalau belum punya anak perempuan.

Perempuan di mata Tuhan

Maz 144:12

anak perempuan

seperti tiang-tiang penjuru

yang dipahat untuk bangunan istana

Perempuan  adalah mahluk yang sangat diincar oleh iblis, kejatuhan pertama manusia dari dosa karna dimulai dari kejatuhan seorang perempuan. Hawa jatuh, karna perhatikan kejadian pasal 3. ia mendengar kata iblis, ia menanggapi iblis, ia menambah-nambahi kata Tuhan, ia melihat, dan tergiur, dan hatinya terpikat, ia mempunyai daya pengaruh yang luar biasa sampai-sampai suaminya pun yang bersama-sama dengan dia ikut memakannya.

Ular yang cerdik mengadakan pendekatan bukan kepada Adam yang suka menggunakan nalar, tetapi pada Hawa yang sangat intuitif.

Tapi ingat ! Tuhan mengutuk iblis di ayat 15, keturunan perempuanlah yang akan dipakai oleh Tuhan untuk meremukkan kepala ular. Sejak itulah iblis tahu bahwa di tangan seorang perempuan ada kekuatan yang luar biasa yang akan dipakai Tuhan untuk meremukkan dia. Iblis mulai menyuntikkan konsep yang meracuni seluruh isi dunia, bahwa perempuan tidak berguna, perempuan hanya yang dinafsui, perempuan hanya konco wingking, perempuan  hanya pelengkap, perempuan tidak layak jadi pemimpimpin., pencetus ide, pemrakarsa, dll.
Itu hanyalah taktik iblis agar para perempuan tidak menyadari sepenuhnya bahwa ia adalah powerfull, ia adalah alat yang luar biasa di tangan Tuhan. Perhatikan konsep dunia yang bahkan tercermin dari syair lagu bahwa ‘wanita adalah racun dunia’, yang mana sangat jauh dengan konsep Tuhan bahwa ‘perempuan adalah seorang penolong’

Pergeseran bahasa terjadi di sini. Dahulu seorang perempuan disebut perempuan diambil dari akar kata ‘empu’ yang artinya ‘yang dihormati’, tetapi dalam pergeseran Diksi/ kesan yang ditimbulkan oleh sebuah pilihan kata, perempuan yang dihormati itu menjadi disebut ‘wanita’ dari akar kata “VAN” yang berarti ‘yang dinafsui’. Dahulu orang menyebut perempuan nakal dengan sebutan WTS (Wanita Tuna Susila) kini bergeser menjadi PEREX (Perempuan Eksperimen), Perempuan Nakal,  dll.

Mari kita kembali pada istilah lama yang lebih luhur artinya; PEREMPUAN.

Meskipun orang Yahudi juga menempatkan perempuan pada tempat yang kurang penting, akan tetapi beberapa nama kitab di alkitab menggunakan nama perempuan, kitab Ruth, kitab Ester, itu menandakan bahwa seorang perempuan penting di mata Allah.

Kitab hakim-hakim mencatat nama seorang hakim-hakim perempuan bernama Debora, dia adalah seorang nabiah, dia maju berperang kala Barak se penakut takut maju berperang kalau tak ada Debora. Di medan pertempuran akhirnya Sisera, si musuh mati di tangan Yael seorang perempuan yang membunuh musuhnya dengan patok dan palu.

Kitab raja-raja selalu menuliskan nama-nama raja, baik yang takut akan Tuhan maupun yang penyembah berhala, bengis, jahat. Tidak ketinggalan selalu di tuliskan nama ibunya ialah…… Alkitab sangat menekankan peranan perempuan  dalam mempersiapkan anak-anak mereka menjadi pemimpin bangsa di masa datang.

Di perjanjian baru, nama-nama perempuan  turut terdaftar dalam silsilah Tuhan Yesus, Mat 1:3 menuliskan nama Tamar, yang gigih memperjuangkan haknya, ada nama rahap yang mantan pelacur tapi hatinya percaya kepada Allah Israel, ia dan seluruh kaum keluarganya diselamatkan dari tragedy Yerikho, ada nama Rut, si perempuan kafir yang berkata kepada mertuanya “Allahmulah Allahku, bangsamulah bangsaku” sementara nama orpa tidak pernah dicantumkan lagi, karna ia mengambil keputusan yang salah. Nama batsyeba tidak dicantumkan sebagai Batsyeba, melainkan sebagai istri uria. Di sini kita melihat bahwa Tuhan sangat menghargai lembaga pernikahan yang dibangun-Nya sendiri. Nama uria tetap dibawa-bawa karna di mata Tuhan batsyeba adalah istri Uria yang syah. Walau dalam pertobatan Daud dan Batsyeba, Tuhan tetap menyatakan perkenannya bahkan penerus daud adalah dari rahim Batsyeba. Batsyeba deberi kesempatan untuk mempersiapkan generasi penerus tahta. Dan nama Maria di sebut-sebut. Maria adalah seorang perawan yang menjaga kekudusan, ia punya hati yang taat kepada Tuhan, ia menyadari sepenuhnya bahwa hidupnya adalah hamba Tuhan, ia tidak berhak mengatur hidupnya sendiri. Ia rela mananggung banyak cemoohan, disalah mengerti soal kehamilan, disalah mengerti oleh tunangannya, pada saat hamil tua dia harus mengikuti sensus dan itu berarti dia harus menempuh perjalanan yang jauh ke Betlehem, melahirkan di kandang yang sangat kotor dan bau dan sama sekali tidak higienis.

Inilah perempuan – perempuan yang tidak bisa tidak disebut dalam daftar silsilah, bukan semua dari perempuan ini bersih masa lalunya, bukan semua dari perempuan ini seorang yang sangat hebat, kebanyakan dari mereka perempuan biasa dan sederhana, tampaknya tak punya masa depan, tapi….Tuhan merasa perlu mencantumkan nama mereka dalam kitab-Nya.

Saat Tuhan Yesus memberitakan injil ke mana2, ada juga nama-nama perempuan yang disebut-sebut. Mereka melayani rombongan Tuhan Yesus itu dengan kekayaan mereka . Lihat Lukas 8:1-3. di New International Version ditulis: These woman were helping to support them out of their own means. Perhatikan kata telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit….Inilah kuncinya, mengapa perempuan – perempuan itu melayani Tuhan beserta rombongan, karna mereka talah alami kesembuhan dan kelepasan.

Mengapa banyak perempuan – perempuan tidak dapat melayani, karna mereka belum sembuh, ada luka, ada rasa sakit yang belum sembuh, ada dosa yang mengikat.

Seorang perempuan yang punya lima suami dan membutuhkan kelegaan batin, membuat Yesus memulai percakapan dan percakapan di sumur yang singkat itu sanggup mengubahkan perempuan  a susila ini menjadi seorang penginjil, seluruh kotanya diselamatkan. Ia adalah penginjil pertama di Perjanjian Baru setelah Yohanes Pembabtis dan Tuhan Yesus sendiri.

Seorang perempuan  yang mengalami pendarahan 12 tahun dengan imannya sanggup menghentikan perjalanan Yesus yang sedang tergesa-gesa dengan schedule yang begitu padat. perempuan  itu sanggup menarik perhatian Yesus. Imannya yang besar sangat berharga di mata Yesus terlepas dari bahwa ia hanyalah seorang perempuan .

perempuan tua yang bungkuk tidak berguna, kalaupun dia sembuh, usianya tidak produktif lagi. Tapi Tuhan tetap menyembuhkan perempuan  tua renta ini, Tuhan mengasihi perempuan , walau untuk itu dia harus menerima kritikan keras dari kaum farisi yang mempertanyakan “bolehkah seseorang menyembuhkan pada hari sabat?”

Di mana pria-pria saat Yesus menderita di salib dan bahkan mati di Salib? Semua murid-murid-Nya melarikan diri, bahkan ada yang lari sambil telanjang. Matius 27:55-56 mencatat bahwa perempuan – perempuan yang sama yang melayani Yesus dan rombongan sejak di Galilea…..mereka ada di Bukit Golgota, mereka tercatat ada di kaki salib Yesus. Nama-nama mereka dicatat.

Salah satu perkataan Yesus di salib adalah untuk perempuan .  Ia menitipkan Maria ibu-nya kepada Yohanes, murid-Nya Yohanes 19:26-27. Di atas salib pun hatinya begitu lembut dan care atau perduli pada nasib IbuNya.

Waktu Yesus dikubur, perempuan – perempuan itu pun ada di situ. (Matius 27:61)

Ketika hari ketiga datang, perempuan – perempuan  datang menengok kubur itu (Mat 28:1, Mark 16:1-2)

Siapa yang pertama-tama melihat kebangkitan Yesus ? Kepada siapa pertamakali Tuhan Yesus menempakkan kebangkitanNya? Kepada seorang perempuan Mark 16:9

Turunnya api pantekosta juga dialami perempuan – perempuan , karna dalam Kis 1;14 ditulis bahwa ada perempuan – perempuan  yang turut berdoa di loteng Yerusalem menantikan datangnya Roh Kudus.

Febe adalah penjual kain ungu tua, seorang bisnis women yang kaya, dia jatuh hati kepada Tuhan dan menjadi seorang yang cinta Tuhan.

Priskwila adalah istri dari Akwila. Namanya selalu disebut lebih dahulu dari nama suaminya. Ia sangat mencintai Tuhan dan membuka rumahnya untuk tempat ibadah.

Dorkas adalah nama seorang modiste, atau penjahit yang sangat mengasihi janda-janda. Keahliannya hanya menjahit, tetapi ia persembahkan jarum dan benang dan jari jemarinya yang berbakat, kepada Tuhan. Ia alami kematian, semua orang menangis, tetapi oleh kuasa Tuhan ia dibangkitkan, Kis 9:40 lewat kebangkitannya ia membawa seluruh kota Yope percaya kepada Tuhan.

Kesimpulan:
Hai Perempuan……..terimalah kalau kamu dipercaya melahirkan perempuan yang lain ke dunia ini…..karna perempuan sungguh berharga di mata Tuhan

Hai Perempuan sadarilah bahwa Tuhan mengasihimu dan tidak pernah memandang remeh Perempuan secara gender.
Hai Perempuan , Tuhan akan memakai kamu, maukah ?
Hai Perempuan , Tuhan lahir, mati dan bangkit adalah untukmu juga, maukah kau dilepaskan dan disembuhkan dari segala dosa dan luka hati ? Ingatlah bahwa di salib Tuhan berkata “sudah selesai” itu artinya kalau kau mau Perempuan , Tuhan sanggup melepaskan dan menyembuhkan, karna tanpa kesembuhan dari Tuhan engkau tidak akan bertahan mengiring Dia dari awal sampai akhir.

Biarkan Dia menyembuhkanmu….maka namamu akan ada dalam daftar sejarah-Nya bahwa kita dicatat bersama dengan nama pria-pria, kitalah yang menang, berhasil, diberkati, dipulihkan, jadi berkat, jadi terang, bukan karna kita hebat, tapi karna Dia sanggup ubahkan setiap hidup kita.

Iblis akan gigit jari. Ternyata Perempuan -nya Kristus nggak bisa dibodohi lagi. Kita Perempuan – Perempuan bangkit, karna Kristus telah Bangkit !!

Mari lahirkan dan persiapkan anak-anak perempuan kita jadi Tentara Perempuannya Kristus !!

=========================

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s