26. MEMBACA ALKITAB DENGAN LIDAH


MINGGU KE 26
GABUNGAN SEMUA KELAS

Membaca Alkitab dengan Lidah

SIKAP HATI: PANTANG MENYERAH / NEVER GIVE UP

TOKOH INSPIRATIF DUNIA

KLIK TAUTAN BERIKUT INI UNTUK MENDAPATKAN POWER POINT MATERI INI

POWER POINT MEMBACA ALKITAB DENGAN LIDAH

Seorang pria di kota Kansas terluka sangat parah akibat sebuah ledakan. Penginjil Robert L. Sumner menceritakan tentang orang itu (Ia tidak menyebutkan namanya.)  dalam bukunya The Wonders of the Word of God. Wajah korban tersebut tak bisa dikenali,karna hancur,  dan ia tak bisa melihat dan juga kehilangan kedua tangannya.
Ia baru saja menjadi Kristen, dalan salah satu kekecewaannya yang terbesar dan paling berat adalah karna akibat ledakan itu, ia tidak bisa lagi meneruskan kesukaannya membaca Alkitab.
Kemudian ia mendengar tentang seorang wanita di Inggris yang membaca huruf Braille (huruf timbul bagi tuna netra) dengan bibirnya. Dengan harapan dapat melakukan hal yang sama Ia pun memesan Alkitab dalam huruf Braille, dan ia pun mencoba cara tersebut. Bagaimanapun, ia sangat terkejut dan betapa kecewanya dia , karena ternyata ujung-ujung saraf di bibirnya juga telah rusak akibat ledakan itu, sehingga tidak peka lagi dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, ia tidak dapat membedakan huruf-huruf braille itu dengan bibirnya.
Dalam keputusasaan, ia terus mencoba dan mencoba. Hingga pada suatu hari, ketika ia sedang mencoba membaca huruf-huruf braille dengan bibirnya, lidahnya secara tidak sengaja menyentuh beberapa huruf-huruf yang menonjol dan ia bisa merasakannya.
Betapa kaget dan senangnya dia, “Aku dapat membaca dengan lidahku.” Demikian ia bersorak.
Bagaikan kilat, ia segera berpikir, saya bisa membaca Alkitab dengan menggunakan lidah saya.
Pada waktu Robert Sumber menulis bukunya, sekitar dua tahun setelah peristiwa itu, pria ini telah “membaca” seluruh Alkitab sebanyak empat kali hanya dengan lidahnya.
The Wonders of the Word of God, by Robert L. Sumner.

Keunikan Alkitab.
1.    Alkitab ditulis dalam jangka waktu lebih dari 1500 tahun, penulis pertama kitab-kitab dalam Perjanjian Lama adalah Musa yang hidup pada sekitar tahun 1500 S.M. Sedangkan Yohanes adalah penulis terakhir bagian dari Kitab Perjanjian Baru ( Injil Yohanes, surat-surat kiriman Yonahes dan surat Wahyu)
2.    Alkitab ditulis lebih dari 40 penulis yang berbeda latar belakang, bahasa, budayanya dan bangsanya. Misalnya Musa seorang tokoh politik, Amos seorang gembala, Nehemia Juru Minukan Raja, Daniel seorang Perdana mentri, Lukas (penulis Kisah Pra Rasul) adalah seorang Dokter, Petrus seorang nelayan, Yosua seorang Panglima Perang, Matius seorang Pemungut Cukai, Salomo seorang Raja, dll
3.    Alkitab ditulis di tempat yang berbeda-beda. Contoh Musa di padang gurun, Paulus di penjara, Yohanes di Pulau Patmos, Yeremia di penjara, Daniel di dua tempat di lereng perbukitan dan di Istana, Lukas menulis Kisah para rasul ketika dalam perjalanan, penulis-penulis lainnya ada yang menulis sementara ada di kancah peperangan
4.    Ditulis di tiga benua, Asia, Afika dan Eropa
5.    Ditulis dalam tiga bahasa (Ibrani, Yunani dan Eropa)
6.    Alkitab adalah buku terlaris sepanjang masa, serta paling banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa
7.    Alkitab bukan hanya berisi informasi sejarah, melainkan Alkitab adalah Firman Allah yang diberitahukan kepada manusia supaya kita dapat mengenal Dia dan diselamatkan oleh karna percaya kepada Yesus Kristus, Putra-Nya.

http://www.greatcom.org/indonesian/apologetik/Keunikan_Alkitab/keunikan_index.htm
http://bible.org/seriespage/mengasihi-alkitab

Penerapan:
Ayo adik-adik rajin-rajinlah membaca Alkitab setiap hari
•    Tubuh kita membutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna,
•    Jiwa kita yang terdiri dari :
o    pikiran membutuhkan pelajaran sekolah agar kita pandai,
o    Emosi membutuhkan kasih sayang dari orang-orang di sekitar kita, kita juga membutuhkan rekreasi, dll
o    Kehendak membutuhkan kebebasan kita dalam memutuskan sesuatu, merencanakan sesuatu, dll
•    Jangan lupa, kita punya roh…yang membutuhkan makanan juga, makanan roh kita adalalah bersekutu dengan Tuhan, berdoa dan membaca Firman Tuhan.
Jangan sampai tubuh kita sehat, jiwa kita kuat, tetapi roh kita lemah.

Tuhan ingin kita membaca Alkitab setiap hari. Jangan mau kalah sama orang cacat yang kisahnya kita dengar tadi, ia yang cacat saja dalam dua tahun sudah membaca Alkitab sebanyak 4 kali hanya dengan lidahnya. Bagaimana dengan kita?

Ayat Mas Kelas Kecil:
Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Mazmur 119:105

Ayat Mas Kelas Tengah:
Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Matius 4: 4

Ayat Mas Kelas Besar:
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. II Timotius 3:15

GAME/ AKTIFITAS:
Untuk menguji seberapa cintanya kita pada Alkitab: kita akan adakan beberapa game alkitab, dan aktifitas yang bisa Anda pilih sesuai tingaktan uur murid anda

KELAS KECIL
Buatlah aktifitas membuat gulungan kitab, dengan memakai kertas, dan lem serta sumpit sehingga menjadi lembaran-lembaran yang direkatkan pada dua sumpit, lalu bisa digulung
Sumpit bambu dapat anda beli di supermaket, dan harganya murah sekali.
Untuk menyederhanakan lem, anda bisa menggantinya dengan steples
Isi gulungan kitab dengan ayat mas kelas kecil, Guru bisa menyiapkan ayat yang sudah diprint guru, sehingga tinggal ditempel saja, atau guru bisa menuliskan ayat pada kertas gulungan tadi menggunakan cryon putih, ajak anak menyaput cryon putih itu dengan cat air warna lain selain putih, sehingga menghasilkan ayat yang terbaca.
(memanfaatkan sifat cryon yang minyak yang tidak dapat menyatu dengan air-nya cat air. Tips dari saya: gunakan cat air yang encer, serta gunakan cryon putih dengan menggores secara berulang-ulang sehingga membentuk huruf yang cukup tebal)

KELAS TENGAH: Mengurutkan nama Kitab dalam Alkitab
Aturan Main:
Guru membagi nama-nama kitab yang diketik terpisah dan digunting terpisah, dengan demikian ada 66 nama kitab lengkap Perjanjian lama dan baru. 66 Nama kitab ini diletakkan dalam amplop. Jika ada 6 kelompok, berarti guru membuat 6 amplop berisi masing-masing 66 nama kitab.
Setelah peluit dibunyikan tugas anak-anak adalah mengurutkan nama-nama kitab tersebut, dan siapa yang tercepat dan tertepat dia menang.
Boleh membuka Alkitab.

KELAS BESAR : KECEPATAN MEMBUKA AYAT

Aturan main
•    Boleh membuka Alkitab
•    Tiap kelompok hanya terdiri dari 2 orang, satu yang membaca Alkkitab, satu yang lari untuk mengambil barang yang diminta
•    Soal hanya dibaca sekali
•    Pemenang adalah yang tercepat mengambil barang yang dimaksud dan meletakkan di dekat kaki kakak
•    kata ulang misalnya mata-mata dihitung dua kata,
•    kata sambung misalnya di, lalu, karena, dl tetap diperhitungkan satu kata,
•    I Samuel dihitung satu kitab, II Samuel dihitung 1 kitab, dst,
•    Perhitungan kitab Matius adalah sebagai kitab ke 40 – jadi dihitung nyambung dari Perjanjian Lama- kitab kejadian sebagai kitab ke 1, Keluaran kitab ke 2, Matius kitab ke 40, dst sampai wahyu sebagai kitab ke 66)
SOAL YANG DIBACA GURU (soal ini dapat anda tambah sendiri dengan cara mencari kata-kata yang ada di konkordansi, misalnya kata mata, telinga, tanah, kerikil, pasir, bunga, kasut, ikat pinggang, rambut putih, bulu mata, dll, sesuai kreatifitas anda)
•    Kitab ke satu, pasal ke dua puluh delapan, ayat ke delapan belas,kata ke tujuh
•    Kitab ke satu, pasal ke dua puluh empat, ayat ke sembilan belas, kata ke enambelas
•    Kitab ke tujuh, pasal ke enambelas, ayat ke duapuluh dua, kata ke dua
•    Kitab ke duapuluh, pasal ke dua puluh lima, ayat ke sembilan belas, kata ke sembilan
•    Kitab ke sembilanbelas, pasal ke dua puluh tiga, ayat ke dua , kata ke tujuh

KUNCI JAWABAN
Batu
Air
Rambut
Gigi
Rumput

zwani.com myspace graphic comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s