INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 18


^MINGGU 18

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

JOSHUA GENERATION

MATERI KELAS TENGAH

THEMA; INTIMACY 17

TUJUAN:

Anak-anak IGJG mengenal bagaimana keintiman Yosua dengan Tuhan membuat dia memiliki kepekaan yang dari Tuhan. Anak-anak dilatih untuk memiliki telinga seorang murid.

 

BACAAN GURU

YOSUA 7:1-26

PENDAHULUAN

Gunakan peta sbb:

http://www.angelfire.com/nt/theology/map/judges3.jpg

Usahakan print warna, agar menarik, juga gunakan ukuran yang besar.

Anak-anak, tahukah kalian bahwa Tuhan itu maha tahu akan segalanya? Namun manusia tidak maha tahu, sehingga manusia tidak bisa tahu akan semua hal. Namun orang yang hidupnya dekat dengan Tuhan, akan memiliki KEPEKAAN yang dari Tuhan. Apakah kepekaan itu? Kepekaan itu contohnya seperti ini.

Adikmu jatuh di gang sebelah rumahmu, dan kamu tidak tahu bahwa peristiwa itu terjadi, namun ada kepekaan di dalam hatimu, seperti ada keinginan untuk pergi ke gang sebelah menengok adikmu yang sedang bermain, dan benar saja, ternyata adikmu di sana menangis karena jatuh di got. Dengan kamu tiba di sana, kamu dapat segera menolongnya.  Tidak ada yang memberitahukan kepadamu apa yang sedang terjadi di gang sebelah itu, tetapi kamu tahu ada sesuatu yang sedang terjadi, sesuatu yang tidak baik sedang terjadi. Itu contoh dari kepekaan.

Orang yang intim dengan Tuhan/ akrab dengan Tuhan akan memiliki kepekaan. Dia tidak maha tahu seperti Tuhan, namun demikian , Tuhan bisa memberi dia kepekaan, dalam peristiwa-peristiwa tertentu.

Bangsa Israel telah mengalahkan kota Yerikho, sebuah kota yang besar, dengan pertolongan TUHAN. Tetapi seorang Israel ada yang tidak taat, salah seorang dari mereka telah mengambil barang-barang yang tidak boleh diambil dalam peperangan itu. Tuhan murka terhadap orang Israel. Tetapi Yosua tidak tahu kalau Tuhan sedang murka. Yosua pada awalnya tidak bisa PEKA, bahwa ada sesuatu yang disembunyikan oleh orang ini.

Lalu Yosua pun menyuruh orang mengintai kota Ai. Para pengintai mengatakan bahwa kota Ai adalah sebuah kota yang penduduknya sedikit, mereka menyarankan / mengusulkan pada Yosua, tidak perlu seluruh rakyat pergi, cukup dua atau tiga ribu orang saja yang berangkat berperang melawan Ai.

Akhirnya kira-kira 3000 orang berangkat menyerang Ai, tetapi pada akhirnya yang mati dalam peperangan itu ada kira-kira 36 orang Israel.

Lalu Yosua berdoa pada Tuhan. Yosua berdoa sampai hingga petang. Dan akhirnya Tuhan beritahu Yosua bahwa di antara orang Israel ada yang tidak taat pada perintah Tuhan pada saat menyerang Yerikho, yaitu orang itu menyembunyikan barang-barang yang tidak boleh diambil. Itulah sebabnya mereka kalah.

Tetapi siapa orang itu? Yosua tidak tahu, dia bukan orang yang maha tahu, dan di seluruh dunia ini tidak ada orang yang maha tahu, yang maha tahu hanyalah TUHAN.

INTI MATERI

Malam itu juga Yosua disuruh Tuhan untuk umumkan bahwa keesokan harinya/ besoknya, bangsa Israel harus menguduskan diri dan Yosua pun mengumumkan bahwa di antara orang Israel ada yang mengambil barang-barang yang tidak boleh diambil. Maka besok akan diperiksa orang itu dari suku mana, dari kaum mana, dan dari keluarga mana, dan orang yang ketahuan menyimpan barang-barang yang dilarang Tuhan untuk diambil dari kota Yerikho itu, orang itu akan dihukum mati.

Nah sekarang kita akan game, untuk pura-pura kalian jadi Yosua, dan kalian coba tebak, orang ini dari SUKU MANA, KAUM MANA, KELUARGA MANA DAN SIAPA NAMANYA

Guru mempersiapkan

  • 12 kotak korek api yang dibungkus rapi dengan kertas polos warna-warni. Keluarkan batang korek api, yang akan kita pakai sebagai POINT NILAI

 

 

 

 

  • Berikan 12 nama suku pada 12 kotak korek api tersebut, daftar nama suku ini diambil dari Bilangan 26- tidak perlu mengajak anak-anak membuka Bilangan 26
    • SUKU RUBEN
    • SUKU SIMEON
    • SUKU GAD
    • SUKU YEHUDA
    • SUKU ISAKHAR
    • SUKU ZEBULON
    • SUKU MANASYE
    • SUKU EFRAIM
    • SUKU BENYAMIN
    • SUKU DAN
    • SUKU ASHER
    • SUKU NAFTALI
  • Jajarkan kotak korek api dengan 12 nama suku ini dalam suatu barisan di meja atau di lantai, atau di kelas.
  • Mintalah anak-anak menebak, kalau mereka jadi Yosua, kira-kira orang yang mengambil barang-barang ini, dari suku mana???
  • Sediakan kertas dan ballpoint untuk tiap anak menuliskan tebakan mereka.
  • Tebakan boleh sama antara anak yang satu dengan yang lainnya, tetapi TIDAK BOLEH MELIHAT JAWABAN DI ALKITAB.
  • Kini di jajaran berikutnya ,sediakan lagi 3 nama kaum; dari 3 kotak korek api yang telah dibungkus kertas warna-warni, Nama-nama ini diambil dari Bilangan 26. Tidak perlu mengajak anak-anak membuka Bilangan 26
    • KAUM SYELA
    • KAUM PERES
    • KAUM ZERAH
  • Mintalah anak-anak menebak, kalau mereka jadi Yosua, kira-kira orang yang mengambil barang-barnag ini, dari kaum mana?
  • Persilahkan mereka menuliskan di kertas yang tadi tebakan mereka
  • Tebakan boleh sama antara anak yang satu dengan yang lainnya, tetapi TIDAK BOLEH MELIHAT JAWABAN DI ALKITAB.
  • Kini di jajaran berikutnya , sediakan lagi 5 kotak korek api yang telah dibungkus kertas warna-warni, tulis dengan nama-nama ini yang diambil dari I Tawarikh 2: 3-7. Tidak perlu mengajak anak-anak membuka I Tawarikh 2: 3-7 ini;
    • KELUARGA ZABDI/ ZIMRI
      • menurut penafsiran Albert Barnes, ZABDI ADALAH ZIMRI I Taw 2:6
    • KELUARGA ETAN
    • KELUARGA HEMAN
    • KELUARGA KALKOL
    • KELUARGA DARA
  • Mintalah anak-anak menebak, kalau mereka jadi Yosua, kira-kira orang yang mengambil barang-barang ini, dari keluarga mana?
  • Persilahkan mereka menuliskan di kertas yang tadi tebakan mereka
  • Tebakan boleh sama antara anak yang satu dengan yang lainnya, tetapi TIDAK BOLEH MELIHAT JAWABAN DI ALKITAB.

Kini berikan kunci jawaban di YOSUA 7: 18

AKHAN BIN KARMI BIN ZABDI BIN ZERAH DARI SUKU YEHUDA.

Nah anak-anak, siapa yang tadi menebak SUKU YEHUDA, dia benar

Siapa yang tadi menebak KAUM ZERAH, dia benar

Dan siapa yang tadi menebak KELUARGA ZABDI, dia benar.

Akhan bin Karmi bin Zabdi adalah cucu dari seorang kakek bernama Zabdi.

Ternyata Akhan yang mengambil barang-barang di Yerikho itu !!

( Guru memberikan batang  korek api pada penebak yang benar, siapa yang mendapat batang korek api terbanyak dia menang)

 

Bagaimana ya caranya Yosua kog tebakannya benar semua? Sebenarnya Yosua bukan bermain tebak-tebakan, karena bermain tebak-tebakan jawabannya belum tentu benar.

Yang dilakukan Yosua adalah melatih kepekaan nya dengan Tuhan. Tuhan berbicara apa, Tuhan berkata suku yang mana, Tuhan berkata kaum yang mana, dan Tuhan berkata keluarga yang mana, serta Tuhan pun berkata orangnya yang mana.

Yosua tidak pernah salah menunjuk 1 suku yang tepat dari antara 12 pilihan suku, Yosua tidak pernah salah menunjuk 1 kaum yang tepat dari antara 3 pilihan kaum keluarga, dan Yosua tidak pernah salah menunjuk 1 keluarga yang tepat dari antara lima keluarga yang ada, dan pada akhirnya Yosua tidak pernah salah menunjuk 1 orang di keluarga itu, yang menyebabkan Bangsa Israel kalah berperang melawan kota Ai.

 

PENUTUP

Mari kita baca di Yosua 9: 16-26

Mengapa bisa begitu ya…?? Karena Yosua PEKA akan suara Tuhan, Tuhan yang MAHA TAHU itu menunjukkan kepada Yosua pilihan yang TEPAT.

Akhirnya Akhan dihukum mati dan murka Tuhan surut/ Tuhan tidak marah lagi pada bangsa Israel setelah Akhan dihukum mati. Sehingga ketika mereka menyerang kota Ai untuk kedua kalinya, mereka mengalami kemenangan yang luar biasa !!

Apakah kalian mau belajar peka akan Tuhan?

Memangnya apa gunanya jika kita peka? Jika kita peka, kita dapat dipakai Tuhan menolong orang lian, menasihati orang lain, menentukan keputusan yang tepat, mendoakan orang yang sedang sedih atau sakit, dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan jika kita PEKA akan Tuhan.

Bagaimana caranya agar kita bisa peka?

Kita harus dekat dengan Tuhan. Sama seperti jika kamu dekat dengan mama, tanpa mama bilang pun, kalian bisa tahu kalau mama sedang marah, sedih atau takut.

Demikian juga jika kita hidup dekat dengan Tuhan, kita bisa peka akan hati Tuhan.

Menurutmu bagaimana caranya hidup dekat dengan Tuhan itu?

 

 

 

Indikasi pencapaian

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

1 thought on “INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION- MINGGU 18”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s