INCREDIBLE GENERATION- JOSHUA GENERATION MINGGU 15


MINGGU 15

INCREDIBLE GENERATION

IN= INTIMACY, CRE=CREATIVE, DI= DISCIPLINE, BLE=BLESSING.

JOSHUA GENERATION

MATERI KELAS TENGAH

THEMA; INTIMACY 14

 

TUJUAN:

Anak-anak IGJG mengenal bagaimana Yosua merayakan Paskah. Anak-anak belajar apa arti perjamuan kudus , saat kita mengenang tubuh dan darah Yesus.

 

BACAAN GURU:

YOSUA 5; 10-12

Paskah di 3 era ( tautan format exel)

 

PENDAHULUAN

Semua seremonial paskah, beserta hukum sunat bagi semua yang ikut makan paskah dengan hari raya roti tidak beragi ternyata semua menggambarkan bagaimana Kristus kelak akan menjadi anak domba paskah bagi kita semua.

Alkitab dipenuhi dengan bahasa simbol/ perumpamaan/penggambaran. Contoh, kalian kan menyayangi papa dan mama, maka kalau papa atau mama ulang tahun kalian memberikan kartu ulang tahun berbentuk gambar HATI/ HEART yang menggambarkan SAYANG.

INTI MATERI

Oleh karena itu kita harus mengerti beberapa simbol dalam perayaan Paskah sbb:

BUKA KERTAS ORIGAMI YANG WARNANYA SAMA, DAN TEMUKAN DI BALIKNYA ADA KETERANGAN TENTANG APA ARTI SIMBOL/PENGGAMBARAN PASKAH.

 

 

 

 

 

 

 

1.       PERSIAPAN PASKAH DILAKUKAN TANGGAL 10 BULAN ABIB , DAN BULAN ABIB DITETAPKAN SEBAGAI BULAN PERTAMA/ TAHUN BARU ( KELUARAN 11-13) 1.       YOSUA DAN ORANG ISRAEL SELESAI MENYEBERANG SUNGAI YORDAN PADA TANGGAL 10 BULAN ABIB DI TAHUN KE 41 DAN MENGINJAKKAN KAKI DI TANAH PERJANJIAN YAITU TANAH KANAAN

(YOSUA 4;19). ITU TERJADI DI TAHUN BARU.

 

HAL INI MENGGAMBARKAN:

ANGKA 10 ADALAH ANGKA KEGENAPAN. TUHAN MENGGENAPI JANJI-NYA UNTUK MEMBAWA UMAT-NYA MASUK DALAM TANAH PERJANJIAN KEKAL / SURGA, MELALUI PROSES KELAHIRAN BARU ( SAAT KITA MENERIMA KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURU SELAMAT)

2.       PADA PERSIAPAN PASKAH HARUS DIAMBIL SEEKOR ANAK DOMBA UNTUK SETIAP KELUARGA ( KELUARAN 11-13) 2.       ARTINYA SAAT TUHAN MENYELAMATKAN SESEORANG, TUHAN INGIN SEISI KELUARGA ORANG ITU JUGA DISELAMATKAN. ( CONTOH KEPALA PENJARA FILIPI)
3.       JIKA JUMLAH KELUARGA TERLALU SEDIKIT HARUS BERGABUNG KE RUMAH TETANGGA TERDEKAT. ( KELUARAN 11-13) 3.       ARTINYA TUHAN JUGA MENGINGINKAN KITA MEMILIKI KELUARGA ROHANI, TIDAK HANYA KELUARGA YANG TERDIRI DARI PAPA DAN MAMA, KAKAK DAN ADIK SAJA, TETAPI JUGA TEMAN-TEMAN DI GEREJA JUGA ADALAH KELUARGA DI DALAM KRISTUS TUHAN, KARENA SAMA-SAMA ANAK-ANAK TUHAN.
4.       DOMBA HARUS JANTAN. ( KELUARAN 11-13) 4.       MENGGAMBARKAN BAHWA KRISTUS ADALAH SEBAGAI ADAM KE DUA. DULU KAN ADAM JATUH DALAM DOSA, MAKA KRISTUS HARUS DATANG KE DUNIA  MENEBUS DOSA MANUSIA, SEBAGAI ADAM YANG KE DUA.  PADA PERAYAAN PASKAH, ANAK DOMBA YANG DISEMBELIH INI MENGGAMBARKAN KRISTUS YANG AKAN MATI DI KAYU SALIB BAGI KITA.
5.       DOMBA HARUS TIDAK BERCELA ( TIDAK BOLEH BUTA, PINCANG, DLL) (KELUARAN 11-13) 5.       ARTINYA MELAMBANGKAN KRISTUS ITU SEMPURNA, TIDAK BERBUAT DOSA, SEPERTI DOMBA YANG TIDAK BERCACAT, DOMBA YANG TIDAK BERCELA. JADI KRISTUS DISALIBKAN BUKAN KARENA DIA MELAKUKAN KEJAHATAN SEPERTI PENJAHAT YANG DISALIBKAN DI KANAN DAN DI KIRI-NYA, SELAMA DI DUNIA INI, YESUS KRISTUS TIDAK PERNAH BERBUAT DOSA, TETAPI  DIA DISALIBKAN KARENA KRISTUS MAU DISALIBKAN UNTUK MENANGGUNG DOSA KITA.
6.       BOLEH JUGA KAMBING ( KELUARAN 11-13) 6.       UNTUK MENGGAMBARKAN BAHWA KRISTUS MATI SELAIN UNTUK KAWANAN DOMBA JUGA MATI UNTUK KAWANAN KAMBING. JADI KRISTUS MATI UNTUK SEMUA ORANG, BAIK YANG MAU MENGASIHI TUHAN DAN SESAMA MAUPUN UNTUK ORANG-ORANG JAHAT YANG TIDAK MAU BERTOBAT, DAN TIDAK MAU MENGASIHI TUHAN DAN SESAMA. TETAPI KAWANAN KAMBING TIDAK AKAN SELAMAT, KARENA MEREKA TIDAK MAU HIDUP DALAM KASIH. PADA AKHIR ZAMAN NANTI KAMBING DAN DOMBA AKAN DIPISAHKAN.  BAGI YANG TIDAK MAU MENGASIHI SESAMANYA AKAN BERBARIS DALAM BARISAN KAMBING, TETAPI YANG MENGASIHI SESAMANYA AKAN BERBARIS DI BARISAN DOMBA.
7.       KAMBING ATAU DOMBA ITU HARUS DIKURUNG SELAMA 5 HARI DARI TANGGAL 10  SAMPAI TANGGAL 14. ( KELUARAN 11-13) 7.       YESUS JUGA BERSEMBUNYI DARI ORANG BANYAK SELAMA 5 HARI, YAITU DARI TANGGAL  10, 11, 12, 13, 14 SAAT DIA DI TANGKAP ( LIHAT PETUNJUK WAKTU DI   YOHANES 12:12-19, 36,YOHANES 18:1-2) .  KAMBING DOMBA YANG DIKURUNG SELAMA 5 HARI MENGGAMBARKAN BAHWA YESUS  BERSEMBUNYI DARI ORANG BANYAK SEBELUM DIA DITANGKAP DI TAMAN GETSEMANI.  YESUS BERSEMBUNYI BUKAN KARENA TAKUT, TETAPI KARENA DIA SEPERTI DOMBA PASKAH YANG DIKURUNG/ DIPERSIAPKAN/ DIKHUSUSKAN UNTUK DISEMBELIH SEBAGAI KORBAN PASKAH.
8.       PERJAMUAN PASKAH HARUS DILAKSANAKAN TANGGAL 14 PADA WAKTU SENJA( KELUARAN 11-13). MENGAPA DILAKSAKAN PADA WAKTU SENJA DAN MEMAKAN PERJAMUAN PASKAH HARUS DI MALAM HARI ? KARENA PADA MALAM ITU, TUHAN AKAN MENJALANI MESIR UNTUK MENULAHINYA PADA WAKTU MALAM.

KARENA MALAM ITU ADALAH MALAM BERJAGA-JAGA BAGI TUHAN UNTUK MEMBAWA MEREKA KELUAR DARI TANAH MESIR, DAN JUGA MERUPAKAN MALAM BERJAGA-JAGA BAGI BANGSA ISRAEL SECARA TURUN TEMURUN UNTUK KEMULIAAN TUHAN.

 

8.       OLEH KARENA ITU YESUS PUN PADA TANGGAL 14 MALAM BERJAGA-JAGA DAN BERDOA DI TAMAN GETSEMANI, TETAPI MURID-MURIDNYA TERTIDUR SAAT DIAJAK BERDOA BERSAMA-NYA.

 

 

 

 

 

9.       PERJAMUAN PASKAH HARUS DILAKSANAKAN TANGGAL 14 9.       YOSUA DAN ORANG ISRAEL JUGA SAMA, MEREKA MELAKUKAN PERJAMUAN PASKAH PADA TANGGAL 14 MALAM. YESUS DAN MURID-MURID-NYA JUGA SAMA, MERAYAKAN PERJAMUAN PASKAH PADA TANGGAL 14 MALAM HARI. ANGKA 14 ADALAH ANGKA 7×2 = 14, ATAU ANGKA KESEMPURNAAN GANDA.  KORBAN KRISTUS DI KAYU SALIB MENDATANGKAN BERKAT GANDA BAGI HIDUP KITA; KESELAMATAN, KESEMBUHAN, PEMULIHAN, DLL
10.   DARAH DARI DOMBA ITU HARUS DIAMBIL UNTUK DIOLESKAN PADA KEDUA TIANG PINTU DAN AMBANG ATAS TIAP RUMAH  DI MANA ORANG MEMAKAN PERJAMUAN PASKAH, AGAR RUMAH ITU DILEWATI OLEH MALAIKAT MAUT YANG MENDATANGKAN TULAH KEMATIAN ANAK SULUNG DI SELURUH MESIR( KELUARAN 11-13) 10.   MELAMBANGKAN BAHWA SAAT KITA MENERIMA  SALIB YESUS  SEBAGAI  PENEBUS DOSA KITA, MAKA DARAH YESUS DI ATAS KAYU SALIB AKAN MEMBUAT KITA DISELAMATKAN DARI KEMATIAN KEKAL DI DALAM NERAKA.  BUKANKAH TIANG PINTU DAN AMBANG PINTU ITU BERBENTUK VERTIKAL DAN HORISONTAL ( GARIS MENDATAR DAN GARIS KE ATAS) SEPERTI SALIB??? OLEH KARENA ITU YESUS BERKATA BAHWA DARAH-NYA DITUMPAHKAN BAGI BANYAK ORANG UNTUK PENGAMPUNAN DOSA ( Matius 26:26-29) OLEH KARENA ITU DI PERJAMUAN KUDUS KITA MEMINUM ANGGUR YANG MELAMBANGKAN DARAH YESUS SEBAGAI DARAH ANAK DOMBA PASKAH.
11.   SEORANG PUN TIDAK BOLEH KELUAR DARI RUMAH ITU SAMPAI PAGI. ( KEL 11-13) ·         SAMA JUGA SEPERTI KELUARGA RAHAB TIDAK BOLEH KELUAR DARI RUMAH RAHAB SAMPAI MEREKA DISELAMATKAN PADA PEPERANGAN MEROBOHKAN YERIKHO. DEMIKIAN JUGA ORANG YANG MERAYAKAN PERJAMUAN PASKAH TIDAK BOLEH KELUAR DARI RUMAH ITU SAMPAI PAGI. ARTINYA JIKA KITA YANG SUDAH MENERIMA KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURU SELAMAT KITA, TETAPI PADA SUATU HARI KITA MENINGGALKAN KRISTUS, MURTAD, MAKA KITA SEDANG MENYIA-NYIAKAN KESELAMATAN YANG TUHAN BERIKAN. KARENA TIDAK SETIAP ORANG YANG BERSERU TUHAN-TUHAN ITU SELAMAT, JIKA MEREKA TIDAK MELAKUKAN KEHENDAK BAPA DI SURGA.
12.   DAGING DOMBA/ KAMBING PASKAH ITU HARUS DIHABISKAN MALAM ITU JUGA, APA YANG TERSISA HARUS DIBAKAR. ( KELUARAN 11-13) 11.   ARTINYA JIKA ADA KESEMPATAN UNTUK MENERIMA KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT DAN JUGA KESEMPATAN UNTUK BERTOBAT DARI DOSA-DOSA ADALAH HARI INI. MAKA SELAGI MASIH ADA ‘HARI INI’ KITA JANGAN MENUNDA-NUNDA UNTUK BERTOBAT, JANGAN MENUNDA-NUNDA UNTUK MENERIMA KORBAN KESELAMATAN KRISTUS DI KAYU SALIB BUAT KITA. KARENA KITA TIDAK TAHU APAKAH BESOK KITA MASIH
12.   DAGING KAMBING ATAU DOMBA PASKAH INI HARUS DIMAKAN BERSAMA ROTI YANG TIDAK BERAGI. ( KELUARAN 11-13) 12.   RAGI ADALAH SUATU YANG DIPAKAI UNTUK MEMBUAT ROTI, SEHINGGA ROTI BISA MENGEMBANG. RAGI CUMA DIPERLUKAN SEDIKIT SAJA PADA ADONAN, TETAPI MEMBERI PENGARUH YANG BESAR, SEHINGGA ADONAN BISA MENGEMBANG. JADI PADA PERAYAAN PASKAH, SEMUA ROTI YANG DIMAKAN ADALAH ROTI YANG TIDAK MENGEMBANG. RAGI INI MELAMBANGKAN KEMUNAFIKAN ORANG FARISI. HIDUP DI DALAM DOSA. TERLIHATNYA BAIK, PADAHAL  HIDUP DI DALAM DOSA. RAGI INI JUGA MELAMBANGKAN RAGI SADUKI. ORANG YANG TIDAK MAU PERCAYA AKAN KEBANGKITAN.  KELIHATANNYA BERIBADAH TETAPI TIDAK PERCAYA BAHWA TUHAN ITU SANGGUP MELAKUKAN SEGALA PERKARA YANG AJAIB. RAGI JUGA MELAMBANGKAN RAGI HERODES, YAITU ORANG YANG KEJAM, SOMBONG, IRI, TIDAK TAKUT AKAN TUHAN. PADA PERAYAAN PASKAH, TIDAK BOLEH ADA RAGI SAMA SEKALI SEJAK TANGGAL 14 SAMPAI TANGGAL 21, ( 14= 7×2, 21=7×3). ARTINYA KITA HARUS TINGGALKAN DOSA –DOSA KITA/ RAGI-RAGI KITA. MISALNYA KEMUNAFIKAN, KETIDAKPERCAYAAN, DAN KESOMBONGAN, IRI HATI, KEKEJAMAN, DLL.
13.   ROTI YANG TIDAK BERAGI YANG HARUS DIMAKAN BERSAMA DALAM PERJAMUAN PASKAH INI 13.   OLEH KARENA ROTI YANG TIDAK BERAGI MELAMBANGKAN HIDUP YANG KUDUS TANPA DOSA, ROTI TIDAK BERAGI INI MELAMBANGKAN KRISTUS SENDIRI YANG HARUS DIPECAH-PECAHKAN , DIMANA YESUS TUBUH-NYA DICAMBUK, TANGAN-NYA DIPAKU, KEPALA-NYA DIMAHKOTAI DURI, LAMBUNG-NYA DITOMBAK. OLEH KARENA ITU YESUS BERKATA “AMBILLAH ( ROTI INI), MAKANLAH, INILAH TUBUH-KU” OLEH KARENA ITU DI PERJAMUAN KUDUS, KITA MEMAKAN ROTI YANG MELAMBANGKAN TUBUH YESUS YANG DIKORBANKAN BAGI KESELAMATAN KITA.
14.   PADA SAAT MEMAKAN PERJAMUAN PASKAH, PINGGANG HARUS BERIKAT. ( KELUARAN 11-13) 14.   PINGGANG BERIKAT INI MELAMBANGKAN KEBENARAN. WAKTU YESUS MAKAN PERJAMUAN PASKAH DENGAN MURID-MURID-NYA, YESUS JUGA MENGENAKAN IKAT PINGGANG DARI KAIN LENAN. KAIN LENAN MELAMBANGKAN KEKUDUSAN, JADI YESUS BERIKAT PINGGANGKAN KEBENARAN DAN KEKUDUSAN. KAIN LENAN INILAH YANG DIPAKAI TUHAN YESUS UNTUK MENGERINGKAN KAKI DARI MURID-MURID-NYA YANG DIBASUH OLEH-NYA. ( YOHANES 13: 4-5). TUHAN INGIN SETELAH KITA MENANGGALKAN DOSA –DOSA KITA, MAKA KITA MENGENAKAN / MEMAKAI/ MELAKUKAN KEBENARAN DAN KEKUDUSAN DALAM HIDUP KITA. CONTOH; TIDAK HANYA BERHENTI BERBOHONG SAJA, TETAPI BELAJAR BERKATA JUJUR. TIDAK HANYA BERHENTI MENCURI SAJA, TETAPI BELAJAR MEMBERI, DST.
15.   SEMUA LAKI-LAKI YANG MAKAN PERJAMUAN PASKAH HARUS DISUNAT. SUNAT ADALAH LAMBANG PERJANJIAN TUHAN DENGAN ABRAHAM. SAAT ABRAHAM DISUNAT, BESERTA SELURUH KELUARGANYA DAN ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI RUMAHNYA, MENANDAKAN BAHWA MEREKA PERCAYA PADA JANJI TUHAN. 15.   DALAM ERA PERJANJIAN BARU, SUNAT DIGANTIKAN DENGAN SUNAT KRISTUS YANG DILAMBANGKAN DENGAN BABTISAN, KETIKA KITA MENANGGALKAN TUBUH YANG BERDOSA, DAN BANGKIT BERSAMA KRISTUS. Kolose 2: 11-15

 

 

16.   TIDAK ADA SEORANG PUN DARI ORANG ASING BOLEH MEMAKANNYA, KECUALI ORANG ASING ITU MENETAP BERSAMA BANGSA ISREL DAN MAU MERAYAKAN PASKAH, MEREKA HARUS DISUNAT TERLEBIH DAHULU. DENGAN DISUNATNYA MEREKA, MAKA MEREKA DIANGGAP SEBAGAI ORANG ASLI. 16.   KESELAMATAN YANG TUHAN BERIKAN TIDAK HANYA UNTUK ORANG ISRAEL SAJA, TETAPI UNTUK SEMUA BANGSA. NAMUN BANGSA-BANGSA LAIN SELAIN ISRAEL HARUS IKUT DALAM BABTISAN SEBAGAI TANDA PERCAYA KEPADA KRISTUS, MENANGGALKAN TUBUH DOSA, DAN BANGKIT BERSAMA KRISTUS . KOLOSE 2: 11-15

 

TEMBAHAN BARU ADALAH NOMOR 8, 10, 15,16

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan untuk guru sekolah minggu:

Mohon semua ini diprint di kertas putih, lalu masing masing nomor yang sama DITEMPEL DIBALIK KERTAS ORIGAMI YANG WARNANYA KEMBAR, contoh nomor 1 kiri kita tempel di origami kuning, maka nomor 1 kanan kita tempel di origami kuning juga. Nomor 2 kiri kita tempel di orgami hijau, maka nomor 2 kanan kita tempel juga di orgami hijau.

Kertas Origami dapat diganti dengan kertas kado, yang ada potong-potong sesuai kehendak anda ukurannya.  Jika ada 10 warna kertas origami yang dibutuhkan, maka dapat diganti dengan 10 macam corak kertas kado. Namun karena kertas kado itu tipis, maka bisa ditempel dulu di kertas karton, sehingga saat ditata tidak menggulung.

Dengan demikian kita membutuhkan 13 warna orgigami. Bila tidak tersedia 13 warna, maka kita gunakan kertas lain/misalnya kita tempeli dengan kertas marmer warna hitam, abu, dll, dengan ukuran yang sama dengan kertas origami tersebut.

Bila ukuran kertas yang kita print tidak sama dengan ukuran origami, dapat kita lem bagian atasnya saja, selebihnya BISA DILIPAT, sampai semua kertas ini tidak terlihat dari atas bila ORIGAMI KITA LETAKKAN WARNANYA TAMPAK ATAS.

SEMUA KOLOM SEBELAH KIRI, di balik ORIGAMI, Jadi pada origami yang tampak atas, yang ada warnanya, kita tempeli NOMOR. Sehingga nanti penjelasannya bisa urut nomor. NAMUN PADA KOLOM SEBELAH KANAN , di balik origabi, jadi bagian origami yang tampak atas tidak perlu diberi nomor, nanti anak-anak biar memilih warna yang sama, sebagai penjelasannya.

CARA BERMAIN:

  1. Guru meletakkan kertas origame tampak warnanya di atas, secara acak.
  2. Minta tiap anak bergiliran mengambil
  3. Anak pertama ambil NOMOR 1 ( misalnya warnanya kuning)
  4. Minta anak kedua ambil WARNA KUNING YANG SAMA DENGAN KERTAS NOMOR 1 TADI
  5. Guru menjelaskan nomor 1 ( Keluaran) dan artinya ( di era Yosua dan di karya salib Kristus)
  6. Minta anak ke tiga ambil NOMOR 2 ( misalnya warna hijau)
  7. Anak ke empat ambil yang warnanya sama
  8. Guru menjelaskan nomor 2 ( keluaran) dan artinya ( di era Yosua dan di karya salib Kristus)
  9. Dst sampai nomor terakhir.

Contoh penataan:

 


PENUTUP

Yosua adalah seorang yang sangat mengasihi Tuhan, mereka sudah berjalan di perjalanan selama 40 tahun dan pada tahun baru di tahun ke 41 ini, mereka memasuki tanah Kanaan. Hal pertama yang dilakukan Yosua adalah merayakan paskah, bersama bangsa Israel. Walaupun mereka habis disunat, tetapi Tuhan membuat mujizat, bahwa mereka cepat sembuh, jadi pada tanggal 10 mereka di sunat di bukit kulit Kathan, maka pada tanggal 14 nya mereka sudah sembuh dan mereka sudah berjalan ke dataran Yerikho. Malam harinya, tanggal 14 itu, mereka merayakan paskah. Yosua tidak pernah melupakan kebaikan Tuhan telah menuntun mereka keluar dari tanah Mesir, bagaimana Tuhan melindungi mereka dari tulah kematian anak sulung, melalui korban paskah. Yosua mengajarkan semua itu ke bangsa Israel, karena mereka tidak pernah merayakan paskah sama sekali pada saat perjalanan di padang gurun. Dan papa mama mereka telah mati semua, jadi Yosualah yang bertugas seperti papa mereka, yang menjelaskan apa arti paskah buat bangsa Israel. Yosua menjelaskan dengan sabar apa arti setiap simbol/simbol paskah. Mulai sekarang, kita akan bersyukur karena Kristus telah mati bagi kita menjadi Anak Domba Paskah yang mencurahkan darah-Nya dan yang tubuh-Nya telah dipecah-pecahkan bagi kita.

Yosua juga tidak pernah melupakan perintah Tuhan untuk ,sesampainya nanti di tanah perjanjian harus merayakan paskah. Keluaran 12: 25-27. Padahal perintah Tuhan itu sudah disampaikan Tuhan sepanjang 41 tahun yang lalu, tetapi Yosua tidak pernah melupakannya. Dalam Yosua pasal 5, Tuhan Cuma memerintahkan Yosua melakukan sunat massal, tetapi Yosua tidak hanya melakukan sunat massal, melainkan juga mengadakan perayaan paskah untuk mengingat kebaikan Tuhan kepada mereka, karena telah menghapuskan cela mesir itu dari antara mereka.

Yosua tidak pernah melupakan kebaikan Tuhan, juga tidak pernah melupakan perintah Tuhan. kita juga sama.

Oleh karena itu, kita juga sama, untuk mengenang kebaikan Tuhan, kita merayakan paskah dan juga sering mengadakan perjamuan kudus untuk mengenang bagaimana Kristus Yesus sudah menjadi Anak Domba Paskah yang disembelih / disalibkan bagi kita, agar kita bisa mendapatkan pengampunan dosa dan diselamatkan. Oleh karena itu, perjamuan kudus tidak boleh dibuat permainan, karena itu serius, itu sungguh-sungguh. Dan orang yang memakan perjamuan kudus tidak boleh meremehkan tubuh dan darah Yesus.

 

Indikasi pencapaian

Bila anak-anak dapat menghargai karya salib Kristus.

1 Comment

  1. Mari bersama belajar dan mengajari anak anak menghargai arti perjamuan kudus sehingga mereka mengerti arti pengorbanan Yesus Kristus, dan ajarilah mereka mengenang selalu kebaikan Yesus yang sudah mengorbankan diri dikayu salib untuk menyelamatkan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s