GAYA BAHASA/ POLA PERKATAAN YANG SALAH DARI PARA PENDIDIK


GAYA BAHASA YANG SALAH DALAM MENDIDIK ANAK

AMSAL 18:21

Hidup dan mati dikuasai lidah,

siapa suka menggemakannya,

akan memakan buahnya.

Apa arti ayat tersebut ? kalau anda memakai lidah untuk menggemakan kehidupan-kehidupan-kehidupan…..anda akan memakan buah kehidupan

Sebaliknya jika anda memakai lidah anda untuk menggemakan kematian-kematian-kematian…anda akan memakan buah kematian

Apa maksudnya menggemakan kehidupan ? Perkataan yang baik, yang membangun, menguatkan, menasehati, dll

Apa maksudnya menggemakan kematian ? Perkataan mengutuk, menuduh…dan masih banyak lagi (yang nanti kita akan jelaskan lebih jauh di tulisan berikut ini )

Mengapa saya terdorong untuk menulis materi ini ? Karna dari hasil pengamatan saya ada banyak sekali gaya bahasa yang salah yang diucapkan oleh para orang tua murid maupun oleh guru sekolah minggu, maupun oleh para pendidik di sekolah umum

Sebuah kue yang sudah siap dimakan, dan pada saat dimakan ada sesuatu yang aneh, misalnya karna gosong, atau karna bumbunya kurang pas, atau pun bisa karna ada campuran bahan yang berlebih atau bisa juga karna proses pematangan yang kurang pas, bisa dinilai dari rasa kue itu setelah di makan, atau bisa juga dinilai dari penulisan resep-nya yang kurang pas. Itulah sebabnya saat membaca sebuah resep, biasanya saya akan cari resep pembanding, dan saya pilih resep mana yang lebih teliti, baik dari bahan, ukuran, cara, urutan, serta saran penyajian. Pernah suatu kali saya memasak Makaroni schootel, dan hanya membaca dari satu resep, ternyata setelah dipanggang/ oven cukup lama tidak matang-matang juga, dalamnya masih lembek. Akhirnya saya mencari resep lain, dan barulah saya tahu, mestinya dikukus dulu baru di oven, saya coba, dan ternyata berhasil, harus dikukus dulu baru kemudian dipangang.

Demikian juga dengan gaya bicara. Bisa saja saya menteorikan begini begitu gaya bicara yang benar dan seharusnya, tetapi tidak salah juga kalau saya bertolak dari apa yang sudah salah (ibarat:dari kue yang sudah matang), membahasnya, dimana kesalahannya, dan baru kemudian mencontohkan gaya bahasa yang benar (ibarat : memperbaiki resep yang kurang teliti tadi)

Apakah anda siap terkejut dan siap berubah…?

Perubahan bukanlah perubahan sampai terjadi perubahan.

  1. “Dasar anak bodoh…gitu aja nggak bisa…!”

Inilah yang disebut GAYA BAHASA MENGUTUKI ANAK.

Anak yang sering dikutuk seperti contoh di atas, akan berpikir…’aku anak bodoh’, dan lama kelamaan dia akan berkata pada dirinya sendiri …’mama bilang aku bodoh, papa juga bilang hal yang sama…guruku di sekolah juga sering bilang begitu…guru sekolah mingguku juga sama…berarti aku memang anak bodoh. Kalau gitu buat apa aku belajar…? Percuma belajar….aku kan bodoh ?! Aku nggak mungkin jadi anak pandai. Mulai sekarang aku tak mau belajar lagi’ INGAT ! MATI HIDUP DIKUASAI LIDAH…SIAPA SUKA MENGGEMAKANNYA AKAN MEMAKAN BUAHNYA.

Mengapa anda tidak mengganti dengan kalimat seperti ini ?

    • “Mama yakin, kalau kamu mau berusaha, kamu pasti bisa.”
    • “Ibu guru yakin, kamu adalah anak yang diberi Tuhan kepandaian, ayo…coba lagi…dan kita akan buktikan bahwa kamu lebih pintar dari yang kamu duga”
    • “Dulu saat mama lahir jadi bayi juga tidak langsung bisa matematika. Mama bisa matematika juga karna berusaha dan belajar, akhrinya bisa juga. Dan mama yakin, kamu pasti bisa…ayo kita berdoa dulu sebelum belajar minta kepandaian dari Tuhan.”

Pelajari lebih lanjut materi ini di Bina Keluarga Bahagia Online School

TENTANG BINA KELUARGA BAHAGIA ONLINE SCHOOL

ADA 6 PILIHAN CARA PEMBAYARAN

MENGIKUTI BINA KELUARGA BAHAGIA ONLINE SCHOOL

APA YANG DIMAKSUD DENGAN BELI LINK

BELI LINK MEMUDAHKAN ANDA TETAP DAPAT MENGIKUTI

KELAS YANG SUDAH TERLEWAT

SIMAK PADA VIDEO BERIKUT INI

Hubungi Boaz Ari HP 08122690078

Atau Grace Sumilat HP 081946262599

Isi formulir pendaftaran pada:

bit.ly/BinaKeluargaBahagia

Kelas Kelas yang tersedia sbb:

Kelas Pra Natal/ Kelas Ibu Hamil/ Kelas Janin

Kelas Parenting

Kelas Micro Teaching untuk Bayi

Kelas Penggiat Anak; untuk Guru Agama, Guru Sekolah Minggu, Pembimbing Anak, Orang Tua , dll

PROGRAM FREE UNTUK KELUARGA DI INDONESIA

  1. JCA RESTORE OUR FAMILY; Materinya adalah ; Micro Teaching for Parent and Teacher

Saksikan live streaming di FB Grace Sumilat sedianya setiap Sabtu jam 18.00 , di alamat FB https://www.facebook.com/grace.sumilat.3/

2. Ikuti Pengajaran Berseri BERBAGI RHEMA; materinya adalah pendalaman Alkitab

Dengan mengikuti semua informasi melalui Group WA; Berbagi Rhema, ikuti link ini untuk gabung di WA Group secara otomatis

https://chat.whatsapp.com/EkvaWqP7tEh7tPEfNO1EfY

BAGAIMANA SAYA BISA TERLIBAT DI

BINA KELUARGA BAHAGIA ONLINE SCHOOL?

2 pemikiran pada “GAYA BAHASA/ POLA PERKATAAN YANG SALAH DARI PARA PENDIDIK

Tinggalkan komentar