8 GAMES MUSIC SMART PADA MULTIPLE INTELLEGENT


MATERI INI ADALAH PENGEMBANGAN MATERI DARI MAXIMUM POTENCY YANG DAPAT ANDA KLIK DI SINI:

MAXIMUM POTENCY

Sengaja disini dihadirkan beberapa permainan, agar anda dapat mempunyai beberapa pilihan kemungkinan:

  • Pilihan 1. Durasi 1 jam
    • Jika anda dalam satu kesempatan, memakai 8 pos untuk 8 dimensi kecerdasan, pilih saja satu permainan dari semua permainan yang ada di tiap dimensi kecerdasan. Setiap permainan membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit.
    • Akan tetapi jika dalam dimensi kecerdasan tersebut terbagi menjadi dua bagian besar, seperti misalnya music smart terdiri dari musik Vokal dan Instrumental, maka saya sarankan anda memilih dua permainan, yang satu bersifat Vokal dan satu lagi bersifat instrumental. Demikian juga dengan word smart, yang terdiri dari dua bagian besar yaitu bahasa lisan dan bahasa tulis.
    • Jika murid-murid anda terdiri dari kelas besar dan kecil, maka anda memilih satu permainan pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS KECIL, dan satu permainan lagi pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS BESAR, kecuali music smart dan word smart
    • Untuk mekanismenya, dalam satu jam anak-anak dapat memilih 3 saja pos yang paling disukainya.
  • Pilihan 2. Durasi 3 jam
    • Jika anda dalam satu kesempatan , memakai 8 pos yang kesemua pos itu dijajal oleh semua anak
    • Pilih saja satu permainan untuk tiap dimensi kecerdasan , kecuali music smart dan word smart.
    • Jika murid-murid anda terdiri dari kelas besar dan kecil, maka anda memilih satu permainan pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS KECIL, dan satu permainan lagi pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS BESAR, kecuali music smart dan word smart
    • Untuk mekanismenya, dalam tiga jam semua anak mendatangi semua pos
  • Pilihan 3. Durasi 3 jam selama 8 pertemuan (dua bulan).
    • Durasi tiga jam untuk tiap pertemuan ini tidak mutlak, anda bisa jadikan dua jam, satu jam, terserah anda, karna semakin sedikit durasi yang anda pilih, semakin sedikit pula permainan yang anda pilih, demikian pula sebaliknya semakin lama durasi yang anda pilih, semakin banyak juga permainan yang anda pilih.
    • Namun saya akan memberikan jumlah permainan sebanyak mungkin dari setiap ide yang Tuhan berikan. Sehingga anda bisa memilih permainan mana yang memungkinkan untuk dilaksanakan baik secara waktu, SDM, dan situasi kondisi yang ada.
    • Jika murid-murid anda terdiri dari kelas besar dan kecil, maka anda memilih beberapa permainan untuk kelas kecil dan beberapa permainan untuk kelas besar
    • U ntuk music smart dan word smart tidak menjadi masalah, pasti baik musik vokal maupun instrumental, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan semuanya pasti akan terjamah.
    • Untuk mekanismenya, dalam kurun waktu 8 pertemuan/2 bulan, anak-anak menjajal 8 dimensi kecerdasan dimana tiap dimensi terdiri dari 6-12 permainan.

ASUMSI PENGELOMPOKAN UMUR

  • Kelas besar (4-6 SD)
  • Kelas kecil (1-3 SD)
  • Kelas Balita ( TK)

SKALA PENGUKURAN:

  • MATIUS untuk yang berminat sekali
  • MARKUS untuk yang berminat tetapi di bawah skala Matius
  • LUKAS menunjukkan minatnya tetapi kemampuannya bukan di bidang ini, tetapi masih ada harapan untuk pengembangan lebih lanjut
  • YOHANES tidak berminat sama sekali di bidang ini

Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan tata cara penilaian dan pengolahan nilai untuk MEMBUAT RAPORT yang akan diberikan pada wali murid pada akhir kegiatan ini

TATA CARA PENGOLAHAN DATA MULTI GAMES 8 DIMENSI KECERDASAN

POS 1 MUSIC SMART ( 3-6 anak)

Musik terdiri dari dua bagian besar, yaitu musik vokal dan musik instrumental,

oleh karna itu kita usahakan anak-anak menjajal keduanya.

GAMES MUSIK VOKAL

  1. 1.                        VOCAL CHORD
  • DISARANKAN UNTUK KELAS BESAR
  • Jika satu kelompok terdiri dari 6 anak, Ajak anak-anak berjajar, kemudian tunjuk 2 anak yang menyanyikan do ( dalam tangga nada 1- D), beri contoh dan ajak mereka menyanyikan nada tersebut
  • Dua anak berikutnya menyanyikan nada mi , beri contoh dan ajak mereka menyanyikan nada tersebut
  • Dua anak terakhir menyanyikan nada sol
  • Jika satu kelompok ada 3 anak, satu anak menyanyikan do, satu anak mi, dan satu anak sol
  • Jika ada empat anak, anak keempat ajak menyanyi do tinggi.
  • Kini setelah mereka menyanyikan sendiri-sendiri, ajak mereka menyanyikannya bersama-sama
  • Setelah itu ulangi aktifitas ini dengan cara mengubah-ubah posisis berdiri mereka yang tadinya menyanykajn mi, kini menyanyikan do, demikian seterusnya sampai setiap anak menyanyikan semua nada
  • Skala pengukuran:
    • Matius : memiliki kepekaan nada dan stabil dalam pengambilan nada, tidak menemui kesulitan saat harus berganti-ganti nada
    • Markus: Memiliki kepekaan nada, tetapi ada masalah dalam menstabilkan suara dan mengalami proses yang lebih lama dalam beradaptasi dengan nada yang baru
    • Lukas: Minat ada, tetapi kurang peka nada
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Gitar/keyboard untuk mengambil nada. Bisa juga digunakan peluit nada atau garpu tala
      • Gitaris/ keyboardis
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak
  1. 2.                        BERMAIN TEBAK LAGU
  • DISARANKAN UNTUK KELAS KECIL MAUPUN BESAR
  • Guru mempersiapkan daftar lagu yang dikuasai anak-anak sekolah minggu. Bedakan daftar lagu untuk kelas besar dan daftar lagu untuk kelas kecil.
  • Untuk tiap anak, sediakan kertas dan ballpoint untuk menuliskan jawaban
  • Guru menyenandungkan lagu , dan tugas anak-anak menebak itu lagu apa
  • Boleh menuliskan judul lagu ataupun syair lagu
  • Sebelum guru menyenandungkan tiap lagu, sebaiknya menyebutkan dulu sebuah kalimat pembuka agar anak-anak bisa bersiap dan berkonsentrasi, misalnya “Berpacu dalam pujian…!”
  • Skala pengukuran:
    • Matius : memiliki kepekaan melody dan cepat dapat menebak lagu
    • Markus: Memiliki kepekaan melody, tetapi agak lama.
    • Lukas: Minat ada, tetapi kurang peka melody
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Vokalis
      • Daftar lagu
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak
  1. 3.                        BERSENANDUNG BERSAMA GURU
  • DISARANKAN UNTUK KELAS BALITA
  • Guru mempersiapkan daftar lagu yang dikuasai anak-anak sekolah minggu.
  • Guru menyenandungkan lagu , dan tugas anak-anak meneruskan/ikut bersenandung bersama guru
  • Kalau penjaga pos ada dua orang, sebaiknya dua orang guru penjaga pos tersebut memberi contoh permainan tersebut
  • Skala pengukuran:
    • Matius : memiliki kepekaan melody dan cepat dapat meneruskan senandungan guru
    • Markus: Memiliki kepekaan melody, tetapi agak lama.
    • Lukas: Minat ada, tetapi kurang peka melody
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Vokalis
      • Daftar lagu
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak
  1. 4.                        PERKUSI VOKAL
  • DISARANKAN UNTUK KELAS KECIL DAN KELAS BESAR
  • Guru mempersiapkan partitur ( partitur ada dalam lampiran materi ini, bisa anda klik di bawah tulisan ini)
  • Minta tiap anak memainkan perkusi mulut ini, dengan membunyikan melalui mulut mereka ( vokal), caranya guru melatih per anak, baru setelah itu main bersama
  • Setelah itu minta mereka berubah posisi, yang tadinya memainkan tiruan suara gitar, kini memainkan tiruan suara drum, dll, sampai semua anak telah menjajal semua posisi
  • Kini guru bisa menyanyikan satu lagu, dan minta mereka mengiringi dengan –perkusi mulut tersebut, misalnya dengan lagu Happy ya ya ya, atau sayang di sayang.
  • Skala pengukuran:
    • Matius : memiliki kepekaan akan ketukan dan tempo serta pola irama
    • Markus: Memiliki kepekaan baru sampai taraf tempo, belum memiliki kepekaan akan irama
    • Lukas: Minat ada, tetapi kurang bisa mengikuti arransement yang ada
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Vokalis
      • Partitur
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak

GAMES MUSIK INSTRUMENTAL

  1. 5.                        BERMAIN PERKUSI DAPUR
  • DISARANKAN UNTUK KELAS BESAR DAN KELAS KECIL
  • Guru menyiapkan partitur sederhana dalam irama 4/4
  • Guru menyiapkan beberapa alat musik dapur , misalnya botol, piring, tutup panci, sendok dll, semua alat musik usahakan jangan yang mudah pecah dan gunakan yang aman ( jangan melibatkan pisau, dll) Gunakan pemukul yang terdiri dari alat musik dapur juga, jangan dipukul dengan tangan biasa, agar mendapatkan suara yang yaring.
  • Latih anak-anak memainkan irama sederhana, misalnya anak pertama memainkan ketukan satu, anak kedua ketukan dua, dst
  • Setelah itu minta mereka berganti posisi, anak pertama memainkan ketukan dua, dst
  • Kini guru dapat menyanyikan satu lagu, misalnya lagu hapy ya ya ya, dan minta mereka mengiringi dengan alat musik dapur tersebut
  • Skala pengukuran:
    • Matius : dapat bermian irama dalam satu group perkusi sederhana , terlihat tidak bingung sama sekali, melainkan terlihat ashik dan menikmati, irama dan tempo terdengar akurat
    • Markus: dapat bermian irama dalam satu group perkusi sederhana , tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi. Irama dan tempo satu dari keduanya kurang menguasai
    • Lukas: Minat ada, tetapi kurang bisa mengikuti instruksi , kurang bisa mengikuti irama maupun tempo
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Partitur
      • Gitaris/ keyboardis
      • Alat musik dapur sejumlah anak dan guru pos
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak
  1. 6.                        MENCIPTA ARRANSEMENT PERKUSI
  • DISARANKAN UNTUK KELAS BESAR
  • Guru sebuah lagu, misalnya Sungai Sukacita-Mu, lengkap dengan gitaris
  • Guru menyiapkan beberapa alat musik dapur , misalnya botol, piring, tutup panci, sendok dll, semua alat musik usahakan jangan yang mudah pecah dan gunakan yang aman ( jangan melibatkan pisau, dll) Gunakan pemukul yang terdiri dari alat musik dapur juga, jangan dipukul dengan tangan biasa, agar mendapatkan suara yang yaring.
  • Minta tiap anak memukul tiap alat musik sesuka hati, sesuai dengan pola irama yang mereka ciptakan sendiri.
  • Tetapi anak-anak harus diberi tahu bahwa pola irama mereka harus stabil, tidak boleh berubah-ubah, dan tidak boleh terbawa-bawa pola irama milik teman.
  • Kini guru bisa menyanyikan sebuah lagu diiringi gitaris.
  • Setelah berhasil, kini minta mereka memainkan FILL IN, sebelumnya guru memberi contoh dulu bagaimana memainkan fill in itu, dengan pola irama ciptaan guru. Sepakati dimana akan diberi fill in, apakah menjelang reff ataukah di akhir lagu
  • Kini mainkan lagu yang sama sekali lagi dilengkapi dengan fill in
  • Skala pengukuran:
    • Matius : dapat menciptakan  irama, dan irama yang diciptakan adalah irama yang kompleks, tetap stabil pada pola irama yang sama, dan dapat menciptakan fill in, serta tidak bingung saat harus kembali ke pola irama lagi setelah memainkan fill in tersebut
    • Markus: dapat menciptakan  irama, namun irama yang diciptakan adalah irama yang kurang kompleks, tetap stabil pada pola irama yang sama, dan dapat menciptakan fill in, serta tidak bingung saat harus kembali ke pola irama lagi setelah memainkan fill in tersebut
    • Lukas: kurang dapat menciptakan irama, serta tidak bisa mempertahankan kestabilan irama , belum dapat menciptakan fill in
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Partitur
      • Gitaris/ keyboardis
      • Alat musik dapur sejumlah anak dan guru pos
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak
  1. 7.                        PESTA MARAKAS
  • DISARANKAN UNTUK KELAS BESAR, KELAS KECIL DAN KELAS BALITA
  • Guru mempersiapkan partitur dalam TIGA tingkat kesulitan, untuk kelas kecil tingkat kesulitan lebih mudah dibandingkan kelas kecil maupun kelas balita
  • Guru mempersiapkan marakas buatan sendiri, dari bekas kemasan botol minuman, yang diisi biji-bijian
  • Semua soal sebaiknya dicontohkan dalam dua birama, agar anak-anak bisa menangkap pola irama yang harus ditirukan
  • Untuk mencontohkan pada anak-anak, guru A memainkan pola irama marakas dua birama , setelah birama kedua selesai dimainkan, langsung pada birama ketiga ketukan berikutnya guru B menirukan pola irama marakas dari guru A. Jadi setelah soal selesai diberikan, jangan dihitung “satu dua tiga..!”, karna hal itu bisa mengacaukan pola irama yang sudah didengar, jadi cara bermainnya adalah langsung ditirukan pada ketukan pertama pada birama ketiga.
  • Setelah contoh cara bermain diperagakan, kini minta anak-anak menirukan kembali dari guru A soal demi soal sampai selesai
  • Guru memainkan marakas sesuai partitur,dan minta anak-anak menirukan hentakan marakas guru
  • Skala pengukuran:
    • Matius : dapat menirukan irama guru dengan akurat dan tempo yang tepat, attact ( saat memulai/start-nya) jatuh pada tempo yang tepat, terlihat ashik dan menikmati
    • Markus: dapatnirukan irama guru, tetapi pada beberapa soal dengan tingkat kesulitan yang lebih, mengalami kesuklitan, tetapi bisa digolongkan berminat karna terlihat ashik dan menikmati
    • Lukas: Minat ada, tetapi kurang bisa mengikuti instruksi , kurang bisa mengikuti irama maupun tempo
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Partitur
      • Marakas buatan sendiri
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak
  1. 8.                        TEBAK TIMBRE
  • DISARANKAN UNTUK KELAS BESAR, KELAS KECIL DAN KELAS BALITA
  • Guru mempersiapkan beberapa marakas yang terbuat dari bekas botol air kemasan, yang diisi biji-bijian yang berbeda, misalnya di botol pertama diisi beras, di botol kedua diisi kacang tanah, di botol ketiga diisi kacang hijau, dll
  • Tiap jenis biji, disediakan dua botol yang kembar, jadi beras dalam dua botol, kacang tanah dalam dua botol, dst, dengan tujuan yang satu paket untuk dipajang di depan anak-anak, sedang yang paket lain untuk dibunyikan di belakang anak-anak, sehingga dengan cara itu, anak-anak yang kesulitan menyebutkan nama biji-bijian tersebut, dapat menjawab dengan cara menunjuk botol.
  •  Boleh juga kalau di depan tiap botol yang dipajang itu diberi label nama biji
  • Untuk kelas balita pilih dua macam biji-bijian saja, pilih yang suaranya kontras, misalnya kacang tanah untuk yang suaranya berat/ nge-bass, dan beras yang suaranya treable
  • Untuk kelas kecil, pilih saja 3 macam biji-bijian
  • Untuk kelas besar, pilih 4 macam biji-bijian
  • Guru membunyikan dulu tiap biji-bijian dan menekankan bahwa ini suara jagung, ini suara beras, dst. Setelah mereka menghafal tiap warna suara/ timbre, kini mereka siap bermain
  • Kini sediakan tempat duduk sejumlah anak, dan meja untuk memajang botol
  • Bunyikan botol marakas di belakang anak-anak dan mintalah mereka menebak suara biji-bijian mana yang dibunyikan
  • Skala pengukuran:
    • Matius : dapat menjawab semua soal
    • Markus: dapat menjawab sebagian besar soal
    • Lukas: sebagian besar soal salah terjawab
    • Yohanes: Sama sekali tidak dapat mengikuti kegiatan ini
    • Property yang diperlukan
      • Marakas buatan sendiri
      • Sepidol untuk menuliskan kode skala pada kartu kalung anak

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s