MATERI ON LINE MINGGU KE DUA (BELAJAR DARI YUNUS ) UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU DENGAN ADANYA COVID-19/ VIRUS CORONA


MATERI ONLINE UNTUK ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU

YANG TELAH DISESUAIKAN DENGAN KONDISI SAAT INI

BERPERANG MELAWAN VIRUS CORONA

Disusun dengan anugera Tuhan oleh Grace Sumilat

25 MARET 2020

 

Melihat banyak gereja mengadakan ibadah streaming.

Juga minggu lalu, ada sahabat dari Australia, seorang Guru Sekolah Minggu di Semarang, yang meminta tolong, untuk diajarkan bagaimana mengajar lewat WhatsApp buat murid-muridnya yang di Semarang, saya buruan membuat pengajaran di Group WhatsApp Penggiat Anak Indonesia Yayasan Jenius Cara Alkitab, bagaimana mengajar lewat group WA. Materinya pada saat itu ( untuk pembelajaran tanggal 22 Maret 2020) adalah kisah tentang anak yang hilang.

Melihat perkembangan yang sedemikian sampai saat ini, saya terdorong membuat materi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, dengan format pengajaran ONLINE

Saya tidak membuat rancangan materi yang dirancang untuk pengajaran Via YouTube, karena untuk kualitas yang bagus, perlu ruangan, perlu dekorasi, perlu tim Multimedia yang canggih, pencahayaan, konstum yang layak, dan juga make up, yang notabene TETAP MEMBUAT GURU-GURU harus berkumpul untuk membuatnya. Hal seperti ini sangat ideal untuk dilaksanakan gereja-gereja yang mampu untuk membuatnya, namun demikian bagi gereja-gereja yang lebih sederhana, yang belum memiliki peralatan canggih multimedia, dan juga belum punya SDM yang memadai, mau tidak mau kita akan memakai media yang sekiranya sederhana, dan hampir semua guru yang memang mau belajar bisa mempraktekkan. Dan media WA yang pembuatannya tidak memakai email, melainkan hanya nomor HP, hampir semua pengguna smartphone memilikinya, dan dapat mengoperasikannya, sebagai pengguna group. Dianggap saja pada era sekarang, hampir semua wali murid memiliki media WA.

Saat ini saya merancang materi yang bisa dilakukan guru tunggal di rumah. Atau bisa dilakukan secara TIM dengan membagi tugas, semisal guru A membuat rekam sederhana menggunakan Hpnya sendiri untuk AYAT EMAS, guru B membuat rekam sederhana menggunakan HP-nya sendiri untuk CERITA/ STORY, dll, sehingga ketika sudah dimuat di group WA Guru, tinggal dilihat kualitasnya, lantas diurutkan oleh moderator, lantas dilempar ke group wali murid.

Pengajaran kali ini akan disampaikan sepanjang 1 bulan ke depan.

Pengajaran ini adalah dari GURU ke MURID melalui media GROUP WhatsApp WALI MURID, karena anak-anak dalam usia tertentu belum diperkenankan menggunakan media sosial media.

 

Jadi bukan dari GURU ke WALI MURID, BUKAN !!

Mengapa bukan dari Guru ke Wali murid?

Alasannya sbb:

  1. Wali murid belum tentu ada di tempat, sehingga kakek nenek atau penjaga di rumah belum tentu dapat diharapkan dapat mengajarkan kepada anak-anak.
  2. Kondisi orang tua belum tentu siap menjadi pengajar dengan berbagai situasi mereka saat ini
  3. Kondisi orang tua yang belum tentu mendalami Alkitab

 

TIPS MEMBUAT PENGAJARAN ONLINE;

  • Untuk rekaman VIDEO, perhatikan penampilan guru, cara berpakaian anda, make up yang pantas ( tidak menor) sehingga tidak pucat di hadapan kamera, rambut disisir rapi.
  • Untuk rekaman VIDEO, perhatikan latar belakang rekaman anda, pakai tempat yang ashik, rapi dan sebisa mungkin enak dilihat, boleh didekor sebisanya supaya menarik
  • Untuk rekaman suara, pastikan intonasi anda sangat menarik dan imajinatif, suara anda jelas, artikulasi anda jelas.
  • Untuk Operator, pastikan urutan yang anda upload pada hari H benar benar akurat

 

SINOPSIS PENGAJARAN

UNTUK MINGGU 1 ( 29 MARET 2020), MINGGU 2 ( 5 APRIL 2020), MINGGU 3 (12 APRIL 2020) MINGGU 4 (19 APRIL 2020)

ATAU BISA ANDA PILIH DARI 4 MATERI INI MANA YANG AKAN DIDAHULUKAN

 

Minggu 1

ADA APA SETELAH MATI

Tujuan:

  1. Dalam situasi seperti sekarang ini, banyak orang di seluruh dunia, mati akibat Virus Corona dan juga karena hal –hal lainnya. Untuk itu anak-anak harus tahu apa yang akan terjadi setelah kematian itu tiba.
  2. Agar anak-anak menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya
  3. Agar anak-anak dapat memberitakan injil Kristus kepada orang-orang di sekelilingnya

 

Minggu 2

BELAJAR DARI YUNUS

Tujuan:

  1. Dalam situasi anak-anak harus belajar di rumah sesuai anjuran pemerintah, Anak-anak mengetahui bahwa kesalahan satu orang saja, bisa merugikan orang lain di sekitar kita, sebagaimana Yunus yang berbuat salah, seisi kapal ikut menanggung akibatnya.
  2. Anak-anak mau dengan sukacita mengikuti anjuran pemerintah, taat pada anjuran pemerintah untuk berdiam di rumah, agar tidak merugikan orang-orang lain di sekitar kita.
  3. Agar anak-anak dapat mengisi waktunya di rumah dengan hal-hal yang penting dan juga menyenangkan

 

Minggu 3

LAWANLAH  KETAKUTAN DAN KEKAWATIRAN

Tujuan:

  1. Agar anak-anak paham bahwasannya waspada dan berhati-hati tidak sama dengan ketakutan dan kekawatiran yang berlebih-lebihan. Berwaspada dan berhati-hati boleh tetapi ketakutan dan kekawatiran itu tidak perlu.
  2. Agar anak-anak tahu bahwasannya ketakutan dan kekawatiran juga adalah musuh yang besar, selain daripada virus corona itu sendiri
  3. Agar anak-anak tahu bahwasannya ketakutan dan kekawatiran justru dapat menurunkan sistem imun dalam tubuh kita.
  4. Agar anak-anak belajar mempercayakan hidup kita pada TUHAN

 

Minggu 4

LIHAT SEKELILINGMU

Tujuan:

  1. Dalam keadaan yang genting seperti sekarang ini, banyak orang menjadi egois dengan cara-cara hidup mereka yang sangat mementingkan diri sendiri, oleh karena itu kita akan ajak anak-anak untuk , sebagai berikut:
    1. Makan dan minum secukupnya saja, karena banyak orang di sekitar kita kekurangan makanan
    2. Kurangi membeli dan menimbun barang-barang secara berlebih-lebihan, ingatlah orang lain yang juga membutuhkan
    3. Belajar berbagi pada yang lapar, pada yang membutuhkan vitamin, dll

Agar anak anak paham untuk tidak melakukan hal hal egois semacam itu

  1. Agar anak-anak melihat sekelilingnya, apa yang bisa dilakukan untuk menolong orang lain.

 

BAGI YANG INGIN DAPAT PENGAJARAN DARI WHATSAPP BISA LANGSUNG JAPRI SAYA, karena ada beberapa materi VIDEO dan gambar hanya bisa saya bagi lewat WA, karena materinya belum saya temukan di YouTube dll.

 

Minggu 2

BELAJAR DARI YUNUS

Tujuan:

  1. Dalam situasi anak-anak harus belajar di rumah sesuai anjuran pemerintah, Anak-anak mengetahui bahwa kesalahan satu orang saja, bisa merugikan orang lain di sekitar kita, sebagaimana Yunus yang berbuat salah, seisi kapal ikut menanggung akibatnya.
  2. Anak-anak mau dengan sukacita mengikuti anjuran pemerintah, taat pada anjuran pemerintah untuk berdiam di rumah, agar tidak merugikan orang-orang lain di sekitar kita.
  3. Agar anak-anak dapat mengisi waktunya di rumah dengan hal-hal yang penting dan juga menyenangkan

 

Prosedur Pra Pengajaran

 

Membuat Group Guru SM untuk

  • menggodokan materi
  • ataupun pembagian tugas guru. ( tugas guru tidak selalu harus seperti pada materi ini, jika guru terbatas bisa 1 guru merangkap beberapa tugas sekaligus)
  • Membuat materi yang lebih bagus lagi dari minggu lalu berdasarkan evaluasi pengajaran minggu lalu

Membuat Group WA Wali Murid per kelas atau secara umum

H-1/ Sabtu : Membuat pengumuman persiapan 1

H-1 jam      : Membuat pengumuman persiapan 2

H 30 menit : Membuat pengumuman persiapan 3

 

Pengumuman Persiapan 1

Shalom adik-adik, besok hari Minggu, tanggal…………….kita akan mengadakan ibadah melalui online

Pastikan di jam sekolah minggu kita besok, yaitu di jam………………adik-adik bisa bersiap-siap di rumah masing-masing ya, caranya:

  • Pastikan HP dari Papa/Mama dalam full battery ya, sehingga pelajaran kita tidak terganggu.
  • Pastikan kalian sudah mandi, sudah bersih dan tetap berpakaian rapi, karena walaupun di rumah saja, kita tetap serius. Pakaian rapi menolong kita bersikap serius. Sebaliknya pakaian asal-asalan membuat kita juga cenderung bersikap santai.
  • Persiapkan Alkitab kalian ya.
  • Pastikan kalian mengikuti semua pujian, doa, dan Firman yang diberitakan, dan jangan lupa tetap mempersiapkan persembahan bagi Tuhan dalam amplop khusus yang nanti bisa dikumpulkan saat ke gereja atau bisa juga meminta papa/mama transfer ke rekening gereja………………

Sampai jumpa besok ya.

 

Pengumuman Persiapan 2

Shalom adik-adik/Papa-Mama, 1 jam lagi kita akan ibadah melalui media online, hayuks sekarang kita persiapan!

Pengumuman Persiapan 3

Hari ini kita akan berinteractive satu dengan lainnya, sebelumnya kakak kasih tahu dulu caranya

  1. Jika belum tahu caranya, kakak kasih tahu Caranya mem buat Voice Messages WhatsApp, tekan tombol microphone yang ada di tampilan WA sebelah kanan bawah, tekan tombol itu selama kamu berbicara, dan lepaskan bila sudah amin, maka rekaman suara doamu sudah bisa didengarkan oleh kita semua)
  2. Caranya membuat Video rekaman, pakai camera Hp orang tuamu, lantas buat rekaman dengan kamera menghadap ke arah wajahmu, lantas lihat hasilnya di Galery, lalu kirimkan ke Group WA Wali Murid.
  3. Caranya membuat Photo, tinggal tekan tombol camera di WhatsApp, lalu hasilnya kirimkan ke group WA Wali Murid.

 

Keterangan Materi mInggu ke 2;

Besar kemungkinan anak-anak rindu pada teman-temannya. Oleh karena ini metode minggu ke dua ini kita akan lebih banyak melibatkan anak-anak , bisa melalui Video Camera yang diupload ke WhatsApp Group, bisa juga melalui VOICE MESSAGE WhatsApp, atau rekaman suara WA.

 

SAPAAN AWAL :

Rekaman tugas guru A dan ananda ( Cari guru yang anaknya di rumah sudah bisa dilibatkan untuk rekaman ini)       ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Guru A Hai-hai
Ananda Halo halo
Guru A Halo halo Hai
Ananda Hai hai Haloooooooooooo
Guru A Gimana, apakah kamu siap hari ini ibadah online lagi bersama teman- temanmu dari rumah masing-masing?
Ananda Siap donk …Bagaimana dengan teman teman semua, siap juga kan? Ada rasa bosan nggak sih…kalau ibadah online seperti ini…rasanya kog ya nggak bisa bertemu teman teman lainnya ??!!

 

Guru A Oleh karena itulah…hari ini kita onlinenya beda donk…kita akan interactive  dengan teman teman dari rumah masing-masing….

 

Ananda Baik, sebelum kita ibdah online bersama kita belajar Yel Yel dulu donk
Guru Yel…yel ….???
Ananda Iya, biar lebih semangat lagi, Yel Yel nya kayak gini….

 

Tepuk SEMANGAT ( plok plok- plok-plok-plok)

 

SE- selalu senyum  ( plok plok- plok-plok-plok)

MA- makin happy !! ( plok plok- plok-plok-plok)

NGAT-asi bete. ( plok plok- plok-plok-plok)

 

Yuaaaaaayyyyyyyyyyyy!!!

 

Guru Waaaahhhhhhhhhhh serunya…Jadi untuk ngatasi BETE/ alias bosan,    kita  harus selalu tersenyum, dan juga makin happy ya…!! Lagi donk…karena aku mau ikutan !!
Ananda dan Guru Tepuk SEMANGAT ( plok plok- plok-plok-plok)

 

SE- selalu senyum  ( plok plok- plok-plok-plok)

MA- makin happy !! ( plok plok- plok-plok-plok)

NGAT-asi bete. ( plok plok- plok-plok-plok)

 

Yuaaaaaayyyyyyyyyyyy!!!

 

 

Doa Pembukaan

Doa pembukaan kali ini akan kita libatkan murid.

Untuk itu bisa contoh doa berikut ini dapat diupload oleh operator pada hari H

Dan operator dapat meminta salah seorang anak membuat VOICE MESSAGES WhatsApp dan memanjatkan doanya. Bila tidak yakin anak-anak berani interactive, maka kita bisa kondisikan H-1 anak yang ditunjuk dapat mengirimkan doa pembukaannya kepada operator, untuk nanti oleh operator tinggal diupload pada hari H. ( tidak perlu menyuruh anak pembawa doa pembukaan ini datang ke gereja, cukup meminta dia mengirimkan Voice Messagesnya ke WA operator)

 

Guru B ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Hayooooooooooooo, siapa yang berani pimpin doa? Kakak akan berikan contoh doanya di sini, salah satu adik, bisa baca doa yang kakak contohkan, atau bisa juga doa dengan kata-kata adik –adik sendiri. Bisa tunjuk jari seperti ini ( emoticon tunjuk jari)

CONTOH DOA; ( dicopy paste oleh operator di Group WA Wali Murid pada hari H)

Tuhan kami bersyukur buat hari ini, kami masih diberi kesempatan untuk beribadah, walaupun melalui online, kami bersyukur karena memiliki Engkau, Tuhan yang Maha Hadir, dan kami percaya Engkau hadir di mana pun kami beribadah hari ini. Minta Tuhan pimpin ibadah kami hari ini, menjadi ibadah yang hidup karena kami bersungguh-sungguh ingin menyenangkan hati-Mu dan memuji nama-Mu, di dalam nama Yesus, Haleluya, Amin.

( kalau ada beberapa anak yang ingin doa, diperbolehkan saja kak, siapa tahu ada banyak yang rindu berinteraksi)

 

Lagu 1

Tugas Guru C: ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Terima kasih pada yang tadi telah memimpin kita berdoa bersama!!

Nah hari ini kakak akan putarkan IRINGAN MUSIK saja, sehingga kita bisa menjadi penyanyinya..

Ashik kita bisa bersama-sama memuji Tuhan dari rumah masing-masing dengan tetap semangat !! Tuhan mendengar puji-pujian kita, dan Tuhan senang menerimaNya di dalam hatiNya, karena kita mau bersungguh-sungguh memuji namaNya

 

Operator upload lagu 1 DARI TERBIT MATAHARI

https://www.youtube.com/watch?v=rPBPWrglphM

mohon BAGIAN MULTIMEDIA DAPAT EDITING IKLAN YANG ADA DALAM VIDEO INI, Sehingga hanya tersisa kontennya saja non iklan.

Caranya; Masuk ke link YouTube tersebut lalu pilih tombol BAGIKAN pada tampilan YouTube di bawah layar. Pilih logo WhatsApp. Pilih WA Group GURU/ nanti pada jam hari H baru diupload ke group Wali Murid)

Lirik tidak perlu diketik ulang, karena sudah ada pada video karaoke

 

Lagu 2

Tugas Guru C: ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Wah berkaraoke ashik juga ternyata….Dari terbit matahari sampai pada masuknya, kita mau memuji nama Tuhan. Karena Tuhan itu baik buat setiap kita. Mari kita bersorak dan bersyukur bagi Tuhan, buat semua perbuatan baik yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita. Apapun keadaan kita saat ini, mari kita tetap bersyukur pada Tuhan.

 

Operator upload lagu 2 SGALA PUJI SYUKUR

https://www.youtube.com/watch?v=nerY04ejFGU

Caranya; Masuk ke link YouTube tersebut lalu pilih tombol BAGIKAN pada tampilan YouTube di bawah layar. Pilih logo WhatsApp. Pilih WA Group GURU/ nanti pada jam hari H baru diupload ke group Wali Murid)

Lirik tidak perlu diketik ulang, karena sudah ada pada video karaoke

Lagu 3

Tugas Guru C: ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

 

Wih..keren keren suaranya, semuanya memuji Tuhan dari rumah masing-masing…Tuhan pasti senang lihat anak-anakNya setia beribadah kepadaNya.

Sekarang kita siapkan hati kita yuks untuk mendengarkan Firman Tuhan

 

Operator upload lagu 3 FIRMAN TUHAN KUDENGAR

https://www.youtube.com/watch?v=Tu8ZGEJLu7c

Caranya; Masuk ke link YouTube tersebut lalu pilih tombol BAGIKAN pada tampilan YouTube di bawah layar. Pilih logo WhatsApp. Pilih WA Group GURU/ nanti pada jam hari H baru diupload ke group Wali Murid)

Lirik tidak perlu diketik ulang, karena sudah ada pada video karaoke

 

PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN

Guru D ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Shalom semuanyaaaaaaaaaaaaa…………wau semua sudah rapi, dan sudah siap mendengarkan Firman Tuhan, juga melakukannya dalam kehidupannya.

Saat ini, kita akan menyaksikan dulu suatu VIDEO tentang bagaimana VIRUS Corona itu bisa menyebar.

Operator mengupload video pada hari H di group WA Wali Murid

VIDEO 1

https://www.youtube.com/watch?v=LVixAa-6zf4

VIDEO 2 ( lihat di tayangan Video via WA saya- bagi yang mendapat info ini hanya dari WEB JCA, bisa WA saya di 081946262599- karena video berikut ini saya belum berhasil melacaknya di YouTube.

VIDEO 2 Bagaimana sih cara penularan virus corona atau COVID 19?

Gambar 1- sampai 6 versi TINTIN Pentingnya SOCIAL DISTANCING untuk menekan penyebaran virus corona (COVID -19)

 

BACAAN OLEH GURU E ( Pakai VOICE message WhatsApp)

 

http://www.siaranindonesia.com/baca/20200323/covid-19-egoisme-dalam-beragama.html

( tidak semua artikel itu kita muat, hanya yang saya muat di sini saja)

 

80% dari total 8.652 kasus positif Covid-19 yang terjadi di Korea Selatan bersumber hanya dari satu orang, ibu-ibu (61 tahun) yang menunjukkan gejala Covid-19 namun ketika diminta memeriksakan dirinya ke dokter malah “ngeyel” dan pergi beribadah ke gereja. Jadilah gereja Shincheonenji di kota Daegu menjadi pusat penyebaran virus [1].

Kasus Covid-19 pertama kali terkonfirmasi di Korea Selatan pada 20 Januari 2020 ketika seorang warga China (35 tahun) yang baru terbang dari Wuhan diisolasi di bandara Incheon, Korea Selatan. Korsel mampu menangani penyebaran wabah ini dengan baik. Dalam 4 minggu hanya 30 orang yang terinfeksi. Tapi ini semua berubah drastis ketika ditemukan pasien No. 31, si ibu yang “ngeyel” tadi. Ibu tersebut bertanggung-jawab terhadap 6 ribu orang lebih yang terinfeksi di Korea Selatan alias 80% dari kasus di negara tersebut. Satu negara dibuat repot hanya karena perilaku “ngeyel” dari seorang warganya.

 

Guru E ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Ohhhhhhhhhhhhh begitu rupanya ya? Makanya sekarang kita jadi mengerti mengapa pemerintah menyuruh kita belajar di rumah saja, ibadah di rumah saja. Ini dikarenakan hal ini, kita akan membuat penularan virus corona itu lebih banyak berkurang bilamana kita taat untuk belajar dan bekerja dan beribadah di rumah saja. Jangan pergi-pergi dulu sementara ini.

Karena kita tahu sendiri kan tadi, kalau kita pergi-pergi bisa saja kita membahayakan orang-orang di sekitar kita.

Kalau kita mau taat, tentunya kita dapat membantu pemerintah untuk mengatasi menyebaran virus corona ini.

Tetapi kalau kita bandel dan tidak mau taat, tentunya ketidaktaatan kita dapat merugikan orang orang di sekitar kita, seperti yang terjadi pada

Orang-orang di kapal Yunus.

Kita akan melihat kisah Yunus yang diceritakan oleh kak Christian Adi Wijaya berikut ini

Setiap kali kak……………………..( nama operator) mengupload 1 gambar..hayuks siapa yang mau mengisi BACAAN TEKSNYA ( siapa yang mau baca..untuk menolong adik-adik kalian yang belum bisa baca…pakai VOICE MESSAGE WHATSAPP yaaaa)

 

Operator akan memuat dari link ini

https://www.komikalkitabanak.com/search?q=yunus

Gambar serta VIDEO KISAH YUNUS ( yang kita pakai) , lalu operator menunggu anak-anak berinteraktif membaca teks pada gambar demi gambar

 

GAMBAR 1 ( diupload oleh operator)

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/a5ec4-00012b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh guru E; siapa yang mau bacakan tiap gambar ini? Hayuks silahkan pakai VOICE MESSAGE ya. ( Kalau anak anak masih pasif, guru D boleh membaca sebagai contoh awal- nanti di gambar 2 dst bisa menunjuk anak anak atau mempersilahkan mereka aktif membaca melalui voice message)

GAMBAR 2

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/fc077-00022b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 2

GAMBAR 3

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/9e9e9-00032b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 3

 

GAMBAR 4

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/d3168-00042b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 4

 

GAMBAR 5

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/c50e2-00052b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 5

GAMBAR 6

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/b809e-00062b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 6

 

GAMBAR 7

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/f7746-00072b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 7

 

GAMBAR 8

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/b3a2a-00082b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 8

 

GAMBAR 9

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/58cd3-00092b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 9

 

GAMBAR 10

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/ccc5b-00102b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 10

 

GAMBAR 11

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/3fc1b-00112b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 11

 

GAMBAR 12

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/757ef-00132b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 12

 

GAMBAR 13

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/45319-00142b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 13

 

GAMBAR 14

https://jeniuscaraalkitab.files.wordpress.com/2020/03/2ed91-00152b-2byunus2bdi2bperut2bikan2b-2bmini2bbuku2brohani2bkomik2balkitab2banak2bsekolah2bminggu2bgereja2b2btuhan2byesus.jpg

VOICE MESSAGE oleh murid; membaca teks gambar 14

 

( SENGAJA GAMBAR KE 12 YANG ADA DI WEB TERSEBUT DAN GAMBAR TERAKHIR BERUPA AYAT EMAS TIDAK KITA GUNAKAN- saya tidak berkehendak menjelaskan di sini mengapa alasannya)

 

Setelah gambar-gambar tersebut dimuat oleh OPERATOR, kini kita muat VIDEOnya

https://www.youtube.com/watch?time_continue=90&v=r7ebw7kyp-c&feature=emb_title

TANYA JAWAB

dipandu oleh guru F ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Nah, sekarang kita akan adakan tanya jawab.

Kali ini yang menjawab pakai media VIDEO ya…

  1. Apakah Yunus taat kepada Tuhan ketika Tuhan menyuruhnya ke Niniwe?

Hayooooooooo siapa yang mau jawab bikin VIDEO kirim ke sini

Guru F membuat rekaman Video untuk pertanyaan ke dua

  1. Ketika Yunus tidak taat, kerugian apa yang dialami oleh orang-orang yang berada di kapal bersama dengan Yunus? Lihatlah jawabannya di Yunus 1:4, ayat 5, ayat 11, ayat 13, Siapkan pensilmu untuk melingkari dulu nomor ayat yang kakak sebut, kakak ulangi ya Yunus 1 ayat 4, ……………..ayat 5, …………ayat 11 dan ayat …………..13

 

( beri jeda bacanya kak, jangan terburu-buru)

 

Silahkan yang mau jawab, kakak tunggu VIDEO JAWABAN KALIAN

 

 

 

Kesimpulan oleh GURU G

( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Jadi kesimpulannya: Walaupun orang –orang di kapal itu tidak ikut-ikutan bersalah seperti Yunus, tetapi semua orang di kapal itu ikut mengalami hal hal yang tidak enak, seperti mengalami kapal yang terkena badai sehingga kapalnya hampir terpukul hancur, mereka juga ikut merasa takut, dan muatan kapal mereka / barang barang mereka ikut terbuang di laut karena hal itu harus dilakukan agar kapal menjadi lebih ringan…

 

Oleh karena itulah adik-adik, sama seperti YUNUS menjadi orang yang merugikan seisi kapal karena ketidaktaatannya….

 

Demikian juga kita jangan jadi orang yang merugikan orang lain , karena kita tidak taat.

 

Contoh; kita sebaiknya berdiam di rumah agar tidak memperparah menyebarnya virus CORONA, tetapi kita tidak mau taat, akibatnya akan semakin parah. Banyak orang akan ikut merasakan akibatnya bila kita tidak taat.

 

Tetapi bila kita taat untuk melakukan SOCIAL DISTANCING. Seperti yang sudah kita lihat di awal tadi, pastinya kita menjadi anak-anak Indonesia yang menjadi Pahlawan Melawan Virus Corona.

 

Mungkin kalian bosan di rumah terus?? Kita bisa lakukan banyak hal, baca Alkitab, belajar lagu baru, mengembangkan talenta, baca-baca buku, bikin pe-er, bikin kreativitas, bantu papa dan mama di rumah, belajar masak, bantu papa cuci motor/mobil, merapikan kamar, dll.

 

AYAT EMAS

Oleh guru H

( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Nah , sekarang kita akan memperkatakan Firman Tuhan di :

Matius 5:6 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

Guru H  membuat gerakan untuk ayat ini dan memperkatakan dengan gerakan dan mengajak anak-anak menirukan di rumah.

Caranya:

  1. Guru merancang gerakan sampai hafal
  2. Guru membuat rekaman lengkap sepanjang ayat TANPA JEDA
  3. Guru membuat rekaman lagi, kali ini memakai JEDA , untuk memberi waktu anak-anak bisa menirukan di rumah
  • Guru membuat pemenggalan gerakan frase demi frase sbb:
    • Matius 5:6
    • Demikianlah hendaknya
    • terangmu
    • bercahaya di depan orang,
    • supaya mereka
    • melihat perbuatanmu yang baik,
    • dan memuliakan
    • Bapamu yang di sorga.

Pada tiap pemenggalan tersebut, beri jeda untuk anak-anak menirukan gerakannya. Jeda tidak perlu membuat rekaman terpotong, melainkan guru berhenti pada gerakannya dan JADI ES/ BERDIAM, sehingga pada saat itu , murid bisa punya waktu untuk menirukan. Seberapa lamanya adalah; TIRUKAN SENDIRI KATA-KATA ITU DALAM HATI, kira kira sepanjang itulah guru harus memberi JEDA untuk anak-anak bisa menirukan gerakan anda di rumah.

PERSEMBAHAN

Oleh Guru I ( rekam camera di HP, lalu upload di WA group Guru, setelah itu nanti oleh operator akan diupload di group Wali Murid pada Jam H)

Nah, saatnya kita memberikan persembahan kepada Tuhan, bisa kita siapkan uang kita pada amplop seperti ini, dan beri tanggalnya, tidak perlu diberi nama, titipkan pada papa atau mama, Atau kalian bisa transfer uang persembahan kalian ke rekening gereja sbb:

…………………………………..

DOA PENUTUP DAN DOA BERKAT

Oleh Ketua Departement Anak / Pendeta/ Guru SM

Atau oleh Guru H

 

Contoh doa;

Tuhan terima kasih untuk pembelajaran hari ini , jadikan kami anak anak yang taat, supaya hidup kami jangan merugikan orang-orang lain di sekitar kami , di dalam nama Yesus, ajari kami, untuk taat kepada FirmanMu, juga taat kepada peraturan dan anjuran pemerintah karena mereka juga adalah alat di tanganMu, di dalam nama Yesus, amin.

Biarlah kasih karunia dari Allah Bapa , kasih sayang dari Yesus Kristus dan persekutuan dengan Roh Kudus, beserta kita mulai dari sekarang, sampai maranatha, Tuhan Yesus datang kembali ke dua kalinya, di dalam nama Yesus, Amin.

 

HANDYCRAFT

Membuat Perahu Yunus

Menggunakan Stick Ice Cream dan juga Korek Api

Menggunakan Lem Tembak

 

Tinggalkan komentar