MATERI JARINGAN DOA ANAK; BERDOA UNTUK SEMUA SUKU DI INDONESIA


 

 

 

 

 

 

 

 JARINGAN DOA ANAK

KOTA WISATA BATU

Bertempat di GSJA

29 Maret 2018

DOA PRA PASKAH

 

Panitia siapkan kain panjang berbentuk salib/ ditata berbentuk salib

Kain sebisanya berwarna merah/ batik sebagai ciri khas Indonesia

Siapkan kartu-kartu poster yang digunting ( beli di toko buku- sesuai nama kelompok yang ada- lihat photo yang tersedia)

Siapkan post it untuk anak-anak menempel sesuai area kain

Siapkan tali rafia / tali apa saja untuk membuat garis batas area

 

Siapkan 6 pembimbing kelompok yang sudah mempelajari materi ini sebelumnya

 

 

 

 

KELOMPOK 1. RUMAH ADAT

 

Keterangan untuk Guru Pembimbing Kelompok

  • Jumlah Kartu Rumah Adat : 33

Ditambah Kartu Judul        : 1

  • Ayat Pendukung :

Wahyu 3: 20 Lihat, , Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

 

  1. Mohon anak-anak ditolong agar tertib dan anak-anak menirukan doa guru pembimbing kelompok.
  2. Kartu harus dipegang anak-anak dan diangkat ke atas.
  3. Jika guru menyebut nama provinsi Jawa Tengah, mohon diganti dengan nama provinsi yang ada di kartu. Jika guru menyebutkan rumah Joglo, mohon diganti dengan nama rumah adat yang ada di kartu
  4. Setelah selesai berdoa, kartu ditaruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian TENGAH SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada anak-anak

  1. Indonesia terdiri dari 740 suku bangsa, ada suku Jawa, Medano, Batak, Madura….dan masih banyaaaaaaak lagi.Setiap suku memiliki rumah yang berbeda beda bentuknya. Ada yang bernama Joglo, ada yang bernama Rumah Gadang, dan masih banyak lagi.
  2. Nah, adik-adik, hari ini kita akan berdoa untuk setiap provinsi yang namanya tertulis dalam kartu Rumah Adat Daerah di Indonesia ini
  3. Kakak memberi contoh doa seperti ini: (angkat kartu yang kalian pegang ke atas sambil berdoa seperti yang kakak contohkan ini)..INI BARU LATIHAN DULU YA..

 

Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi Jawa Tengah (ganti dengan nama kartu p provinsi yang kamu pegang, tanya mama/papa/kakak sekolah minggu yang ada di dekatmu, kalau kamu belum bisa membaca), mereka tinggal di rumah Joglo (ganti dengan nama rumah adat yang tertulis di kartumu), atau ada juga yang tinggal di rumah-rumah lainnya, aku minta saat ini Tuhan, biarlah Bapa Sorgawi, Tuhan Yesus Kristus dan Tuhan Roh Kudus saja yang mendiami setiap rumah penduduk yang ada di Jawa Tengah.

Ketoklah setiap pintu rumah orang Jawa Tengah Tuhan, dan tolonglah supaya mereka mendengar suara-Mu, mau membukakan pintu rumah mereka untuk kedatangan-Mu.

Dalam nama Yesus, Amin.

 

  1. Sebelum kalian menirukan doa kakak, kakak akan memperkatakan terlebih dahulu  Wahyu 3: 20 Lihat, , Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
  2. Sekarang, tirukan doa kakak. Suara kalian harus keras….oke?Baik, sekarang bisa kita mulai…..angkat kartunya ke atas, dan ikuti doa kakak…

Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provensi ……. mereka tinggal di rumah………..

ada juga yang tinggal di rumah-rumah lainnya,

Aku minta saat ini Tuhan, biarlah Bapa Sorgawi, Tuhan Yesus Kristus dan Tuhan Roh Kudus saja yang mendiami setiap rumah penduduk yang ada di provinsi……………………….

Ketoklah setiap pintu rumah orang ………………. Tuhan, dan tolonglah supaya mereka mendengar suara-Mu, mau membukakan pintu rumah mereka untuk kedatangan-Mu.

Dalam nama Yesus, Amin.

 

  1. Sekarang kartu kita taruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian TENGAH SALIB, rekatkan menggunakan post it.

KELOMPOK 2. PAKAIAN ADAT INDONESIA

 

Keterangan untuk Guru Sekolah Minggu:

  • Jumlah Kartu Pakaian Adat : 34

Ditambah Kartu Judul             : 1

  • Ayat Pendukung :
    • Pengkotbah 9:8

Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu

  • Wahyu 3: 18

Maka Aku mensihatkan engkau, supaya engkau membeli daripada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan: dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

  1. Mohon anak-anak ditolong agar tertib dan anak-anak menirukan doa guru pembimbing kelompok.
  2. Kartu harus dipegang anak-anak dan diangkat ke atas.
  3. Jika guru menyebut nama provinsi Jawa Tengah, mohon diganti dengan nama provinsi yang ada di kartu. Jika guru menyebutkan pakaian adat, mohon diganti dengan nama pakaian adat yang ada di kartu
  4. Setelah selesai berdoa, kartu ditaruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian ATAS SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada anak-anak

  1. Indonesia terdiri dari 740 suku bangsa, ada suku Jawa, Medano, Batak, Madura….dan masih banyaaaaaaak lagi. Setiap suku memiliki pakaian adat yang unik, lengkap dengan perhiasan dan motiv kain serta modelnya
  2. Nah adik, adik hari ini kita akan mendoakan setiap provinsi yang namanya tertulis dalam kartu Pakaian Adat daerah di Indonesia ini

Apapun bentuk pakaian adat suku-suku di Indonesia, Tuhan menginginkan orang-orang Indonesia memakai pakaian putih, yang artinya, berpakaian kekudusan, artinya hidup takut akan Tuhan.

Tuhan juga ingin orang-orang Indonesia diurapi oleh Tuhan dengan urapan Roh Kudus, sehingga urapan dari Roh Kudus itulah yang membuat orang-orang Indonesia dapat ‘melihat’ kemuliaan Tuhan, tidak ‘buta’ lagi secara rohani.

Semua kartu pakaian adat ini bergambar ; sepasang laki-laki dan perempuan, oleh karna itu kita juga akan berdoa untuk keluarga-keluarga di Indonesia, supaya Tuhan menyelamatkan keluarga demi keluarga.

  1. Kakak memberi contoh doa seperti ini: (angkat kartu yang kalian pegang ke atas sambil berdoa seperti yang kakak contohkan ini)

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi Jawa Tengah (ganti dengan nama kartu provinsi yang kamu pegang), mereka memakai pakaian adat bernama Pakaian Beskab dan Kebaya (ganti dengan nama pakaian adat yang tertulis di kartumu), atau ada juga yang memakai pakaian-pakaian biasa, aku minta saat ini Tuhan, biarlah darah Yesus membasuh orang-orang yang tinggal di provinsi Jawa Tengah ini, sehingga mereka memakai pakaian putih, yaitu pakaian kekudusan, hati yang takut akan Tuhan, ampunilah dosa-dosa bangsa kami, ampunilah dosa-dosa penduduk provinsi Jawa Tengah, sucikan dengan darah-Mu, Yesus. (ganti dengan nama kartu provinsi yang kamu pegang)

 

  1. Aku minta, biarlah Engkau urapi penduduk Indonesia, khususnya penduduk provinsi Jawa Tengah, mohon Tuhan urapi dengan kuasa Roh Kudus, supaya selubung-selubung yang menutupi setiap mata rohani dibukakan, sehingga setiap mata orang Indonesia dibukakan sehingga dapat mengenal kasih-Mu, Tuhan
  • Aku berdoa supaya Tuhan menjagai keluarga-keluarga di Indonesia, terutama keluarga-keluarga di provinsi Jawa Tengah, supaya Tuhan jauhkan dari perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga, Tuhan jagai anak-anak, remaja-remaja, pemuda-pemuda dan bapak-bapak, ibu-ibu sampai kakek-kakek dan nenek-nenek.
  1. terimakasih untuk cinta-Mu buat kami Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus , Haleluya, Amin.
  1. Sebelum kalian menirukan doa kakak, kakak akan memperkatakan terlebih  dahulu

Pengkotbah 9:8

Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu

 

Wahyu 3: 18 maka Aku mensihatkan engkau, supaya engkau membeli daripada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan: dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

  1. Sekarang, tirukan doa kakak. Suara kalian harus keras….oke?

Baik, sekarang bisa kita mulai…..angkat kartunya ke atas, dan ikuti doa kakak…

 

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi ……………., mereka memakai pakaian adat bernama Pakaian ……………………….., atau ada juga yang memakai pakaian-pakaian biasa, aku minta saat ini Tuhan, biarlah darah Yesus membasuh orang-orang yang tinggal di provinsi ………………………………… ini, sehingga mereka memakai pakaian putih, yaitu pakaian kekudusan, hati yang takut akan Tuhan, ampunilah dosa-dosa bangsa kami, ampunilah dosa-dosa penduduk provinsi …………………….., sucikan dengan darah-Mu, Yesus.
  2. Aku minta, biarlah Engkau urapi penduduk Indonesia, khususnya penduduk provinsi ……………, mohon Tuhan urapi dengan kuasa Roh Kudus, supaya selubung-selubung yang menutupi setiap mata rohani dibukakan, sehingga setiap mata orang Indonesia dibukakan sehingga dapat mengenal kasih-Mu, Tuhan
  • Aku berdoa supaya Tuhan menjagai keluarga-keluarga di Indonesia, terutama keluarga-keluarga di provinsi ………………., supaya Tuhan jauhkan dari perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga, Tuhan jagai anak-anak, remaja-remaja, pemuda-pemuda dan bapak-bapak, ibu-ibu sampai kakek-kakek dan nenek-nenek.
  1. terimakasih untuk cinta-Mu buat kami Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus , Haleluya, Amin.

 

  1. Sekarang kartu kita taruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian ATAS SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

KELOMPOK 3. SENJATA ADAT INDONESIA

 

Penjelasan untuk Guru Sekolah Minggu

  • Jumlah Kartu Senjata Adat : 33

Ditambah Kartu Judul : 1

  • Ayat Pendukung :

Yoel 3: 10

Tempalah mata bajakmu menjadi pedang, dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: “Aku ini pahlawan!”

 

  1. Mohon anak-anak ditolong agar tertib dan anak-anak menirukan doa guru pembimbing kelompok.
  2. Kartu harus dipegang anak-anak dan diangkat ke atas.
  3. Jika guru menyebut nama provinsi Jawa Tengah, mohon diganti dengan nama provinsi yang ada di kartu. Jika guru menyebutkan SENJATA ADAT mohon diganti dengan nama SENJATA ADAT yang ada di kartu
  4. Setelah selesai berdoa, kartu ditaruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian ATAS SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada anak-anak

 

  1. Indonesia terdiri dari 740 suku bangsa, ada suku Jawa, Medano, Batak, Madura….dan masih banyaaaaaaak lagi.  Setiap suku memiliki senjata adat yang unik. Senjata adat ini pada Zaman dahulu digunakan untuk berperang antar suku, juga untuk saling membunuh untuk berebut kekuasaan. Tetapi kini, kebanyakan digunakan hanya sebagai hiasan pakaian adapt.
  2. Nah adik, adik hari ini kita akan mendoakan setiap provinsi yang namanya tertulis dalam kartu Senjata Adat daerah di Indonesia ini

Apapun bentuk senjata adat suku-suku di Indonesia, Tuhan menginginkan orang-orang Indonesia memakai senjata Pedang Roh yaitu Firman Allah. Tuhan ingin agar orang-orang Indonesia dipenuhi oleh senjata pedang Roh yaitu Firman Allah, dan juga kita harus tahu sejarah bahwa :

dulu suku-suku di Indonesia diadu domba oleh Penjajah Belanda, sehingga setiap suku saling berperang satu dengan lainnya, Indonesia bisa merdeka adalah karna anak-anak muda mulai menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dan mereka mengumumkan Sumpah Pemuda. Tuhan ingin di Indonesia tidak ada lagi perang suku, sehingga ada kesatuan dan persatuan di Indonesia

Persatuan dan kesatuan itulah yang membuat Tuhan memerintahkan berkat-Nya tercurah untuk Indonesia. (Maz 133)

  1. Kakak memberi contoh doa seperti ini: (angkat kartu yang kalian pegang ke atas sambil berdoa seperti yang kakak contohkan ini)

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi Jawa Tengah (ganti dengan nama kartu provinsi yang kamu pegang), mereka memakai senjata adat bernama Keris (ganti dengan nama pakaian adat yang tertulis di kartumu), atau ada juga yang memakai senjata-senjata lainnya, aku minta saat ini Tuhan, biarlah Yesus, Sang Raja Damai memenuhi Indonesia dengan kedamaian yang melampaui segala akal, sehingga ada persatuan dan kesatuan atas bangsa kami, tidak ada lagi perang suku,
  2. Tuhan aku minta agar semua senjata suku, Tuhan ubahkan menjadi Pedang Roh yaitu Firman Allah yang akan memenuhi Indonesia, dan juga Fiman Allah yang akan memenuhi provinsi Jawa tengah (ganti dengan nama provinsi yang ada di kartumu).
  • terimakasih untuk cinta-Mu buat kami Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus , Haleluya, Amin.

 

 

  1. Sebelum kalian menirukan doa kakak, kakak akan memperkatakan terlebih  dahulu  Yoel 3: 10

Tempalah mata bajakmu menjadi pedang, dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: “Aku ini pahlawan!”

  1. Sekarang, tirukan doa kakak. Suara kalian harus keras….oke?

Baik, sekarang bisa kita mulai…..angkat kartunya ke atas, dan ikuti doa kakak…

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi …………………………., mereka memakai senjata adat bernama ……………………….., atau ada juga yang memakai senjata-senjata lainnya, aku minta saat ini Tuhan, biarlah Yesus, Sang Raja Damai memenuhi Indonesia dengan kedamaian yang melampaui segala akal, sehingga ada persatuan dan kesatuan atas bangsa kami, tidak ada lagi perang suku,
  2. Tuhan aku minta agar semua senjata suku, Tuhan ubahkan menjadi Pedang Roh yaitu Firman Allah yang akan memenuhi Indonesia, dan juga Fiman Allah yang akan memenuhi provinsi ………………………
  • terimakasih untuk cinta-Mu buat kami Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus , Haleluya, Amin.

 

 

  1. Sekarang kartu kita taruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian KANAN SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

KELOMPOK 4. ALAT MUSIK TRADISIONAL

 

Penjelasan untuk Guru Sekolah Minggu

  • Jumlah Kartu Senjata Adat : 25

Ditambah Kartu Judul : 1

  • Ayat Pendukung :
  • Yesaya 42:10-13 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung ! Baiklah mereka memberi penghormatan kepada TUHAN, dan memberitakan pujian yang kepada-Nya di pulau-pulau. Tuhan keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangatNya untuk bertempur: Ia bertempik sorak, ya , Ia memekik, terhadap musuh-musuhNya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya.

 

  1. Mohon anak-anak ditolong agar tertib dan anak-anak menirukan doa guru pembimbing kelompok.
  2. Kartu harus dipegang anak-anak dan diangkat ke atas.
  3. Jika guru menyebut nama provinsi Jawa Tengah, mohon diganti dengan nama provinsi yang ada di kartu. Jika guru menyebutkan ALAT MUSIK TRADISIONAL mohon diganti dengan nama ALAT MUSIK TRADISIONAL yang ada di kartu
  4. Setelah selesai berdoa, kartu ditaruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian ATAS SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada anak-anak

 

  1. Indonesia terdiri dari 740 suku bangsa, ada suku Jawa, Medano, Batak, Madura….dan masih banyaaaaaaak lagi.  Setiap suku memiliki alat musik yang sangat unik. Alat musik ini pada Zaman dahulu digunakan untuk mengiringi tari-tarian pesta nikah, pesta adat, merayakan kemenangan dalam peperangan, dll.
  2. Nah adik, adik hari ini kita akan mendoakan setiap provinsi yang namanya tertulis dalam kartu Senjata Adat daerah di Indonesia ini

Apapun bentuk alat-alat musik tradisional di  suku-suku di Indonesia, Tuhan menginginkan orang-orang Indonesia memakai alat-alat musik tradisional untuk memuji dan memuliakan nama TUHAN saja. Tuhan ingin agar orang-orang Indonesia dipenuhi dengan nyanyian baru yang di pulau-pulau. Tuhan ingin di Indonesia bangkit pelayanan Praise and Worship yang membuat Tuhan bangkit sebagai Pahlawan atas Indonesia.

  1. Kakak memberi contoh doa seperti ini: (angkat kartu yang kalian pegang ke atas sambil berdoa seperti yang kakak contohkan ini)

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di daerah. Kalimantan (ganti dengan nama kartu daerah yang kamu pegang), mereka memakai alat musik tradisional bernama Gendang Dayak (ganti dengan nama alat musik tradisional yang tertulis di kartumu), atau ada juga yang memakai alat-alat musik tradisional  lainnya, aku minta saat ini Tuhan, biarlah Yesus, Sang Raja Damai memenuhi Indonesia dengan nyanyian-nyanyian baru di pulau-pulau, untuk memuji-muji Tuhan. Biarlah setiap padang gurun, kota, desa, dipenuhi oleh sorak-sorai kepada Tuhan, penghormatan kepada Tuhan, memberitakan pujian kepada TUHAN di pulau-pulau, dalam nama Yesus.
  2. Tuhan aku minta agar Engkau bangkitkan pelayanan praise and worship di Indonesia dengan semua jenis musik tradisional yang ada.
  • Aku minta Engkau bangkit sebagai Pahlawan yang berperang atas Indonesia, sehingga semua musuh-musuhMu Indonesia bisa dikalahkan.
  1. terimakasih untuk cinta-Mu buat kami Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus , Haleluya, Amin.

 

 

  1. Sebelum kalian menirukan doa kakak, kakak akan memperkatakan terlebih  dahulu

 

  • Yesaya 42:10-13 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung ! Baiklah mereka memberi penghormatan kepada TUHAN, dan memberitakan pujian yang kepada-Nya di pulau-pulau. Tuhan keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangatNya untuk bertempur: Ia bertempik sorak, ya , Ia memekik, terhadap musuh-musuhNya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya.

 

  1. Sekarang, tirukan doa kakak. Suara kalian harus keras….oke?

Baik, sekarang bisa kita mulai…..angkat kartunya ke atas, dan ikuti doa kakak…

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di daerah. …………………………. mereka memakai alat musik tradisional bernama …………………………. atau ada juga yang memakai alat-alat musik tradisional lainnya, aku minta saat ini Tuhan, biarlah Yesus, Sang Raja Damai memenuhi Indonesia dengan nyanyian-nyanyian baru di pulau-pulau, untuk memuji-muji Tuhan. Biarlah setiap padang gurun, kota, desa, dipenuhi oleh sorak-sorai kepada Tuhan, penghormatan kepada Tuhan, memberitakan pujian kepada TUHAN di pulau-pulau, dalam nama Yesus.
  2. Tuhan aku minta agar Engkau bangkitkan pelayanan praise and worship di Indonesia dengan semua jenis musik tradisional yang ada.
  • Aku minta Engkau bangkit sebagai Pahlawan yang berperang atas Indonesia, sehingga semua musuh-musuhMu Indonesia bisa dikalahkan.
  1. terimakasih untuk cinta-Mu buat kami Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus , Haleluya, Amin.

 

 

  1. Sekarang kartu kita taruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian KIRI SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

KELOMPOK 5. TARIAN ADAT DAERAH INDONESIA

 

Penjelasan untuk Guru Sekolah Minggu

  • Jumlah Kartu Tarian Adat Indonesia : 34

Ditambah Kartu Judul                        : 1

 

  • Ayat Pendukung :

Mazmur 149:3 Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi !

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada wali murid/pengantar/pengasuh:

  1. Mohon anak-anak ditolong agar tertib dan anak-anak menirukan doa guru sekolah minggu yang memimpin.
  2. Kartu harus dipegang anak-anak dan diangkat ke atas.
  3. Jika guru menyebut nama tarian adat , mohon diganti dengan nama tarian adat yang ada di kartu. Jika guru menyebut nama provinsi mohon diganti dengan nama provinsi yang tercantum di kartu
  4. Setelah selesai berdoa, kartu ditaruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian BAWAH SALIB, rekatkan menggunakan post it.

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada anak-anak

  1. Indonesia terdiri dari 740 suku bangsa, ada suku Jawa, Medano, Batak, Madura….dan masih banyaaaaaaak lagi. Setiap suku memiliki tarian adat yang berbeda beda di setiap suku. Ada yang bernama Tari Gambyong dari Jawa Tengah , ada yang namanya tari Jaipong dari Betawi , dan masih banyak lagi.

Darimanakah asal muasal sebuah tarian? tarian berasal dari orang-orang yang pulang dari berperang, kalau mereka menang dalam peperangan itu, maka, mereka pun menari-nari. Tuhan juga ingin bangsa kita menjadi bangsa yang menang, dan menari-nari.

  1. Nah, adik-adik, hari ini kita akan berdoa untuk setiap provinsi yang namanya tertulis dalam kartu Tarian Adat Daerah di Indonesia ini
  2. Kakak memberi contoh doa seperti ini: (angkat kartu yang kalian pegang ke atas sambil berdoa seperti yang kakak contohkan ini)
  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi Jawa Tengah (ganti dengan nama kartu provinsi yang kamu pegang, tanya mama/papa/kakak sekolah minggu yang ada di dekatmu, kalau kamu belum bisa membaca), tarian adat mereka bernama Tari Gambyong (ganti dengan nama tarian adat yang tertulis di kartumu), aku minta saat ini Tuhan, biarlah Tuhan menjadikan orang-orang yang ada di provinsi Jawa Tengah ( ganti dengan nama kartu provinsi yang kamu pegang) memuji-muji nama Tuhan Yesus Kristus dengan tari-tarian,

yaitu tarian sukacita karena kami telah menang dari kuasa dosa, menang dari semua kutuk, menang dari semua belenggu kemiskinan, menang dari semua dosa korupsi, karna darah Yesus di kayu salib telah membuat kami menang atas kuasa maut. Terima kasih Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus, haleluya Amin.

  1. Sebelum kalian menirukan doa kakak, kakak akan memperkatakan terlebih  dahulu  Mazmur 149:3 Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi !
  2. Sekarang, tirukan doa kakak. Suara kalian harus keras….oke?

Baik, sekarang bisa kita mulai…..angkat kartunya ke atas, dan ikuti doa kakak…

 

  1. Tuhan, hari ini kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal di provinsi ……………………….., tarian adat mereka bernama Tari …………………………….., aku minta saat ini Tuhan, biarlah Tuhan menjadikan orang-orang yang ada di provinsi …………………………….. memuji-muji nama Tuhan Yesus Kristus dengan tari-tarian,

yaitu tarian sukacita karena kami telah menang dari kuasa dosa, menang dari semua kutuk, menang dari semua belenggu kemiskinan, menang dari semua CARA HIDUP SIA-SIA YANG DIWARISI DARI NENK MOYANG, karna darah Yesus di kayu salib telah membuat kami menang atas kuasa maut. Terima kasih Tuhan, dalam nama Tuhan Yesus, haleluya Amin.

 

  1. Sekarang kartu kita taruh di KAIN BERBENTUK SALIB, di bagian BAWAH SALIB, rekatkan menggunakan post it.

KELOMPOK 6. MERAH PUTIH

 

Penjelasan untuk Guru Sekolah Minggu:

  • Kelompok 6 adalah WALI MURID yang hadir
  • Ayat Pendukung:

 

MERAH berarti BERANI, PUTIH berarti SUCI/ MURNI

Ibrani 10:19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus iklas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

 

I Petrus 1: 18-19  Sebab kamu tahu , bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat, ….

 

Ada adat istiadat suku yang sesuai Firman Tuhan, tetapi juga ada yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Oleh Karena itu, kita berdoa untuk suku-suku di Indonesia agar bisa terlepas dari warisan adat istiadat dari nenek moyang yang tidak seturut dengan kebenaran Firman Tuhan.

 

 

Penjelasan Singkat oleh Guru Sekolah Minggu pada anak-anak

 

  1. Indonesia adalah Negara yang mempunyai bendera yang sangat sederhana, hanya berupa deua warna Merah dan Putih. Merah artinya Berani, dan putih artinya Suci
  2. Tuhan ingin menguduskan/ menyucikan Indonesia ini, memulihkan bangsa ini, sehingga dengan hati yang disucikan oleh Tuhan, bangsa Indonesia boleh berani datang kepada Tuhan, datang menyembah Tuhan
  3. Mari kita berdoa, agar Tuhan menyucikan Indonesia dari segala dosa bangsa ini.
  4. Mari kita berdoa agar Tuhan sendiri yang sudah menyucikan bangsa Indonesia dengan darah Yesus, menolong orang-orang Indonesia dapat mengenal Tuhan, bertobat, dan akrab dengan Tuhan

Ibrani 10:19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus iklas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

 

I Petrus 1: 18-19  Sebab kamu tahu , bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat, ….

 

Ada adat istiadat suku yang sesuai Firman Tuhan, tetapi juga ada yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Oleh Karena itu, kita berdoa untuk suku-suku di Indonesia agar bisa terlepas dari warisan adat istiadat dari nenek moyang yang tidak seturut dengan kebenaran Firman Tuhan.

 

 

  1. Sekarang, mari kita berdoa bersama.

Baik, sekarang bisa kita mulai…..angkat bendera MERAH PUTIH ke atas, dan ikuti doa kakak…

  1. Nah sekarang kita akan membawa bendera ini mendekati KAIN MERAH BERBENTUK SALIB.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s