GAME PASKAH SERBA SALIB 10 POS


Waktu saya kecil dulu, paskah identik dengan telur, tetapi kini, setelah saya tahu LOGO paskah sebenarnya adalah SALIB, saya ditolong Tuhan untuk membuat 10 games dalam 10 pos yang semua games ini terinspirasi dari SALIB KRISTUS

Supaya tidak hanya sekedar main-main, kami menghadirkan ayat mas pada tiap pos, sehingga setiap anak membawa pulang baik Firman Tuhan maupun kesenangan, maupun pesan salib.

NAMA POS SIAP PRINT DAN LAMINATING DAPAT ANDA UNDUH DI SINI

NAMA POS

NAMA KELOMPOK DAPAT ANDA UNDUH DI SINI

NAMA NAMA KELOMPOK

SKALA PENILAIAN DAPAT ANDA UNDUH DI SINI

SKALA PENILAIAN

GAME POS  1

GAME 1

PENJAGA POS :  Pak Agus S

MENGGAMBAR SALIB DARI DAUN

WAKTU : 20 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  2 KARTON BESAR BERWARNA PUTIH, KAMERA HP, TIMER

Untuk 2 kelompok yang ada

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Tiap kelompok diberi waktu 5 menit untuk memetik daun-daun yang ada di sekitar lokasi
  • Tiap kelompok diberi waktu 5 menit untuk menyusun daun-daun itu membentuk formasi salib di atas karton besar warna putih.
  • Salib boleh diberi gambar sinar, boleh dihias apa saja tetapi tetap menggunakan daun.
  • Semua daun ini hanya di tata, tidak dilem sama sekali
  • Setelah waktu berakhir, selesai tidak selesai harus selesai, Penjaga Pos akan memfoto hasil karya, para peserta juga boleh memfoto
  • 5 menit terakhir peserta diminta memperkatakan ayat dengan gerakan, dipandu oleh Penjaga Pos, penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut, apa arti bilur, mengapa bilur Yesus menyembuhkan kita, dll
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Ayat yang dihafalkan bersama:

I PETRUS 2: 24B

Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh

Penilaian:

  • Hasil salib berupa daun ( lihat skala penilaian 3)
    • Perhatikan komposisi garis vertikal salib dengan garis horisontal salib
    • Perhatikan tingkat kelurusan
    • Perhatikan tingkat komposisi warna dan bentuk dari daun yang dipilih, keseragaman
    • Perhatikan hiasan/ ornament
    • Perhatikan permainan warna yang dipakai.
    • Pada penilaian salib ini, penjaga Pos wajib memfoto untuk memperbandingkan dengan hasil kelompok sebelum dan sesudahnya.
    • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
    • Kekompakan kerja kelompok ( lihat skala  penilaian 3), Penjaga pos akan melihat sejauh mana orang tua murid dan murid bekerja sama – apakah orang tua sangat mendominasi, ataukah memberi keleluasaan anak untuk terlibat- semakin melibatkan anak, nilai semakin tinggi
    • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
    • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 20 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  2

GAME 2

PENJAGA POS :  KAK INTAN

MENYUSUN AYAT BERUPA GAMBAR

WAKTU : 20 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  GAMBAR-GAMBAR YANG DIPERLUKAN, DAN AYAT YANG DIPERLUKAN, TIMER

Cukup satu paket gambar saja karna bisa dipakai dua kali untuk kelompok berikutnya

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Guru menyajikan ayat yang dimaksudkan
  • Guru meminta anak-anak untuk mengurutkan gambar sesuai ayat tersebut
  • Orang tua murid dan pembina tidak boleh ikut mengurutkan gambar, hanya boleh memberi KOMANDO DARI JAUH, dan tidak boleh menunjuk-nunjuk gambar, hanya boleh menyebutkan isi gambar.
  • Tiap kelompok diberi waktu bebas untuk mengurutkan gambar dari ayat tersebut, semakin cepat semakian tinggi nilainya
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan ditolong oleh gambar yang ada , dipandu oleh Penjaga Pos, penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

GAMBAR DAPAT ANDA UNDUH DI SINI

POS 2 AYAT BERGAMBAR

MENYUSUN AYAT BERUPA GAMBAR

LUKAS

14

:

27

BARANGSIAPA

TIDAK

MEMIKUL SALIBNYA

DAN

MENGIKUT

AKU,

IA

TIDAK DAPAT

MENJADI MURID-KU

 

Ayat yang dihafalkan bersama:

LUKAS 14; 27

BARANGSIAPA TIDAK MEMIKUL SALIBNYA DAN MENGIKUT AKU, IA TIDAK DAPAT MENJADI MURID-KU

 

Penilaian:

  • Penyusunan gambar sesuai ayat, semakin cepat semakin tinggi nilainya ( lihat skala penilaian 6)
  • Ketepatan penyusunan gambar ( lihat skala penilaian 2)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Kekompakan kerja kelompok ( lihat skala  penilaian 3), Penjaga pos akan melihat sejauh mana orang tua murid dan murid bekerja sama – apakah orang tua dapat memberi instruksi yang dimengerti oleh anak atau tidak, semakin ada saling pengertian, nilai semakin tinggi
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 20 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  3

GAME 3

PENJAGA POS :  IBU FITRI

MEMBUAT GAMBAR SALIB DARI TALI MERAH SEBANYAK MUNGKIN

WAKTU : 20 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  TALI MERAH YANG SUDAH DIPOTONG-POTONG SEBANYAK MUNGKIN, TIMER

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menyajikan tali dan menjelaskan aturan main
  • Guru mencontohkan membuat salib yang lurus dengan panduan garis nat keramik
  • Pada hitungan tiga dimulai, waktu dihitung selama 5 menit, jumlah salib yang jadi akan dihitung
  • Orang tua murid dan pembina tidak boleh ikut membuat salib ini , hanya boleh memberi KOMANDO DARI JAUH,
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan GERAKAN dipandu oleh Penjaga Pos
  • Penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Ayat yang dihafalkan bersama:

Matius 8: 17

Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita

Penilaian:

  • Penyusunan sebanyak mungkin salib dalam waktu 5 menit, (lihat skala penilaian 7)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Kekompakan kerja kelompok ( lihat skala  penilaian 3), Penjaga pos akan melihat sejauh mana orang tua murid dan murid bekerja sama – apakah orang tua dapat memberi instruksi yang dimengerti oleh anak atau tidak, semakin ada saling pengertian, nilai semakin tinggi
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 20 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  4

GAME 4

PENJAGA POS :  IBU INTAN

MENYUSUN AYAT TENTANG SALIB

WAKTU : 20 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  AYAT YANG AKAN DISUSUN DI DALAM SEBUAH AMPLOP, AMPLOP COKLAT BESAR, TIMER.

Satu paket ayat saja sudah cukup , karna nanti dapat dipakai kelompok lainnya

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Guru menyediakan ayat yang sudah digunting per kata dan sudah dimasukkan dalam amplop
  • Pada hitungan tiga dimulai, waktu dihitung per kelompok, berapa lama mereka dapat menyelesaikan ayat tersebut
  • Orang tua murid dan pembina tidak boleh ikut menyusun kalimat ayat ini, hanya boleh memberi KOMANDO DARI JAUH,
  • Orang tua boleh melihat Alkitab, tetapi anak-anak tidak boleh melihat Alkitab
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan GERAKAN dipandu oleh Penjaga Pos
  • Penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Ayat yang disusun :

Siap gunting dan masukkan dalam amplop coklat besar

Yesaya 53: 4

Tetapi

Sesungguhnya

,

penyakit

kitalah

yang ditanggungnya

,

Dan

kesengsaraan kita

yang dipikulnya

,

padahal

kita

mengira

dia

kena

tulah

,

dipukul

dan

ditindas

Allah

.

Ayat yang dihafalkan bersama:

Yesaya 53: 4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Penilaian:

  • Perhitungan kecepatan waktu dalam menyusun ayat, (lihat skala penilaian 1)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Kekompakan kerja kelompok ( lihat skala  penilaian 3), Penjaga pos akan melihat sejauh mana orang tua murid dan murid bekerja sama – apakah orang tua dapat memberi instruksi yang dimengerti oleh anak atau tidak, semakin ada saling pengertian, nilai semakin tinggi
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 20 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  5

GAME 5

PENJAGA POS :  KAK DIDIT DIBANTU IBU DASIH

PESAN SALIB DENGAN SENTUHAN BERANTAI

WAKTU : 20 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  KUNCI JAWABAN YANG AKAN DISENTUHKAN , KERTAS UNTUK MENULIS DAN BALLPOINT/SEPIDOL, SEJUMLAH 2 PASANG UNTUK 2 KELOMPOK, TIMER

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main dan membariskan anak-anak, serta memastikan yang di ujung sana telah mendapat alat tulis untuk menuliskan jawaban
  • Orang tua murid dan pembina semua boleh ikut, diseling seling anak dan orang tua, anak dan orang tua, pembina boleh ikut , yang paling depan harus anak.
  • Jika ada terdengar suara, nilai gugur, semua harus tenang dan tidak ada suara sama sekali, murni sentuhan.
  • Pada hitungan tiga dimulai,  guru mulai menyentuhkan pada punggung pertama, huruf pertama
  • Semua sentuhan menggunakan HURUF BESAR/ KAPITAL
  • JIKA DIPUKUL SATU DENGAN KEPALAN TANGAN KALI ARTINYA SPASI.
  • Guru langsung menyentuhkan pada punggung pertama, huruf selanjutnya ( tidak menunggu huruf pertama tadi sampai di depan)
  • Guru 2 membantu menghitung waktu dan ketepatan jawaban di depan, huruf per huruf
  • Setelah selesai huruf terakhir ditulis , waktu langsung dihitung, untuk mengetahui berapa lama semua pesan huruf sampai di depan
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan GERAKAN dipandu oleh Penjaga Pos
  • Penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Ayat yang disentuhkan

Y

E

S

U

S

SPASI

T

A

A

T

SPASI

 

S

A

M

P

A

I

SPASI

 

M

A

T

I

SPASI

 

B

A

H

K

A

N

SPASI

 

S

A

M

P

A

I

SPASI

 

M

A

T

I

SPASI

 

D

I

SPASI

 

K

A

Y

U

SPASI

 

 S

A

L

I

B

 

 

 

 

Ayat yang dihafalkan bersama:

Filipi 2; 8

Yesus taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib

Penilaian:

  • Perhitungan kecepatan waktu dalam menuliskan hasil goresan ayat, (lihat skala penilaian 1)
  • Ketepatan waktu tiap huruf dan tiap spasi (lihat skala penilaian 2)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Melanggar aturan, dengan mengeluarkan suara GUGUR,dan mendapat nilai NOL
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 20 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  6

GAME 6

PENJAGA POS :  KAK FION

MEMBUAT THEMA KASIH YESUS DALAM KELUARGAKU DARI ROTI

WAKTU : 20 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  ROTI TAWAR, COKLAT BULAT, BISKUIT BENTUK STEAK, MEISES, MENTEGA, DLL dipersiapkan untuk 2 kelompok saja, Guru menyediakan baki saji, TIMER, KAMERA HP

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Tiap kelompok akan mendapat satu paket roti dll, dan harus menghabiskan semua bahan yang ada
  • Memotong bahan dll diperbolehkan, tetapi tidak boleh dengan pisau, dll , harus manual
  • Salah satu peserta ( anak ) harus mempresentasikan arti dari yang dibuat tadi, apa kaitannya dengan thema
  • Guru pos membuat foto hasil karya mereka, roti tidak boleh dimakan seusai lomba di pos ini, kecuali sudah dipamerkan pada akhir acara.
  • Presentasi akan dinilai: kelancaran berbicara, isi yang disampaikan
  • Orang Tua dan Pembimbing boleh mengarahkan dengan memberi instruksi tetapi tidak boleh memegang roti dll.
  • Waktunya Full 20 menit

Penilaian:

  • Pemanfaatan bahan yang ada sampai habis (lihat skala penilaian 3)
  • Presentasi kelancaran berbicara, tanpa memperdulikan isi pembicaraan (lihat skala penilaian 3)
  • Isi presentasi, apakah terkait erat hasil roti dengan thema yang diminta (lihat skala penilaian 3)
  • Kerja sama anak dengan  wali murid/ guru pendamping, apakah komunikasi orang tua dan pembimbing dapat dicerna dengan baik oleh anak ( lihat skala penilaian 3)
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 20 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

NB; KARNA WAKTU YANG TERSEDIA HANYA 20 MENIT SAJA, MAKA DI POS INI TIDAK ADA AYAT MAS

NB; THEMA DARI POS INI SAYA SESUAIKAN THEMA ACARA DARI PANITIA, TETAPI ANDA TETAP DAPAT MENGGUNAKAN THEMA SALIB JIKA ANDA MENGINGINKAN HAL TERSEBUT.

GAME POS  7

GAME 7

PENJAGA POS :  BPK WINARNO

MORSE SALIB

WAKTU : 15 MENIT

MORSE DAPAT ANDA UNDUH DI SINI

MORSE

Penjaga Pos mempersiapkan  PELUIT atau SENTER dan kamus Morce, Penjaga Pos mempersiapkan alat tulis ( kertas dan ballpoint), TIMER

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Tiap kelompok akan mendapat satu kamus Morse
  • Guru menjelaskan suara panjang dan pendek dalam kaitan dengan morse
  • Orang tua atau guru pendamping boleh membantu menulis jawaban, tetapi tidak boleh melihat kamus morce
  • Setelah kelompok siap dengan alat tulis
  • Guru mulai menyalakan morse ( pakai senter ) atau membunyikan morse ( pakai peluit)
  • Makin sedikit coretan, nilai makin tinggi
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan GERAKAN dipandu oleh Penjaga Pos
  • Penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Untuk Morse

YOHANES 19: 30

berkatalah Ia: Sudah selesai  

 

Untuk Memperkatakan Ayat

YOHANES 19: 30

berkatalah Ia: Sudah selesai  

 

Penilaian:

  • Ketepatan jawaban  (lihat skala penilaian 2)
  • Tingkat coretan ( lihat skala penilaian 2)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 15 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  8

GAME 8

PENJAGA POS :  PAK HARIANTO

MEMBUAT FORMASI SALIB MENGGUNAKAN TUBUH : JARI , TANGAN, KAKI, DLL

WAKTU : 15 MENIT

Penjaga Pos tidak perlu menyediakan apa apa, kecuali TIMER DAN KAMERA HP

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Tiap kelompok akan dihitung waktunya dalam waktu 5 menit, berhasil membuat berapa kali tanda salib ( boleh sebanyak banyaknya)yang menggunakan anggota tubuh, misalnya kepalan tangan, rentangan badan, jari jemari, kuku, kaki, dll
  • Dalam satu kali membuat tanda salib, harus terlibat semua guru pendamping, anak dan orang tua, jika waktu masih ada boleh membuat lagi, sampai waktu habis
  • Setiap tanda salib harus difoto oleh Penjaga Pos sebelum melaju ke bentuk berikutnya
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan GERAKAN dipandu oleh Penjaga Pos
  • Penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Untuk Memperkatakan Ayat

Matius 26; 27-28

Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yangditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Penilaian:

  • Kreatifitas kongfigurasi  (lihat skala penilaian 3)
  • Jumlah konfigurasi yang dihasilkan dalam waktu 10 menit ( LIHAT skala penilaian 7)
  • Kerja sama yang baik antara orang tua dan anak dan guru pendamping ( lihat skala penilaian 3)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 15 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  9

GAME 9

PENJAGA POS IBU TUTUT

MEMBUAT RANGKAIAN PESAN RAHASIA SALIB

WAKTU : 15 MENIT

Penjaga Pos mempersiapkan  4 RANGKAIAN PESAN RAHASIA SALIB, TIMER, KAMERA HP

Untuk 4 kelompok yang ada.

  1. Buat rangkap 4 GALATIA 5; 24
  2. Buat rangkap 4 BARANGSIAPA
  3. Buat rangkap 4 MENJADI
  4. Buat rangkap 4 MILIK
  5. Buat rangkap 4 KRISTUS
  6. Buat rangkap 4 YESUS
  7. Buat rangkap 4 TANDA KOMA (,)
  8. Buat rangkap 4 IA
  9. Buat rangkap 4 TELAH
  10. Buat rangkap 4 MENYALIBKAN
  11. Buat rangkap 4 DAGING
  12. Buat rangkap 4 DENGAN
  13. Buat rangkap 4 SEGALA
  14. Buat rangkap 4 HAWA
  15. Buat rangkap 4 NAFSU
  16. Buat rangkap 4 DAN
  17. Buat rangkap 4 KEINGINANNYA
  18. Buat rangkap 4 TANDA TITIK (.)

Caranya:

  • Menggores kertas dengan cryon putih sehingga tulisan tidak terlihat
  • Satu kertas ukuran HVS Folio, untuk satu kata atau satu tanda baca
  • Tulisan dibuat huruf kapital semua
  • Guru menyediakan kuas
  • Guru menyediakan cat air beserta template
  • Nanti anak-anak diminta menyalut  tulisan putih itu dengan cat air sehingga terlihat tulisan itu

Hari H

  • Saat anak-anak datang ke pos, menyebutkan yel yel kelompok
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Setelah itu minta mereka menyalut tiap kertas dengan cat air dan kuas
  • Guru jangan lupa membuat foto foto dokumentasi
  • Minta mereka mengurutkan tiap kertas yang tadinya sengaja di acak  agar terlihat sama dengan ayat Alkitab
  • Boleh melihat Alkitab
  • Guru menjelaskan arti ayat
  • Pada sisa waktu minta mereka menghafalkan ayat ini dengan gerakan, boleh melihat ayat yang dijajar di lantai
  • Setelah hafal, boleh balik kanan agar tidak dapat melihat ayat, dan silahkan menyebutkan ayat lagi

Penilaian:

  • Waktu untuk mengerjakan (Lihat skala penilaian 1)
  • Waktu untuk mengurutkan (lihat skala penilaian 1)
  • Ketepatan mengurutkan (lihat skala penilaian 2)
  • Hafal atau tidak ayatnya. (lihat skala penilaian 3)
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 15 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

GAME POS  10

GAME 10

PENJAGA POS :  IBU GRACE

MENGGAMBAR SALIB DARI NAT KERAMIK

WAKTU : 15 MENIT

Penjaga Pos menyediakan cryon dan kertas, serta mencari area nat keramik, TIMER, KAMERA HP

KHUSUS UNTUK AKTIVITAS POS INI DAPAT ANDA PELAJARI LEBIH MENDALAM DENGAN MEMBUKA TAUTAN BERIKUT INI

MENGGAMBAR SALIB DARI NAT KERAMIK

Aturan main:

  • Saat kelompok tiba diminta mengucapkan yel yel.
  • Guru menjelaskan aturan main
  • Tiap kelompok akan dihitung waktunya dalam waktu 5 menit, berhasil membuat berapa kali tanda salib dengan nat keramik lengkap dengan hiasannya ( boleh sebanyak banyaknya)
  • Tiap Gambar salib harus mengandung judul yang unik
  • Dalam membuat gambar salib ini orang tua boleh membantu memberi arahan saja , tetapi tidak boleh ikut menggambar
  • Setelah 5 menit berlalu, waktunya presentasi, dimana anak-anak menjelaskan arti dari setiap gambar
  • Penjaga pos memfoto hasil karya anak-anak
  • Sisa waktu yang ada peserta diminta memperkatakan ayat dengan GERAKAN dipandu oleh Penjaga Pos
  • Penjaga pos perlu menjelaskan dulu pada anak-anak apa arti ayat tersebut.
  • Jika ada yang berani maju dan betul mendapat point lebih untuk kelompok ini ( boleh lebih dari satu orang anak / nilai anak lebih tinggi  5 kali lipat dari pada orang dewasa)

Ayat yang diperkatakan :

Yohanes 14: 6 kata Yesus kepadanya; “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”

Penilaian:

  • Kreatifitas gambar   (lihat skala penilaian 3)
  • Jumlah gambar yang dihasilkan dalam waktu 5 menit ( LIHAT skala penilaian 7)
  • Kerja sama yang baik antara orang tua dan anak dan guru pendamping ( lihat skala penilaian 3)
  • Tambahan nilai yang berani maju mengucapkan ayat mas  (lihat skala penilaian 4 untuk anak, dan skala penilaian 5 untuk orang tua), baik anak maupun orang tua boleh maju, tetapi point untuk anak lebih tinggi lima kali lipat.
  • Guru langsung mengisikan TOTAL NILAI PADA KARTU NILAI YANG DIBAWA PESERTA
  • Setelah itu kartu nilai kembalikan pada peserta untuk diisi pada pos berikutnya

Rentang Nilai:

  • Satuan
  • 10-100, boleh 51, 53, dst

Waktu yang disediakan :

  • 15 menit total dari mulai datang sampai sirine berbunyi
  • Selesai tidak selesai, harus meninggalkan arena untuk ke arena berikutnya.
  • Beri petunjuk pada mereka, selanjutnya akan menuju pos mana.

Ini adalah Foto-foto pelaksanaan beberapa materi Lomba Salib ini di gereja Bethany Kendari.

Foto-foto pelaksanaan ini dikirimkan oleh salah satu Team Pembicara JCA, ibu Neno Laembo Soumokil. Terima kasih pada ibu Neno telah mengirimkan foto -foto ini dan telah mengijinkan foto-foto ini bisa jadi berkat buat pelayanan anak di Indonesia.

PENGEMBANGAN MATERI GAME POS 3

PESTA SALIB DI GEREJA BETHANY KENDARI APRIL 2015
PESTA SALIB DI GEREJA BETHANY KENDARI APRIL 2015
PESTA SALIB DI GEREJA BETHANY KENDARI APRIL 2015
LOMBA SEDERHANA YANG TIDAK TERLUPAKAN DI INGATAN ANAK-ANAK BAHWA SALIB ADALAH LOGO UTAMA JUMAT AGUNG DAN PASKAH YANG MENJADI INTISARI DARIPADA KEKRISTENAN.
SAYA SANGAT DIBERKATI DENGAN PENGEMBANGAN MATERI INI . LUAR BIASA ! HALELUYA !!
MUNGKIN BAGI KITA ORANG DEWASA TALI TALI BERBENTUK SALIB SEPERTI INI TIDAK TERLALU ISTIMEWA, NAMUN UNTUK ANAK-ANAK MENANGKAP PESAN SALIB ADALAH SEBUAH KESEMPATAN ISTIMEWA UNTUK MEREKA BISA MENGGORESKAN TANDA SALIB ITU MENJADI SUATU HAL YANG TAK TERLUPAKAN SEUMUR HIDUP MEREKA SAMPAI MEREKA DEWASA NANTI.
SALIB ADALAH INTISARI DARIPADA SEMUA ISI PERJANJIAN LAMA DAN BARU
SUASANA PASKAH OUTDOOR SEKOLAH MINGGU GEREJA BETHANY KENDARI APRIL 2015

GAME POS 1

BUDAYAKAN SALIB SEBAGAI LOGO UTAMA JUMAT AGUNG DAN PASKAH
METODE LOGO, METODE ALAM, METODE PEMBATASAN WAKTU, METODE ART, METODE KERJA TEAM, METODE DINAMIKA KELOMPOK, METODE LOMBA, METODE WARNA, METODE JURI, METODE HADIAH.
TERIMA KASIH KARENA TELAH MENJADI INSPIRASI BAGI ANAK-ANAK INDONESIA
SALIB KRISTUS. KARYA ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA BETHANY KENDARI. APRIL 2015
PUJI TUHAN, ANAK-ANAK BERPESTA SALIB KRISTUS. AYO BUDAYAKAN LOGO SALIB DALAM MULTI GAMES SALIB.
INI YANG PALING SAYA SUKA….KEREN !

PENGEMBANGAN MATERI GAME POS 5 ( dalam pos 5 aturan main sebenarnya tiap huruf disentuhkan pada punggung teman, tapi pada game ini, ayatnya menggunakan ayat pada pos 5, namun cara bermainnya beda, karena ayat bukan disentuhkan huruf per huruf, melainkan disusun/dirangkai, waktu tercepat, dia menang.

MENYUSUN AYAT YANG TELAH DIPERKATAKAN BERSAMA, WAKTU TERCEPAT MEREKALAH KELOMPOK PEMENANGNYA !

 

Thanks to the Lord ! Almighty God !

 

16 pemikiran pada “GAME PASKAH SERBA SALIB 10 POS

  1. Itha

    Puji Tuhan, sdh kami laksanakan di camping paskah Persekutuan Anak & Remaja di Papua. Kami sangat terberkati dgn ide2 ibu. Tuhan Yesus memberkati ibu sll

Tinggalkan komentar