128. MATERI KKR HUT SEKOLAH MINGGU- MENGUCAPSYUKUR


BERSYUKUR

KKR ANAK

HUT GBI DIASPORA SEJAHTERA

KOTA WISATA BATU

KE 25 TAHUN

BACAAN GURU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

33 Bilangan 33:36 Padang gurun Zin, yaitu Kadesh Bilangan 12:16, ulangan 1:19

Bilangan 20: 1

Sebenarnya pada saat itu Tuhan sudah menyuruh bangsa Israel berperang melawan musuh, tetapi mereka malah mengusulkan pengintaian ( Ulangan 1: 19-22)

 

Pengutusan ke-12 pengintai- Hosea bin Nun termasuk ikut, dan diberi nama baru oleh Musa, yaitu :Yosua(bil 13: 8,16)

 

Sepulang dari 40hari lamanya pengintaian, bangsa Israel bersungut-sungut kepada TUHAN.

 

Yosua dan Kaleb menyatakan iman mereka.

 

Tuhan akan memunahkan bangsa itu dan akan membuat bangsa baru dari Musa, namun Musa memperjuangkan perkara bangsa Israel di hadapan Tuhan. Akhirnya Tuhan menetapkan suatu syarat , yang boleh masuk Kanaan hanya yang bersungut-sungutnyan tidak lebih dari 10 kali ( Bil 14: 22)

 

Dan juga Yosua bin Nun boleh masuk tanah Kanaan bersama Kaleb bin Yefune

Sampailah mereka di padang gurun Zin dalam bulan yang pertama , lalu tinggallah bangsa itu di Kadesh (Bilangan 20:1)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

. ( pada saat itu Musa sama sekali belum tahu bahwa kelak dia tidak boleh masuk ke tanah Kanaan dan kelak Yosua akan menggantikan dia)

 

Pada titik ini, Musa hanya tahu sebatas  Yosua dan Kaleb saja yang nanti boleh masuk ke tanah Kanaan, bersama yang usianya 20 tahun ke bawah, sisanya akan mati di padang gurun.

 

Namun pada saat itu  Musa belum tahu siapa yang nanti akan memimpin bangsa Israel memasuki tanah Kanaan, karena pada saat itu Musa belum mendapat hukuman Tuhan untuk tidak dapat memasuki tanah Kanaan – peristiwa dosa Musa dan Harusn nanti terjadi baru di Bilangan 20, sedangkan peristiwa pengintaian ada di Bilangan 14.

 

 

 

YOSUA SEBAGAI PENGINTAI YANG BAGAIMANA??

Bilangan 13, 14: 1-38

Sangat seru sekali bila mempelajari Firman Tuhan yang penuh mutiara rahasia berharga.

Mari kita petakan JUKLAK/ petunjuk pelaksanaan pengintaian negri Kanaan:

  • Daerah Tujuan pengintaian: tanah Negeb
  • Tempat persembunyian: daerah pegunungan di tanah Negeb
  • Point-point pengamatan:
    • Bagaimana kekuatan bangsa yang berdiam di sana
    • Bagaimana jumlah penduduknya, sedikit atau banyak
    • Bagaimana keadaan negeri , baik atau buruk
    • Bagaimana kota-kota mereka , berkubu atau terbuka
    • Bagaimana tingkat kesuburan tanah di sana
    • Bawalah contoh hasil bumi dari sana

Pengintaian pun dilakukan selama 40 hari. Dan tim pengintai pun pulang untuk membawa berita pada Musa, Harun dan segenap bangsa Israel, di Kadesh, di padang gurun.

Laporannya adalah sbb:

  • Negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya
  • Hasil negeri itu yang dibawa adalah setandan buah anggur yang harus digandar dua orang, beberapa buah delima dan buah ara
  • Bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat
  • Kota-kotanya berkubu dan sangat besar
  • Di sana ada keturunan Enak.
  • Orang Amalek di Negeb, orang Het , Yebus, Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam di sepanjang laut dan di sepanjang tepi sungai Yordan

Kemungkinan saat laporan itu dipaparkan di hadapan bangsa Israel, langsung terlihat reaksi mereka lewat raut wajah mereka, oleh karena itu di ayat 30 ditulis:

Kemudian Kaleb menentramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya;

“Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

Kita lihat di sini yang langsung angkat bicara adalah Kaleb. Kaleb orang yang penuh iman. Dia termasuk dalam 12 pengintai, tetapi dia memandang tanah Kanaan dengan kacamata iman, yaitu kacamata yang tidak sama dengan yang dipakai oleh 10 pengintai lainnya. Mereka melihat dengan kacamata kekawatiran, kecemasan, ketakutan.

Selama Kaleb bicara untuk menentramkan hati bangsa itu, Yosua bin Nun diam, tidak ikut bicara. Tapi saya yakin, hati Yosua sepakat dengan semua kata-kata Kaleb.

Kalimat iman yang berusaha dilontarkan Kaleb untuk menentramkan bangsa itu, ditimpali kembali dengan  sanggahan ke 10 pengintai lainnya, yang kemudian menambah-nambahi laporan mereka dengan kabar busuk/ bad raport , bahwa negeri di sana memakan penduduknya ( a land that devours its inhabitants) …bahwa semua orang di sana adalah orang-orang yang tinggi perawakannya. ….dst…

Akhirnya peristiwa tragis itu diakhiri dengan persungutan bangsa Israel kepada Musa dan Harun, bahkan mereka akan mengangkat seorang pemimpin untuk pulang ke Mesir.

Lalu Musa dan Harun sujud kepada Tuhan di depan mata seluruh Israel.

Melihat semua peristiwa ini, bagaimana Musa dan Harun bersujud dan situasi begitu panas, akhirnya Alkitab menuliskan nama Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, dua nama ini, dua orang ini, dengan nama Yosua disebut pertama setelah itu baru nama Kaleb..mereka secara kompak, mungkin dengan saling menimpali ucapan rekannya, mereka mengoyakkan pakaian mereka dan  berkata

“Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya.

Jika Tuhan berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya……

(kemungkinan itu tadi adalah kalimat dari Yosua- atau bisa juga dari Kaleb)

Hanya, janganlah memberontak kepada Tuhan, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka , sedang TUHAN menyertai kita, janganlah takut kepada mereka.”

(kemungkinan itu tadi adalah kalimat dari Kaleb- atau bisa juga dari Yosua)

Kemudian mendengar hal itu, bangsa Israel hendak melempari Yosua dan Kaleb dengan batu. Untunglah Tuhan pada saat itu langsung turun tangan dan menampakkan kemuliaan-Nya di Kemah Pertemuan.

Singkat cerita Tuhan murka dan ingin memusnahkan bangsa Israel, dan akan membuat bangsa Israel yang baru dari keturunan Musa saja. Namun Musa bernegosiasi dengan Tuhan dan memintakan ampun kepada Tuhan.

Tuhan mengampuni, namun Tuhan mengatakan bahwa semua orang yang telah melihat kemuliaan Tuhan dan tanda-tanda mujizat yang diperbuat Tuhan di Mesir dan di padang gurun namun telah 10 kali mencobai Tuhan, dan tidak mau mendengarkan suara Tuhan, pasti tidak akan melihat negeri yuang dijanjikan Tuhan.

TETAPI hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwanya yang ada padanya, dan ia mengikut Tuhan dengan sepenuhnya, akan dibawa Tuhan masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Kaleb mau mendengarkan suara Tuhan, mau mengikut Tuhan dengan sepenuhnya. Itulah yang membedakan dia dengan orang-orang lainnya.

Dan semua persungutan bangsa Israel telah dicatat, dan yang berusia 20 tahun ke atas, dan telah bersungut-sungut lebih dari 10 kali tidak akan masuk ke tanah Kanaan, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun.

Waaaauu, Kaleb disebut pertama kali, setelah itu nama Yosua juga tercatat masuk dalam kriteria itu.

Dari 12 pengintai itu, 10 orang mati kena tulah, tetapi yang tinggal hidup adalah Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune. Nama Yosua disebut duluan.

Baik Yosua maupun Kaleb, baik Kaleb maupun Yosua keduanya kompak, karena memiliki roh yang sama, jiwanya cocok, iman dan pengharapannya sama.  Pembahasan mengenai siapa yang  namanya disebut duluan dan sebagainya , sebenarnya bukan untuk lomba-lombaan di antara dua orang ini, melainkan untuk membuktikan bahwa Yosua bukan Cuma ‘pengekor’nya Kaleb dan Kaleb juga bukan Cuma seorang ‘pengekor’nya Yosua. Tidak ada siapa mengekor pada siapa, melainkan mereka berdua kebetulan memiliki jiwa dan roh yang sama. Iman dan pengharapan yang sama. Dan hanya mereka berdua di antara jutaan orang lainnya. Huuuuiiiihhh!!

Hal ini digarisbawahi oleh Musa, bahwa mereka berdua mengikuti Tuhan dengan sepenuh hatinya. Ini dikatakan Musa pada bani Ruben dan Bani Gad, di Bilangan 32; 12.

Iman seperti ini tidak dibangun sehari dua hari, tetapi dari gaya hidup bersama dengan Tuhan. Saat orang lain mengeluh, dua orang ini tetap bersyukur. Saat orang lain memberontak, dua orang ini tetap taat. Saat orang lain berpikiran negatif, dua orang ini berpikiran positif. Saat orang lain melihat tanah Kanaan yang begitu subur dan luar biasa baiknya, mereka terhalang oleh raksasa, menganggap diri mereka belalang, dua orang ini justru semakin timbul hasratnya untuk memiliki negeri itu dan mereka justru merasa sebagai raksasa yang siap menyantap penduduk asli sebagai belalangnya, karena punya Tuhan yang hebat dan besar.

Tuhannya siapa coba yang seperti Tuhannya orang Israel? Bisa mendatangkan 10 tulah? Bisa membelah lautan bagai darat? Bisa menghadirkan air di padang gurun? Bisa mendatangkan manna? Bisa mendatangkan burung puyuh untuk jutaan rakyat? Waauuuu….masalah raksasa ..itu Cuma soal kecil !!

Melihat pada masalah, akan merasa diri kecil. Melihat kepada Tuhan akan merasakan masalah sebagai hal kecil.

Di antara jutaan orang pada saat itu, hanya dua orang yang lolos seleksi. Kriterianya Cuma di soal ; perkataan u-c-a-p-a-n   s-y-u-k-u-r. 

Kog tampaknya sepele ya…?? Oh tidak juga. Perkataan meluap dari hati. Orang yang sikap hatinya tidak beriman akan mengucapkan kalimat pesimistis. Orang yang sikap hatinya tidak berpaut pada Tuhan, kebaikan Tuhan, akan mengucapkan kalimat persungutan. Orang yang berkiblat ke belakang, gagal melihat tujuan Tuhan, tetapi selalu mengenang masa perbudakan di Mesir, akan mengucapkan kalimat kematian, ‘iiih kita seperti belalang yang siap ditelan’. Tetapi orang yang mau sepakat dengan Tuhan , akan dilepaskan dari perbudakan dan di bawa ke tanah air berlimpah susu dan madunya, akan mengucapkan kalimat kehidupan, ‘ayo kita telan belalang-belalang  itu’.

Apa yang keluar dari mulut kita, berupa ucapan syukur, kalimat iman, ataukah berupa persungutan, pemberontakan, kemarahan, omelan, dll adalah cerminan sikap hati yang bagaimana, berpaut pada Tuhan, ataukah curiga terhadap Tuhan.

Yosua bin Nun ternyata seorang yang menurut saya tidak banyak bicara, tetapi dalam ucapan-ucapannya yang tidak terlalu banyak itulah, terpancar sikap hati yang bersyukur, berharap, beriman dan memegang janji Tuhan dalam hidupnya.

Dia punya teman yang klik dengan dirinya, seorang , Kaleb bin Yefune.

Generasi Yosua akhir zaman adalah generasi yang menduduki tanah Kanaan. Mencapai destiny /tujuan ilahi Tuhan dalam hidup mereka. Generasi yang mencapai garis akhir, karena mereka beriman kepada Tuhan, selalu hidup dalam ucapan syukur, dan selalu tinggal dalam perkenanan hati Tuhan, berani hidup berbeda dari orang kebanyakan. Berbeda dalam arti yang positif. Mereka adalah generasi yang mengecap susu dan madu janji-janji Tuhan, mereka adalah generasi yang merebut kekayaan bangsa-bangsa bagi pekerjaan Tuhan di atas muka bumi.  Mereka adalah generasi yang sungguh-sungguh berbeda karena setiap tanah yang mereka injak akan diberikan Tuhan kepada mereka, bisnis dan pekerjaan apa pun yang mereka pegang akan menjadi berhasil dan beruntung, karena bukan sehari dua hari mereka melatih otot iman mereka, tetapi dalam setiap keseharian mereka , iman mereka kepada Tuhan Semesta Alam, terus ditumbukan sampai berbuah lebat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PERSUNGUTAN DAN PEMBERONTAKAN BANGSA ISRAEL KEPADA TUHAN/ MENISTA TUHAN

TERMASUK PERSUNGUTAN PARA PEMIMPIN

DAN BAGAIMANA RESPON TUHAN

TABEL GEN.YOS.2

BILANGAN 14: 11,22,27

Segala tanda mujizat yang dilakukan Tuhan di tengah-tengah bangsa Israel menjadi tolok ukur sejak kapan pencatatan ini akan dimulai, baik sejak di Mesir maupun di padang gurun Bilangan 14:11, 22,27 ·    Menista Tuhan

·    Tidak mau percaya kepada Tuhan,

·    mencobai Tuhan.

·    Tidak mau mendengarkan suara Tuhan.

·    Bersungut-sungut

 

       
TOKOH MUSA Melihat semak belukar menyala (Kel 3:3)

Mendengar suara Tuhan dalam peristiwa itu.

Mujizat tongkat menjadi ular dan sebalinya terjadi dalam peristiwa itu.

Mujizat kusta dan sebaliknya dalam peristiwa itu.

 

Musa mendemonstrasikan kuasa Allah di depan Firaun tongkat menjadi ular dan sebaliknya (Kel 7:10)

 

Melihat kemuliaan Tuhan diam di atas gunung Sinai (Kel 24;15-16)

 

Tinggal di tengah-tengah awan kemuliaan Tuhan Kel 24:18

 

Menerima dari Tuhan secara langsung loh hukum yang pertama, yang baik loh batunya maupun ukirannya langsung dari Tuhan sendiri Kel 31: 18

 

Melihat kemuliaan Tuhan lewat Kel 33:21-23, 34;5-7

 

Kulit muka nya bercahaya Kel 34:29

 

Plus lebih kurang 32 mujizat yang sama yang disaksiakan Musa bersama bangsa Israel

DOSA MUSA 1

adalah menolak panggilan Tuhan (Kel 4:13) sampai Tuhan murka.

 

DOSA MUSA 2

lalai menyunatkan kedua anaknya, sehingga dia hampir dibunuh Tuhan Kel 4:24

 

DOSA MUSA 3

Persungutan Musa yang pertama: Kel 5:22-23

 

DOSA MUSA 4

Persungutan Musa yang kedua Kel 6:11.

 

DOSA MUSA 5

Persungutan Musa yang ketiga Kel 6:29

 

DOSA MUSA 6

Doa seruan Musa yang bernada tidak enak kepada Tuhan Kel 17:4

 

DOSA MUSA 7

Bilangan 11;10-15 Doa Musa yang penuh gerutuan kepada Tuhan.

 

DOSA MUSA 8

Musa tidak percaya kepada Tuhan Bil 11: 21-22, 23

 

DOSA MUSA 9

Dosa Musa dan Harun di peristiwa mata air Meriba (Bil 20:12), dosa tidak percaya, sehingga memukulkan tongkat dua kali, padahal Tuhan Cuma menyuruh mereka BERKATA

 

DOSA MUSA 10

Dosa Musa dan Harun di peristiwa mata air Meriba (Bil 20:12),

tidak menghormati kekudusan Tuhan di mata orang Israel, karena salah mendedikasikan mujizat itu yang seharusnya bagi kemuliaan Tuhan, didedikasikan bagi kami.

Genap pada dosa ke 10, Musa pun tidak lolos untuk masuk ke tanah Kanaan.      
TOKOH HARUN Harun bersama Musa mendemonstrasikan kuasa Allah di depan Firaun tongkat menjadi ular dan sebaliknya (Kel 7:10)

Harun melihat Allah Israel (Kel 24:9-11)

 

Plus lebih kurang 32 mujizat yang sama yang disaksiakan Harun bersama bangsa Israel

 

Memimpin penyembahan lembu emas Kel 32;2-6

 

Tidak mengakui kesalahannya pada pemimpin Kel 32; 24. Padahal Harun bersalah ( Kel 32; 25, 35)

 

Bersekongkol dengan Miryam untuk mengatai Musa , pemimpin mereka Bil 12: 1-2

 

Dosa Musa dan Harun di peristiwa mata air Meriba (Bil 20:12), dosa tidak percaya, sehingga memukulkan tongkat dua kali, padahal Tuhan Cuma menyuruh mereka BERKATA

 

Dosa Musa dan Harun di peristiwa mata air Meriba (Bil 20:12),

tidak menghormati kekudusan Tuhan di mata orang Israel, karena salah mendedikasikan mujizat itu yang seharusnya bagi kemuliaan Tuhan, didedikasikan bagi kami.

Penyembahan anak lembu emas membuat Tuhan akan membinasakan bangsa Israel dan Musa akan dibuat Tuhan menjadi bangsa yang besar, lebih berkuasa dan lebih banyak dari bangsa Israel saat itu  Kel 32;10, Ulangan 9:14

 

Tuhan akan memunahkan bangsa israel dan menghapuskan nama mereka dari kolong langit. Ulangan 9:14

 

Harun terancam mati, untung Musa mendoakan dia Ulangan 9:20

 

Tuhan memutuskan untuk mengutus seorang malaikat berjalan di depan bangsa Israel

Kel 33:2

Dan menyesallah Tuhan karena malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya Kel 32:14

 

Tuhan mengabulkan doa Musa , agar Tuhan sendiri menyertai perjalanan mereka ( Kel 33:17)

Pada skandal anak lembu emas ini matilah lebih kurang tiga ribu orang ( Kel 32: 28) DI TITIK INILAH YOSUA DIKATAKAN TIDAK MAU MENINGGALKAN KEMAH PERTEMUAN YANG DIBUAT MUSA UNTUK IKUT BERDOA MEMPERJUANGKAN NASIB BANGSA ISRAEL DI HADAPAN TUHAN

 INI ADALAH UNTUK PERTAMA KALINYA TUHAN BERKATA AKAN MEMBINASAKAN DAN MEMUNAHKAN BANGSA INI

 

OLEH KARENA ITU BESAR KEMUNGKINAN YOSUA IKUT DENGAN MUSA BERPUASA PADA KEMAH PERTEMUAN SEMENTARA INI

 

KARENA YOSUA PERNAH MENGALAMI TRAUMATIK HAMPIR PUNAHNYA SUKU EFRAIM, NENEK MOYANGNYA

TOKOH MIRYAM Plus lebih kurang 32  mujizat yang sama yang disaksiakan Miryam bersama bangsa Israel

 

 

Bersekongkol dengan Harun  untuk mengatai Musa , pemimpin mereka Bil 12: 1-2 Miryam kena kusta Bil 12;10

Pengucilan Miryam

Bil 12: 14-15

     
TOKOH NADAB Nadab melihat Allah Israel (Kel 24:9-11)

 

Plus lebih kurang 32 mujizat yang sama yang disaksiakan Nadab bersama bangsa Israel

 

 

         
TOKOH ABIHU Abihu melihat Allah Israel (Kel 24:9-11)

 

Plus lebih kurang 32 mujizat yang sama yang disaksiakan Abihu bersama bangsa Israel

 

 

         
70 TUA-TUA ISRAEL 70 tua-tua Israel melihat Allah Israel (Kel 24:9-11)

 

70 tua tua Israel mendapat pengurapan Bil 11: 24-30

 

Plus lebih kurang 32 mujizat yang sama yang disaksiakan 70 tua-tua bersama bangsa Israel

 

 

Tidak taat , untuk menunggu Musa di gunung Sinai kel 24; 14, selagi Musa naik ke puncak        
TOKOH YOSUA Melihat kemuliaan Tuhan diam di atas gunung Sinai (Kel 24;13, 15-16)

Melihat loh hukum yang pertama yang dibawa Musa yang adalah dari Tuhan langsung baik loh batunya  maupun tulisannya Kel 32:16-17

 

 

Plus lebih kurang 32 mujizat yang sama yang disaksiakan Yosua bersama bangsa Israel

 

         
BANGSA ISRAEL 1.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat mujizat tongkat jadi ular dan sebaliknya.

2.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat mujizat tangan menjadi kusta dan sebaliknya.

3.       Kel 4:30

4.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah pertama. Kel 7

5.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah kedua. Kel 8

6.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah ke tiga Kel 8

7.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah keempat. Kel 8

8.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah kelima. Kel 9

9.       Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah keenam Kel 9

10.   Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah ketujuh . Kel 9

11.   Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah kedelapan Kel 10

12.   Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah kesembilan. Kel 10

13.   Melihat demonstrasi kuasa Allah lewat tulah kesepuluh  Kel 12

14.   Melihat bagaimana Tuhan membuat orang Mesir bermurah hati dengan memebrikan emas-emasan mereka Kel 12:36

15.   Tiang awan dan api (Kel 13:21-22)

16.   Tiang awan yang menimbulkan kegelapan sehingga malam itu lewat (Kel 14:19-20)

17.   Laut terbelah Kel 14:21-22

18.   Tercampaknya orang Mesir di laut Kel 14:26-28

19.   Orang Israel tetap berjalan di tempat kering Kel 14:29

20.   Air pahit jadi manis Kel 15:25

21.   Kemuliaan Tuhan tampak dalam awan Kel 16:10

22.   Turunnya manna Kel 16:15

23.   Guruh, kilat dan awan padat di atas gunung an bunyi sangkakala yang sangat keras Kel 19:16

24.   Asap, api, gempa gunung dan bunyi sangkakala (Kel 19:18-19)

25.   Suara Allah dalam guruh (Kel 19:19), Allah berbicara dari langit (Kel 20:22)

26.   Melihat kemuliaan Tuhan sebagai api yang menghanguskan Kel 24:17

27.   Melihat kulit muka Musa bercahaya Kel 34: 29

28.   Melihat awan menutupi Kemah Pertemuan Kel 34:38, Bil 9:15-23

29.   Melihat  api pada kemah pertemuan Kel 34:38, Bil 9:15-23

30.   Berangkat dengan tuntunan awan Kel 34:38, Bil 9:15-23

31.   Melihat bumi terbelah Bilangan 16:31

32.   Melihat tongkat harun berbunga Bil 17:8

 

 

DOSA BANGSA ISRAEL 1

Persungutan pertama , Keluaran 5:21, pada saat pekerjaan mereka diperberat oleh Firaun.

 

DOSA BANGSA ISRAEL 2

Tidak mau mendengarkan firman Tuhan karena putus asa dan perbudakan yang berat Kel 6:8

 

DOSA BANGSA ISRAEL 3

persungutan kedua Kel 14:11-12

 

DOSA BANGSA ISRAEL 4

Persungutan ke tiga Kel 15:24

Persungutan ke empat Kel 16:2

 

DOSA BANGSA ISRAEL 5

Ada yang tidak taat dengan peraturan tentang manna Kel 16:20.

Ada yang tidak taat dengan peraturan tentang manna Kel 16:27

 

DOSA BANGSA ISRAEL 6

Bertengkar dengan Musa Kel 17:2

 

DOSA BANGSA ISRAEL 7

Bersungut-sungut kepada Musa, persungutan ke lima (Kel 17:3)

 

DOSA BANGSA ISRAEL 8

Mencobai Tuhan Kel 17:7

 

DOSA BANGSA ISRAEL 9

Menolak untuk berbicara langsung dengan Tuhan  lebih lama lagi , sehingga akhirnya Tuhan mengijinkan mereka pulang (Kel 20:19-20, Ulangan 5: 23-33)

 

DOSA BANGSA ISRAEL 10

Menyembah patung lembu emas Kel 32;2-6

 

DOSA BANGSA ISRAEL 11

Hanya orang Lewi yang memihak kepada Tuhan, Kel 32; 26

 

 

       
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 12

Bersungut –sungut kepada Tuhan, persungutan ke enam  Bil 11:1

Persungutan ini menimbulkan murka Tuhan, kemudian menyalalah api Tuhan di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan. Musa berdoa dan api itu padam    
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 13

Kemasukan nafsu rakus dan menangis minta daging Bil 11:4-6, dengan demikian menolak Tuhan , persungutan ke tujuh (Bil 11; 20)

Murka Tuhan bangkit dengan sangat Bil 11:10

 

Tuhan memutuskan untuk memberi makan daging tetapi akan terjadi sampai keluar dari hidung mereka dan sampai mereka muak. Bil 11: 20

Hujan burung puyuh Matilah orang orang bernafsu rakus Bil 11:34-35  
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 14

Menolak untuk percaya bahwa Tuhan sanggup memimpin mereka memasuki Kanaan Ulangan 1: 19-24, sehingga mereka mengusulkan adanya pengintaian, dan Tuhan mengijinkan pengintaian itu terjadi Bilangan 13

 

DOSA BANGSA ISRAEL 15

Menentang titah Tuhan untuk berjalan Ulangan 1:26

 

DOSA BANGSA ISRAEL 16

Menggerutu di dalam kemah, persungutan ke delapan  Ul 1:27-28

 

DOSA BANGSA ISRAEL 17

Tidak percaya kepada Tuhan Ulangan 1:32-33

 

DOSA BANGSA ISRAEL 18

Menangis dengan suara nyaring Bil 14:1

 

DOSA BANGSA ISRAEL 19

Bersungut-sungut yang ke sembilan Bil 14; 2

 

DOSA BANGSA ISRAEL 20

Mengancam hendak melontari Yosua dan Kaleb dengan batu Bil 14: 10

 

DOSA BANGSA ISRAEL 21

Berbuat nekat Bil 14; 39-45

 

DOSA BANGSA ISRAEL 22

Seseorang mengumpulkan kayu api pada hari sabat Bil 15:32-36

 

 

Tuhan murka dan bersumpah, Tidak seorang pun dari orang-orang ini, angkatan yang jahat ini akan melihat negeri yang baik yang dengan sumpah dijanjikan Tuhan untuk diberikannya kepada nenek moyang mereka keculai Kaleb bin Yefune. Juga Yosua bin Nun, yang akan masuk ke sana. Ulangan 1: 34-40

 

Tuhan akan memukul orang Israel dengan penyakit sampar dan melenyapkan mereka, tetapi Musa akan dibuat Tuhan menjadi bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari mereka Bil 14: 11-12

Doa Musa dijawab Tuhan (bilangan 14:20)

Perjalanan mereka akan menjadi 40 tahun.

10 pengintai pembawa kabar busuk , mati (Bil 13:32,37)

 

Seluruh laporan ke 10 pengintai ini dalah bentuk ketidak percayaan Bil 13; 27-33 Ini adalah persungutan ke sepuluh bagi 10 pengintai ini.

INI ADALAH KALI KE DUA TUHAN AKAN MELENYAPKAN BANGSA ISRAEL, OLEH KARENA ITU SETELAH PERISTIWA PENGINTAIAN INI MUSA BERDOA PUASA 40 HARI 40 MALAM LAGI (BACA DI ULANGAN 9:23-29)

 

KEMUNGKINAN BESAR YOSUA IKUT BERDOA MEMPERJUANGKAN NASIB BANGSA ISRAEL DI HADAPAN TUHAN

 

KARENA YOSUA PERNAH MENGALAMI TRAUMATIK HAMPIR PUNAHNYA SUKU EFRAIM, NENEK MOYANGNYA

BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 23

Pemberontakan Korah, datan dan Abiran, Bil 16:1-3

 

DOSA BANGSA ISRAEL 24

Menolak menghadap saat dipanggil Bil 16; 12

Tuhan akan memnghancurkan bangsa Israel dalam sekejap mata Musa dan Harun sujud untuk memperjuangkan nasib bangsa Israel Bil 16:22 Dua ratus lima puluh orang mati dalam peristiwa ini disamping Datan Korah dan Abiram serta keluarga mereka Bil 16:35  
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 25

Bersungut sungut yang ke sepuluh Bil 16:41

Tuhan akan menghancurkan orang Israel dalam sekejab mata Harun segera membuat perbaraan sesuai perintah Musa untuk mengadakan pendamaian Tulah Tuhan membuat 14.700 orang mati kena tulah belum termasuk orang yang mati karena peristiwa Korah.  
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 26

Bertengkar dengan Musa Bil 20: 3-6.

MUSA DAN HARUN JATUH DALAM DOSA DALAM SKANDAL INI   Banyak dari orang Israel yang mati  
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 27

Bersungut-sungut yang ke sebelas Bil 21:5

Ular tedung datang Musa berdoa untuk bangsa itu Tuhan memerintahkan Musa membuat ular tembaga    
BANGSA ISRAEL   DOSA BANGSA ISRAEL 28

Perzinahan dengan perempuan perempuan Moab Bil 25:1

Tuhan memerintahkan untuk menangkap semua orang yang mengepalai bangsa itu dan menggantung mereka di tempat terang supaya murka Tuhan surut      
BANGSA ISRAEL     TOTAL ADA SEDIKITNYA 28 DOSA PEMBERONTAKAN ORANG ISRAEL KEPADA TUHAN      
BANGSA ISRAEL Terjadi perhitungan laskar Israel untuk kedua kalinya Bilangan 26     Hanya Kaleb dan Yosua yang lolos. Yang namanya sama dengan catatan perhitungan yang pertama. Sisanya mereka mati semuanya di padang gurun. Termasuk banyak yang mati di perjalanan (Ulangan 2:14) KALEB DAN YOSUA TERBUKTI TIDAK PERNAH BERSUNGUT-SUNGUT LEBIH DARI 10 KALI. Bilangan 14: 22  

 

 

 

 

Kesimpulan tabel di atas:

Semua pemimpin Israel dan juga bangsa Israel telah berkali-kali melihat mujizat Tuhan sejak awal mereka masih di Mesir, tetapi hal itu tidak membuat mereka hidup takut akan Tuhan.

Musa bukan orang yang sempurna sehingga tidak ada dosanya. Tabel ini bukan untuk mengupas sehabis-habisnya dosa Musa, namun selepas persitiwa di Meriba, Musa dikatakan oleh Tuhan tidak dapat lolos juga, bukan karena peristiwa di Meriba ini saja, melainkan karena sejak awal Musa menunjukkan beberapa sikap hati yang salah di hadapan Tuhan.

Hal ini dapat kita baca bagaimana Musa menjejerkan peristiwa skandal 10 pengintai, Ulangan 1: 34-36 dengan skandal Meriba di mana pada skandal ini jelas-jelas Musa sampai pada dosa yang ke sepuluh, sehingga dia pun tidak dapat lolos.

Jadi Tuhan itu adil. Keadilan-Nya berjalan. Sedangkan Harun sudah tidak dapat lolos karena skandal lembu emas itu, tetapi jika Harun masih bisa bertahan hidup sampai tahun ke 40 adalah karena Tuhan menjawab doa Musa terhadap abangnya itu. Ulangan 9:20

Miryam tidak dapat lolos juga karena hidupnya dipenuhi oleh iri hati terhadap orang-orang yang dipakai Tuhan secara dahsyat. Bukannya menjadi pendukung dalam tim yang solid, Miryam malahan telah memiliki sikap hati yang salah.

Semua ini mengandung suatu penggambaran rohani bahwa tidak ada orang yang dapat lolos , secara sempurna melakukan hukum Taurat Tuhan, kita dapat diselamatkan murni karena anugrah Tuhan.

Lewat pengorbanan Kristus yang mengangkat kita jadi anak-anak-Nya lewat karya salib, maka pada saat itulah bersama dengan Dia kita dapat menduduki Kanaan / tanah air surgawi.

Di sinilah Yosua yang akan memimpin generasi Buki dan Uzi untuk menduduki tanah Kanaan. Yosua bin Nun adalah perlambang / bayangan dari Yesus Kristus sendiri.

Di sinilah saya berani menafsirkan bahwa dalam 5 kali kesempatan Musa berdoa dan Berpuasa, Yosua selalu ikut berpuasa, karena pada puasa Musa yang terakhir sebelum menyerang Sihon dan Og juga adalah berdoa agar bangsa Israel tidak punah.  Walaupun secara terang-terangan Alkitab tidak mencatat hal tersebut.

Sadarilah bahwa sikap  hati Musa yang salah, sedikit banyak akan berpengaruh pada sikap hati orang-orang yang dipimpinnya.

 

*data tersebut di atas diambil dari GENERASI YOSUA ditulis oleh Grace Sumilat http://www.jeniuscaraalkitab.com

BILANGAN 14: 11,22,27

Kesimpulan; Bersungut-sungut ternyata bukan hal sepele, terbukti yang bersungut-sungut dan menista Tuhan, padahal telah melihat mujizat Tuhan, dan telah melakukan lebih dari 10 kali, tidak dapat masuk ke tanah Kanaan, tanah perjanjian.

Sedangkan yang lolos dari dosa persungutan dan penistaan kepada Tuhan/ dosa pemberontakan pada Tuhan, adalah Yosua dan Kaleb, yang memiliki jiwa yang lain/ yaitu jiwa yang mau bersyukur.

Yosua dan Kaleb terbukti tidak pernah bersungut –sungut LEBIH DARI 10 kali.

Ternyata nubuatan Tuhan atas Yosua dan Kaleb terbukti, saat ada pencatatan bangsa Israel ke dua kalinya, hanya Yosua dan Kaleb yang bertahan, dari jutaan nama yang tertulis pada pencatatan yang pertama, dalam selang waktu 38 tahun ( karena pencatatan pertama dicatat pada tahun ke 2 mereka keluar dari Mesir- Bilangan 1:1, Bilangan 26)

Kita akan latih anak-anak menjadi pribadi yang suka bersyukur dalam hidup mereka.

 

 

MATERI ANAK

Shalom adik-adik, bersyukur sekali gereja kita saat ini  telah berulang tahun di usia yang ke 25 tahun…

Wah sudah dewasa ya..bahkan ada yang di sini belum lahir saat 25 tahun yang lalu kan ya??

 

Mari kita lihat Video berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=OOpOhlGiRTM

Anak ini sangat senang mendapatkan hadiah yang dia inginkan dan impikan.

Ternyata tanpa sepengetahuan dia, selama ini orang tuanya mempelajari apa yang dia sukai, dan semuanya dipersiapkan sebagai kejutan di hari ulang tahunnya itu.

 

Nah, karena gereja kita berulang tahun hari ini, telah mengalami pemeliharaan dan pertolongan Tuhan sepanjang 25 tahun ini, kita mau berikan kado buat TUHAN.

Kado apa ya?

  • Ambil tulisan dari dalam kotak tulisannya ; BERSYUKUR KEPADA TUHAN

 

Oh Tuhan nggak ingin apa-apa dari hidup kita, Tuhan tidak minta balasan apa-apa buat 25 tahun pemeliharaanNya atas hidup kita, Tuhan Cuma ingin kita BERSYUKUR. Dan kalau kita jadi orang yang suka bersyukur, keuntungannya itu bukan buat Tuhan, tetapi keuntungannya adalah buat kebaikan kita sendiri.

 

Yok kita lihat VIDEO ini

https://www.youtube.com/watch?v=HarUPZQQAzg

Nah, tadi kita sudah lihat; ternyata; anak ini tidak bisa bersyukur atas makanan yang Tuhan berikan, padahal banyak orang yang kelaparan di luar sana.

Seperti bangsa Israel, mereka tidak dapat bersyukur atas manna yang Tuhan berikan, mereka bersungut-sungut kepada Tuhan, mereka meminta daging kepada Tuhan

Bilangan pasal 11. Lalu Tuhan kirimkan burung puyuh pada mereka, namun banyak orang yang mati karena nafsu rakus mereka.

BANGSA ISRAEL SUKA MENGOMEL

Tuhan Yesus senang kalau adik-adik selalu mengucap syukur dengan berkat yang Tuhan berikan. Jangan seperti bangsa Israel, selalu mengeluh, menggerutu, mengomel, tidak pernah puas dengan berkat yang Tuhan berikan.  Akhirnya orang Israel yang sering mengomel tidak boleh masuk ke tanah Kanaan. Bilangan 14: 22, ay 29-30,  Bilangan 26: 65.

  •  Bersungut-sungut/mengomel  karna masalah minuman di Mara
    Keluaran 15:24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: “Apakah yang akan kami minum?”
  •  Bersungut-sungut/mengomel  karena lapar di Padang gurun Sin
    Keluaran 16:2 Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun;
  •  Bersungut-sungut/mengomel karna haus di Masa dan Meriba
    Keluaran 17:3 Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: “Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?”
  •  Bersungut-sungut/mengomel karna nasib buruk yang mereka alami di Tabera
    Bilangan 11:1 Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.
  •  Bersungut-sungut/mengomel setelah mendengar laporan 10 pengintai
    Bilangan 14:2 Bersungut-sungutlah semua orang Israel kepada Musa dan Harun; dan segenap umat itu berkata kepada mereka: “Ah, sekiranya kami mati di tanah Mesir, atau di padang gurun ini!

Dalam 5 kali peristiwa ini, semua bangsa Israel yang sudah melihat mujijat Tuhan berkali-kali tetapi tetap bersungut sungut/mengomel lebih dari 10 kali tidak boleh masuk ke tanah Kanaan.

Tahukah kalian bahwa setiap perkataan kita dicatat oleh Malaikat Tuhan…..setiap kali mengeluh ada catatannya.

Matius 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Matius 12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.”

Saat teman-teman lain berkata “uuuuuuuuuuh apa apaan ini….kita tidak mungkin menang melawan raksasa-raksasa di Kanaan sana, lebih baik kita mati di sini saja!”
Saat itulah Kaleb dan Yoshua tetap bersyukur pada Tuhan “ ndak papa…kita ndak perlu kuatir ….aku yakin kog Tuhan itu pasti menolong kita, dan kita pasti menang melawan mereka?”
“Iya Leb…..kalau Tuhan aja sanggup membelah laut Merah sehingga kita bisa menyeberang di tanah yang kering…..apalagi cuma orang orang Kanaan itu ……keciiiiiiiiiiiiiil…..Tuhan itu pasti membuat kita menang….buat apa ngomel-ngomel…….?!”

Setelah malaikat Tuhan melihat catatan mereka, ternyata yang mengomel lebih dari sepuluh kali banyak sekali adik-adik………..hampir semua orang, hanya ada dua orang saja yang tidak suka mengomel, yaitu Yosua dan Kaleb, dua orang ini selalu mengucap syukur

Hanya Kaleb dan Yosua serta anak-anak kecil – sampai remaja pemuda yang lahir di padang gurun yang berusia 20 tahun ke bawah saja yang boleh masuk tanah kanaan.

Karna Kaleb dan Yosua selalu mengucap syukur dan tidak suka mengeluh.

PENERAPAN DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN

Nah adik-adik, bagaimana caranya mengucap syukur atas makanan dan minuman yang Tuhan berikan?
•    Berdoa mengucap syukur sebelum makan, karna setiap berkat itu asalnya dari Tuhan juga
•    Menghabiskan setiap makanan, jangan ada sisanya, kalau kamu tidak yakin, ambil sedikit dulu, nanti kalau kamu suka, boleh nambah kog.
•    Jangan cepat bosan dengan makanan kemarin yang belum habis
•    Tidak selalu harus makan di rumah makan/ di luar kota
•    Jangan mengomel dengan masakan mama, berterima kasihlah pada mama yang sudah memasak buat kita
•    Habiskan bekal yang dibawakan mama dari rumah.

Ayo senangkan hati Tuhan dengan mengucap syukur atas makanan yang Tuhan berikan kepada kita setiap hari.

 

BERSYUKUR kita bisa sekolah

BERSYUKUR kita bisa beribadah dengan bebas ( punya Alkitab, baca Alkitab, berdoa dan ke gereja, memuji Tuhan dengan bebas)

BERSYUKUR kita bisa bertumbuh ( karena Tuhan memelihara dan mengasihi kita )

 

AYAT MAS

KELAS KECIL (0-5 TAHUN)

II Tesalonika 5: 18  a
Mengucapsyukurlah dalam segala hal.

KELAS TENGAH DAN KELAS BESAR (6 TAHUN KE ATAS)

II Tesalonika 5: 18
Mengucapsyukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s