ATURAN MEWARNAI KWARTET DAN MEMAINKANNYA


PILIHAN KEMUNGKINAN MANAGEMENT WAKTU:

  • Kwartet dibuat oleh SISWA secara LOMBA MELUKIS KWARTET, LOMBA MEWARNA KWARTET, di gereja lokal, H – dua minggu, sehingga minggu depannya dapat dikumpulkan dan dinilai siapa pemenang lomba ini. Hasil lomba dibawa ke acara untuk langsung dimainkan di session ini.
  • Kwartet dibuat oleh siswa di acara SIL ini di sela-sela jam istirahat
  • Kwartet dibuat oleh siswa dengan cara dialokasikan waktu secara khusus untuk pembuatannya.

BERMAIN KWARTET BUATAN SENDIRI

  • Buatlah kuartet yang dirancang oleh kita, tetapi dibuat oleh anak-anak
  • Tiap anak membuat 5 kartu / 5 keping
  • Kartu sudah diberi Judul, dan nama tokoh
  • Satu paket kwartet terdiri dari 5 judul dan itu berarti terdapat 5X 4 sub judul = 20 kartu
  • Jika setiap anak membuat 5 keping kartu, maka setelah jadi, satu perangkat kwartet ini dapat dimainkan oleh 4 anak per kelompoknya.
  • Alternatif lain, kita membuat kartu keterangan kwartet, yang berisi informasi mengenai tiap tokoh kwartet, dimana keterangan ini tidak perlu di cetak di kartu kwartet, melainkan dicetak di KARTU KETERANGAN KWARTET
  • KARTU KETERANGAN KWARTET tersebut juga dibuat 5 lembar sesuai 5 judul pada draft
  • Jadi  kwartet ini hanya berisi nama-nama tokoh saja (perhatikan pada draft, hanya yang dicetak tebal saja),
  • Pemenang dari putaran pertama berhak membaca detail keterangan dari tiap tokoh, misalnya, pemenang putaran pertama Adi, maka Adi membaca lebih lengkap lembar keterangan dengan judul MUSA DAN KELUARGANYA. Main lagi, pada putaran kedua, pemenangnya berhak membaca lembar MUSA DAN ANAK ISTRINYA, dst.
  • Kwartet ini sudah mengandung isi tujuan dari session ini
  • Guru menjelaskan aturan main dalam permainan kwartet
    • Tiap kelompok terdiri dari 4 orang
    • Kartu diacak/ dikocok
    • Kartu dibagi secara urut duduk, tiap orang mendapat 4 kartu, sisa kartu ditaruh ditengah sebagai kartu ambil ( minuman)
    • Tugas setiap pemain adalah mengumpulkan satu seri/ satu paket dari judul yang sama, semakin banyak paket yang dikumpulkannya semakin besar kemungkinan untuk menang.
    • Tulisan bercetak merah adalah NAMA dari kartu itu. Tulisan merah itu jangan dibaca, karna itu adalah milikmu, jangan sampai temanmu tahu kalau kamu memiliki kartu itu, selalu baca tulisan bercetak hitam saja.
    • Setiap pemain boleh meminta kartu pada lawan, dengan membaca JUDUL dan  sub judul yang tidak dicetak merah (karna yang dicetak merah itu adalah nama kartu itu)
    • Kalau temanmu tidak memiliki kartu yang kamu minta, kini kamu boleh mengambil minuman.
    • Jika seorang pemain telah berhasil mendapat kartu dari temannya, dia berhak meminta lagi.
    • Pemain yang gagal mendapat kartu yang dimintanya, boleh mengambil kartu ambil ( minum),
    • Jika minuman habis, setiap kegagalan mendapat kartu dari teman, langsung ganti pemain, tidak bisa minum lagi
    • Sesudah lengkap satu seri (4 kartu) dengan judul yang sama, maka seri tersebut menjadi milikmu
    • Karna ada 5 seri, setelah selesai permainan maka akan terlihat dari 4 pemain tersebut siapa yang mendapatkan lebih dari satu paket, pastilah dia menang.
    • Siapa yang dapat seri terbanyak dia menang.

BERMAIN KWARTET

  • Setelah kwartet selesai dibuat, kini waktunya dimainkan bersama,
  • Permainan Kwartet 1 jam
  • Permainan kwartet langsung diadakan di ruang utama, secara duduk melingkar berkelompok, sehingga tidak perlu di lokasi yang jauh-jauh, sehingga tidak memakan waktu untuk panggil-memanggil
  • Setelah permainan selesai dalam batas waktu, kini tinggal disimpulkan oleh pembicara di kelas masing-masing (pembicara kelas kecil/besar), dalam waktu 30 menit

Tugas guru pendamping:

  • Mendampingi anak-anak membuat kwartet ataupun mewarnai, memancing imajinasi mereka, menjelaskan setting cerita yang sebenarnya, mengajak mereka melihat bagian Alkitab terkait, apabila mereka mengalami kebingungan. Ataupun untuk kelas kecil, guru boleh membawa contoh-contoh gambar terkait yang sudah ada, hanya untuk memancing ide kreatif mereka
  • Menyediakan semua alat gambar dan pewarnaan
  • Menunjuk juri hasil gambar kwartet untuk diumumkan pemenangnya pada session berikutnya
  • Hadiah untuk para pemenang perlu dipersiapkan
  • Membantu pengelompokan 4 anak per kelompok
  • Timer dengan peluit, dengan kode morse (start membuat kwartet, ending, start bermain kwartet, ending, start kesimpulan, ending)

– . – . – .    waktu kurang 5 menit

– (panjang) waktu habis

FORMAT PENILAIAN JURI LOMBA MEWARNA KWARTET DAPAT ANDA KLIK DI SINI

FORMAT PENILAIAN JURI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s