77. CERITA IMAJINASI ISTIMEWA DI HARI NATAL

Bosan dengan cerita natal yang itu-itu saja? Mengapa tidak kita kembangkan imajinasi anak-anak dengan imajinasi yang apik ? Selamat bercerita Natal !!


Natal GKJ Bayeman Sekolah Minggu

(jika anda menginginkan naskah drama ini dan juga tayang Youtube dari drama tersebut dapat anda klik di

NASKAH PENTAS SENI NATAL : KONSER NATAL YANG PERTAMA

 

 

Minggu, 19 Desember 2004

BERTUMBUH DALAM KASIH YESUS

Narator: cerita ini hanyalah imajinasi/ khayalan  belaka

Alkisah……

Pada hari natal ada segerombolan malaikat yang ingin menyampaikan berita natal, yaitu berita kelahiran Yesus, tapi malaikat-malaikat ini bukan malaikat biasa, malaikat-malaikat ini adalah malaikat-malaikat pemusik, ada yang pandai menyanyi, ada yang pandai memainkan biola, ada yang pandai memainkan Cello, ada yang keahliannya memainkan terompet, bahkan ada yang pandai bermain gitar. Mereka sudah berlatih di surga, ada satu yang jadi pemimpinnya/ conductornya.

Indah sekali lagu natal itu…..merdu dan sangat megah. Pada saat malaikat-malaikat ini berlatih,……tiba-tiba ada salah satu malaikat yang berkata:

Stop-stop!! Saya ini bingung, kita ini sibuk-sibuk latihan, emangnya nanti kita akan konser di depan siapa sih ?

Lho, kita akan memberitakan kelahiran Yesus kepada siapa saja…..

Tidak-tidak ! Kita tidak akan konser di depan siapa saja, tetapi kita hanya akan konser di depan orang-orang yang hatinya mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh…..

Hati yang mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh ?

Semua anggota orkestra itu memikirkan kata-kata itu…..hati yang mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh…..satu-persatu mereka mengangguk-angguk…..”ya setuju!!”

Semua malaikat itu berlatih lagi dengan semangat, mereka akan konser di depan hati yang bersungguh-sungguh mengasihi Tuhan.

Selesai mereka berlatih , pemimpin orkestra meminta salah satu malaikat untuk melihat-lihat ke bumi siapa yang kira-kira layak mendengar konser natal yang pertama ini.

Malaikat ini bernama  ‘Gaby”

Herodes adalah raja agung yang layak mendengar konser akbar ini, kata malaikat ‘Gaby’ . Gaby menengok ke dalam hati Raja Herodes, ternyata hatinya sangat jahat !

Malaikat tahu, bahwa kalau Herodes mendengar tentang kelahiran Yesus, ia akan menyuruh orang datang ke Betlehem menyelidikinya, ia pura-pura ingin menyembah Yesus tetapi sebenarnya ia ingin membunuh Yesus, pada akhirnya ia marah dan semua anak anak berumur dua tahun ke bawah di betlehem dibunuhnya.

Hati yang iri……hati yang berpura-pura baik padahal jahat…….hati yang marah…..hati yang kejam.

Ooooooh mungkin yang layak mendengar konser akbar ini para ahli taurat dan imam kepala, kata Gaby. Ia buru-buru menengok hati mereka…..

Waaaah-waaaah mereka ini orang yang rajin membaca Alkitab dan pandai…..mereka sudah tahu bahwa Yesus akan lahir di Betlehem, mereka sudah tahu

Tapi….hati mereka kog dingin…..’pengetahuan’ mereka tidak membuat mereka sukacita, penasaran, ingin menyembah, menyelidiki, dan lain sebagainya….hati mereka dingin. Mereka tahu tapi nggak mau tahu, mereka tahu tapi hati mereka pintunya ditutup rapat-rapat bagi kelahiran Yesus. Kenapa bisa begitu ya… karna mereka punya hati yang ‘sombong’. Orang yang sombong berkata ‘aku tidak perlu Yesus”

Aduhhh gimana ya…Raja Herodes hatinya jahat, ahli-ahli taurat dan imam-imam kepala hatinya sombong, …..saya harus kemana lagi nich…..(sambil garuk-garuk kepala)

Bagaimana kalau gembala….tapi….masak konser agung seperti ini untuk didengarkan gembala ya? Baju mereka kotor, badan mereka bau, rambutnya juga gembel….iiiih jorok !

Tapi….belum tentu hatinya jorok, coba kulihat dulu , kata Gaby

Heiiii hati mereka ternyata ‘mengasihi Yesus’. Yang pantas mendengarkan konser natal ini ialah para gembala, kata gaby.

Secepatnya Gaby berangkat ke Surga……melaporkan hasil surveinya pada anggota orkes yang lain.

“Lho kog gembala, kog gembala? Apa nggak ada yang lain ? “

“Pokoknya gembala yang hatinya mengasihi Yesus, lihat aja nanti, kalian akan membuktikannya sendiri”

Baik ! Kita berangkat sekarang !

Dalam perjalanan malaikat-malaikat itu turun , dari ketinggian surga mereka melihat gembala-gembala itu sedang bertengkar

“Ngggak bisa ! ini wilayahku ! Aku mau  mengajak domba-dombaku merumput di sini !”

“ Nggak bisa ! aku yang duluan datang ! Jadi aku yang berhak di sini…..”

ternyata hati gembala-gembala itu …..egois

Semua malaikat-malaikat yang lain protes pada Gaby……hati egois gitu dibilang mengasihi Yesus ! Gaby menjawab….tenang-tenang ! Lihatlah bahwa hati mereka akan berubah saat mendengar Yesus lahir.

Benar juga……mereka turun , gaby memberitakan kelahiran Yesus pada gembala-gembala itu, setelah itu konser dimulai, lagu yang sudah mereka latih mulai dilantunkan…….”Glooooooooria inexelsis Deo…Gloooooooria UIn Exelsis Deeeeeo…”

Gembala 2 itu ketakutan .   Mereka punya hati yang takut akan Tuhan

Gembala2 yang tadinya salaing bermusuhan karna egois, saaing berkata seorang kepada yang lain……Yooook kita pergi ke betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita…… hati mereka adalah hati yang percaya Firman Tuhan , hati yang mau berdamai….

Gembala-gembala itupun cepat-cepat pergi ke Betlehem…

Setelah melihat Yesus, mereka menceritakan peristiwa tadi……. Hati mereka adalah hati yang mau jadi saksi

Gembala2 itu kembali sambil memuji dan memuliakan Allah, mereka punya hati yang memuji.

Kamu memang hebat By, kata teman-teman malaikat yang lain. Ternyata gembala-gembala egois itu mau bertobat, mau menyembah Yesus dan mau percaya pada berita kita…..

Naaaah…benar kan…. Kata Malaikat Gabriel

Alat peraga:

Konser akbar malaikat

Gaby (satu malaikat)

Raja Herodes

Ahli2 Taurat dan Imam kepala

Gambar hati bertuliskan iri, pura-pura, marah, kejam, sombong, egois, mau berdamai, percaya RFirman Tuhan, bersaksi,memuji Tuhan

Dua buah sayap malaikat (untuk dipakai)

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

4 thoughts on “77. CERITA IMAJINASI ISTIMEWA DI HARI NATAL”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s