INCREDIBLE GENERATION JOSHUA GENERATION- MINGGU 24


MINGGU 24

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

JOSHUA GENERATION

MATERI PER KELAS

THEMA; INTIMACY 23

12658f89-6561-48ff-af15-6b33b2868231

TUJUAN:

Anak-anak IGJG melihat bagaimana selama ini Yosua mentaati Firman Tuhan. Anak-anak berlatih untuk taat secara mutlak kepada Firman Tuhan. Menjadikan Firman Tuhan otoritas tertinggi dalam hidupnya. Sehingga dari ketaatan kita kepada Tuhan, Tuhan bisa memakai hidup kita menjadi berkat bagi banyak orang, sebagaimana Tuhan memakai kehidupan Yosua yang taat pada Tuhan menjadi berkat bagi banyak orang, yaitu bagi seluruh bangsa Israel, bahkan bagi seluruh dunia.

BACAAN GURU

Untuk perbandingan ketaatan Yosua, kita perbandingkan dengan teladan dari tokoh lain, yaitu ketaatan Abraham, yang kita baca di Ibrani 11:8

 

Nanti ketaatan Yosua akan kita pakai sebagai penutup materi.

Guru baca YOSUA 23:1-16

 

MOHON GURU membaca 2 artikel ini:

 

LATAR BELAKANG SEJARAH TENTANG TEMPAT BERNAMA UR KASDIM

http://www.wacriswell-indo.org/genesis%2046%20-%20abraham_dari_ur_kasdim.htm

Pernah ada sebuah ekspedisi gabungan antara British Museum dan University of Pennsylvania di Amerika, di bawah Leonard Woolley, untuk mengeksplorasi situs Ur Kasdim, untuk melihat apakah tempat itu memang ada.

Baiklah, Ur terletak sekitar sepuluh mil di sebelah barat Sungai Efrat yang sekarang, di antara Bagdad dan Teluk Persia. Saya pernah terbang di atas Negara itu dan melihat ke bawah dari udara. Itu sekarang adalah tempat yang terpencil dan rusak. Tanahnya tandus, kawasan bergurun. Tanah liat dan pasir hampir selalu menjadi penghambat. Iklimnya tidak ramah dan lansekapnya tidak beraturan. Musim panas di sini panas dan debu dari badai pasir kadang kala menghalangi sinar matahari selama berminggu-minggu. Dan pada musim dingin, badai gurun yang dingin itu menusuk tulang para arkeolog saat menggali, dan membekukan tempat air minum mereka.

 

            Tetapi, negeri itu pada masa Abraham adalah firdaus. Tempat itu dilintasi kanal dan saluran air dan para petani hidup di firdaus. Kota-kota yang kaya, dengan dinding berat yang melindungi mereka, dunia Mesopotamia itu, dan di sinilah asal-usul peradaban, bukan di Mesir. Peradaban mulai di tanah Abraham, di negeri Ur Kasdim. Itu adalah peradaban dua ribu tahun sebelum Abraham. Itu adalah peradaban yang mulai berkembang empat ribu tahun sebelum Kristus. Mereka memiliki tempat tinggal yang luas, kuil-kuil yang menakjubkan, perpustakaan, kebudayaan.

 

Saya ingin memberikan beberapa contoh. Tidak ada anak sekolah yang tidak diajar bahwa busur adalah temuan bangsa Romawi, bangsa Yunani tidak pernah menggunakan busur, mereka menggunakan garis lurus. Kalau Anda pernah melihat gambar Parthenon, setiap garisnya lurus. Semua rancangan arsitektur bangsa Yunani lurus, tetapi bangsa Romawi menggunakan busur. Dan kalau Anda melihat saluran air, atau bangunan Romawi, pasti ada busur atau lengkungan. Dan seorang anak sekolah diajarkan bahwa bangsa Romawi menemukan busur.

 

            Tidak ada yang lebih jauh daripada kebenaran itu. ribuan tahun sebelum Roma menggunakan busur, bangsa Kasdim telah menggunakannya di dalam bangunan public mereka yang besar. Sebelum Roma berdiri, bangsa Kasdim telah menggunakan busur yang indah.

 

            Ini hal yang lain lagi: kendaraan roda empat yang kita kira adalah penemuan modern, itu telah digunakan oleh bangsa Kasdim kuno. Mereka memiliki system matematika yang rumit, dan mereka memiliki layanan pos. Saya mengutip seorang professor yang mempelajarinya. Ia mengatakan, “arkeologi aksara cuneiform sangat bagus, dan merupakan layanan pos yang sangat bagus yang menghubungkan Kanaan dan Babel pada masa Naram-Sin, 1.750 tahun sebelum Abraham.”

 

Saya hanya menunjukkan bahwa negeri asal Abraham itu, tempat ia dibesarkan, adalah negeri yang memiliki peradaban yang maju, memiliki kebudayaan yang gesar dan mengesankan, dan tentu saja, semua yang diperlukan oleh orang-orang tingkat tinggi dan sebuah bangsa yang maju.

 

Sekarang, yang menjadi pusat perhatian kita dan pusat perhatian Allah tentang tempat tinggal Abraham, dan dari mana Allah memanggilnya. Ur Kasdim adalah sebuah kota penyembah berhala. Itu seperti Athena pada masa Paulus. Ada dewa yang disembah di mana-mana. Saya ingin memulainya dengan hal itu bahwa Terah disebutkan dalam Yosua 24 ayat 2 sebagai seorang penyembah berhala. Seluruh dunia menyembah berhala, dan keluarga Abraham adalah penyembah berhala. Dan ayah Abraham, Terah, adalah seorang penyembah berhala. Yang mendominasi kota Ur Kasdim adalah salah satu ziggurat. It adalah kata Asyur yang berarti “gerbang sorga.” Dan ziggurat itu terbuat dari batu bata yang diletakkan di atas batu, sebuah struktur yang kuat, dua ratus kaki seratus limapuluh kaki, kali tujuh puluh kaki dan itu dibangun sekitar 2.300 tahun sebelum masehi. Itu adalah bangunan yang padat tanpa kamar, tanpa celah. Dan seperti Parthenon, tidak garis lurus. Itu adalah ilusi optik. Itu adalah bangunan dengan arsitektur yang hebat. Ada tiga tangga besar di puncaknya, dan di puncak ziggurat ada kuil untuk dewa kafir yang mereka sembah.

 

Di sanalah Abraham tinggal. Di sanalah Abraham lahir. Dan di sanalah Allah memanggil Abraham. Dan ia akan menjadi bapa atas keluarga dan bangsa yang akan mendatangkan penebusan ke dalam dunia.

 

Sekarang, saya akan menutup pelajaran tentang Abraham, bapa kita. Keinginan Allah, dan panggilan pertama Allah, selalu dengan pemisahan, mengambil diri kita dari hati dan jiwa dan pikiran dan tubuh dan mimpi dan visi, mengambil diri kita dari dunia yang menghakimi, dunia yang menghadapi penghakiman Allah dan utnuk memisahkan diri kita darinya.

Namanya, “Ibrani,” Abraham adalah orang pertama yang disebut sebagai seorang Ibrani. Namanya berarti “Menyeberang.” Dan ini mengacu pada penyeberangan Sungai Efrat dan masuk ke Tanah Perjanjian. Tindakan iman pertama selalu adalah keluar dari dunia dan memberikan diri kita kepada Firman dan janji Allah. Dan berdasarkan janji itu, ia meninggalkan rumahnya, negerinya, ia menjadi peziarah di bumi ini, dan ia menyerah di sini dan seterusnya. Ia menukar dunianya dengan dunia yang akan datang. Dan Allah menghargai komitmen itu.

 

 

http://www.gbielshaddai.org/2013/07/ketaatan-adalah-kunci-sukses-dalam-melakukan-pekerjaanpekerjaan-yesus/

GBI EL SHADDAI

KETAATAN ADALAH KUNCI SUKSES DALAM MELAKUKAN PEKERJAAN PEKERJAAN YESUS

Yakobus 1:22, Yohanes 14:15 ; 15:14

PENDAHULUAN

Pada bulan Juni , kita semua sudah belajar firman Tuhan tentang melakukan pekerjaan-pekerjaan Yesus. Kita dapat melakukan pekerjaan Yesus oleh karena kita memiliki koinonia dengan Yesus.

Saat ini kita akan belajar hal yang sangat penting dan sifatnya mutlak dalam hubungan kita dengan Yesus dan dalam melakukan pekerjaan Yesus yaitu ketaatan.

Allah mendesign manusia dengan kehendak bebas, agar manusia dapat belajar memilih dan mengerti akibat dari pilihan-pilihan yang diputuskan. Allah sangan menginginkan manusia yang diciptakannya itu mengambil keputusan untuk mengasihi dan mentaatiNya. Allah selalu menyediakan upah dari sebuah ketaatan.

Ketaatan sangat penting bagi Allah dan sangat bermanfaat bagi manusia.Itulah sebabnya pada saat kita melakukan pekerjaan-pekerjaan Yesus, kita harus belajar tentang unsur penting dalam hubungan kita dengan Yesus yaitu ketaatan.

Yesus mengatakan kepada kita bahwa bukti kita mengasihi Dia adalah mentaati Dia.

Yoh 14:15  “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Yesus memanggil kita sahabatNya, jika kita menuruti perintahNya

Yoh 15:14  Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Yoh 15:15  Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Bapak Abraham , ialah  Bapak orang beriman disebut sebagai Sahabat Allah, karena selalu menuruti perintah Allah.

Yak 2:21  Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?

Yak 2:22  Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Yak 2:23  Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat Allah.”

YESUS BELAJAR TAAT DAN TELADAN DALAM HAL KETAATAN

Ibr 5:7  Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.

Ibr 5:8  Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,

Ibr 5:9  dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya,

Ketaatan yang dipelajari Yesus adalah ketaatan untuk mengalami penderitaan.Bersikap taat tidak menjadi masalah jika kita tidak perlu menderita; namun jika ketaatan itu menimbulkan penderitaan, masalahnya menjadi lain. Adakah yang menentang Anak Allah sebelum Inkarnasi? Selama hidup di dunialah Dia menderita karena ketaatan-Nya.

Dengan kata lain, ada beberapa hal yang bahkan Allah sendiri hanya dapat mengalaminya dengan menjadi manusia dan

merasakan semua keterbatasan manusia.Ketaatan dalam menghadapi penderitaan merupakan salah satu contoh. Hal tersebut pada gilirannya akan membawa Yesus pada kesempurnaan, yang artinya adalah “kematangan” atau “penggenapan.” Artinya, melalui ketaatan dalam menghadapi penderitaan yang hebat, Yesus mampu menyelesaikan atau menggenapi misi-Nya, yaitu menjadi sumber atau dasar keselamatan kekal (bukan pembebasan yang bersifat sementara) bagi siapa saja yang menaati-Nya. Misi yang telah digenapi-Nya ini merupakan dasar dari jabatan Imam Besar yang sekarang dimiliki-Nya.

Disalin dari: Peter H Davids, Ucapan yang Sulit Dalam Perjanjian Baru, SAAT Malang, p. 109-112

JIKA KITA BELAJAR UNTUK TAAT, MAKA….

  1. DIBERKATI DALAM SEGALA HAL 

Yak 1:25  Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya

Yak 1:25  Hukum Allah sempurna dan mempunyai kekuatan untuk memerdekakan manusia. Dan orang yang menyelidiki dan memperhatikan baik-baik serta melakukan hukum-hukum itu, dan bukannya mendengar saja lalu melupakannya,orang itu akan diberkati Allah dalam setiap hal yang dilakukannya. (BIS)

  1. MENJADI SAHABAT YESUS DAN MENERIMA KEBENARAN YANG LEBIH LAGI 

Yoh 15:14Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Yoh 15:15  Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

  1. BANYAK ORANG AKAN DISELAMATKAN 

2Ti 2:10  Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.

1Ti 4:16  Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

1Ti 4:16  Awasilah dirimu dan awasilah juga pengajaranmu. Hendaklah engkau setia melakukan semuanya itu, sebab dengan demikian engkau akan menyelamatkan baik dirimu sendiri maupun orang-orang yang mendengarmu.

 

RAHASIA BELAJAR UNTUK TAAT KEPADA YESUS

  1. Mengembangkan hidup yang disiplin untuk membaca dan renungkan Firman Tuhan serta melakukannya.

1Ti 4:13  Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.

Firman Allah adalah refleksi / cerminan dari karakter Allah sendiri.

Pada saat kita membaca Firman Allah, iman akan timbul di hati kita dan ketika iman timbul, maka iman membutuhkan tindakan atau action. Bertindak melakukan Firman Allah adalah membiarkan Yesus bertindak melalui kita, KARENA YESUS DAN FIRMANNYA ADALAH SATU.

Biarkan Firman Allah mendapat tempat di jalan hidup kita, karena pada waktu Firman Allah tinggal dalam kita,  itu artinya sama dengan Yesus secara pribadi tinggal dalam kita.

Yakobus 1:22-24

Pada saat kita melakukan Firman Allah, kita memberi kesempatan kepada Allah untuk menyembuhkan, memulihkan , membebaskan dan memberkati kita. Jadi saat kita memberikan tempat  bagi Firman Allah dalam kehidupan kita , kita sedang  memberikan tempat bagi Yesus dalam ke-Tuhan-an-Nya atas kita.

Ketika Firman Allah mendominasi hidup kita , itu berarti  Ketuhanan Yesus berlaku atas kita. Biarkanlah Firman Allah menjadi pemberi arah bagi kita saat kita menghadapi situasi tertentu dalam hidup kita .

Kita akan menjadi orang yang bijaksana , karena orang yang bijaksana ialah orang yang mendengar dan melakukan Firman Allah.

Mat 7:24  “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana,…

  1. Mengembangkan hidup yang disiplin untuk berdoa dan puasa,akan membangun keintiman dengan Yesus.

Berdoa dan berpuasa adalah perintah Tuhan bagi kita.

Luk_5:16  Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

Luk_6:12  Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.

Luk_18:1  Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.

1Te_5:17  Tetaplah berdoa.

Alkitab banyak mencatat peristiwa-peristiwa besar yang terjadi, jika dirunut kebelakang , kita akan mendapatkan orang-orang yang terus melakukan berdoa dan berpuasa untuk suatu rencana Allah yang akan terjadi. Berdoa akan membawa kita kepada keintiman dengan Yesus, kita berbicara kepadaNya dan Dia mendengarkan apa yang kita bicarakan, sebaliknya Dia berbicara kepada kita ( melalui firmanNya ) dan kita mendengarkan serta melakukannya.

  1. Mengembangkan kasih kepada Yesus melalui mentaati apa yang diperintahkan. 

Yoh 14:15  “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Kasih bagi Yesus merupakan hal yang sangat penting. Dia tidak menginginkan kita berkurang bahkan hilang kasih kita kepadaNya.

Sebab pada waktu kita hidup dalam kasih , kita sedang mencerminkan karakterNya, karena Allah adalah Kasih.

Kasih akan memberikan nilai istimewa dan menjadikannya sangat berarti , ketikan ketaatan dilakukan.

 

PENDAHULUAN

 

Sebagai pendahuluan, kita ajak anak-anak memperkatakan ayat emas ini:

Ibrani 11;8 ( dengan gerakan dan berulang-ulang)- jangan beritahukan di awal, bahwa nanti ayat ini akan disertai lomba, biarkan anak-anak memperkatakan ayat ini secara natural, nanti anak yang bersungguh-sungguhlah yang dapat memenangkan lomba setelah ini, dan biarkan anak-anak yang tadinya kurang bersungguh-sungguh menjadikan momentum ini sebagai pelajaran berharga di lain hari akan lebih bersungguh-sungguh memperkatakan Firman Tuhan.  Jika guru beritahukan di awal nanti ada lomba terkait ayat ini, maka anak-anak dikawatirkan akan memperkatakan Firman dengan motivasi yang salah, semata-mata hanya untuk mengejar hadiah atau kemenangan.

LOMBA TELITI MENGHITUNG

Yang dipersiapkan guru:

  • Lembar jawaban tiap anak tiap anak dapat 1
  • Pensil tiap anak dapat 1
  • Karet penghapus tiap anak dapat 1
  • Hadiah hiburan langsung bagi para pemenang ( misalnya siapkan 10 pensil untuk lebih kurang 10 jawaban benar)

Setelah selesai memperkatakan, buatlah LOMBA TELITI MENGHITUNG BERAPA BANYAK VOKAL A dalam ayat tersebut !!

Lomba ini perorangan, dan bukan kelompok !! Jadi tiap orang akan bertanggung jawab masing-masing terhadap jawabannya.

Tidak boleh melihat Alkitab, ayat tidak boleh ditulis lagi, jadi menghitung huruf A nya dari ingatan saja, alamat ayat juga dihitung, tidak boleh ada coretan pada kertas buram/ atau pada lembar jawaban, semua anak harus memikirkan di otaknya, berapa jumlah A dalam alamat dan ayat tersebut.

Contoh : Matius Lima Ayat Satu; Berbahagialah…. ( itu mengandung 9 huruf A)

Tuliskan jawaban di kertas, setelah selesai, tidak perlu dikumpulkan, pegang saja sebagai bukti jawabanmu tidak akan berubah lagi.

Guru mengumumkan kunci jawaban bila semua sudah selesai menulis jawaban, lalu semua yang benar dapat hadiah hiburan. Jadi tidak memakai metode siapa tercepat, tetapi semua harus dengan teliti menghitung berapa jumlah A pada ayat yang tadi sudah diperkatakan berulang-ulang tersebut. Tekankan ketelitian, karena dalam ketelitian kita tidak dapat terburu-buru, melainkan harus secara detail menghitung jumlah A-nya ada berapa.

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

ADA

 

………….

 

 

HURUF A

 

——————————————copy sejumlah murid anda———————————————

 

ADA BERAPA HURUF A PADA IBRANI SEBELAS AYAT DELAPAN?

KUNCI JAWABAN GURU ; ada 38 huruf A dalam

Ibr A ni      sebel A s      A y A t      del A p A n.

k A ren A       im A n

A br A hA m       t AA t , ketik A      i A

Dip A nggil      untuk      ber A ngk At

ke      negeri      y A ng      A k A n      diterim A ny A

menj A di      milik      pus A k A ny A, 

l A lu      i A      ber A ngk A t

deng A n      tid A k     menget A hui

temp A t      y A ng      i A      tujui.

 

 

 

INTI MATERI

Guru menyediakan 1 pack cutton buds ( pastikan isinya lebih dari 18 batang), untuk setiap kelompok. Atau jika menginginkan game ini sebagai game perorangan, guru menyediakan 1 pack cutton buds untuk tiap anak ( pastikan isinya lebih dari 18 batang).

Tujuan isi lebih dari 18 batang adalah biar anak-anak nanti yang menghitung sendiri batang-batang itu dengan teliti, sekaligus mengasah kecerdasan logic smart mereka.

Usahakan jangan mengganti alat ini dengan korek api atau tusuk gigi, demi alasan keamanan bahan kimia dan ketajaman bambu yang kurang aman bagi anak-anak.

 

GAME SERU DENGAN ANGKA DAN HURUF

  1. Setelah setiap kelompok mendapat 1 pack, kini ajak mereka membuka :

LUKAS 13:6

Bukankah perempuan ini, yang sudah DELAPAN BELAS tahun diikat oleh Iblis,

harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan ABRAHAM?

 

Yang dipersiapkan guru:

  • LEMBAR JAWABAN KELOMPOK. ( copy dan gunting tiap kotak, berikan tiap kelompok satu kotak/ atau bisa juga per anak satu kotak- bila anda menginginkan game ini perorangan) Berikan lembar jawaban ini PER PERTANYAAN, jangan sekaligus semuanya, karena kita tidak menomori kotak, dan juga karena kunci jawaban akan dibahas per pertanyaan.
  • Pensil tiap kelompok mendapat 1 atau tiap anak mendapat 1( bila anda menginginkan game ini perorangan)
  • Karet penghapus tiap kelompok mendapat 1 atau tiap anak mendapat 1
  • Hadiah sebanyak mungkin yang diperlukan untuk jawaban benar pada tiap pertanyaan, atau hadiah secukupnya bagi pengumpul nilai terbanyak.

 

Pertanyaan pertama: SIAPAKAH NAMA TOKOH DALAM PERJANJIAN LAMA YANG DISEBUT DALAM AYAT TADI?

TULISKAN JAWABANMU DI BALIK KERTAS INI

TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA
TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA TOKOH KITA

 

Kunci jawaban guru; ABRAHAM

Keterangan untuk guru:

setelah anak-anak selesai menuliskan jawaban mereka, beritahukan jawaban yang benar. Bila anda menginginkan langsung memberikan hadiah bagi semua jawaban benar, saat itu juga hadiah diberikan. Bila anda menginginkan pengumpulan point, dan hanya memberikan hadiah bagi pengumpul nilai terbanyak, mintalah mereka memberi angka 100 pada jawaban benar dan 0 pada jawaban salah, pada lembar jawaban kotak mereka sendiri. ( melatih mereka jujur) ; keterangan ini berlaku bagi semua pertanyaan.

 

  1. Pertanyaan kedua: BERAPAKAH ANGKA YANG ADA DALAM AYAT TADI?

TULISKANLAH JAWABANMU DI BALIK KERTAS INI, DAN AMBILAH CUTTON BUDS SEBANYAK ANGKA TERSEBUT

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

ADA

ANGKA

BERAPA?

20160930_135449

Kunci jawaban guru; 18

 

  1. Kini BACAKAN ayat ini – jangan ajak membuka Alkitab, melainkan hanya BACAKAN saja ( dengan menyebut TITIK-TITIK pada bagian titik –titik pada ayat ini, untuk mereka jawab. Tentu mereka bisa, karena ini ayat yang di bagian awal/ pendahuluan tadi telah diperkatakan , bahkan telah dihitung jumlah huruf A-nya) Jika mereka bingung, bisa diingatkan lagi ini adalah ayat yang tadi telah kita perkatakan bersama.

Ibrani 11: 8

Karena iman Abraham ……….., ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui

TULISKAN JAWABANMU DI BALIK KERTAS INI, DAN…SETELAH ITU SUSUNLAH CUTTON BUDS ITU MENJADI KATA YANG MENJADI JAWABANMU ITU, -harus dipakai semua cutton buds yang ada.

ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM…
ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM… ABRAHAM…

20160930_135035

Kunci jawaban guru: TAAT

Keterangan untuk guru; bila anak-anak menuliskan kata TAAT dengan cara yang tidak sama seperti yang ada di photo tersebut, namun yang penting bisa terbaca dengan jelas TAAT, dibetulkan saja, kita hargai usaha mereka. Semua cutton buds harus terpakai semua dalam menulis kata TAAT ini, tidak boleh bersisa.

 

  1. Abraham TAAT ketika ia dipanggil keluar dari daerah asalnya, untuk pergi ke sebuah tempat lain yang Tuhan belum beritahukan akan ke mana dia akan pergi nantinya…Jadi pada saat berangkat, Abraham belum tahu tujuannya itu ke mana. Padahal tempat Abraham tinggal dulu sebelum dia pergi untuk mentaati Tuhan itu, adalah tempat YANG PALING MODERN pada zaman / pada masa itu. Di sebuah kota yang maju, di sebuah kota yang peradabannya modern pada masa itu/ pada zaman itu/ pada era itu. Kalau di Indonesia sekarang, ya kota Jakarta. Kalau di dunia sekarang ya New York City , dll.

Di manakah kota tempat asal/ kota kelahiran Abraham itu? Yok kita cari jawabannya      di Kejadian 11:31

Kejadian 11:31

Lalu Terah membawa Abram, anaknya , serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran, dan menetap di sana.

TULISKAN JAWABANMU DI BALIK KERTAS INI

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

ABRAHAM

BERASAL DARI…..

 

Kunci Jawaban guru; Ur Kasdim

Nah ini dia photo-photonya: ( GURU bisa menunjukkan lewat Screen LCD atau bisa print gambar-gambar ini)

SUMBER GAMBAR:

(http://www.bible-history.com/geography/bibleplaces/ur-map-thumb.jpg)

 

Ini adalah peta dari tanah UR, yaitu UR Kasdim, tempat asal Abraham.

Kota tempat tinggal Abraham sudah sangat nyaman pada saat itu, karena kota itu adalah kota yang sangat modern/ maju pada zaman itu. Padahal tahun itu lebih kurang tahun 2000 sebelum Masehi ( atau lebih kurang 2000 tahun sebelum Yesus lahir atau lebih kurang 4000 tahun yang lalu, dari sekarang)

Menurut penelitian para ahli,

Pernah ada sebuah ekspedisi gabungan antara British Museum dan University of Pennsylvania di Amerika, di bawah Leonard Woolley, untuk mengeksplorasi situs Ur Kasdim, untuk melihat apakah tempat itu memang ada.

 

            Tetapi, negeri itu pada masa Abraham adalah firdaus. Tempat itu dilintasi kanal dan saluran air dan para petani hidup di firdaus. Kota-kota yang kaya, dengan dinding berat yang melindungi mereka, dunia Mesopotamia itu, dan di sinilah asal-usul peradaban, bukan di Mesir. Peradaban mulai di tanah Abraham, di negeri Ur Kasdim. Itu adalah peradaban dua ribu tahun sebelum Abraham. Itu adalah peradaban yang mulai berkembang empat ribu tahun sebelum Kristus. Mereka memiliki tempat tinggal yang luas, kuil-kuil yang menakjubkan, perpustakaan, kebudayaan.

 

SUMBER GAMBAR: (https://images-eu.ssl-images-amazon.com/images/I/51slmDP9cvL._AC_UL320_SR214,320_.jpg

SUMBER GAMBAR: (https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/a7/f1/94/a7f19444ba0add953f60a7e09e9b4243.jpg)

 

Ini hal yang lain lagi: kendaraan roda empat yang kita kira adalah penemuan modern, itu telah digunakan oleh bangsa Kasdim kuno. Mereka memiliki system matematika yang rumit, dan mereka memiliki layanan pos. Saya mengutip seorang professor yang mempelajarinya. Ia mengatakan, “arkeologi aksara cuneiform sangat bagus, dan merupakan layanan pos yang sangat bagus yang menghubungkan Kanaan dan Babel pada masa Naram-Sin, 1.750 tahun sebelum Abraham.”

Dari sebuah tempat yang sangat nyaman, sangat maju, sangat modern, Abraham disuruh Tuhan pergi dari tempat itu, dari Ur Kasdim, untuk pergi ke tempat yang dia belum tahu.

 

  1. Tahukah kalian bahwa Abraham itu orang yang SANGAT ………………..? Baca jawabannya di Kejadian 13:2

Kejadian 13:2

Adapun Abram sangat …………………., banyak ternak, perak dan emasnya.

Keterangan untuk guru; walaupun ayat referensi ini adalah ayat yang ditulis setelah Abraham keluar dari UR Kasdim, yaitu pada saat dia sudah berada di tanah NEGEB, namun ada penjelasan sbb;

CATATAN KEKAYAAN ABRAM

Ur Kasdim: tidak ada catatan kekayaan Abraham, juga tidak ada catatan penambahan kekayaannya berasal dari mana ( Kej 11:31)

Haran; tidak ada catatan kekayaan Abraham, juga tidak ada catatan penambahan kekayaannya berasal dari mana  ( Kej 11:31) Usia Abram pada saat itu 75 tahun, saat meninggalkan Haran ( Kej 12:4)

Kanaan; tidak ada catatan kekayaan Abraham, juga tidak ada catatan penambahan kekayaannya berasal dari mana (Kej 12:5)

Pohon terbantin di More, dekat Sikhem, tidak ada catatan kekayaan Abraham, juga tidak ada catatan penambahan kekayaannya berasal dari mana (Kej 12:6)

Di Pegunungan sebelah timur Bethel, antara Bethel dan Ai, tidak ada catatan kekayaan Abraham, juga tidak ada catatan penambahan kekayaannya berasal dari mana (Kej 12:8)

Di Negeb, tidak ada catatan kekayaan Abraham, juga tidak ada catatan penambahan kekayaannya berasal dari mana (Kej 12:9)

Di Negeb terjadi kelaparan hebat, Abram mengungsi ke Mesir ( Kej 12: 10)

Di Mesir, Abram mendapat tambahan harta dari Firaun:

  • Kambing domba,
  • lembu sapi,
  • keledai jantan,
  • budak laki-laki, dan perempuan,
  • keledai betina
  • dan unta

Namun saat Abram pergi dari Mesir, dikatakan di Alkitab, Kejadian 12;20, dan ditulis lagi di Kejadian 13:1 kata yang sama KOL

Lalu Firaun memerintahkan beberapa orang untuk mengantarkan  Abram pergi , bersama-sama dengan isterinya, dan SEGALA KEPUNYAANNYA.

Kata segala kepunyaannya, digunakan kata KOL, yang artinya;

  • Segala, semua, seluruh, segenap, semuanya, segala sesuatu, apapun, sekalian, sesuatu, seluruhnya, segala-galanya, sekaliannya, seisi, pelbagai, apa saja,sekaliannya, kesemuanya, keseluruhannya, tidak ada lagi sesuatu,
  • Setiap, setiap orang, tiap-tiap, semua orang-orang
  • Berbagai-bagai, bermacam-macam, segala macam, sembarang, berbagai,
  • Seumur hidup,
  • Perlengkapannya, segala isinya, segala barang, setiap barang

Jadi kesimpulan dari kata KOL tersebut, saat Abram meninggalkan Mesir, dia membawa semua harta kepunyaannya, tidak ada satu pun yang dijarah oleh Firaun, termasuk bisa jadi semua pemberian Firaun berupa binatang binatang serta budak-budak,  tidak ditarik kembali oleh Firaun, dan tidak ada catatan Alkitab bahwa Abram mengembalikan pada Firaun, semua menjadi milik Abram.

Apakah kekayaan Abram ini berasal dari pemberian Firaun saja ?? Jadi sejak di Ur Kasdim, dia sebenarnya orang miskin?

TIDAK ! Karena di bagian selanjutnya kita akan tahu bahwa Abram dikatakan banyak PERAK DAN EMASNYA, dimana perak dan emas ini ??

JELAS BUKAN PEMBERIAN DARI FIRAUN, kalau Firaun memberikan emas dan perak, tentu Alkitab mencatat hal itu.

 

Kini sampailah kita di Kejadian 13: 2

Dari Mesir, Abram kini pergi ke tanah NEGEB

Di tanah NEGEB inilah dikatakan ,

Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya.

Kalaupun ternak Abram didapat dari pemberian FIRAUN, namun tidak demikian dengan perak dan emasnya.

Bisa kita simpulkan ABRAM sudah KAYA sejak di UR KASDIM.

Catatan: bagian ini tidak perlu dijelaskan ke anak-anak, hanya untuk guru tahu dan yakin bahwa Abram memang sudah kaya sejak dari Ur Kasdim, hanya untuk pembuktian saja.

 

TULISKAN JAWABANMU DI BALIK KERTAS INI:

ABRAHAM

ORANG

YANG SANGAT………..

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT……..

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT….

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT….

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG

YANG SANGAT………..

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT……..

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT….

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT….

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

ABRAHAM

ORANG YANG SANGAT…

 

Anggap saja kekayaan ABRAHAM sebelum dia meninggalkan UR Kasdim adalah: 508

Kini buatlah 18 batang cuttonbuds tersebut menjadi angka 508

20160930_134919

  1. Abraham rela meninggalkan kenyamanannya di UR Kasdim, padahal dia adalah orang yang sangat kaya di sana, dengan meninggalkan kota yang sangat nyaman, Abraham mau mempercayakan hidupnya pada Tuhan, dan dia pun mau TA-AT untuk pergi ke tempat lain yang dia belum tahu, apakah akan senyaman di Ur Kasdim, apakah akan semaju di Ur Kasdim, apakah dia akan jadi miskin nantinya?

Inilah peta perjalanan Abram:

SUMBER GAMBAR: (http://www.bible-history.com/maps/4-Abraham-journey-2.jpg)

 

Kata TA-AT terdiri dari 2 suku kata, kini BERAPAKAH ANGKA/ NILAI TERBESAR YANG BISA KAMU DAPATKAN, DENGAN HANYA MEMINDAHKAN DUA BATANG CUTTON BUDS INI?

/ bahasa mudahnya; PINDAHKAN 2 BATANG SAJA DARI CUTTONBUDS ini SEHINGGA KEKAYAAN ABRAM YANG TADINYA HANYA 508 BISA BERUBAH MENJADI ………ANGKA YANG TERBESAR.

Pada saat guru memberi perintah ini, guru bisa memegang dua cutton buds, dan beri intonasi  pada dua suku kata TA_AT sambil menunjukkan dua cutton buds satu di tangan kanan, dan satu di tangan kiri

TA ( cutton buds 1)

AT ( cutton buds 2)

12658f89-6561-48ff-af15-6b33b2868231

Gambar di atas menggunakan korek api, abaikan pemakain bahan tersebut, kita tetap menggunakan bahan yang aman, cutton buds

Beri kesempatan anak-anak membuat jawaban mereka, bisa jadi jawaban mereka seperti ini ( ini hanya memperkirakan saja):

20161002_071152

20161002_070931

20161002_070954

20161002_070802 20161002_070435 20161002_071114

Bisa saja mereka menjawab / membentuk angka:

998

999

dll

 

KUNCI JAWABAN GURU

Jadi jawaban kalian: 3.001 ( banyak juga ya), tapi ada yang lebih banyak lagi ; 5.031 ( ck ck ck ) , tapi ada lagi yang lebih banyak ternyata; 5.051, (huuuiiiihhh keren), tapi masih ada lagi ternyata yang lebiiiiih banyak lagi; 5.061, 5.281, 5.681….waaaauuu

Tetapi yang benar adalaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhh:

Angka terbesar yang didapat dari memindahkan 2 cutton buds ini adalah:

  1. 181 ( lima puluh satu RIBU, seratus delapan puluh satu) waaaauuuuu………

 

20160930_134939

Guru bisa memberikan hadiah bagi anak/ kelompok yang menjawab dengan betul

WAH…. ternyata banyak juga ya, hanya dengan mengubah posisi dua cutton buds ini, angka 508  bisa berubah menjadi  51.181

Selisihnya adalah         51.181  –  508  =  50.673

Banyak sekali ya…

Ternyata KETAATAN dapat membuat kita DIBERKATI untuk bisa jadi BERKAT.

508

Bisa jadi

51.181

Sama seperti hidup Abraham, dia diberkati untuk bisa dipakai oleh Tuhan menjadi berkat bagi orang banyak, bahkan bagi seluruh dunia.

Mari kita baca di :

Kejadian 12:1-3

Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pergilah dari negerimu 

dan dari sanak saudaramu

dan dari rumah bapamu ini

ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 

Aku akan membuat engkau menjadi bangsa  yang besar,

dan memberkati engkau 

serta membuat namamu masyhur;

dan engkau akan menjadi berkat.

Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau,

dan olehmu semua kaum di muka bumi  akan mendapat berkat .”

Waaauuu…luar biasa, saat Abram taat, Tuhan mengubah hidupnya menjad ABRAHAM, dan Tuhan menambah-nambahkan hidupnya secara luar biasa ( seperti dari angka 508 tadi, bisa menjadi angka 51.181)

BERANDAI-ANDAI

Bagi anak-anak dalam dua kelompok, yaitu kelompok perempuan dan kelompok laki-laki.

Tiap kelompok bisa dipandu oleh guru pendamping.

Kelompok perempuan :

berandai-andai, APA YANG TERJADI BILA SEANDAINYA ABRAM TIDAK MAU TAAT PADA TUHAN, karena kan Tuhan tidak suka memaksa manusia…!! Tuhan tidak pernah memaksa Abram, tetapi Tuhan suka bila Abram taat kepadaNya

Cari jawabannya di ;

Yosua 24:15,

Roma 4:16,

Matius 1:1,

KPR 13:26,

Galatia 3:6,

Galatia 3:9,

Yakobus 2:23

Catatan untuk Guru; khusus ayat Yosua 24:15, jawabannya adalah:  jika Abram tidak taat, dia akan tinggal di tengah-tengah para penyembah berhala di Ur Kasdim.

Ayat lainnya, mudah disimpulkan sendiri bersama anak-anak.

Catat jawaban kalian di lembar jawaban ini, dan nanti presentasikan: di depan kelas

SEANDAINYA ABRAM TIDAK TAAT PADA TUHAN, maka hal-hal ini tidak akan terjadi dalam hidupnya, dan hidup bangsa Israel, dan hidup kita, ( sertakan ayat bila perlu)

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

Kelompok laki-laki:

berandai-andai, APA YANG TERJADI BILA SEANDAINYA YOSUA TIDAK MAU TAAT PADA TUHAN,  karena kan Tuhan tidak suka memaksa manusia…!! Tuhan tidak pernah memaksa YOSUA, tetapi Tuhan suka bila YOSUA taat kepadaNya

Cari jawabannya di ;

Yosua 23:1-16

Catat jawaban kalian di lembar jawaban ini, dan nanti presentasikan: di depan kelas

SEANDAINYA YOSUA TIDAK TAAT PADA TUHAN, maka hal-hal ini tidak akan terjadi dalam hidupnya, dan hidup bangsa Israel, dan hidup kita, ( sertakan ayat bila perlu)

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

 

Tokoh Pembanding

Sudah termasuk dalam materi awal pendahuluan dan inti

 

PENUTUP

Nah, adik-adik , bagaimana cara kita TAAT pada Tuhan, dan pada firman-Nya??

Biarkan anak-anak menjawab bagaimana caranya.

Guru menutup kesaksian; bagaimana guru telah TAAT kepada Tuhan di tengah-tengah dunia yang bengkok ini, bagaimana guru telah taat kepada firman Tuhan, dan bagaimana Tuhan memakai hidup guru untuk jadi berkat bagi banyak orang.

 

Indikasi pencapaian

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s