67. IRI HATI MEMBUSUKKAN TULANG


PENGANTAR:

Mulai bulan Pebruari 2014 ini, saya melayani Tuhan di Kamis Ceria, GBI Filadelfia KENDARI, atas seijin gembala saya (GMS Kendari- Bpk Pdt Bobby Turambi). Di gereja GMS saya juga turut mengajar sekolah minggu dan belajar banyak hal melalui Eagle Kids-nya, saya banyak menimba ilmu untuk menambah kapasitas saya lebih lanjut.

Saya sangat diberkati sekali dengan GMS (Gereja Mawar Sharon) , gereja yang dipakai Tuhan untuk membuat saya terus bertumbuh dan membuat saya alami banyak pengalaman baru. Bpk dan Ibu gembala saya sangat mendukung pelayanan saya dan mendoakan saya, saya sangat diberkati oleh pelayanan mereka dan kekeluargaan yang begitu kental dengan semua hamba-hamba Tuhan di gereja ini.

Dan saya juga mengucapkan terima kasih pada Bpk Pdt Benny Rustang  (GBI Filadelfia Kendari) atas kerinduannya yang begitu dalam untuk kamis ceria di gerejanya boleh menjadi sekolah minggu percontohan. Sedapat mungkin apa saja yang bisa saya bagikan akan saya bagikan bagi hormat kemuliaan nama Tuhan.

Kamis Ceria ini akan menjadi sekolah minggu percontohan yang akan selalu saya rekam dan ambil foto-fotonya, untuk menjadi percontohan bagi sekolah minggu lainnya.

Karna ini materi kelas kecil, maka untuk materi kelas tengah dan materi kelas besarnya baru berupa IDE- tapi penulisannya lain kali akan saya garap jika saya ada waktu.

Tapi walau berupa ide tetap saya cantumkan ide ide nya di sini .

Jika Tuhan berkenan materi ini suatu saat menjadi buku yang diterbitkan, tentunya materi kelas kecil, tengah dan besar akan saya lengkapi.

Hormat saya, Grace.

——————————————————————————————————————–

DSC00344 DSC00345

DSC00346 DSC00347 DSC00348 DSC00349 DSC00350 DSC00351 DSC00352 DSC00353

KELAS KECIL

Tujuan: agar anak-anak tidak iri pada temannya, kalau ada temannya yang lebih dari dia, kita belajar ikut bersukacita, jangan iri

AYAT MAS

Rm 12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!g 

BACAAN  GURU:

Kisah KAIN DAN HABEL Kej 4: 1-16

PENDAHULUAN:

Guru membuat di depan anak anak, sambil terus bercerita, 2 keping roti yang telah dilukis dengan berbeda:,

  • Roti dengan wajah tersenyum (Roti A)
  • Roti dengan wajah iri/muram (Roti B)

Saat menunjukkan 2 keping roti itu, guru mencontohkan hati KAIN yang iri dan marah pada HABEL,

Orang yang iri tidak akan bisa tersenyum (tunjukkan roti A), melainkan wajahnya akan jadi jelek, muram, marah (Roti B)

Guru menunjukkan contoh keseharian orang yang iri: (mintalah anak-anak menunjukkan wajah roti yang cocok dengan soal cerita guru)

–          Iri karna orang lain mainnannya bagus

–          Iri karna orang lain punya baju bagus

–          Dll

Mengapa Kain iri kepada Habel?? Karna persembahan Habel diterima dengan baik oleh Tuhan, sedangkan persembahan Kain tidak diterima oleh Tuhan.

Mengapa seperti itu? Apakah Tuhan lebih sayang Habel dan benci kepada Kain?
Tidak !!

Persembahan Kain tidak diterima Tuhan, karna Kain mempersembahkan korban persembahan yang salah, seharusnya korban persembahan tidak boleh sayur-sayuran , tetapi harus berupa binatang yang disembelih, karna binatang yang disembelih itu mengeluarkan darah, sedangkan pada sayur-sayuran tidak mengeluarkan darah.  ( guru dapat pelajari lebih lanjut di Ibrani 9:22, Imamat 17;11). Sekarang setelah Yesus mati di Kayu Salib buat kita, kita tidak perlu lagi mempersembahkan korban persembahan berupa binatang yang disembelih, melainkan kita memberikan KORBAN SYUKUR, yaitu hati kita  yang menyenangkan hati Tuhan, Tuhan sangat suka hati yang seperti itu.

Orang yang iri hati tidak akan melakukan hal-hal yang baik, dia akan jadi orang yang jahat:

Yak 3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiriz  di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.

Jadi kalau wajah kita sudah cemberut, dan tidak bisa bergembira, hati-hatilah…apakah di hati kita ada rasa iri???

Ayo sekarang kita buat roti dengan wajah tersenyum, saat teman kita sukacita karna dapat kado, karna mainannya baru, karna ulang tahunnya dirayakan, kita tidak perlu iri padanya, tetapi kita mau ikut bersukacita dengan dia, sebaliknya kalau teman kita sedang sedih, kita juga harus ikut merasakan kesedihannya, jangan sampai kalau teman kita sedih kita malah senang…’horeeee kapok ya kamu..’, itu sikap yang tidak baik

Orang yang sering iri hati, selain wajahnya sering terlihat cemberut, juga tulangnya pun akan sakit-sakitan.

Ams 14:30 Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.j 

Gambar 1 -4

SUMBER GAMBAR http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ce/Book_of_Genesis_Chapter_4-1_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg/600px-Book_of_Genesis_Chapter_4-1_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg
SUMBER GAMBAR http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4e/Book_of_Genesis_Chapter_4-2_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg/600px-Book_of_Genesis_Chapter_4-2_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg
SUMBER GAMBAR http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/38/Book_of_Genesis_Chapter_4-3_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg/600px-Book_of_Genesis_Chapter_4-3_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg
SUMBER GAMBAR http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/10/Book_of_Genesis_Chapter_4-7_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg/600px-Book_of_Genesis_Chapter_4-7_(Bible_Illustrations_by_Sweet_Media).jpg
(0.80) Ams 15:13 Hati yang gembira membuat muka berseri-seri,o  tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.p 

Ams 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patahn  mengeringkan tulang.o 
Ams 14:30 Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.j 
Ams 12:25 Kekuatiran dalam hati membungkukkann  orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

IDE KELAS KECIL: MELUKIS DENGAN ROTI

GAMBAR WAJAH BERSERI-SERI

IDE KELAS BESAR: MEMBUAT RESEP DOKTER ROHANI MISAL: 3 kali sehari- tersenyum, dll,

IDE KELAS BESAR- membuat reset perpustakaan hubungan tawa, tersenyum , dll dengan kesehatan

IRI HATI

Wajah kain – muram (Kej 4:5)

Wajah saudara-saudara yusuf tidak mau menyapa dengan ramah (Kej 37: 4)

Yak 3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiriz  di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.

2 pemikiran pada “67. IRI HATI MEMBUSUKKAN TULANG

  1. Isabella Rebecca

    Saya dari GBI Arcadia Daan Mogot Tangerang, Thx ya buat video cara pengajarannya, Saya jadi tmbah pengetahuan nihh… JBU
    ^_^

Tinggalkan komentar