QUIZ KECERDASAN EMOSI ALKITAB.

Jangankan anak-anak, orang dewasa saja dibuat pusing dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengaduk-aduk emosi peserta quiz ini….Selamat mencoba !!


QUIZ KECERDASAN EMOSI ALKITAB

BABAK MUDAH

  1. Siapakah yang sangat mengasihi guru dan Tuhannya sampai-sampai ia tidak menyayangkan sebotol minyak wangi yang berharga sangat mahal untuk dicurahkannya di kaki gurunya itu?
  2. siapakah yang bertahun-tahun memendam rasa takut  bertemu dengan kakaknya,karna ia sadar telah berbuat salah kepada kakaknya?
  3. siapakah yang berbesar hati menyediakan bahan-bahan yang diperlukan bagi sebuah pembangunan gedung rumah Tuhan yang diimpikannya sendiri, dan menyerahkan bahan-bahan itu kepada anaknya?
  4. siapakah yang terkagum-kagum pada Allahnya orang Israel sampai-sampai ia berani menyembunyikan buronan raja di dalam rumahnya?
  5. siapakah yang jatuh cinta pada seorang budak belian yang sangat ganteng, sampai lupa bahwa ia telah bersuami?
  6. Siapakah yang dengan sukacita memberikan bekal yang diberikan oleh ibunya, kepada seorang Pengkotbah, dan ternyata bekalnya itu justru bisa dimakan orang banyak dan malah ada sisanya banyak sekali?
  7. Siapakah yang mengalami pergumulan yang sangat berat, sampai-sampai pembuluh darahnya pun pecah saat ia sedang berdoa?

  1. Siapakah yang sangat gembira karna ada orang yang mau duduk makan bersamanya, bahkan mau mampir ke rumahnya, walaupun semua orang di kotanya tak ada satu pun yang mau bersahabat dengannya?
  2. Siapakah yang sangat mengasihi sahabatnya, sampai-sampai ia rela kalau jabatan yang seharusnya menjadi hak-nya kelak dijabat oleh sahabatnya itu?
  3. Siapakah yang tidak tahan terhadap rayuan kekasihnya…sampai-sampai rahasia hidupnya pun terbongkar, walaupun ia tahu kekasihnya itu seorang mata-mata musuh?
  4. Siapakah yang membatalkan niatnya untuk memutuskan hubungan dengan pacarnya yang ternyata telah hamil sebelum menikah, demi karna ia mau taat pada kehendak Tuhan?
  5. Siapakah yang sangat melindungi adiknya dan punyai ide kreatif untuk mengembalikan adik bayinya ke pangkuan ibu mereka?

BABAK SEDANG

  1. Siapakah yang tak kuasa menahan rasa sendirian, walaupun ia baru saja mengalami mujizat yang luar biasa, sehingga yang di pikirannya Cuma satu ide : ingin mati saja…?
  2. Siapakah yang sangat sedih terhadap kematian ayah mertuanya, walaupun selama ini ayah mertuanya itu sudah memperlakukan dia dengan kejam, ingin membunuh dia dengan berbagai cara?
  3. Siapakah yang menangis tak tertahankan saat ia mengatakan siapa dirinya sebenarnya pada kakak-kakak yang selama ini telah berbuat jahat terhadapnya?
  4. Siapakah yang mencegah seorang asing membunuh suaminya, tetapi setelah suaminya mati, ia mau dinikahi tamu asing itu?
  5. Siapakah yang minder karna merasa dirinya tidak pandai berbicara?
  6. Siapakah yang minder dan bersembunyi di balik barang-barang saat namanya disebut sebagai raja yang terpilih oleh Tuhan?
  7. Siapakah yang minder karna ia anak bungsu, dan hidup penuh ketakutan terhadap musuh  sampai-sampai mengirik gandum di tempat pemerasan anggur, tetapi Tuhan menghibur dia dan mengatakan bahwa dia seorang pahlawan yang gagah berani?
  8. siapakah yang minder karna ia masih muda , sampai-sampai ayah  rohaninyapun menasehati dia ?
  9. siapakah yang merasa takut memimpin rakyat yang besar, karna dibayang-bayangi oleh kehebatan dari pemimpin yang sebelumnya?

BABAK KESULITAN TINGKAT TINGGI

  1. Siapakah yang tetap tegar, walaupun ia lahir di sebuah keluarga yang mana ayahnya pernah membunuh suami pertama ibunya, kakak kandungnya mati saat masih bayi, kakak laki-laki tirinya pernah berbuat yang tidak senonoh terhadap saudara perempuan tiri nya, kakak tirinya pernah memberontak terhadap ayahnya.?
  2. Siapakah yang sangat sedih karna ia baru saja kehilangan figure seorang guru yang sudah dianggap ayahnya sendiri, sampai-sampai rasa sedihnya itu menyebabkan ia tidak menyadari bahwa ia sudah mendapatkan impartasi dari sang guru?
  3. Siapakah yang tidak takut sedikitpun saat melihat musuh bertubuh raksasa, dan gara-gara keberaniannya itu ia terancam dilontari dengan batu oleh orang-orang sebangsanya?
  4. Siapakah yang awalnya menjadi penasehat raja, akhirnya menjadi penghianat raja, karna ia menyimpan dendam karna raja telah menghancurkan melakukan pembunuhan berencana terhadap suami dari cucunya?
  5. Siapakah yang mengajak sahabat-sahabatnya menyanyikan nyanyian pujian, sebelum ia mengalami masa-masa yang paling berat dalam hidupnya?
  6. Siapakah yang sangat sedih ketika mendengar keadaan bangsa dan negaranya, sampai-sampai kesedihannya itu terbaca oleh atasannya pada saat ia bekerja?
  7. Siapakah yang lolos audisi dari ribuan orang yang mendaftar untuk mendapatkan hadiah, karna terbukti tidak pernah mengeluh sebanyak sepuluh kali dalam sepanjang perjalanan ?
  8. Siapakah yang menganggap dirinya sebagai anjing mati, karna ia dibesarkan di keluarga kerajaan, di mana sang kakek yang adalah raja, mati dalam sebuah pertempuran, dan sebagai anak kecil yang dilarikan oleh pengasuh, ia terjatuh dan kakinya pun cacat, dan kini pun ia tinggal di sebuah tempat yang sepi, setelah kedudukan raja jatuh ke tangan orang lain yang bukan keluarganya ?
  9. siapakah yang kaget, karna ternyata Tuhan tidak mengenal mereka, walaupun mereka merasa sangat mengenal Tuhan?

Kunci Jawaban

  1. Maria
  2. Yakub
  3. Daud
  4. Rahab
  5. Istri Potifar
  6. Seorang anak
  7. Yesus berdoa di taman Getsemani
  8. Zakeus
  9. Yonatan
  10. Simson
  11. Yusuf
  12. Miriam
  1. Elia
  2. Daud
  3. Yusuf
  4. Abigail
  5. Musa
  6. Saul
  7. Gideon
  8. Timotius
  9. Yoshua
  1. Salomo
  2. Elisa
  3. Yosua dan Kaleb
  4. Ahitofel  ( II Sam 23:34, II Sam 11: 3)
  5. Yesus
  6. Nehemia
  7. Kaleb  (bil 14:22-24)
  8. Mefiboset
  9. Orang yang berseru Tuhan-Tuhan tetapi tidak melakukan kehendak Bapa.

 

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

2 thoughts on “QUIZ KECERDASAN EMOSI ALKITAB.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s