RESTORE OUR FAMILY


Restore Our Family adalah pengembangan dari materi Restore My Family, yang tempo hari digelar di GBI Diaspora Sejahtera Malang, khusus untuk anak-anak dan ada juga beberapa sesi khusus bersama orang tua yang didatangkan di 1 sesi serta api unggun.

SEMUA SINOPSIS RESTORE MY HEART

bisa anda lihat di link ini:

SINOPSIS RESTORE MY HEART

( semua materi anak kecil sampai besar ada pada tautan di atas, sedangkan sisanya di sini adalah materi pemuda dan parenting serta materi raya, yang dapat melengkapi materi di atas bila diselenggarakan berupa FAMILY CAMP)

Materi Restore Our Family adalah untuk RETREAT KELUARGA, yang kali ini digelar oleh Yayasan Jenius Cara Alkitab, di Dusun Sahabat Alam, Malang, tanggal 27-29 Desember 2018 nanti.

 

SINOPSIS FAMILY CAMP

RESTORE OUR FAMILY

 

VISI;

Terjadinya restorasi dalam keluarga-keluarga di Indonesia.

 

Ayat Thema:

Maleakhi 4: 5-6

 

Ibadah Pembukaan ( Ibu Yayuk Wahyuni)

Materi                         : Mazmur 133, Maleakhi 4:5-6

Menekankan pada bagaimana Tuhan merindukan setiap keluarga boleh menjadi keluarga yang rukun ( Mazmur 133) , dan mengalami restorasi seperti yang Tuhan janjikan di Maleakhi 4:5-6. Hal inilah yang menjadi isi hati Tuhan dalam family camp ini, untuk setiap keluarga mengalami suatu restorasi besar-besaran. Tangkaplah isi hati Tuhan ini dalam seluruh rangkaian 3 hari 2 malam ini.

 

SESI 1 ( Ibu Grace Sumilat)

PARENTING; POLA ASUH ( 1)

Pola-pola asuh yang salah dalam keluarga akan dibahas, di mana pola-pola asuh ini harus dihancurkan dan diganti dengan pola-pola asuh yang baik yang akan nanti dipaparkan pada sesi 4.

 

KKR 1 ( Bpk Hans Tattu, kesaksian oleh Sdri Rafik, Altar Call oleh Ibu Sherly P. Rumimpunu)

Luka itu telah sembuh.

Belajar dari Yusuf, untuk bisa mengenali ciri-ciri hati yang terluka dan harus memutuskan untuk sembuh dari luka. Orang tua yang terluka di masa lalunya akan menjadi orang tua yang melukai anak-anaknya. Anak-anak yang terluka oleh orang tuanya juga akan menjadi generasi yang terhambat. Generasi yang terluka akan membawa luka itu pada generasi yang berikutnya lagi. Semua generasi pada akhirnya harus sembuh dari luka hati bila ingin mengalami sebuah restorasi dalam keluarga.

 

 

 

 

 

 

RENUNGAN PAGI ( 1) ( Bpk Denny Tololiu)

BAHASA KASIH DALAM KELUARGA

I Korintus 13:1-7

Bahasa kasih adalah bahasa universal yang dapat diberikan dan dapat diterima oleh semua anggota keluarga. Kasih dalam sebuah keluarga adalah ikatan yang secara kokoh mempersatukan setiap anggota kepada anggota keluarga yang lain.

 

SESI 2 ( Ibu Sherly P. Rumimpunu)

PASUTRI. POLA TIGA GENERASI

Ketika mempelajari bagaimana Tuhan memulihkan keluarga Adam dan Hawa, di sinilah akan terungkap, bagaimana isteri harus bersikap kepada suami, dan sebaliknya bagaimana suami harus bersikap kepada isteri, dan bagaimana keduanya bergandengan tangan dalam mencetak generasi yang takut akan Tuhan. Ketika pola yang benar ini berjalan, maka dari generasi ke dua, ke tiga dan ke empat akan mengalami dampaknya. Keluarga-keluarga yang menerapkan pola tiga generasi dalam takut akan Tuhan ini, menjadi keluarga-keluarga yang dipakai Tuhan untuk menegakkan kerajaanNya di atas muka bumi ini.

 

SESI 3

Kapita selekta akan dihadirkan dalam sesi 3 ini, untuk memberikan pilihan materi yang mana yang dapat menjawab kebutuhan yang paling genting di hadapi di zaman sekarang, yang bisa saja berbeda pada tiap keluarga.

KAPITA SELEKTA 1. PARENTING. Mendidik Anak di Era Digital ( Ibu Yayuk Wahyuni)

Bagaimana menyiasati keadaan zaman now dalam mendidik anak di era digital

KAPITA SELEKTA 2. PARENTING. Kuasa Bahasa Sentuhan yang Mencerdaskan ( Ibu Sherly P. Rumimpunu)

Bagaimana mendidik dengan penuh sentuhan ilahi

KAPITA SELEKTA 3. PARENTING. Mengembalikan Peran Ayah dan Ibu sesuai Apa Kata Alkitab ( Bpk Hans Tattu dan Ibu Titin Tattu)

Bagaimana mengetahui apa kata Alkitab tentang peranan ayah dan ibu.

 

SESI 4 ( Ibu Grace Sumilat)

PARENTING; POLA ASUH ( 2)

Pola-pola asuh yang salah dalam keluarga sudah dibahas di sesi 1, di mana pola-pola asuh ini harus dihancurkan dan kini kita akan bahas bagaimana menerapkan pola-pola asuh yang baik yang dibahas dalam Alkitab.

 

 

 

KKR II

ABBA BAPA ( Ibu Grace Sumilat, Altar Call oleh Bpk Denny Tololiu)

Bagaimana kisah anak yang hilang dalam Alkitab, menjadi suatu cerminan hati Bapa Surgawi terhadap kita anak-anaknya, dan bagaimana kisah yang sama menjadi suatu cerminan hati anak-anak kepada orang tuanya.

 

API UNGGUN ( Sdri Erlina)

VALUE IN OUR FAMILY DAN RESTORE MY FAMILY

Bagaimana nilai-nilai yang sudah ada dalam keunikan setiap keluarga didifinisikan dan bagaimana nilai-nilai ini disharingkan kepada keluarga yang lain menjadi suatu mutiara bersama yang pada akhirnya menjadi saling menginspirasi.

Pada termin Restore my family, tiap orang tua akan meminta maaf pada anak-anak mereka, dan tiap anak-anak akan meminta maaf pada orang tua mereka. Tiap orang tua akan mendoakan harapan terindah buat anak-anak mereka dan tiap anak anak akan berterima kasih pada setiap orang tua mereka.

 

RENUNGAN PAGI  ( 2) ( Bpk Titin Tattu)

RUMAHKU ADALAH KELUARGAKU.

Tuhan ingin kita menjadikan keluarga kita sebagai sebuah rumah yang kita dambakan, karena ada nilai-nilai kerajaan sorga di dalamnya.

 

SHARING DENGAN MEDIA DAKON ( Breafing oleh Ibu Grace Sumilat)

DARI HATIKU KE HATIMU

Melalui sharing pada tiap keluarga ini, diharapkan satu dengan yang lain, setiap anggota keluarga boleh diberi ruang untuk terbuka, tidak diganggu oleh orang lain atau pihak lain. Media dakon menolong tiap anggota keluarga boleh memakai setiap kesempatan yang ada untuk sharing dengan tanpa bisa mengelak, karena terikat oleh aturan main bermain dakon.

Saling mendoakan akan menjadi bagian yang paling penting sebagai akhir daripada sharing ini.

 

IBADAH PENUTUP ( Bpk Hans Tattu)

KELUARGAKU ADALAH RUMAHKU

Tidak ada keluarga yang sempurna, tetapi kita akan belajar memperkokoh nilai-nilai positif di dalam keluarga kita

 

 

 

Ada beberapa penyesuaian materi dan pernak pernik terkait Family Camp ini bila anda mau ikut mempersiapkan untuk pelaksanaan di tempat anda masing-masing/ di gereja atau di instansi anda atau kota anda sendiri.

Untuk itu saya akan muat berupa tautan yang akan menggiring anda pada link baru terkait materi tersebut.

DRAFT EVALUASI FAMILY CAMP

DRAFT FORMULIR BANTUAN DOA

MATERI API UNGGUN DAN DRAF API UNGGUN

DRAF KONSELING FAMILY CAMP

MATERI SESI 1 UNTUK USIA PEMUDA

MATERI SESI 2 UNTUK USIA PEMUDA

khusus sesi 3, semua usia akan digabung, termasuk usia pemuda

MATERI SESI 3 untuk semua usia

MATERI SESI 4 UNTUK USIA PEMUDA

IBADAH PEMBUKAAN FAMILY CAMP

IBADAH PENUTUP FAMILY CAMP

KKR 1 LUKA ITU TELAH SEMBUH

KKR 2 ABBA BAPA

RENUNGAN PAGI 1 RESTORE OUR FAMILY

RENUNGAN PAGI 2 RESTORE OUR FAMILY

SESI 1 DAN 4 PARENTING FAMILY CAMP RESTORE OUR FAMILY

SESI 2 PASUTRI FAMILY CAMP RESTORE OUR FAMILY- POLA TIGA GENERASI

SESI 3 PARENTING KAPITA SELEKTA FAMILY CAMP RESTORE OUR FAMILY

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar