24. GANDUM ILALANG

Anak-anak suka sekali memilah-milah barang yang ada dan mengelompok-kelompokkannya.


MEMISAHKAN GANDUM DARI ILALANG

 

MEMISAHKAN KOREK API DARI CUTTON BUDS
MEMISAHKAN KOREK API DARI CUTTON BUDS

DSC01567 DSC01568 DSC01570 DSC01571 DSC01572 DSC01573 DSC01574 DSC01575 DSC01576 DSC01577 DSC01578 DSC01579 DSC01580 DSC01581 DSC01582 DSC01583 DSC01585 DSC01589 DSC01591 DSC01594 DSC01596 DSC01597 DSC01598 DSC01599 DSC01600 DSC01601

 

 

MINGGU KE 24

CERITA ALKITAB PER KELAS
MEMISAHKAN GANDUM DARI ILALANG
SIKAP HATI : TAKUT AKAN TUHAN / FEAR THE LORD

AKTIFITAS: UNTUK KELAS KECIL, TENGAH MAUPUN BESAR

Guru menyiapkan cotton buds dalam jumlah banyak. Guru menyiapkan korek api dalam jumlah banyak. Kedua jenis benda ini dicampur menjadi satu. Sediakan dia wadah, dimana anak-anak memisahkan antara cotton buds dengan korek api ke dalam dua wadah yang berbeda. Kelompok yang paling cepat selesai adalah kelompok pemenang.

Matius 13: 24-30 ; 13: 30-43

Di dunia ini ada orang baik dan juga ada orang jahat. Tuhan ingin semua manusia mengenal kebenaran, mengenal Firman Tuhan, lalu Tuhan menaburkan benih yang baik yaitu Firman Tuhan pada dunia ini, tetapi iblis juga ikut-ikutan menaburkan benih kejahatan pada orang-orang yang ada di dunia ini.

Ada orang-orang yang hidup dalam kebenaran, tetapi ada juga yang memilih mengikuti bujukan iblis.

Bahkan ada orang-orang yang sudah mengenal Tuhan, tetapi tidak mau taat pada Tuhan, malahan mereka menuruti apa yang diinginkan oleh Iblis, hidup dalam dosa.

Kelak pada akhir zaman, Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk memisahkan orang baik dari orang jahat. Orang-orang yang baik, yang mau taat pada Tuhan, akan dibawa masuk ke Sorga, tetapi orang-orang yang berbuat jahat, yang menuruti iblis, akan dibawa masuk ke dalam neraka.

Nah, sekarang, sebagai pengganti lalang dan gandum, kita akan memisahkan cotton buds dari korek api.

Ayat Mas:

Galatia 5: 19-21
Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu, seperti yang telah kubuat dahulu – bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

(JANGAN takut menggunakan ayat mas yang panjang, karna bisa dikuasai anak-anak dengan menggunakan tehnik gerakan, intonasi, dll)

Siapakah orang-orang jahat ?
Orang yang melakukan :
•    Percabulan,
•    Kecemaran
•    Hawa nafsu
•    Dst (sesuai Galatia 5: 19-21)

Dan TIDAK MAU BERTOBAT.
Maukah kalian hidup dalam pertobatan…?
Jangan mencuri lagi, jangan bohong lagi, jangan memberontak lagi terhadap orang tua, jangan suka bertengkar lagi.
Apa yang menjadi ciri-ciri orang yang baik ?
Galatia 5: 22-23
Tetapi buah Roh ialah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

AKTIVITAS AKHIR: (UNTUK KELAS TENGAH DAN BESAR)
Bagi anak-anak menjadi dua kelompok, yaitu kelompok ‘A’ dan kelompok ‘B’. Kelompok ‘A’ bertugas menyusun cotton buds yang ada menjadi huruf-huruf bertuliskan KASIH, SUKACITA, dst, sedangkan kelompok ‘B’ menyusun korek api menjadi bertuliskan : PERCABULAN, KECEMARAN , dst.
Setelah selesai, bertukar alat, yang tadinya kelompok ‘A’ berganti peran menjadi kelompok ‘B’, hitung perhitungan waktu, siapa yang total waktunya termin pertama dan kedua paling cepat, dia yang menang. (jangan di hitung pada termin pertama siapa tercepat, karna daftar dosa lebih banyak daripada daftar buah Roh)

BAGI GURU KELAS KECIL
Bisa memanfaatkan korek untuk menggambar dengan menyusun korek api tersebut, hal-hal jahat, misalnya dua anak yang sedang berkelahi
Lalu bisa membuat gambar dari cutton buds sebuah gambar dari hal-hal baik, misalnya : orang yang sedang berjalan bersama dengan rukun
Minta anak-anak membuat gambar yang sama dengan meniru milik guru.

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s