15. TIE A YELLOW RIBBON

CERITA ini adalah cerita yang pas dan cocok diceritakan di moment paskah. Selamat bercerita….Power Point pun sudah saya sertakan, Tuhan memberkati pelayanan Anda dan anak-anak yang anda layani


MINGGU KE 15

CERITA ALKITAB PER KELAS

TIE A YELLOW RIBBON

SIKAP HATI : BERTOBAT / REPENT

Cerita ini adalah cerita inspirasional yang juga bisa di pakai di acara gabungan di moment paskah, ataupun bisa juga dipakai di acara gabungan seluruh kelas di bulan april menjelang paskah/ pra paskah.

Saya juga mencantumkan foto property cerita yang dapat anda siapkan dari rumah.

siapkan ranting kering dan vas bunga besar serta pita kuning
siapkan ranting kering dan vas bunga besar serta pita kuning

ditaruh di atas vas bunga, biarkan anak-anak yang menyematkan pita kuning ini di akhir cerita
ditaruh di atas vas bunga, biarkan anak-anak yang menyematkan pita kuning ini di akhir cerita

pakai selama anda bercerita
pita merah sebagai gelang acsecories selama bercerita gambarkan darah Yesus

MINGGU KE 15
CERITA ALKITAB PER KELAS
TIE A YELLOW RIBBON
SIKAP HATI : BERTOBAT / REPENT

CERITA MODIFIKASI
Cerita di atas disederhanakan/disadur  dengan bahasa anak-anak dan didramatisir sedikit oleh penulis.
Dan nama Tom adalah nama karangan, walau cerita ini true story, karna Koran di New York itu tidak menuliskan nama asli dari tokoh kisah nyata ini.
Cerita Ilustrasi / dari True Story
Alat peraga berupa barang
Guru bercerita dengan Gaya Dramatisir
Power Point Tersedia

Dahulu kala, pada tahun 1971, di sebuah Koran di New York diberitakan sebuah kisah yang sungguh-sungguh terjadi. (Koran)
Ada seorang pria yang hidup di sebuah kota kecil di White Oak, Georgia, Amerika. Sebut saja namnya  Tom. Tom mempunyai istri yang sangat cantik dan anak-anak yang lucu.

Namun sayang sekali, Tom sering mabuk-mabukan, ia sering memukuli anak dan istrinya. (botol)
Pada suatu malam, Tom memutuskan untuk pergi ke kota besar, New York. Tapi Tom tidak punya uang. Singkat cerita, Tom mencuri uang istrinya dan ia nekad, malam itu juga ia pergi naik Bus ke New York.
Di New York, Tom hidup dalam dosa, ia berfoya-foya dan hidup bersenang-senang. (uang)

Sampailah pada sesuatu hari, pekerjaannya gagal, dan ia jadi orang miskin, tidak punya uang lagi. Semua teman-temannya meninggalkan dia setelah dia tidak punya uang lagi. Lalu apa yang dia lakukan? Untuk mendapatkan uang,  Tom menipu seseorang, dan akhirnya karna tertangkap polisi, ia masuk dalam penjara selama 3 tahun. (Borgol/rantai/ tali pramuka)

Setelah tiga tahun berlalu, Tom teringat akan istri dan anak-anaknya, dai merindukan istrinya, dia merindukan anak-anaknya. Ia mulai menangis “ hik….hik…..istriku…..hik…hik…. anakku…”
Tapi bagaimana caranya agar bertemu mereka? Dia malu, dia takut istri dan anak-anaknya marah kepadanya. Dia membayangkan…..saat dia mengetuk pintu…pintu dibuka dan ada wajah-wajah yang marah, berteriak …”Pergi dari siniiiiiiii” mengusir dia. “Papa jahaaaaaaat, kami tidak mau bertemu dengan papa lagiiiiiiiiiiiiiiiii, kami benci papaaaaaaaaa, pergiiiiiii pa pergiiiiiiiii……!!!!”

Beberapa saat sebelum ia keluar dari penjara, ia memutuskan untuk mengirim sepucuk surat untuk istri dan anak-anaknya. Di surat itu dia menuliskan (Sepucuk kertas surat, pena dan amplop)

“ maafkan aku, aku sudah pergi dari rumah tanpa pamit, aku sudah menyusahkan kalian selama bertahun-tahun….terus terang, aku masih mencintai dan menyayangi kalian semua….aku masih punya satu harapan…yaitu berkumpul kembali bersama kalian seperti dulu lagi…aku ingin jadi ayah yang baik dan suami yang baik, tapi mungkin penyesalanku ini sudah terlambat. Yang paling aku takutkan adalah kalau kalian sudah tidak mau menerima aku lagi. Dalam minggu ini aku akan pulang, jika kalian masih mau menerima aku, tolong ikatkanlah satu pita kuning pada satu-satunya pohon beringin yang ada di alun-alun kota. Ketika aku melihat pita kuning itu, aku tahu bahwa kalian mau memaafkan aku. Tapi kalau tidak ada pita kuning  itu, aku tidak akan turun dari Bus, tapi akan terus melanjutkan perjalananku ke Miami. Seumur hidupku aku tidak akan berani menemui kalian lagi, dan aku berjanji tidak akan mengganggu kalian lagi.”

Seminggu telah berlalu, tidak ada surat balasan dari istrinya yang dialamatkan ke penjara itu. Tom sangat gelisah, hatinya tidak damai, hatinya penuh rasa takut, ia takut ditolak dan diusir oleh anak dan istrinya. Jangan-jangan surat itu tidak nyampai ya……atau kalau nyampai….jangan-jangan istrinya tidak mau mengampuninya ya…..sudah sebesar apa anak-anakku sekarang…..jangan-jangan mereka marah kepadaku dan menyobek-nyobek suratku….aku memang bukan ayah yang baik

Hari itu hari pembebasannya, Tom naik bus menuju Miami, Florida, yang melewati kampung halamannya White Oak. Hatinya berdebar-debar saat Bus mendekati alun-alun kota white Oak.
Dia sangat sangat gugup. Seisi bis mendengar ceritanya, dan mereka meminta kepada sopir bus itu, “Tolong, pas lewat White Oak, jalan pelan-pelan…kita mesti lihat apa yang akan terjadi…”
Hatinya berdebar-debar saat bis mendekati pusat kota White Oak. Dia tidak berani mengangkat kepalanya. Keringat dingin mengucur deras.
Akhirnya dia melihat pohon itu. Air mata menetas di matanya…
Dia tidak melihat sehelai pita kuning…
Tidak ada sehelai pita kuning….
Tidak ada sehelai……
Melainkan ada seratus helai pita-pita kuning….bergantungan di pohon beringin itu…Ooh…seluruh pohon itu dipenuhi pita kuning…!!!!!!!!!!!! (ranting dan banyak pita kuning)
Kisah nyata ini menjadi lagu hits nomor satu pada tahun 1973 di Amerika.
Sang sopir langsung menelpon surat kabar dan menceritakan kisah ini. Seorang penulis lagu menuliskan kisah ini menjadi lagu, “Tie a Yellow Ribbon Around the Old Oak Tree”, dan ketika album ini di-rilis pada bulan Februari 1973, langsung menjadi hits pada bulan April 1973.
I’m coming home
I’ve done my time And I have to know what is or isn’t mine
If you received my letter telling you I’d soon be free
Then you’d know just what to do
If you still want me
If you still want me
Oh tie a yellow ribbon
‘Round the old oak tree It’s been three long years
Do you still want me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
I’ll stay on the bus, forget about us
Put the blame on me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
Bus driver please look for me ‘Cause I couldn’t bare to see what I might see
I’m really still in prison And my love she holds the key
A simple yellow ribbon’s all I need to set me free
I wrote and told her please
Oh tie a yellow ribbon ‘Round the old oak tree It’s been three long years
Do you still want me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
I’ll stay on the bus, forget about us
Put the blame on me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
Now the whole damn bus is cheering And I can’t believe
I see A hundred yellow ribbons ‘Round the old, the old oak tree
Tie a ribbon ’round the old oak tree…

Inti Cerita

Nah adik-adik, cerita ini menggambarkan bahwa Tom melakukan banyak dosa, dosa itulah yang membuat hidupnya tidak tenang, hatinya tidak ada damai sejahtera. Karna ia berbuat salah, ia takut bertemu dengan istri dan anak-anaknya.

Seperti itu juga dengan kita, jika kita berbuat hal-hal yang berdosa, misalnya mencuri, berbohong, ngomong kotor, marah-marah, tidak menghormati orang tua, tidak taat pada orang tua, tidak mengerjakan PR, mencontek saat ulangan, membicarakan kejelekan teman/orang lain, malas, dan masih banyak lagi…hati kita tidak akan merasakan damai…kita malu kepada Tuhan, dan terkadang membuat kita jadi malas berdoa, malas membaca Firman Tuhan, bahkan malas ke sekolah minggu.

Contohnya seorang murid yang tidak mengerjakan PR, saat bertemu Bu/Pak Guru, ia merasa takut ketahuan, ia merasa takut dihukum/ distrap.

Tapi untunglah….Tom bertobat dan menulis surat pada keluarganya, ia memohon maaf. Dan keluarganya pun memaafkannya, dan memberi tanda dengan ratusan pita kuning itu

Demikian juga dengan kita, saat kita berdosa, sebaiknyalah kita cepat-cepat meminta ampun kepada Tuhan Yesus, menyebutkan apa dosa kita dan minta Tuhan mengampuninya.

Misalnya begini ….” Tuhan aku tadi sudah berbohong pada mamaku, ampuni aku ya Tuhan..”
Apakah  Tuhan Yesus mau mengampuninya?

Ya tentu saja Dia mau, karna di  I Yoh 1:9 tertulis; “ Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan”

Amsal 28:13 berkata:
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi

Kalau keluarga Tom mengikatkan ratusan pita kuning sebagai tanda mereka mau menerima Tom pulang kembali, Tuhan Yesus juga sudah meneteskan darah merah-Nya di Kayu Salib untuk menunjukkan bahwa dosa kita sudah diampuni. (gambar Yesus di Salib/ Salib bernoda darah)

Penyadur, GRACE

ALTERNATIF KEGIATAN SETELAH CERITA

Aktifitas Kelas Pra Remaja:
•    membaca syair lagu “Tie a Yellow Ribbon Around the Old Oak Tree”, dengan nada berpuisi, lihat di halaman bawah (siap print dan gunting)

Aktifitas Kelas Tengah :
•    Mengikatkan pita kuning pada ranting kering, lomba tercepat dan terapi
•    Menirukan Gaya Penyanyi dengan menggunakan mike dari wortel diiringi lagu “Tie a Yellow Ribbon Around the Old Oak Tree”
•    Menirukan gaya pemain band dengan alat musik mainan (gitar mianan, dll yang disediakan oleh guru)

Aktifitas Kelas Kecil;
•    Menari meingikuti irama lagu dengan melambaikan pita kuning yang sudah diikatkan di tongkat ( dari sumpit mie )

Aktifitas Lain
•    Lomba merangkai ayat hafalan.

POWER POINT NASKAH INI DAPAT ANDA KLIK DI BAWAH INI:

tie a yellow ribbon PPT

Atau anda dapat menjadikan 6 pos untuk games:

GAME PASKAH DENGAN 6 POS

 

Setelah cerita Tie A Yellow Ribbon telah disampaikan dengan baik, ajaklah anak-anak mengunjungi pos-pos game paskah yang telah kita siapkan sebelumnya di seputar arena hall atau di ruangan-ruangan kelas, atau bahkan di outdoor.  Anak-anak bebas mengunjungi pos-pos ini yang mana dahulu sesuai minat mereka dan pos-pos ini dapat anda kembangkan sendiri sesuai kreatifitas anda.

 

Panitia dapat menyiapkan KUPON POINT untuk dibagikan pada tiap pos sesuai keberhasilan game tiap anak dan kupon tersebut nanti dapat ditukarkan hadiah di akhir acara

 

POS 1. JADI DIRIGEN CILIK

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Laptop yang sudah dipersiapkan tayangan lagu Tie A Yellow Ribbon
  • Pengeras suara
  • Stiek untuk sang dirigen cilik
  • Pita kuning yang diikatkan pada stiek dirigen tersebut
  • Jas Cilik khas dirigen ( kalau ada)

 

Pengunjung Pos

  • Berpura-pura menjadi dirigen yang memimpin Band dan Vocalis lagu Tie A Yellow Ribbon, dengan menggunakan stiek dirigen berpita kuning yang telah disediakan

 

Skala Penilaian:

  • Luwes mengikuti irama dapat point 5
  • Kurang luwes mengikuti irama mendapat point 3

 

Keterangan: pos 1 ini boleh digabung dengan pos 2

 

 

POS 2. BAND DAN VOKALIS CILIK

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Alat musik mainan ( gitar, keyboard, drum dll)
  • Microphone mainan
  • Laptop yang sudah dipersiapkan tayangan lagu Tie A Yellow Ribbon
  • Pengeras suara

 

Pengunjung Pos

  • Menirukan Gaya Penyanyi dengan menggunakan mike dari wortel diiringi lagu “Tie a Yellow Ribbon Around the Old Oak Tree”
  • Menirukan gaya pemain band dengan alat _usic mainan (gitar mianan, dll yang disediakan oleh guru)

 

Skala Penilaian:

  • Luwes mengikuti irama/syair dapat point 5
  • Kurang luwes mengikuti irama/syair mendapat point 3

 

Keterangan: pos 2 ini boleh digabung dengan pos 1

 

 

 

POS 3. PENARI CILIK

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Laptop yang sudah dipersiapkan tayangan lagu Tie A Yellow Ribbon
  • Pengeras suara
  • Pom-pom girl yang terbuat dari pita kuning, dua pom-pom untuk tiap anak putri
  • Persiapkan untuk 3 sampai 5 penari ( 6-10 pom=pom), dan dua pom-pom untuk guru penjaga pos
  • Persiapkan BANNER warna kuning untuk 3-5 penari putra dan satu banner untuk guru penjaga pos

 

Pengunjung Pos

  • Bisa perorangan atau kelompok 3-5 anak
  • Menari mengikuti gerakan guru penjaga pos
  • Anak putri menggunakan pom-pom girl sedangkan anak putra menggunakan Banner

 

Skala Penilaian:

  • Luwes mengikuti gerakan guru dapat point 5
  • Kurang luwes mengikuti gerakan guru mendapat point 3

 

 

POS 3. PENGAMPUNAN KELUARGA TOM

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Dua atau tiga fas bunga dengan ranting kering
  • Pita kuning dengan jumlah yang sama untuk tiap fas yang ada

 

Pengunjung Pos

  • Mengikatkan/menyematkan  pita kuning pada rangting kering,  lomba tercepat dan terapi

 

Skala Penilaian:

  • Kalau cepat dan rapi mendapat point 5
  • Kalah cepat dan kalah rapi mendapat point 3

 

 

POS 4.  PUISI TOM

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Syair lagu Tie A Yellow Ribbon sebagai puisi- siap copy dan gunting
  • Microphone dan soundsystem

—————————————-siap copy dan gunting—————————————————

Tie A Yellow Ribbon

I’m coming home
I’ve done my time And I have to know what is or isn’t mine
If you received my letter telling you I’d soon be free
Then you’d know just what to do
If you still want me
If you still want me
Oh tie a yellow ribbon
‘Round the old oak tree It’s been three long years
Do you still want me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
I’ll stay on the bus, forget about us
Put the blame on me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
Bus driver please look for me ‘Cause I couldn’t bare to see what I might see
I’m really still in prison And my love she holds the key
A simple yellow ribbon’s all I need to set me free
I wrote and told her please
Oh tie a yellow ribbon ‘Round the old oak tree It’s been three long years
Do you still want me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
I’ll stay on the bus, forget about us
Put the blame on me If I don’t see a yellow ribbon ‘Round the old oak tree
Now the whole damn bus is cheering And I can’t believe
I see A hundred yellow ribbons ‘Round the old, the old oak tree
Tie a ribbon ’round the old oak tree…

—————————————-siap copy dan gunting—————————————————

Pengunjung pos:

  • Membaca teks PUISI TOM dengan intonasi dan pengucapan yang baik

 

Skala Penilaian:

  • Kalau pengucapan dan intonasi bagus mendapat point 10
  • Kalah pengucapan dan intonasi kurang bagus mendapat point 5

 

 

POS 4. PERTOBATAN KITA

 

Yang dipersiapkan guru:

  • I Yohanes 1: 9 dan Amsal 28: 13 diketik dan digunting per kata serta dimasukkan dalam amplop
  • Steorofoam
  • Pita kuning/kain kuning
  • Paku kertas
  • Sediakan pita kuning /kain kuning pada steorofoam untuk anak-anak menancapkan kata-kata sesuai kalimat dalam Alkitab pada steorofoam tersebut menggunakan paku kertas.

 

Pengunjung Pos

  • Mengambil potongan-potongan kata dalam ampop dan menyusun dua ayat tersebut dengan menancapkan tiap susunan pada steorofoam

 

Skala Penilaian:

  • Kalau urutan bagus dan pengerjaan cepat mendapat point 10
  • Kalah urutan ada yang salah dan pengerjaan kurang cepat mendapat point 5

 

 

POS 5. AKU YANG BERCERITA

 

Yang dipersiapkan guru:

  • Laptop berisi Power Point materi ini atau GAMBAR materi ini
  • Microphone
  • Penonton/pendengar ( bisa wali murid yang dikumpulkan, guru lain atau murid lain yang antri)

 

Pengunjung Pos

  • Berani menceritakan kembali kisah Tie A Yellow Ribbon sampai selesai dengan menarik, menggunakan Power Point atau gambar yang telah disediakan

 

Skala Penilaian:

  • Kalau bercerita dengan bagus mendapat point 20
  • Kalah bercerita dengan lumayan bagus mendapat point 10

 

 

POS 6

Tukarkan semua point dengan hadiah-hadiah yang digelar di pos 6 ini.

 

Berikut saya tambahkan souvenir yang dibuat oleh Hioe Angela, saat bercerita paskah di GKRI Jakarta.

Prepare Souvenir for 150 kids Sunday School.

Medal No.1 symbol Jesus is always no 1,Memori Verse Rom 8:37

and Mirror symbol Bible is our mirror.

Red ribbon symbol Jesus blood and

Yellow ribbon symbol Jesus forgiveness.

Preaching Sunday School GKRI Passover day.

Topic”Resurrection & Conquer devil”.

Ide dari Roh Kudus, diimplementasikan oleh Hioe Angela, GKRI Jakarta.

Terima kasih pada Kak Hioe telah berbagi dengan kita semua

Saat saya bertanya apakah ini Handmade? Kak Hioe menjawab sbb:

Kak Grace:itu handmade guru yg tugas bagian souvenir cari gantungan kunci,karena ide dr Tuhan walau agak susah carinya ketemu juga. gantungan kunci bisa di buka dan kita masukan tulisan no I Jesus is number one dlm hidup anak2.di belakangnya ayar Rom 8 :37.Dan kaca adalah spt bible cermin kehidupan kita. Anak2 harus SMART:Saya Membaca Alkitab Rutin Tiap hari.

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

2 thoughts on “15. TIE A YELLOW RIBBON”

  1. Shallom, saya adalah guru sekolah minggu dan juga pengurus komisi daerah Pelnap Sulawesi Tengah… saya sangat diberkati dengan materi yang dibagikan ibu Grace di situs ini dan mulai memakainya untuk memberkati anak-anak di gereja lokal saya mulai bulan maret 2013 ini… salah satunya lomba foto paskah… wah luar biasa sekali, anak-anak sangat diberkati… saya berdoa supaya berkat dari Tuhan Yesus memenuhi ibu sekeluarga dan pelayanannya…

    Charter Punuh
    Gereja Anak LIFE KIDS
    PELNAP GPdI Keluarga Ilahi, Palu, Sul-Teng

    1. Puji Tuhan..jika sudah jadi berkat di sana…boleh donk koment yang sama dikirim ke tulisan lomba foto paskah, agar pembaca materi tersebut dapat mengetahui ada gereja yang benar-benar mempraktekkan materi ini di gereja lokal.

      Sekedar Info, mulai Juli 2013 nanti, kami akan pindah ke Kendari. GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s