SESI III. SETULUS MERPATI, SERUPA YESUS


Materi ini adalah persiapan materi SIL GPDI Ngadirejo, untuk SIL di bulan Desember  2012 mendatang

Materi seri dapat anda klik di

SINOPSIS SIL : YESUS BANGET GITU LHOH

SESI 1 JUMBAI MELAMBAI, JALINAN KEBENARAN

SESI II. CINTA MENYALA SI ULAT MERAH – BACAAN GURU

CINTA MENYALA SI ULAT MERAH – MATERI ANAK

SESI III SETULUS MERPATI SERUPA YESUS

SESI IV THE KING OF KINGS AND THE LORD OF LORDS

MATERI INI JUGA PERNAH DIBAWAKAN DI KKR AWAL TAHUN DI PELNAP GPDI LEMBAH DIENG MALANG, DAN SAYA MEREKAM LAGU YANG DINYANYIKAN SEBELUM DAN SETELAH FIRMAN DAN LAGU INI PAS SEKALI DENGAN SESI INI, ATAS SEIJJIN MEREKA SAYA MENAYANGKAN REKAMAN LAGU INI DI SINI

TAHUN II. 47

SESI III

SETULUS MERPATI, SERUPA YESUS

SIKAP HATI ; BERBUAH ROH/ FRUIT OF HOLY SPIRIT

Jika kita ingin serupa Yesus, salah satu caranya adalah dengan pertolongan Roh Kudus, karna tanpa bantuan Roh Kudus, kita tidak mungkin bisa hidup serupa dengan Yesus. Roh Kudus mengerjakan dalam hidup kita buah-buah ROH, asalkan kita mau memberi diri dipimpin oleh-Nya.

1. Yesus dan Roh Kudus

Saat Tuhan Yesus dibabtiskan, ada Roh Kudus turun ke atas bahunya, dan tampak seperti burung merpati.

Ayat yang Yesus bacakan di bait Allah di awal pelayanan-Nya adalah:

Lukas 4; 18-21

4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku ,  oleh sebab Ia telah mengurapi Aku , untuk menyampaikan kabar baik  kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku 4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan  telah datang.” 4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk;  dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah  nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

Yesus dibabtiskan. KLIP 1

 

Sebelum Yesus naik ke sorga, Dia berjanji akan mengirimkan Roh Kudus pada murid-murid-Nya dan pada hari Pentakosta Roh Kudus turun atas mereka di loteng Yerusalem.

Saya sudah berusaha mengupload video di atas ( hasil editan saya) ternyata tidak berhasil, jadi mau tidak mau anda mesti edit sendiri ya

2. Roh Kudus berdiam di dalam tubuh  kita

sebagai rumah-Nya.

I Kor 6: 19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Yohanes 14: 16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Seperti burung merpati mencintai kandangnya, dan tidak harus dipaksa untuk masuk ke kandangnya, demikian juga Roh Kudus mencintai kita sebagai rumah-Nya, kalau kita menerima Dia masuk ke dalam hidup kita, Dia akan menjadikan kita sebagai rumahnya.

Rekaman burung merpati yang masuk ke kandang dan tidak perlu dipaksa KLIP 2

Burung Merpati melambangkan Roh Kudus yang berdiam di dalam tubuh kita sebagai rumah-Nya, karna burung merpati adalah burung yang selalu pulang ke rumah. Roh Kudus selalu merindukan kita sebagai rumah-Nya, tempat tinggal-Nya, dia selalu merindukan kita.

Walau merpati  telah berada di tempat yang jauh, ia akan selalu pulang kembali ke rumahnya. Ia tidak pernah lupa jalan pulang. Walaupun untuk itu ia harus menempuh berkili kilo meter jauhnya dan menghadapi banyak tantangan di perjalanan, dia tidak perduli, dia akan tetap pulang ke rumahnya

rekaman burung merpati yang dilepas dari tempat jauh dan kembali ke rumahnya KLIP 3

Terjemahan bebas dari tayangan di atas saya lampirkan di bawah naskah ini ( untuk memudahkan anda menterjemahkan ke anak-anak saat tayangan ini diputar)

Bagaimana merpati menavigasi?
Ada banyak teori tentang bagaimana merpati mengelola kembali ‘rumah’ ketika merilis 100 tentang mil dari loteng mereka. Sebuah merpati balap juara bisa dilepaskan 400-600 mil jauhnya dari rumah dan masih kembali dalam sehari. Ini prestasi luar biasa tidak hanya berlaku untuk ‘balap’ atau ‘merpati’ merpati, semua merpati memiliki kemampuan untuk kembali ke bertengger mereka. Sebuah studi 10 tahun yang dilakukan oleh Oxford University menyimpulkan bahwa merpati menggunakan jalan dan jalan tol untuk menavigasi, dalam beberapa kasus bahkan mengubah arah di persimpangan jalan bebas hambatan. Teori lainnya termasuk navigasi dengan menggunakan medan magnet bumi, petunjuk visual seperti landmark, matahari dan bahkan infrasounds (gelombang frekuensi rendah seismik). Apa pun kebenaran, kemampuan ini unik membuat merpati burung yang sangat khusus.

Merpati memiliki keistimewaan dimana mengenali jalan pulang menuju sarang, bahkan saat dilepas dari lokasi yang cukup jauh . Mereka memiliki navigasi alamiah dengan merasakan medan magnet bumi, dan mungkin juga dengan menggunakan suara dan bau. merpati juga dapat menggunakan isyarat-isyarat yang didasarkan pada posisi matahari. Perlombaan merpati jenis pos tingkat nasional yang sering dilakukan bahkan memiliki rute sejauh ratusan kilometer dengan melepas merpati di timur pulau jawa dengan garis finish Jakarta maupun Jawa Barat. Sungguh luar biasa!

3. Roh Kudus Memimpin Kita untuk

Hidup Kudus dengan Berbuah Roh

Burung merpati suka kandang yang bersih, burung merpati adalah burung yang suka kebersihan. Dan salah satu tips untuk merawat merpati adalah menjaga kandangnya tetap bersih.

Rekaman merpati ada di kandang yang bersih KLIP 4

Jika hati kita bersih, kita selalu menjaga hati dengan segala kewaspadaan, kita selalu menjaga untuk hidup kudus, dalam pikiran, perasaan, tindakan, dan tingkah laku, niscaya Roh Kudus akan betah tinggal dalam hidup kita. Bagaimana caranya agar hati kita tetap bersih?

Roh Kudus akan melatih kita terus sampai kita menghasilkan Buah Roh, pada saat Roh Kudus memimpin kita dan kita taat, kita akan ditolong Roh Kudus untuk menghasilkan Buah Roh, yaitu:

KASIH, SUKACITA, DAMAI SEJAHTERA, KESABARAN, KEMURAHAN, KEBAIKAN, KESETIAAN, KELEMAH LEMBUTAN DAN PENGUASAAN DIRI.

Kita akan lihat bahwa burung merpati juga memiliki 9 sifat ini

KASIH

Saat perang dunia kedua Merpati digunakan oleh US Army Signal Corps untuk membawa pesan penyelamatan nyawa maupun menyediakan informasi strategis vital. Salah satu merpati itu bernama  CHER AMI (arti nama dalam bahasa perancis; teman)

Cher Ami

Cher Ami adalah merpati, dengan dua kata-kata Perancis berarti DEAR FREIND, atau Teman.

Cher Ami berada pada garis depan pertempuran selama musim gugur tahun 1018. Ia pernah melakukan 12 misi penting untuk menyampaikan pesan, tetapi yang paling penting adalah pesan yang ia lakukan pada tgl 14 Oktober 1918 pada perang dunia ke dua

Seorang pengacara Mr Charles Whittlesey adalah seorang pengacara di New York. Saat itu Amerika Serikat membutuhkan tentara untuk mendapatkan kembali kebebasan Perancis. Maka Whittlesey bergabung dengan tentara Amerika untuk pergi ke Eropa dan membantu

Maka ia pun menjadi Komandan Batalyon tentara pada Divisi Invanteri ke -77. Dan pasukannya dikenal dengan nama The Liberty Divisi, karna sebagaian besar tentaranya adalah orang-orang yang berasal dari New York, dengan lambang patch biru cerah di bahu mereka yang bergambar patung LIBERTY

Pada tanggal 3 Oktober 1918, pasukan utama yang terdiri dari 500 orang terjebak di sisi bukit. Mereka dikelilingi oleh pasukan musuh, banyak sekali yang tewas dan terluka dalam pertempuran hari pertama, dan pada hari kedua hanya tertinggal 194 orang tentara yang masih sanggup bertahan.

Lalu Whittlesey mengirimkan beberapa merpati untuk memberi tahu komandannya di mana dia sedang berada. Tetapi merpati-merpati itu terkena perangkap, dan kini ia hanya tinggal memiliki satu saja merpati, Cher Ami, sebagai merpati terakhir.

Selama sore hari, sebenarnya artileri Amerika mencoba untuk mengirim beberapa perlindungan dengan menembakkan ratusan artileri ke jurang dimana pasukan Jerman mengepung pasukan mereka.

Sayangnya , para komandan Amerika itu tidak tahu dengan persis dimana tepatnya posisi tentara Amerika itu. Akibatnya mereka mulai menjatuhkan senjata-senjata justru tepat di atas pasukan The Liberty Divisi.

Ini adalah situasi yang mengerikan yang pernah terjadi, karna bisa jadi pasukan yang dipimpin Whitglesey ini justru mati dibunuh oleh tentara/ bangsa mereka sendiri

Akhirnya Cher Ami pun diutus, dan hanya membawa pesan singkat yang dimasukkan ke dalam kaleng kecil pada kaki kiri Cher Ami dan hanya berkata:

“Kami ada di sepanjang jalan paralel menuju 276.4

Artileri kita sendiri menjatuhkan berondongan yang diarahkan pada kami.

Demi Tuhan, hentikanlah.”

Cher Ami mencoba terbang kembali ke rumah, tetapi pasukan Jerman melihat dia terbang, dan melepaskan tembakan. Cher Ami terbang di antara desingan peluru, dan selama satu menit, tampaknya merpati kecil itu akan jatuh, dan akan menjadi misi yang gagal. Dan itu artinya Ingantry Amerika bakalan hancur, dan mereka akan menghadapi serangan yang sangat berat dari peluru-peluru Jerman

Entah bagaimana caranya Cher Ami berhasil untuk menyebarkan sayabnya dan memulai pendakian lagi, lebih tinggi, dan lebih tinggi di luar jangkauan senjata musuh.

Penyerangan pun berhenti, dan 194 orang tentara Amerika diselamatkan, semuanya itu karna jasa burung kecil yang tidak akan berhenti berusaha

Pada saat misi nya berakhir, Cher Ami didapati terluka  parah. Ketika ia mencapai kandanyanya, dia tidak bisa terbang lagi, prajurit menemukan dia berdarah, sebelah matanya telah buta, peluru telah memukul dadanya dan ada bekas luka, bahkan kakinya pun hampir terlepas dari seekor burung kecil pemberani. Justru di kaki yang hampir terlepas itulah melekat canister perak yang berisi pesan yang paling penting. Di sini kita lihat Cher Ami tidak akan berhenti sampai ia telah menyelesaikan pekerjaannya.

Cher Ami diobati, mereka berusaha menyelamatkan hidup Cher Ami, tetapi kakinya tidak dapat diselamatkan. Dengan hati-hati orang-orang dari divisi itu mengurus burung kecil itu, karna telah berjasa menyelamatkan 194 teman-teman mereka.

Cher Ami mati saat pahlawan satu kaki ini berangkat dengan naik perahu ke Amerika Serikat, ajalnya disaksikan oleh Komandan Angkatan Darat Amerika Serikat, Jendral besar John J . Pershing.

Cher Ami menjadi pahlawan Divisi Infanteri ke -77.

CHER AMI

Merpati tentara, tetap menjalankan tugas walau harus terluka KLIP 5

Demikian juga dengan Roh Kudus, Roh Kudus memiliki kasih, karna salah satu sifat kasih adalah rela berkorban demi orang yang dikasihi.

Roh Kudus akan memimpin kita untuk hidup dalam kasih.
Roma 5; 5

Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita

SUKACITA

Merpati suka bergurau, bersuka cita, bermain kejar-kejaran KLIP 6

Sukacita banyak berguna bagi kita, bisa menjadi obat yang manjur ( Amsal 17:22)

Yesus diurapi dengan sukacita (Maz 45:7, dan Ibrani 1:9) , sehingga Dia dapat melalui semua masa kesengsaraan-Nya di atas kayu salib, karna ada urapan sukacita dalam hidup-Nya yang dikerjakan oleh Roh Kudus  (Roma 14:17).

NB: karna saya tidak ingin menulis panjang lebar di sini, saya sarankan (jika ingin lebih jelas)  bagi guru yang ingin memperdalam penjelasan ini bisa buka tulisan saya yang lainnya:

https://jeniuscaraalkitab.com/2012/10/31/minggu-xxiii-keseimbangan-pertumbuhan-roh-jiwa-dan-tubuh-bagi-janin/

http://berbagirhema.wordpress.com/2011/01/31/pernahkah-yesus-home-concert-kalau-kotbah-sering/

Roh Kudus juga ingin memimpin hidup kita , sehingga kita selalu dipenuhi sukacita.

Kis 13: 52 Dan murid-murid di Antiokhia penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus

DAMAI SEJAHTERA

Pasangan merpati sedang bekerja sama membuat sarang, di sebuah tiang listrik yang tinggi, karna sesuai habitat aslinya merpati menyukai tempat tinggi untuk membuat sarang. KLIP 7

Pada merpati yang hidup di alam liar, mereka akan membangun sarang di tempat-tempat yang tinggi, yaitu di sepanjang tebing berbatu, yaitu di celah-celah tebing berbatu tersebut, yang terlindung dari angin dan hujan serta hewan-hewan pemangsa.

Tempat yang tersembunyi ini dipilih merpati karna tempat ini tidak mudah ditemukan, dan tingkat kesulitan yang tinggi untuk diraih.

Yesaya 48:28, Nabi Yesaya menubuatkan terhadap bangsa Moab, sbb: “Tinggalkanlah kota-kota dan diamlah di bukit batu, hai penduduk Moab! Jadilah seperti burung merpati yang bersarang di dinding mulut liang.”

Ayat ini mengisyaratkan bahwa Orang Moab yang sudah terbiasa mengandalkan kekuatannya sendiri (kota-kotanya), diperingatkan Tuhan agar seperti burung merpati yang menaruh sarangnya pada tempat yang aman (berharap dan berlindung pada TUHAN saja, dan jangan mengandalkan diri sendiri dan hidup dalam kesombongan)

Hal ini dapat kita bandingkan dengan ayat yang membahas mengenai pelanduk, dimana dikatakan bahwa (Maz 104:18) bukit-bukit batu adalah tempat perlindungan bagi pelanduk, dan juga ditulis di Amsal 30: 26, pelanduk, bangsa yang lemah, tetapi yang membuat rumahnya di bukit batu

Siapakah yang dilambangkan dengan bukit batu tempat perlindungan bagi pelanduk dan merpati ini? Jelas, Tuhanlah tempat perlindungan kita.

Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; Ia menyembunyikan aku dalam persembunyian di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu. (Maz 27:5)

Jadilah bagiku gunung batu, tempat berteduh, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku; sebab Engkaulah bukit batuku dan pertahananku

Daud berkata dalam Mazmur 55: 8-9

Pikirku: “Sekiranya aku diberi sayap seperti merpati, aku akan terbang dan mencari tempat yang tenang , bahkan aku akan lari jauh-jauh dan bermalam di padang gurun. Sela. Aku akan segera mencari tempat perlindungan terhadap angin ribut dan badai.”

Pada saat itu Daud sedang menghadapi masalah besar, dimana anaknya Absalom sedang memberontak kepadanya I Sam 15.

Daud tahu sekali bahwa burung merpati akan mencari tempat tinggi , yang terlindung dari angin, hujan dan badai serta hewan pemangsa. Tempat tinggi bagi kita, perlindungan bagi kita, tempat teraman bagi kita hanyalah pada Gunung Batu kita yaitu Tuhan.

Tetapi mengapa Daud menyebut kata ‘padang gurun’ untuk bermalam.  Karna bagi Daud, padang gurun adalah tempat yang sepi, tempat dimana dia mengasingkan diri dari segala kepenatan dengan datang pada Tuhan

Di pasal yang sama ini Daud menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungannya. Bahkan di pasal lain Daud menulis seperti ini:

Mazmur 62:1,5

Hanya dekat Allah saja aku tenang.

Roh Kudus akan memimpin kita untuk hidup damai, berdamai dengan Tuhan (Yes 48:18), berdamai dengan diri sendiri (Kol 3: 15), berdamai dengan sesama (Ef 4:3), tidak mudah panik, tidak kawatir, walaupun kita sedang menghadapi tantangan, persoalan dan kesulitan (II Tes 3: 16).

Kalau tidak ada damai dalam hati kita, mungkin saja kita sedang ada dalam dosa (Yes 48:22). Tetapi sebaliknya kalau kita hidup dalam kebenaran, akan tumbuh damai sejahtera dalam hidup kita (Yes 32: 17)

Bagaimana cara mendapat kedamaian itu? Dengan cara mengasingkan diri dari semua hingar bingar, dan kesibukan, serta mengambil waktu teduh bersama dengan Tuhan, sama seperti yang Yesus lakukan, Dia selalu mengambil waktu mengasingkan diri dari kerumunan orang untuk dapat berdoa (Lukas 5: 12-16)

Kedamaianlah yang membuat Yesus tetap tenang dan damai saat badai datang, dan kedekatan-Nya dengan Bapa-lah (Maz 62:1,5) yang membuat Dia mengeluarkan kata pertama-Nya di tengah ombak badai gelombang itu “Diam! Tenanglah!”(Markus 4:39)

Jika damai sejahtera memerintah dalam hati kita, Roh Kudus akan memimpin kita untuk bisa damai seperti merpati yang tidur nyenyak seperti ini.

Roma 14;17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh ROH KUDUS

Merpati yang sedang beristirahat, dia sangat tenang, dan damai KLIP 8

(INGAT; DI POINT DAMAI SEJAHTRA INI ADA 2 KLIP…!!)

KESABARAN

Mengapa kita tidak pernah menjumpai bayi merpati sedang terbang? Sebagian kecil burung jenis lain selain merpati, menjadi dewasa dalam waktu singkat, yaitu 2 sampai 3 minggu saja, bahkan ada yang dapat terbang meninggalkan sarangnya dalam usia dini, yaitu hanya dalam usia 10 hari saja.

Tetapi berbeda sekali dengan merpati, anak merpati akan tetap dalam sarangnya sampai berusia 2 bulan / 8 minggu, walaupun sebenarnya dia sudah melampaui beberapa tahap sbb;

  • 3 hari pertama hanya memakan susu merpati, yang didapat dari merpati induk dan merpati jantan
  • Memakan susu merpati yang didapat dari merpati induk dan merpati jantan, masih terus berlanjut sampai usianya mencapai 6-7 minggu, setelah berusia 7 minggu barulah ia disapih oleh kedua orang tuanya.
  • Pada usianya yang ke 10 hari, ia sudah bisa membuka matanya, dan bulu-bulunya mulai tumbuh, dan pada usia ini dia sudah bisa memakan makanan keras seperti biji-bijian walaupun pemberian susu masih terus berlanjut
  • Pada usianya yang ke 15 hari sebenarnya dia sudah bisa terbang.
  • Pada usianya yang ke 30-33 hari, ia sudah memiliki bulu-bulu jarum yang cukup kuat.
  • Pada usianya yang ke 30-60 hari, sebenarnya dia sudah dapat makan sendiri tanpa disuapi oleh induknya.
  • Pada usianya yang ke 60 hari, merpati terlihat seperti orang tua mereka, dewasa. Oleh karna itu kita tidak pernah menjumpai bayi merpati atau merpati remaja terbang, karna mereka hanya meninggalkan sarang saat mereka benar-benar dewasa.

Perkembangan tersebut diamati dari burung merpati liar, tetapi pada peternak merpati, pada usianya yang ke 15 hari sampai 30 hari, sang merpati akan dipercepat proses penyapihannya, dengan tujuan agar sang betina dan pejantan dapat memproduksi telur berikutnya, jadi tidak perlu menunggu sampai anak merpati mencapai usia 7 minggu.

Walaupun ada proses mempercepat masa penyapihan, tetapi ujung-ujungnya tetap sama, pada tata cara berternak merpati, tetaplah merpati sudah bisa dipanen jika dia sudah berusia 60 hari/2 bulan. Pada usia 15 hari saat dia sudah bisa terbang , dia dikelompokkan dalam kandang pembesaran yang dapat memuat 20-25 ekor merpati yang bertumbuh bersama secara koloni.

Dari sinilah kita mendapat kesimpulan sbb:

  • Walaupun sebenarnya pada usia 30 hari/ 1 bulan/4 minggu,  merpati sudah bisa membuka matanya, sudah bisa memakan makanan keras,dan pada usia yang sama sebenarnya dia sudah dapat makan sendiri tanpa disuapi induknya,  dia tetap memutuskan untuk tetap menerima susu dari orang tuanya sampai ia berusia 7 minggu. Merpati mau mengikuti proses memakan air susu merpati ini dengan sabar
  • Walaupun sebenarnya pada usia 15 hari dia sudah bisa terbang, dan pada usia 30 hari dia pun sudah memiliki bulu-bulu jarum yang cukup kuat, dia tetap bertahan pada sangkarnya, tetap dalam asuhan induk dan pejantannya, sampai ia berumur 8 minggu/2 bulan.
  • Dalam masa –masa itu ternyata merpati tidak terburu-buru meninggalkan sarangnya adalah karna dia membutuhkan banyak lagi pengalaman dalam bergaul dengan merpati lainnya ( dalam peternakan merpati), atau pada merpati yang bertumbuh di alam liar, ia ternyata masih membutuhkan mata yang berpengalaman, dan paruh yang berkembang sempurna, sampai ia tampak dewasa dan tak jauh beda dari orang tuanya.

Inilah yang dinamakan kesabaran dalam mengikuti proses, tidak terburu-buru, mau mengikuti setiap tahapan dengan baik, sampai matang sekali untuk dikatakan sebagai merpati dewasa.

Roh Kudus akan memimpin kita untuk mengikuti proses demi proses dalam pertumbuhan hidup kita, dalam segala hal sampai kita mencapai kedewasaan penuh. (Efesus 4:13)-sampai tingkat KEPENUHAN KRISTUS.

Dalam 2 Kor 6 : 6 ditulis : ….dalam kesabaran ; dalam Roh Kudus.

( Keterangan: Paulus tidak mnejadi batu sandungan,  karna oleh Roh Kuduslah dia dapat menjunjukkan kesabaran hati dalam segala hal)

Merpati berusia 30 hari, didorong untuk terbang, tetapi belum mau terbang, ia bersabar menunggu saat yang tepat yaitu saat ia berusia 2 bulan. Tidak sama dengan burung lain yang pada usia dini yaitu 10 hari sudah terbang meninggalkan sarang.

KLIP 9

KEMURAHAN

Pembuatan sarang

Merpati betina jantan terlibat dalam pembuatan sarang, yang mana pada burung jenis lain hanya dilakukan oleh si jantan

Setelah menemukan pasangan yang saling suka, biasanya mereka akan segera membuat sarang. Aktivitas membuat sarang dilakukan dengan merajut lembar demi lembar rumput-rumput kering. Sarang dibuat di atas pohon yang rimbun untuk menghindari tetesan air hujan dan terik sinar matahari. Uniknya, jika pada burung lain, aktivitas membuat sarang biasanya dilakukan oleh si jantan saja, pada merpati, sang betina pun ikut repot membantu.

Kita sudah melihat tadi bagaimana pada tayangan yang menunjukkan merpati membuat sarang di tempat yang tinggi/ tiang listrik, pada tayangan tadi jelas terlihat bahwa mereka bekerja sama dalam membuat sarang itu.

Pengeraman

Merpati jantan ikut terlibat dalam proses pengeraman, dimana pada burung jenis lain hanya dilakukan oleh si betina saja.

Mereka membagi dua shift dalam sehari.

Betina mengambil bagian lebih banyak dalam pengeraman, dia akan mengerami telurnya pada pukul 4 atau 5 sore sampai sepanjang malam dan berhenti pada pukul 11 siang, sedangkan pejantan akan mengerami pada jam 11 siang sampai jam 4 atau 5 sore

Tampaknya kegiatan mengeram ini merupakan beban yang cukup berat bagi keduanya. Berat badan mereka biasanya akan turun secara drastis, berpuasa selama mengeram benar-benar menguras cadangan lemaknya. Walaupun demikian kedua merpati terlihat seperti tambah gemuk, karena menjelang pengeraman bulu-bulunya akan tumbuh sangat lebat. Aktivitas mengeram biasanya akan berlangsung selama 20 hari.

PEJANTAN IKUT MENGERAMI TELUR KLIP 10

 

Memberi makan susu

Merpati jantan ikut memberi susu pada bayi mereka, secara bergantian, karna merpati jantan juga ikut memproduksi susu merpati, dan hal semacam ini  bahkan tidak pernah dilakukan oleh mamalia lainnya

KLIP 11

Dalam tayangan ini ada 2 klip yang saya edit gabing jadi satu, tayangan pertama : pejantan menyusui bayinya usia 7 hari

tayangan ke dua, baik jantan maupun betina semuanya menyusui bayinya usia 2 hari

 

Kerja sama antara merpati jantan dan betina ini menunjukkan bahwa mereka saling bekerja sama, berkemurahan hati untuk menolong, tidak egois, tidak mencari kepentingan diri sendiri, tetapi mau saling berbagi beban, mau sharing.

Kemurahan hati, tidak membuat kita saling iri, saling dengki, saling bersaing. Tetapi kemurahan hati mendorong kita untuk memberi, berbagi beban dan mendorong orang lain untuk maju, tidak egois

Dalam 2 Kor 6 : 6 ditulis : ….dalam kemurahan hati; dalam Roh Kudus.

( Keterangan: Paulus tidak mnejadi batu sandungan,  karna oleh Roh Kuduslah dia dapat menjunjukkan kemurahan hati dalam segala hal)

(INGAT DALAM POINT KEMURAHAN INI ADA DUA KLIP )

KEBAIKAN

Kalau memang ternyata anakan yang menetas hanya satu ekor maka pemeliharaannya bisa tetap pada induk tersebut atau dititipkan pada induk yang lain yang mempunyai anak hanya 1 ekor juga. Dengan demikian pasangan yang anaknya di titipkan pada pasangan lain akan mulai berproduksi lagi.

Merpati itu baik, dia mau memelihara anak dari merpati lain.

Dan merpati itu terbukti tetap mau mengerami yang bukan telurnya, karna pernah diujicoba telur buatan ditaruh disarangnya, begitu Merpati melihat telur itu, walaupun bukan dia yang bertelur, maka dia pun rela berkorban untuk mulai berpuasa, mengerami dan menetaskan, sampai menyusui bayi merpati itu, sampai bayi itu mandiri

Proses pembentukan susu merpati, dimulai sesaat setelah mata merpati melihat ada telor di dalam sarang. Selanjutnya informasi tersebut langsung dikirim ke otak. Informasi diolah di otak, kemudian otak merespon dengan memerintahkan tubuh untuk mensekresi hormon prolaktin dalam darah. Hal ini telah diperkuat dengan suatu uji coba mempergunakan telur buatan. Kandungan prolaktin dalam darah ternyata dapat ditemukan pada merpati yang tidak sedang bertelur ketika diletakkan benda mirip telur dalam sarangnya.

Merpati mau menolong manusia mengantarkan surat/ pesan.

Merpati pos adalah burung merpati yang telah dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan. Merpati merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan navigasi, dan memiliki naluri alamiah yang dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, sehingga surat yang disampaikan pasti sampai di tujuan atau sangat kecil kemungkinan surat tersebut nyasar.

Kis 11: 24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada TUHAN.

Sifat baik dalam hidup Barnabas adalah dikerjakan oleh ROH KUDUS.

(INGAT DALAM POINT INI TIDAK ADA KLIP)

KESETIAAN

Merpati juga memiliki sifat setia pada pasangannya. Sifat ini kemudian digunakan sebagai dasar balap merpati sprint. Prinsipnya dengan melepas burung jantan sehingga terbang mencari betina yang dipegang oleh joki. Karena di adu dengan pejantan lain maka sang merpati akan terbang sekencang-kencangnya untuk melindungi pasangannya dari merpati lawan.

cara melatih merpati balap KLIP 12

 

Merpati berpasangan secara tetap sepanjang hidupnya, tetapi jika salah satu mati atau dipisahkan oleh manusia maka akan dicarilah pasangan lain dalam beberapa hari. Tetapi bila yang dipisah itu dikembalikan, pasangan lama akan terwujud kembali.

Kis 7: 55. Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri  di sebelah kanan Allah

Stefanus yang dipenuhi oleh Roh Kudus, setia mempertahankan imannya sampai ia mati sebagai martir pertama.

KELEMAHLEMBUTAN

mau lembut dengan anak kecil KLIP 13

mau lembut saat dibelai, tidak terbang, tidak melawan.

 

Roh Kudus akan menolong kita untuk hidup dalam kelemahlembutan:

Efesus 4: 2 hendaklah kamu selalu lemah lembut …

Ayat tersebut tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan ayat sebelum dan sesudahnya, dimana Paulus menjelaskan bahwa kelemah lembutan itu dikerjakan oleh Roh Kudus pada orang-orang yang terpanggil.

PENGUASAAN DIRI

Burung merpati merupakan jenis burung artifisial, yakni jenis burung yang merawat anaknya setelah menetas, sebelum mereka mampu mencari makan sendiri. Agar anak-anak merpati yang baru menetas dapat bertahan hidup kedua induknya harus menyuapinya dengan jenis makanan yang halus.

Anak-anak merpati yang baru menetas belum dapat mencerna makanan berupa biji-bijian. Makanan yang diberikan berupa makanan cair yang berwarna putih kekuning-kuningan, yang dikeluarkan dari paruh induknya. Para ilmuan zoologi memberi nama makanan tersebut, susu merpati.

Umumnya, susu hanya dihasilkan oleh bangsa mammalia saja, tetapi ternyata anak-anak merpati ini minum susu juga. Sebagaimana susu mammalia, susu merpati juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain kaya protein susu merpati juga terbukti lebih efektif dibanding susu mamalia. Anak dari hewan mamalia butuh waktu 10 hari untuk mencapai kenaikan dua kali berat badan, sedangkan anak merpati cukup membutuhkan waktu 2-3 hari saja untuk melipatduakan berat-badannya.

Dari mana susu ini keluar, padahal kita tahu bahwa bangsa burung tidak memiliki kelenjar mammae atau kelenjar susu? Ternyata, kelenjar yang berfungsi sebagai kelenjar susu merpati adalah organ tembolok. Dalam kondisi normal tembolok berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Fungsi ini beralih ketika merpati memasuki masa mengeram dan menyusui. Itulah sebabnya mengapa merpati puasa saat mengeram, karena perubahan fungsi tembolok sudah dimulai pada saat itu. Hal ini sekaligus  menjadi penjelasan, kenapa pasangan merpati tidak dapat menyimpan cadangan makanan dalam temboloknya selama masa mengeram, sehingga mengakibatkan penurunan berat badan yang cukup drastis.

Untuk mencukupi kebutuhan energi selama berpuasa, merpati memanfaatkan lemak yang ada dalam tubuhnya. Aktivitas makan baru bisa dilakukan ketika merpati memasuki jam bebas mengeram, sekaligus dimanfaatkan untuk istirahat dan memulihkan energi (pada saat dia bergantian sift dengan pasangannya setiap 12 jam)

Proses pembentukan susu merpati, dimulai sesaat setelah mata merpati melihat ada telor di dalam sarang. Selanjutnya informasi tersebut langsung dikirim ke otak. Informasi diolah di otak, kemudian otak merespon dengan memerintahkan tubuh untuk mensekresi hormon prolaktin dalam darah. Hal ini telah diperkuat dengan suatu uji coba mempergunakan telur buatan. Kandungan prolaktin dalam darah ternyata dapat ditemukan pada merpati yang tidak sedang bertelur ketika diletakkan benda mirip telur dalam sarangnya.

Hormon prolaktin inilah yang selanjutnya bertanggung jawab terhadap pembentukan susu merpati. Tahap pembentukan susu merpati dalam tembolok dimulai dengan adanya penebalan lapisan-lapisan pembentuk dinding tembolok. Tembolok yang berfungsi menyimpan cadangan makanan bagian dalamnya berbentuk kantong atau lumen. Penebalan lapisan dinding tembolok menyebabkan kantong atau lumen tembolok menjadi semakin sempit. Ketebalan akan semakin tinggi dan mencapai ketebalan maksimal menjelang telur-telur merpat menetas.

Hakikat susu merpati sesungguhnya adalah hasil peluruhan lapisan paling atas dari beberapa lapisan penyusun dinding tembolok yang mengalami penebalan. Lapisan yang meluruh tersebut berubah menjadi cairan yang terkumpul dalam rongga tembolok dan siap untuk disuapkan pada anak merpati yang baru menetas. Selain dengan cara disuapkan, terkadang anak-anak merpati yang kelaparan mengambil sendiri susu merpati dari paruh induknya.

Pemberian susu merpati ini dilakukan selama hampir sebulan.

Setelah seluruh lapisan paling atas dari dinding tembolok habis diluruhkan, luas rongga tembolok hampir berangsur-angsur kembali seperti semula. Selanjutnya fungsi tembolok kembali lagi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

Sedangkan secara hormonal perubahan kandungan estrogen dalam darah yang semula meningkat juga mulai menurun, demikian pula dengan kadar prolaktin dalam darah akan menurun pula. Pada masa-masa tersebut anak-anak merpati biasanya sudah mampu mandiri, makan sendiri makanan berupa biji-bijian.

Merpati yang memberi susu pada bayinya yang berusia 2 hari. Untuk menghasilkan susu ini, induk dan pejantan merpati mesti berpuasa selama 17-18 hari. KLIP 14

 

Seperti burung merpati yang bisa menahan diri, menguasai diri saat berpuasa, di jam-jam dia berpuasa, dia menahan diri untuk tidak marah, untuk tidak jalan-jalan,  untuk dapat menghasilkan susu merpati, demikian juga Roh Kudus menolong kita untuk punya penguasaan diri

II Kor 6: 8-10

Roh Kudus menolong Paulus untuk tetap punya penguasaan diri baik saat ia diumpat atau saat dia dipuji, saat dia dianggap sebagai penipu ataupun saat dipercayai, saat ia jadi orang yang tidak dikenal atau sebaliknya.

4. ROH KUDUS

AKAN MENGAJAR DAN MENGINGATKAN KITA

AKAN FIRMAN TUHAN

(Yoh 14: 26)

I Tes 1: 5-8 menjelaskan pada kita, bahwa orang-orang Tesalonika dapat taat/ menuruti Tuhan karna telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus, sehingga mereka dapat menjadi teladan untuk banyak orang.

Firman itu digambarkan dalam Alkitab seperti air, nah Roh Kudus akan selalu mengajarkan kita Firman Tuhan dan juga akan mengingatkan kita akan firman Tuhan.

Burung merpati melambangkan Roh Kudus. Dan burung merpati ternyata menyukai air bersih, tidak takut air, suka dimandikan, bahkan suka bermain air

Burung merpati menggambarkan bahwa Roh Kudus menyukai kebersian, kesucian. Kalau hidup kita bersih/ menjaga kekudusan Dia akan betah tinggal di dalam rumah –Nya, yaitu di hidup kita.

Burung merpati menikmati saat-saat ketika dia sedang dimandikan KLIP 15

 

Tantangan:

Siapa yang ingin hidup serupa Yesus?

1. Mintalah Roh Kudus kepada Bapa, sehingga Ia mendiami hati kita sebagai rumahnya.

2. Agar Roh Kudus tidak berduka saat tinggal di hidup kita, sebaiknya kita terus berbuah-buah Roh sehingga dapat makin hari makin serupa Yesus.

3. Roh Kudus ingin kita membaca Alkitab setiap hari, dengan cara itu kita akan dipimpin-Nya serupa dengan Yesus

Perkiraan waktu (SEMUA TAYANGAN SUDAH SAYA EDIT)

1menit

Yesus dibabtiskan (1)

http://www.youtube.com/watch?v=mglIAIdU3ik

0,5 menit

Rekaman burung merpati yang masuk ke kandang dan tidak perlu dipaksa (2)

http://www.youtube.com/watch?v=O1O2gMxv0rE

3 menit

rekaman burung merpati yang dilepas dari tempat jauh dan kembali ke rumahnya (3)

http://www.youtube.com/watch?v=FBh0f1YtDLo&feature=channel&list=UL

0,5 menit

Rekaman merpati ada di kandang yang bersih (4)

http://www.youtube.com/watch?v=PshMk1pnffg

3 menit

CHER AMI

Merpati tentara, tetap menjalankan tugas walau harus terluka (5)

http://www.youtube.com/watch?v=FJUnzbuTdPc
1 menit

Merpati suka bergurau, bersuka cita, bermain kejar-kejaran (6)

http://www.youtube.com/watch?v=4Rd6SE5EXl8&NR=1&feature=endscreen

0,5 menit

Pasangan merpati sedang bekerja sama membuat sarang, di sebuah tiang listrik yang tinggi, karna sesuai habitat aslinya merpati menyukai tempat tinggi untuk membuat sarang. (7)

http://www.youtube.com/watch?v=wUSzg0PWtuQ

0.5 menit

Merpati yang sedang beristirahat, dia sangat tenang, dan damai (8)

http://www.youtube.com/watch?v=WrOOGxQzAzs&feature=channel&list=UL

1 menit

Merpati berusia 30 hari, didorong untuk terbang, tetapi belum mau terbang, ia bersabar menunggu saat yang tepat yaitu saat ia berusia 2 bulan. Tidak sama dengan burung lain yang pada usia dini yaitu 10 hari sudah terbang meninggalkan sarang. (9)

http://www.youtube.com/watch?v=Sdrb-UZTgPY

0,5 menit

PEJANTAN IKUT MENGERAMI TELUR (10)

http://www.youtube.com/watch?v=KkIHQCYxD5k

2 rekaman ini akan dijadikan 1 rekaman (total 1 menit) (11)

pejantan menyusui bayinya usia 7 hari

http://www.youtube.com/watch?v=SnyB1_MO030&feature=related

baik jantan maupun betina semuanya menyusui bayinya usia 2 hari

http://www.youtube.com/watch?v=QSGHsvrnBw4&feature=fvwrel

0,5 menit

cara melatih merpati balap (12)

http://www.youtube.com/watch?v=Tz3-Qor7q_8

2 rekaman ini akan dijadikan 1 rekaman (total 1 menit) (13)

mau lembut dengan anak kecil

http://www.youtube.com/watch?NR=1&feature=endscreen&v=67PhNTc4a64

mau lembut saat dibelai, tidak terbang, tidak melawan.

http://www.youtube.com/watch?v=1uwZ4dyAmpA&feature=related

0,5 menit

Merpati yang memberi susu pada bayinya yang berusia 2 hari. Untuk menghasilkan susu ini, induk dan pejantan merpati mesti berpuasa selama 17-18 hari.(14)

http://www.youtube.com/watch?v=nd4l71f6_os

1,5 menit

Burung merpati menikmati saat-saat ketika dia sedang dimandikan (15)

http://www.youtube.com/watch?feature=endscreen&v=C6f1jq8nKyI&NR=1.

Total dibutuhkan 16 menit hanya untuk tayangan saja

Pemaparan dibutuhkan waktu 45 menit ( sudah termasuk tantangan di akhir)

Dengan pujian semuanya lebih kurang 1,5 jam

lampiran KLIP 3

Terjemahan bebas

Polly adalah Merpati Balap

Kurang dari 48 jam Polly terbang sendiri dari Inggris ke Polandia dengan menempuh jarak 823 mil/ 1324 kilometer

Polly menetas di Koronowo Polandia pada tahun 2008 dan beberapa hari setelah dia menetas, dia diberi tanda berupa cincin identitas berupa  yang ditempatkan di kakinya.

Pemilik Polly sekaligus peternaknya adalah Marek Pilat

Marek adalah seorang yang sangat sukses dan bersemangat dalam beternak merpati balap

Dan inilah ayah Polly : Janssen de vos dan inilah ibu Polly; Hermes

Cerita kita ini mengkisahkan bagaimana Polly berada di Inggris dimulai dari tanggal 7 Agustus 2012 ketika Marek mengikutkan dia dalam perlombaan balap untuk jarak 472 mil, dari groningen di Belanda dan kembali ke Polandia

Untuk beberapa alasan beberapa merpati dalam perlombaan ini menuju ke Barat dan tidak ke timur dengan beberapa pendaratan di Belanda untuk mencari makanan dan air minum.

Polly terbang lebih jauh dan tidak hanya menyeberangi selat Inggris, tetapi meneruskan perjalanannya dan akhirnya mendarat di loteng milik Keith Thomas yang tinggal di luar pelabuhan Ports Mouth  di Hampshire

Keith menghubungi Polisi Kesatuan Peternak Merpati Balap

Yang kemudian memberi tahu Merek bahwa Polly berada di Inggris bersama dengan Keith

Marek yang berbicara dalam bahasa Inggris menelpon Keith dan setuju untuk Keith menjaga Polly jika Polly memutuskan untuk tinggal di sana  , kalau saja hal itu terjadi.

Seperti Keith menamai semua merpatinya, demikian juga dengan Polly, Keith memanggilanya Polly.

Dan Polly pun diperkenalkan pada merpati lainnya. Dan dia segera dapat menyesuaikan diri dengan merpati lainnya dalam acara harian seperti mandi, terbang bersama, dll, dalam komunitasnya yang baru.

Dan waktu berlalu, sampai pada tanggal 20 Agustus jam 13.00 waktu Keith  melepas merpati-merpatinya untuk latihan harian, kemudian dua jam kemudaian waktunya tiba untuk kembali ke loteng, tetapi polly tidak ada di antara merpati-merpati itu.

Kemudian, dua hari kemudian, yaitu tanggal 22 Agustus Marek menelephone Kaith untuk mengatakan bahwa Polly telah tiba kembali  pada jam 11.00

Sebuah prestasi dan ketahanan fisik yang luar biasa dimana Polly dapat menempuh perjalanan 823 mil jauhnya dari rumah, dan semuanya itu tanpa pertolongan manusia dan murni penerbangannya sebagai  seekor burung.

Dan Polly memulai marathon perjalanan pulangnya. Sepanjang hari dia menempuh rata-rata 35-40 mph. 35-40 mill per jam

Peninggalkan Ports Mouth pada jam 13.00, dan sekitar jam 19.00 ke tika mendekati Rotterdam semestinya dia memikirkan mengenai air dan mencari tempat untuk bertengger /bermalam

Setelah minum dan berisitrahat Polly menghadapi perjalanan panjang di depan, dari sekitar jam 07.00 sampai 19.00 dia akan menempuh wilayah 450 mil ke depan, dan kemudian dia akan menempuh perjalanan lanjutan ke Polandia dan dekat dengan Pyrzyce

Untuk menyelesaikan 130 mil terakhirnya untuk menutup hari ini, Polly mendapat dorongan terakhirnya untuk mengakhiri perjalanan raksasanya ini, sehingga pada jam 11.00 dia pun telah tiba dengan disambut oleh semua pasangan loteng dan marek.

Dan inilah saat Polly bertemu kembali dengan Marek.

Inilah tempat dimana Polly tinggal, dimana dia lahir dan dibesarkan, dan juga sekaligus rumah dari pemiliknya.

Dan disinilah Poly tinggal bersama dalam kandang yang sama

Dan kini Poly akan memulai musim dingin dimana dia berganti bulu.

Satu kesalahan Poly adalah bahwa dia melupakan bahwa ada persahabatan antara Marek dan Keith  yang mana mereka akan terus saling  berkomunikasi.

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s