MALAM SUKA SUKA DALAM SIL : AKU ANAK TERANG DUNIA


DECORATIF CHEF DAPAT ANDA BUKA DI LINK INI:

https://jeniuscaraalkitab.com/2014/02/25/dekoratif-chef/

 

 

MALAM SUKA SUKA

IMAN, PENGHARAPAN DAN KASIH

DARI SEORANG ANAK PEREMPUAN

TAWANAN PERANG DI NEGERI ASING

 

Berikut foto-foto pelaksanaan materi ini di SIL PELNAP JATENG 2014, di Salatiga

II Raja-raja 5; 1-27

 

Sesi 1

 

Tujuan: agar anak-anak bisa bersinar bagi dunia lewat; IMAN PENGHARAPAN DAN KASIH, yang mereka kembangkan dalam hidup mereka, seperti yang diteladankan oleh seorang anak perempuan Israel di negri Aram yang membagikan iman, pengharapan serta kasihnya pada keluarga Naaman, sehingga akhirnya Naaman pun mengalami kesembuhan.

 

Sesi ini terdiri dari 4 termin:

 

Tujuan dari termin satu dan termin dua berikut ini  adalah,

agar anak-anak mengerti jalannya kisah SEORANG ANAK PEREMPUAN ISRAEL

 

Bentuk Acara Termin pertama:

anak-anak diajak untuk MEMPERSIAPKAN pementasan pembacaan Alkitab (30 menit)

 

Bentuk Acara Termin kedua:

Anak-anak diminta mementaskan PEMENTASAN PEMBACAAN ALKITAB ini dalam satu pementasan kelompok secara massal/ kolosal (15 menit)

 

Termin ketiga:

Tujuan dari termin tiga adalah :

Agar anak-anak dapat kita giring pada kesimpulan mengenai Iman, Pengharapan dan Kasih yang dimiliki anak perempuan Israel ini.

 

Bentuk Acara Termin ketiga:

Presentasi Kesan dan Pesan (30 menit)

 

Termin Keempat:

Tujuan dari termin keempat ini adalah:

Agar anak-anak dapat mempertajam memory mereka akan Iman , Pengharapan dan Kasih daripada anak ini melalui karya seni DECORATIVE CHEF

 

Bentuk Acara Termin keempat:

Decorative Chef (60 menit)

Termin keempat akan masuk dalam sesi kreatifitas anak yang jamnya di jam lain yang berdekatan dengan sesi ini, tetapi bukan di sesi ini.

 

 

 

 

 

Termin Pertama:

MEMPERSIAPKAN pementasan pembacaan Alkitab

 

 

Tokoh-tokoh yang akan dipentaskan adalah sbb:

  1. Narator
  2. Seorang Anak Perempuan  Israel
  3. Naaman
  4. Raja Aram
  5. Raja Israel
  6. Elisa
  7. Orang suruhan Elisa
  8. Pegawai Naaman 1
  9. Pegawai Naaman 2
  10. Gehazi

 

Tugas kelompok:

  1. Kelompok 1 adalah KELOMPOK PENGISI SUARA, kelompok ini beranggotakan anak-anak yang berminat pada BAHASA/ WORD SMART, usahakan ada 10 anak yang masuk dalam kelompok ini, apabila kurang boleh diisi oleh guru yang sangat berminat pada bahasa.   Apabila lebih, maka ada anak-anak yang kita arahkan pindah ke kelompok lain yang juga masih dalam hal lain yang dia minati ( karena kelompok ini harus pas 10 anak)

Tugas mereka adalah dalam waktu 30 menit berlatih membaca dengan intonasi terbaik. Anak putri boleh boleh saja mengisi suara tokoh pria, asal suara dibesarkan dalam resonansi dada.

Tips cara berlatih:

  • Tentukan dahulu para pemeran tokoh
  • Latih terlebih dahulu pergantian suara (resonansi dada, leher, mulut, hidung dan kepala)-apabila diperlukan adanya suara-suara khusus
  • Bagikan naskah yang sudah digandakan dan sudah diberi tanda stabillo sesuai dengan bagian-bagian bagi tiap tokoh
  • Latih terlebih dahulu kelantangan suara
  • Kini ajak anak-anak membaca per bagian dengan pencontohan intonasi pada tiap bagian/ atau cukup pembetulan jika bertemu dengan anak-anak yang sangat berbakat. (jadi tidak perlu dibaca dua kali (sekali dibaca biasa-sekali dilatihkan- TIDAK PERLU DEMIKIAN- mengingat keterbatasan waktu yang ada dan juga anak-anak yang masuk di kelompok ini memang yang sudah berminat sekali dalam word smart ini) , melainkan, cukup dari awal langsung dilatihkan
  • Bertanya berapa microphone yang tersedia pada panitia dan mengatur pergantian beberapa mike yang ada untuk beberapa tokoh pengisi suara

Keterangan Pementasan : anak-anak ini akan diberi microphone dan tidak perlu tampil di panggung, hanya akan diperdengarkan suaranya saja.

 

 

 

 

 

Tokoh-tokoh yang akan diisi suaranya adalah sbb:

  1. Narator
  2. Seorang Anak Perempuan  Israel
  3. Naaman
  4. Raja Aram sekaligus membaca suara Raja Aram dalam surat
  5. Raja Israel
  6. Elisa sekaligus membaca suara Elisa dalam surat
  7. Orang suruhan Elisa
  8. Pegawai Naaman 1
  9. Pegawai Naaman 2
  10. Gehazi

 

—————————————-Naskah siap copy dan perbanyak untuk 10 tokoh.

 

NARATOR Naaman disembuhkan, II Raja-raja 5; 1-27 Naaman, panglima raja Aram,  adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta. Orang Aram pernah keluar bergerombolan  dan membawa tertawan seorang anak perempuan dari negeri Israel. Ia menjadi pelayan pada isteri Naaman.  Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya:
SEORANG ANAK PEREMPUAN  ISRAEL “Sekiranya tuanku menghadap nabi  yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya.”
NARATOR Lalu pergilah Naaman memberitahukan kepada tuannya, katanya:
NAAMAN “Begini-beginilah dikatakan oleh gadis yang dari negeri  Israel itu.”
NARATOR Maka jawab raja Aram:
RAJA ARAM “Baik, pergilah dan aku akan mengirim surat kepada raja  Israel.”
NARATOR Lalu pergilah  Naaman dan membawa sebagai persembahan sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian.  Ia menyampaikan surat itu kepada raja Israel, yang berbunyi:

 

 

SUARA RAJA ARAM DALAM SURAT “Sesampainya surat ini kepadamu, maklumlah kiranya, bahwa aku menyuruh kepadamu  Naaman, pegawaiku, supaya engkau menyembuhkan dia dari penyakit kustanya.”
NARATOR Segera sesudah raja Israel membaca surat j  itu, dikoyakkannyalah pakaiannya serta berkata:
RAJA ISRAEL “Allahkah aku  ini yang dapat mematikan dan menghidupkan,  sehingga orang ini mengirim pesan kepadaku, supaya kusembuhkan seorang dari penyakit kustanya? Tetapi sesungguhnya, perhatikanlah dan lihatlah, ia mencari gara-gara  terhadap aku.”
NARATOR Segera sesudah didengar Elisa, abdi Allah itu, bahwa raja  Israel mengoyakkan pakaiannya, dikirimnyalah pesan kepada raja, bunyinya:
SUARA ELISA DALAM SURAT “Mengapa engkau mengoyakkan pakaianmu? Biarlah ia datang kepadaku, supaya ia tahu bahwa ada seorang nabi di Israel.”
NARATOR Kemudian datanglah Naaman dengan kudanya dan keretanya, lalu berhenti di depan pintu rumah Elisa.  Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan:
ORANG SURUHAN ELISA “Pergilah mandi  tujuh kali  dalam sungai  Yordan , maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir.”
NARATOR Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata:
NAAMAN “Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya  di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!  Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai  di Israel? Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?”
NARATOR Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas  hati.  Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya:
PEGAWAI 1 NAAMAN (disuarakan oleh 2 orang)- orang pertama:  …..) “Bapak,  seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya?
PEGAWAI 2 NAAMAN (disuarakan oleh 2 orang)- orang kedua:……) Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir  .”
NARATOR Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali  dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah  tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak  dan ia menjadi tahir.  Kemudian kembalilah ia dengan seluruh pasukannya kepada abdi  Allah itu. Setelah sampai, tampillah ia ke depan Elisa dan berkata:
NAAMAN “Sekarang aku tahu, y bahwa di seluruh bumi tidak ada Allah kecuali di Israel . Karena itu terimalah kiranya suatu pemberian  dari hambamu ini!”
NARATOR Tetapi Elisa menjawab:
ELISA “Demi TUHAN yang hidup, yang di hadapan-Nya aku menjadi pelayan, sesungguhnya aku tidak akan menerima apa-apa .”
NARATOR Dan walaupun Naaman mendesaknya supaya menerima sesuatu, ia tetap menolak.  Akhirnya berkatalah Naaman :
NAAMAN “Jikalau demikian, biarlah diberikan kepada hambamu ini tanah  sebanyak muatan sepasang bagal, sebab hambamu ini tidak lagi akan mempersembahkan korban bakaran atau korban sembelihan kepada allah lain kecuali kepadaTUHAN. Dan kiranya TUHAN mengampuni hambamu ini dalam perkara yang berikut: Apabila tuanku masuk ke kuil Rimon untuk sujud menyembah di sana, dan aku menjadi pengapitnya,  sehingga aku harus ikut sujud menyembah dalam kuil Rimon itu, kiranya TUHAN mengampuni hambamu ini dalam hal itu.”
NARATOR Maka berkatalah Elisa kepadanya:
ELISA “Pergilah dengan selamat! 
NARATOR Setelah Naaman berjalan tidak berapa jauh dari padanya,  berpikirlah Gehazi, bujang Elisa, abdi Allah:

 

 

GEHAZI “Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman , orang Aram ini, dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN e  yang hidup, sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya  .”
NARATOR Lalu Gehazi mengejar Naaman dari belakang. Ketika Naaman melihat ada orang berlari-lari mengejarnya, turunlah ia dengan segera dari atas kereta untuk mendapatkan dia dan berkata:
NAAMAN “Selamat!”
NARATOR Jawabnya:
GEHAZI “Selamat! Tuanku Elisa menyuruh aku mengatakan: Baru saja datang kepadaku dua orang muda dari pegunungan Efraim dari antara rombongan nabi. Baiklah berikan kepada mereka setalenta perak dan dua potong pakaian. 
NARATOR Naaman  berkata:
NAAMAN “Silakan, ambillah dua talenta.”
NARATOR  Naaman mendesak dia, dan membungkus dua talenta perak dalam dua pundi-pundi dan dua potong pakaian, lalu memberikannya kepada dua bujangnya; mereka ini mengangkut semuanya di depan Gehazi.  Setelah mereka sampai ke bukit, disambutnyalah dari tangan mereka, disimpannya di rumah, dan disuruhnya kedua orang itu pergi, maka pergilah mereka.  Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya, berkatalah Elisa kepadanya:
ELISA “Dari mana, Gehazi?”
NARATOR Jawabnya:
GEHAZI “Hambamu ini tidak pergi ke mana-mana!”
NARATOR Tetapi kata Elisa kepadanya:
ELISA “Bukankah hatiku ikut pergi, ketika orang itu turun dari atas keretanya mendapatkan engkau? Maka sekarang, g  engkau telah menerima perak dan dengan itu dapat memperoleh kebun-kebun, kebun zaitun, kebun anggur, kambing domba, lembu sapi, budak laki-laki dan budak perempuan,  tetapipenyakit kusta Naaman akan melekat kepadamu dan kepada anak cucumu untuk selama-lamanya.”
NARATOR Maka keluarlah Gehazi  dari depannya dengan kena kusta, putih seperti salju. 

 

  1. Kelompok 2 adalah KELOMPOK AKTOR PANTOMIM DAN LIPSING  anak-anak yang berminat pada OLAH TUBUH / BODY SMART, kelompok ini juga harus diisi oleh 10 anak, dengan perincian sebagai berikut:

i.      Narator (boleh anak PUTRI atau PUTRA)

ii.      Seorang Anak Perempuan Israel ( harus anak PUTRI)

iii.      Naaman (harus anak PUTRA)

iv.      Raja Aram, (harus anak PUTRA)

v.      Raja Israel (harus anak PUTRA)

vi.      Elisa  (harus anak PUTRA)

vii.      Orang suruhan Elisa (boleh anak PUTRI atau PUTRA)

viii.      Pegawai Naaman 1 (harus anak PUTRA)

ix.      Pegawai Naaman 2 (harus anak PUTRA)

x.      Gehazi (harus anak PUTRA)

Tugas mereka adalah : dalam waktu 20 menit berlatih acting (pantomim dan lipsing sesuai dialoge masing-masing tokoh dalam Alkitab- kecuali pembacaan isi surat tidak di-lipsingkan)- dan pada 10 menit sisanya mereka akan didandani secara kostume dan makeup oleh anak-anak dari kelompok 4 sebelum pentas berlangsung.  Serta mereka juga akan mendapatkan property dari kelompok 6 dalam waktu 10 menit ini.

Semua pemeran kecuali Narator harus menghafalkan dialoge dalam bentuk lipsing. (karena pada saat mereka pentas menggunakan acting dan lipsing, suara kalimat langsung akan diisi oleh Pengisi Suara)

Khusus untuk Narator tidak perlu berlatih acting, melainkan hanya berlatih lipsing menggerakkan bibir sesuai pengisi suara narator. Dan khusus untuk Narator tidak perlu menghafal teks, jadi boleh mencontek naskah, berdiri di bawah panggung. Seperti tokoh lain,Narator  tetap menggunakan kostum

Tips Berlatih:

  • Hafalkan dahulu semua kalimat langsung pada naskah (oleh semua tokoh secara sendiri-sendiri)- 5 menit
  • Berlatih gaya saat beracting -5 menit
  • Hafalkan urutan naskah, saya berbicara setelah apa, atau setelah siapa.-5 menit
  • Baru berlatih bersama-5 menit

Keterangan Pementasan: Para pemeran di sini akan tampil di atas panggung menggunakan kostume kostume, tetapi sama sekali tidak mengeluarkan suara, namun bibirnya bergerak gerak sesuai kalimat dari kelompok pengisi suara.

 

YANG DISTABILLO adalah yang di LIPSING-kan, namun yang tidak distabillo itu artinya tidak perlu dilipsingkan ( karena hanya berupa pembacaan surat)

 

 

 

 

NARATOR Naaman disembuhkan, II Raja-raja 5; 1-27 Naaman, panglima raja Aram,  adalah seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi, sebab oleh dia TUHAN telah memberikan kemenangan kepada orang Aram. Tetapi orang itu, seorang pahlawan tentara, sakit kusta. Orang Aram pernah keluar bergerombolan  dan membawa tertawan seorang anak perempuan dari negeri Israel. Ia menjadi pelayan pada isteri Naaman.  Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya:
SEORANG ANAK PEREMPUAN  ISRAEL “Sekiranya tuanku menghadap nabi  yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya.”
NARATOR Lalu pergilah Naaman memberitahukan kepada tuannya, katanya:
NAAMAN “Begini-beginilah dikatakan oleh gadis yang dari negeri  Israel itu.”
NARATOR Maka jawab raja Aram:
RAJA ARAM “Baik, pergilah dan aku akan mengirim surat kepada raja  Israel.”
NARATOR Lalu pergilah  Naaman dan membawa sebagai persembahan sepuluh talenta perak dan enam ribu syikal emas dan sepuluh potong pakaian.  Ia menyampaikan surat itu kepada raja Israel, yang berbunyi:
SUARA RAJA ARAM DALAM SURAT “Sesampainya surat ini kepadamu, maklumlah kiranya, bahwa aku menyuruh kepadamu  Naaman, pegawaiku, supaya engkau menyembuhkan dia dari penyakit kustanya.”
NARATOR Segera sesudah raja Israel membaca surat j  itu, dikoyakkannyalah pakaiannya serta berkata:
RAJA ISRAEL “Allahkah aku  ini yang dapat mematikan dan menghidupkan,  sehingga orang ini mengirim pesan kepadaku, supaya kusembuhkan seorang dari penyakit kustanya? Tetapi sesungguhnya, perhatikanlah dan lihatlah, ia mencari gara-gara  terhadap aku.”
NARATOR Segera sesudah didengar Elisa, abdi Allah itu, bahwa raja  Israel mengoyakkan pakaiannya, dikirimnyalah pesan kepada raja, bunyinya:
SUARA ELISA DALAM SURAT “Mengapa engkau mengoyakkan pakaianmu? Biarlah ia datang kepadaku, supaya ia tahu bahwa ada seorang nabi di Israel.”
NARATOR Kemudian datanglah Naaman dengan kudanya dan keretanya, lalu berhenti di depan pintu rumah Elisa.  Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan:
ORANG SURUHAN ELISA “Pergilah mandi  tujuh kali  dalam sungai  Yordan , maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir.”Keterangan: Sungai Yordan akan disediakan di panggung, untuk itu dapat menunjuk ke arah sungai Yordan
NARATOR Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata:
NAAMAN “Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya  di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!  Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai  di Israel? Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?”Keterangan: Sungai Yordan akan disediakan di panggung, untuk itu dapat menunjuk ke arah sungai Yordan
NARATOR Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas  hati.  Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya:
PEGAWAI 1 NAAMAN (disuarakan oleh 2 orang)- orang pertama:  …..) “Bapak,  seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya?
PEGAWAI 2 NAAMAN (disuarakan oleh 2 orang)- orang kedua:……) Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: Mandilah dan engkau akan menjadi tahir  .”
NARATOR Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali  dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah  tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak  dan ia menjadi tahir.

 

Keterangan: Sungai Yordan akan disediakan di panggung, untuk itu dapat benar benar membenamkan dirinya 7 kali di sungai ini. Siapkan baju ganti seusai pementasan ini.

 

Kemudian kembalilah ia dengan seluruh pasukannya kepada abdi  Allah itu. Setelah sampai, tampillah ia ke depan Elisa dan berkata:

NAAMAN “Sekarang aku tahu, y bahwa di seluruh bumi tidak ada Allah kecuali di Israel . Karena itu terimalah kiranya suatu pemberian  dari hambamu ini!”
NARATOR Tetapi Elisa menjawab:
ELISA “Demi TUHAN yang hidup, yang di hadapan-Nya aku menjadi pelayan, sesungguhnya aku tidak akan menerima apa-apa .”
NARATOR Dan walaupun Naaman mendesaknya supaya menerima sesuatu, ia tetap menolak.  Akhirnya berkatalah Naaman :
NAAMAN “Jikalau demikian, biarlah diberikan kepada hambamu ini tanah  sebanyak muatan sepasang bagal, sebab hambamu ini tidak lagi akan mempersembahkan korban bakaran atau korban sembelihan kepada allah lain kecuali kepadaTUHAN. Dan kiranya TUHAN mengampuni hambamu ini dalam perkara yang berikut: Apabila tuanku masuk ke kuil Rimon untuk sujud menyembah di sana, dan aku menjadi pengapitnya,  sehingga aku harus ikut sujud menyembah dalam kuil Rimon itu, kiranya TUHAN mengampuni hambamu ini dalam hal itu.”
NARATOR Maka berkatalah Elisa kepadanya:
ELISA “Pergilah dengan selamat! 
NARATOR Setelah Naaman berjalan tidak berapa jauh dari padanya,  berpikirlah Gehazi, bujang Elisa, abdi Allah:
GEHAZI “Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman , orang Aram ini, dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN e  yang hidup, sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya  .”
NARATOR Lalu Gehazi mengejar Naaman dari belakang. Ketika Naaman melihat ada orang berlari-lari mengejarnya, turunlah ia dengan segera dari atas kereta untuk mendapatkan dia dan berkata:
NAAMAN “Selamat!”
NARATOR Jawabnya:
GEHAZI “Selamat! Tuanku Elisa menyuruh aku mengatakan: Baru saja datang kepadaku dua orang muda dari pegunungan Efraim dari antara rombongan nabi. Baiklah berikan kepada mereka setalenta perak dan dua potong pakaian. 
NARATOR Naaman  berkata:
NAAMAN “Silakan, ambillah dua talenta.”
NARATOR  Naaman mendesak dia, dan membungkus dua talenta perak dalam dua pundi-pundi dan dua potong pakaian, lalu memberikannya kepada dua bujangnya; mereka ini mengangkut semuanya di depan Gehazi.  Setelah mereka sampai ke bukit, disambutnyalah dari tangan mereka, disimpannya di rumah, dan disuruhnya kedua orang itu pergi, maka pergilah mereka.  Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya, berkatalah Elisa kepadanya:
ELISA “Dari mana, Gehazi?”
NARATOR Jawabnya:
GEHAZI “Hambamu ini tidak pergi ke mana-mana!”
NARATOR Tetapi kata Elisa kepadanya:
ELISA “Bukankah hatiku ikut pergi, ketika orang itu turun dari atas keretanya mendapatkan engkau? Maka sekarang, g  engkau telah menerima perak dan dengan itu dapat memperoleh kebun-kebun, kebun zaitun, kebun anggur, kambing domba, lembu sapi, budak laki-laki dan budak perempuan,  tetapi penyakit kusta Naaman akan melekat kepadamu dan kepada anak cucumu untuk selama-lamanya.”

 

 

NARATOR Maka keluarlah Gehazi  dari depannya dengan kena kusta, putih seperti salju. 

 

  1. Kelompok 3 adalah anak-anak  KELOMPOK MUSIK LATAR yang berminat pada MUSIK/ MUSIC SMART kelompok ini boleh dianggotai oleh banyak atau sedikit anak, jumlah tidak ditentukan Tugas kelompok ini adalah : membuat lagu yang nanti akan dipentaskan di AWAL  pementasan pembacaan Alkitab, pembuatan lagu ini hanya dalam waktu 30 menit,  yang syairnya sbb:

 

IMAN YANG JADI TERANG

 

Verse 1;

Seorang anak perempuan

Dari negri Israel

Seorang anak tawanan

Kini di negri Aram

 

Reff:

Imannya pada Allah Israel

Membuat dia jadi terang

Di rumah Tuan Naaman

Si kusta…..woooowwww

 

Verse 2:

Pergilah panglima Naaman

Ke negri Israel.

Dan lihatlah kini

apa yang telah terjadi??

 

Verse 3:

Namaan pun pulang ke Aram

Sembuh dari kustanya

Naaman pun percaya

Pada Allah Israel

 

 

  1. Kelompok 4 adalah anak-anak yang berminat dalam PICTURE SMART/ kecerdasan Visual Spacial, kelompok ini boleh beranggotakan berapa saja. Tugas kelompok ini adalah mendandani tiap tokoh yang ada di kelompok 2.

Tugas mereka adalah merancang kostume dan make up para tokoh di kelompok 2 dalam waktu 20 menit, dan pada 10 menit terakhir mereka diminta mendandani anak-anak di kelompok 2 sebelum mereka berpentas.

  1. Kelompok 5 adalah anak-anak yang berminat pada LOGIC SMART, kelompok ini boleh beranggotakan berapa saja. Tugas mereka adalah selama 10 menit membaca bagian Alkitab yang kita bahas ini, setelah itu dalam waktu 20 menit mereka diberi tugas untuk membuat Perbandingan tokoh-tokoh dalam cerita ini, dengan mengisi tabel berikut ini :

 

Jawaban pada tiap kolom bisa sbb:

  • Ya/ Kode Y
  • Tidak/ kode T
  • Mula-mula ya kemudian tidak/ kode YT
  • Mula-mula tidak kemudian ya/ kode TY
  • Tidak dicatat dalam Alkitab/ kode X

 

 

APAKAH DIA MEMILIKIIMAN PADA ALLAH ISRAEL? APAKAH DIA MEMILIKI PENGHARAPAN PADA ALLAH ISRAEL? APAKAH DIA MEMILIKI KASIH PADA ALLAH ISRAEL APAKAH DIA MEMILIKI KASIH PADA SESAMA? APAKAH HIDUPNYA BISA JADI TERANG TUHAN?
SEORANG ANAK PEREMPUAN ISRAEL
NAAMAN
ISTERI NAAMAN
RAJA ARAM
RAJA ISRAEL
NABI ELISA
ORANG SURUHAN ELISA
PEGAWAI NAAMAN 1-2
GEHAZI

 

Tips;

Apabila item terlalu banyak yang dibahas, pilih saja tokoh utama yang berwarna merah atau bagi anak-anak dalam tugas masing-masing sehingga semua tokoh bisa dikerjakan

Keterangan Pementasan: kelompok 5 ini akan membacakan hasil diskusi mereka ini pada akhir daripada pementasan sebagai KESIMPULAN

Contoh cara membaca: Naaman  pada awalnya tidak memiliki iman kepada Allah Israel, akan tetapi pada akhirnya ya, ..(dst)

 

Kesimpulan akhir: (lebih kurang seperti ini: mohon guru menggiring anak-anak untuk menyimpulkan tentang vokus tokoh kita hari ini; si anak perempuan Israel ini)

 

Dari semua tokoh ini dapat kita simpulkan bahwasannya si anak perempuan Israel ini memiliki IMAN PENGHARAPAN DAN KASIH sehingga hidupnya bisa jadi terang buat keluarga Naaman, walaupun dia ada di negri asing dan menjadi tawanan perang.

 

  1. Kelompok 6 adalah kelompok dari anak-anak yang suka bergaul, atau PEOPLE SMART, biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan bergaul yang tinggi adalah orang-orang yang ringan tangan dan suka membantu orang-orang lain di sekitar mereka, oleh karena itu  tugas mereka adalah menolong setiap pemeran dari kelompok 2 untuk tiap pemeran boleh mendapatkan alat-alat/property yang sesuai dengan kebutuhan peran mereka, untuk itu mereka akan merancangkan property apa yang cocok untuk tiap pemeran dalam waktu 20 menit, dan dalam waktu 10 menit sisanya mereka akan mengantarkan tiap property yang sesuai itu untuk tiap pemeran, mereka juga bertugas mempersiapkan penataan panggung seperti kursi, meja, dll (sesuai hasil diskusi pengenai tata panggung)

Tips pembimbing kelompok 6:

Pembimbing kelompok menyediakan sebanyak mungkin property yang sekiranya diperlukan dan telah disediakan  untuk 10 pemeran ( seperti microphone mainan, mahkota, tongkat, dll)-jumlah property harus berlebih-lebihan baik secara jenis benda maupun banyaknya benda, akan tetapi untuk merancang property ini cocok untuk tokoh siapa dlsb serahkan sepenuhnya menjadi kebijakan hasil diskusi murid –murid di kelompok 6 ini. (jangan di dikte sama sekali)

 

  1. Kelompok 7 adalah kelompok dari anak-anak yang suka merenungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidupnya, anak-anak ini adalah anak-anak SELFSMART. Dalam waktu 30 menit mereka akan membuat catatan harian / diary  yang bertemakan IMAN –PENGHARAPAN – DAN KASIH daripada si anak perempuan Israel ini, imannya pada Tuhan, pengharapannya akan kesembuhan tuannya Naaman, serta kasihnya pada Tuan Naaman, dia rindu melihat kesembuhan tuannya itu yang dia yakini akan terjadi di Israel melalui nabi Tuhan.

Judul diary  diharapakan tidak sama dengan thema tersebut, melainkan dibuat lebih puitis. Diary ini dibuat dalam 2 hari catatan yang berbeda, catatan pertama adalah catatan hari dimana dia berkata pada Nyonya Naaman, sedangkah catatan kedua adalah catatan di hari dimana Tuan Naaman pulang dari Israel dalam keadaan sembuh. Diary ini akan dibaca sebelum pementasan dan setelah pementasan ayat.

 

Tips:

Beri hari, tanggal dan jam pembuatan diary

Ajak anak-anak membayangkan jika dia sendiri yang menjadi si anak perempuan Israel yang ditawan di negri asing bagaimana raasanya, dan apa yang akan saya lakukan jika saya dalam situasi itu?

 

  1. Kelompok 8 adalah anak.-anak yang NATURE SMART, tugas mereka adalah membuat sungai Yordan buatan di tengah panggung. Sungai buatan ini benar-benar ada airnya, ada tanaman-tanaman sekitar sungai itu, ada bebatuannya, dlsb. Waktu yang disediakan untuk mendekorasi dan mempersiapkan sungai ini adalah 30 menit.

Tips:

Guru sudah menyediakan semuanya, kolam plastik, pot bunga, rerumputan, dll, akan tetapi biarlah anak-anak yang menata SUNGAI YORDAN ini.

 

———————————siap digandakan untuk seluruh kelompok———————

 

 

 

 

Termin Kedua:

PEMENTASAN PEMBACAAN ALKITAB

(hanya dibutuhkan waktu 15 menit saja)

 

Pra acara:

Latihan dan persiapan oleh semua kelompok pada termin satu

10 menit terakhir menjelang pementasan ini kelompok 2 akan di-make-up serta diberi kostume oleh kelompok 4 serta diberi property oleh kelompok 6

Dan ruangan akan didekorasi oleh kelompok 7 dengan menghadirkan sungai Yordan di tengah ruangan.

 

 

MC:

 

Baik, hari ini kita akan saksikan PEMENTASAN PEMBACAAN ALKITAB yang akan diambil dari II Raja-raja 5; 1-27

 

(acara akan berjalan mengalir sesuai urutan acara, MC tidak perlu memanggil pengisi acara)

 

Kelompok 4 telah bertugas sebelum pementasan ini berlangsung ( Pra acara)

 

Lagu Pembuka

dinyanyikan oleh kelompok 3

 

 

Isi hati Seorang Anak Perempuan Israel di negri asing:

Pembacaan  catatan 1 oleh kelompok 7

 

Pementasan Pembacaan Alkitab

Kelompok 1 membacakan naskah

Pada saat yang bersamaan Kelompok 2 acting pantomim dan lipsing

 

Isi hati Seorang Anak Perempuan Israel di negri asing:

Pembacaan  catatan 2 oleh kelompok 7

 

Penjelasan kesimpulan

oleh kelompok 5

 

Termin Ketiga

PRESENTASI KESAN DAN PESAN

 

Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mendiskusikan apa kesan mereka terhadap seorang anak perempuan Israel  ini, mengenai IMAN, PENGHARAPAN dan KASIH – nya pada Allah Israel, dan kasihnya pada sesama, dan apakah anak ini bisa jadi terang bagi keluarga Naaman? (durasi presentasi hanya 1 menit)

 

Hasil diskusi harus ditulis untuk kemudian dipresentasikan, dengan durasi presentasi 1 menit

Waktu diskusi hanya 15 menit

 

 

Pembicara akan menutup sesi ini dengan ayat mas dan pembahasan.

 

 

PENJURIAN

Penjurian akan dilakukan dalam 2 babak, yaitu penilaian BABAK 1 pada termin kesatu-kedua ( semua kelompok baik pra acara maupun pada saat pentas),

Dan penilaian BABAK 2 pada termin ketiga, pada saat presentasi.

Nilai diakumulasi

 

Hasil penilaian akan menentukan seberapa banyak jenis sayuran yang berhak mereka pilih pada termin keempat di jam lain, yaitu termin DEKORATIVE CHEF

 

 

Termin Keempat

DECORATIVE CHEF

60 menit

 

Pada termin ini, akan langsung dilaksanakan setelah semua pementasan selesai

 

 

Pemandu Acara:

Nah..karena kita tadi sudah membahas panjang lebar mengenai seorang anak perempuan Israel yang memiliki IMAN PENGHARAPAN DAN KASIH sehingga hidupnya bisa jadi terang di tengah keluarga asing di negri Aram, yaitu keluarga Naaman, kini kita akan melakukan salah satu tugas si anak perempuan ini, yaitu memasak,

 

Namun kali ini, masakan kita berupa DECORATIVE CHEF – yiatu menghias meja/nampan dengan hiasan yang cantik yang menggugah selera orang dalam memakan semua buah-buahan ini

 

Semua buah-buahan ini ditata di meja depan siap dipilih oleh anak-anak, ada 8 jenis buah-buahan

 

Anak-anak disediakan kaos tangan plastik sehingga semuanya higienis. Juga tiap kelompok akan mendapatkan 1 nampan , jadi akan ada 8 nampan yang kita butuhkan, beberapa pisau, serta alas potong/ talenan

 

 

Panitia juga menyediakan undian untuk semua kelompok IMAN, HARAP, KASIH , sehingga nanti ada yang mengerjakan iman, ada yang mengerjakan harap, dan ada yang mengerjakan kasih.

 

Tiap kelompok mendapat nampan, talenan, gunting baru, pisau, baskom, tempat sampah, serbet bersih, alat pengambil sayur/semacam garpu japit,  dll

 

Pengumuman oleh pemandu acara

Kelompok 1, berdasarkan penilain juri pada acara sesi 1 tadi, maka kelompok kalian berhak memilih……..(1 atau2 atau paling banyak 8 ) …….jenis sayuran.

Biarkan kelompok 1 mengambil bahan-bahan sayuran tersebut.

 

Kelompok 1 boleh mengambil undian IMAN, HARAP, KASIH.

Dan kelompok 1 boleh memilih satu nampan

 

 

Kelompok 2, berdasarkan penilain juri pada acara sesi 1 tadi, maka kelompok kalian berhak memilih……..(1 atau2 atau paling banyak 8 ) …….jenis sayuran.

 

Biarkan kelompok 2 mengambil bahan-bahan sayuran tersebut.

Kelompok 2 boleh mengambil undian IMAN, HARAP, KASIH.

Dan kelompok 2 boleh memilih satu nampan

 

 

Dst, sampai kelompok 8 selesai semua,

 

Diberi waktu mengerjakan secara serentak

 

Decorative CHEF contohnya seperti ini;

(ganti kotak sepatu dengan nampan)

 

Untuk menampilkan hasil karyanya, tiap kelompok harus memamerkan hasil decorative chefnya pada para juri dengan disertai presentasi ayat mas.

 

Ayat Mas: I Kor 13;13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s