PENELUSURAN MINAT DAN BAKAT ANAK DALAM 8 DIMENSI KECERDASAN DI SEKOLAH MINGGU/ DI SEKOLAH ANDA


SUASANA PUJIAN AWAL
SUASANA PUJIAN AWAL
SUASANA PUJIAN AWAL
SUASANA RUANG KONSULTASI YANG SUDAH DIPERSIAPKAN
SUASANA RUANG KONSULTASI YANG SUDAH DIPERSIAPKAN
KAIN LATAR BELAKANG PHOTO UNTUK PERSIAPAN SERTIFIKAT, ANAK-ANAK PHOTO DI GEREJA SEMENTARA ORANG TUA BERKONSULTASI
KAIN LATAR BELAKANG PHOTO UNTUK PERSIAPAN SERTIFIKAT, ANAK-ANAK PHOTO DI GEREJA SEMENTARA ORANG TUA BERKONSULTASI

Lahirnya acara ini, menghasilkan materi ini.

Berawal dari SIL (Sekolah Injil Liburan) 2012 yang lalu, dimana salah satu thema yang diminta oleh GPDI Temanggung, adalah Maximum Potecy dimana judul yang sama juga menjadi judul salah satu sesi, yaitu sesi pertama.

Saya melayani di 5 Sil, dimana 4 diantaranya semua menggunakan thema yang dibuat oleh GPDI Temanggung tersebut.

Sampai-sampai tidak sempat membuat acara SIL di sekolah minggu di gereja sendiri, disamping karna di SM di gereja saya, saya tidak berwewenang untuk mengadakan acara semacam SIL tersebut.

Alhasil, beberapa orang agak ‘protes’, karna ingin juga di gereja sendiri diadakan MAXIMUM POTENCY, akhirnya dengan seijin ketua dept anak di gereja saya, kami mengadakan MAXIMUM POTENCY  ini, dalam kurun waktu 2,5 bulan.

Dari yang seharusnya satu sesi berdurasi dua jam dalam SIL, kini dijadikan 10 pertemuan, maraton.

Dalam pertemuan pertama, kami menjelaskan ke anak-anak apa itu 8 dimensi kecerdasan, ala Alkitab.

Dalam pertemuan ke dua hingga pertemuan ke 9, tiap minggunya kami menggunakan 2-3 jam untuk multi games dimensi kecerdasan , misalnya minggu ini games music smart, minggu depan word smart, dst

Jika dalam SIL tiap dimensi kecerdasan hanya satu game untuk kelas besar dan satu game untuk kelas kecil, kini di gereja kami, tiap dimensi kecerdasan kita punya MULTI GAMES, ada yang 12 game, ada yang 8 game, dst

Di minggu ke 10, kami membuat acara special, dimana kami mengundang semua wali murid untuk hadir mengikuti acara KONSULTASI MINAT DAN BAKAT ANAK, dimana semua guru SM saya training untuk jadi Konsultan bagi wali murid, dan juga tiap orang tua mendapat undangan resmi seminggu sebelumnya.

Hasilnya ternyata luar biasa, para orang tua menjadi bersyukur karna dengan adanya acara ini, anak-anak mereka bisa diketahui minatnya ( ada yang sebagaian besar sudah diduga oleh orang tua murid, bidang-bidang yang paling diminati anak, tetapi ada juga yang merupakan KEJUTAN)]

Saya punya impian, seandainya saja gereja-gereja, sekolah-sekolah, dan sekolah-sekolah minggu mengadakan acara yang sama…..tentu anak-anak Indonesia bisa bertumbuh Jenius, karna selain diisi Firman Tuhan, juga ditolong untuk menelurusi minat dan bakatnya,

Nah…saya cukup kelabakan juga bagaimana cara menganalisa minat anak dari semua multi games tersebut

PUJI TUHAN…sumber hikmat kita…!!

Tuhan menolong saya untuk mengubah, hasil pengamatan berupa skala, ke angka, dari angka diubah lagi menjadi kalimat kesimpulan yang nantinya menjadi raport anak.

Nah…anda tinggal klik saja tautan di bawah ini , untuk belajar bagaimana caranya membuat RAPORT / LAPORAN pada orang tua murid , mengenai minat anak.

TATA CARA PENGOLAHAN DATA MULTI GAMES 8 DIMENSI KECERDASAN

semua nama dalam tautan di atas menggunakan nama samaran untuk melindungi identitas dari anak-anak.

6 GAMES BODY SMART

2 GAMES LOGIC SMART

8 GAMES PEOPLE SMART

13 GAMES PICTURE SMART

8 GAMES SELF SMART

8 GAMES MUSIC SMART

16 GAMES WORD SMART

2 GAMES NATURE SMART ( PENGEMBANGAN MATERI)

Ketua Dept Anak di gereja kami memberi saran untuk di minggu ke 11, kami membagian BUKU PANDUAN MAXIMUM POTENCY , dan juga lembar HIASAN DINDING berupa satu lembar sertifikat, yang isinya nama anak dan foto serta logo-logo yang disertakan pada sertifikat itu. Jika anak itu minat di music smart, kami menyantumkan logo MUSIC SMART itu di hiasan dinding tersebut. Laminating dan ditempel di dinding

Contoh certificate milik ananda saya, Melody, ini adalah design dari Kak Intan, beliau adalah mantan murid sekolah minggu saya yang kini menjadi rekan guru / kakak guru ( di SM kami, yang belum menikah disebut ‘kakak guru’) terimakasih pada Kak intan atas design-nya yang bisa jadi berkat buat semuanya.

Logo-logo kami ambil dari gambar yang ada di internet, tetapi khusus logo NUMBER SMART ( yang anda jumpai di net) kami ubah menjadi LOGIC SMART- karna kata logic smart lebih tepat (cakupannya tidak sekedar logika di angka saja, tetapi lebih luas daripada itu)

contoh certificate milik ananda saya MELODY
contoh certificate milik ananda saya MELODY
logo terkait
logo terkait
logo 2- terkait
logo 2- terkait

LOGO DI ATAS SUDAH KAMI EDIT DARI AWALNYA ; NUMBER SMART MENJADI LOGIC SMART.

logo 3-terkait
logo 3-terkait
logo 4-terkait
logo 4-terkait
logo 5 terkait
logo 5 terkait
logo 6 - terkait
logo 6 – terkait
logo 7 terkait
logo 7 terkait
logo 8- terkait
logo 8- terkait

SERTIFICATE kosongan dapat anda lihat contohnya di sini..

CERTIFICATE MAX POTENCY
CERTIFICATE MAX POTENCY

Tinggalkan komentar