97. KASUT AJAIB


GAME MENGAWALI KELAS:

minta anak-anak menjiplak sepasang kaki masing-masing dengan sepidol

minta mereka menggunting tepinya ( jangan harap hasilnya bisa serapi mungkin, karena mereka masih anak-anak, biarkan hasilnya sesuai kemampuan mereka)

boleh dihias-hias, dll Beri nama pada bagian depan, pada jiplakan kaki kanan dan kiri.

Kini setelah semua selesai, jejerkan/bariskan semua jiplakan kaki pada garis lurus sehingga terlihat ketinggian yang berbeda dari ukuran kaki anak-anak yang berbeda pula, misal jiplakan Melody 35 cm, sedangkan Rita 37 cm, maka punya Rita lebih tinggi 2 cm. Urutkan sesuai tingginya dari yang terendah sampai yang tertinggi.

Jelaskan pada anak-anak ,ukuran kaki kita berkembang sesuai umur kita. Seperti jiplakan kaki Melody dan Rita berbeda karena Melody usianya 5 tahun, sedangkan Rita 7 tahun.

Setelah kita jelaskan, maka mintalah anak-anak mengambil pasangan sepatu MILIK TEMAN, bukan milik diri sendiri, dan ambil jiplakan kaki milik yang diduga sama dengan pemilik sepatu itu. Misalnya Rita mencari sepatu Melody dan menjodohkan dengan jiplakan kaki bernama Melody.

Pisahkan di suatu sudut yang sebelumnya memang sudut itu adalah sudut Rita. Rita terus mencari sebanyak mungkin,

Setelah itu kita akan cocokkan apakah benar jiplakan kaki bernama Melody itu, memang dipasangkan oleh Rita dengan sepatu milik Melody, jika benar, maka Rita mendapat nilai 100. Jika Rita mengumpulkan 3 pasang yang tepat , nilainya 300

Siapa yang nilainya tertinggi, dia menang !!

baru masuk ke cerita KASUT AJAIB !!

Bangsa Israel menjadi budak di Mesir selama 430 tahun

Keluaran 12:40

Tiba saatnya bangsa Israel keluar dari tanah Mesir.

Tuhan menuntun mereka keluar dari tanah Mesir, dan perjalanan mereka di padang gurun sampai di tanah perjanjian adalah dalam kurun waktu 40 tahun, Bil 14:34

Yang anehnya adalah, dalam perjalanan selama 40 tahun itu, orang yang usianya 38 tahun seperti Kaleb,maka dalam kurun waktu 40 tahun usianya menjadi 78 tahun. Kemungkinan ukuran kakinya tidak berubah ya, karena sudah bukan usia pertumbuhan, tetapi seperti misalnya anak-anak kecil berusia 3 tahun, maka dalam kurun waktu 40 tahun usianya akan menjadi 43 tahun. Tentunya kakinya akan berubah ukuran dari ukuran sepatu/kasut anak batita, menjadi ukuran anak-anak, remaja, sampai pemuda.

(darimana kita tahu Kaleb berusia 38 tahun saat keluar dari Mesir? Usia Kaleb saat jadi pengintai adalah 40 tahun, maka karena pengintaian terjadi di tahun ke dua, usia Kaleb saat itu 38 tahun, Yos 14:6,10,Ulangan 2:14)

Nah, di padang gurun tidak ada toko sepatu/toko kasut. Di mana mereka akan membelinya …?? Dan juga tidak mungkin mereka membawa kasut banyak-banyak ketika keluar dari Mesir, karena mereka keluar dari Mesir secara terburu-buru ( keluaran 12:33-34)

Bagaimana kalau Kasut di kaki mereka menjadi sempit ataupun talinya terputus….bukankah perjalanan mereka sangat jauh? Di mana mereka akan memesan sepatu/kasut yang baru..??

Karena ada kalanya mereka lama berdiam di suatu tempat, tetapi ada kalanya juga mereka tinggal hanya beberapa hari, bahkan pernah dari petang sampai pagi saja singgah di suatu tempat, setelah itu berangkat lagi, terkadang dua hari singgah, sebulan atau lebih lama, selebihnya mereka jalan kaki (Bilangan 9: 15-23)

Mujizat pemeliharaan Tuhan atas orang Israel selama di perjalanan sungguh ajaib, Kasut mereka tidak menjadi usang/jebol/berjendela/tidak perlu di jahit karena rusak ( padahal kasut itu kalau kelamaan dipakai bisa buruk-buruk/ditambal Yos 9:5) , dan talinya pun tidak pernah putus ( padahal tali kasut sebenarnya /biasanya bisa putus Yes 5:27), dan juga ukurannya ikut berkembang sesuai ukuran kaki mereka. Waaaauuuu ajaib…!! Selama 40 tahun tidak perlu beli sepatu baru !!

Ulangan 29:5 Empat puluh tahun lamanya Aku memimpin kamu berjalan melalui padang gurun; pakaianmu tidak menjadi rusak di tubuhmu, dan KASUT mu tidak menjadi rusak di kakimu.

Waaauuuuu !!

Ini adalah menunjukkan bahwa Tuhan sanggup membuat mujijat untuk menunjukkan kasih pemeliharaanNya pada umat-Nya.

Demikian juga dengan kita, apa pun yang jadi kebutuhan kita, sebaiknya kita berdoa pada Bapa di sorga, karena

( ayat mas kita)

I Petrus 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Misalnya , kita butuh sepatu, karena sepatu yang ada sudah sempit, kita butuh tas sekolah, karena yang lama sudah robek, kita butuh seragam karena yang lama sudah usang, dll. Kita perlu berdoa pada Papa kita di sorga, agar Tuhan memberkati kita bisa mendapatkan apa yang kita butuhkan, kita tahu bahwa Tuhan memelihara hidup kita. Karena kita adalah anak-anak-Nya.

Tambahkan kesaksian guru bagaimana anda sendiri mengalami mujizat pemeliharaan Tuhan.

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s