SINOPSIS SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG, ROMA PASAL 8


BACA TULISAN TERKAIT:

SINOPSIS SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG ROMA PASAL 8

SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG SESI 1 AKU DIPILIH

SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG SESI 2 AKU DITENTUKAN

SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG SESI 3 AKU DIPANGGIL

SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG SESI 4 AKU DIBENARKAN

SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG SESI 5 AKU DIMULIAKAN

LEBIH DARI PEMENANG

( 2015)

GARIS BESAR MATERI SEKOLAH INJIL LIBURAN

GBT TASIK MALAYA

JUNI-JULI 2015

 

THEMA ; Lebih Dari Pemenang (More than Conquerors)

AYAT THEMA SIL ;

Roma 8: 37

Tetapi dalam semuanya itu

kita lebih dari pada orang-orang yang menang,

oleh Dia yang telah mengasihi kita.

SELURUH SESI AKAN MEMBAHAS KESELURUHAN ROMA PASAL DELAPAN

Roma 8: 1-39.

 

Sinopsis SIL dari Roma pasal 8 ini akan memiliki kissi-kissi sbb:

  1. Thema : Lebih dari Pemenang/ More than Conquerors.
  2. Seluruh sesi akan membahas keseluruhan dari Roma pasal 8:1-39
  3. Seluruh sesi dari sesi 1-sesi 5 akan memiliki ayat kunci/ayat thema Roma 8: 37 , Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.
  4. Pembagian seluruh Roma pasal 8 :1-39, terdiri dari pembagian sbb:
    1. Sesi 1: Roma 8:1-8
    2. Sesi 2; Roma 8: 9-13
    3. Sesi 3; Roma 8: 14-17
    4. Sesi 4; Roma 8: 18-30
    5. Sesi 5; Roma 8: 31-39
  5. Nama-nama Sesi diambil dari Intisari dari Roma pasal 8:28-30
    1. Sesi 1; Aku dipilih
    2. Sesi 2; Aku ditentukan
    3. Sesi 3; Aku dipanggil
    4. Sesi 4; Aku dibenarkan
    5. Sesi 5; Aku dimuliakan
  6. Karena dibahas mengenai lebih dari pemenang, maka semua sesi akan terkait dengan BARANG SIAPA MENANG…. dst yang ada di 7 jemaat dalam kitab Wahyu. Jika dihubungkan pembahasan mengenai DIPILIH, DITENTUKAN, DIPANGGIL, DIBENARKAN dan DIMULIAKAN, ternyata kelima-limanya ada diwakili oleh jemaat-jemaat yang dibahas dalam kitab wahyu, karena pada tiap jemaat ada PARA PEMENANG- yang mendapat hadiah dari Tuhan.
  7. Semua sesi akan mengedepankan karya Roh Kudus karena Roma Pasal delapan ini paling banyak menuliskan/ memunculkan pribadi Roh Kudus dibandingkan dengan pasal-pasal lain mana pun dalam kitab Roma
  8. Setiap garis besar dari tiap sesi akan mengawali materi, juga dari sesi-sesi sebelumnya, karena tiap sesi merupakan suatu bentuk seri yang berkesinambungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIPILIH- SESI 1

ROMA 8:28-30

8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

Ef 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih 1  kita i  sebelum dunia j  dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat k  di hadapan-Nya.

I Pet 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, m  imamat n  yang rajani, bangsa o  yang kudus 1 , umat kepunyaan Allah p  sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya q  yang ajaib:

Wahyu 3:14 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: p  Inilah firman dari Amin, Saksi q  yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan r  Allah: 3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: s  engkau tidak dingin dan tidak panas. t  Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. 3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, u  dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, v  3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, w  agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian x  putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu y  yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. 3:19Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; z  sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! a  3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu b  dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku 8  dan membukakan pintu, c  Aku akan masuk d mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. 3:21 Barangsiapa menang,e  ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, f  sebagaimana Akupun telah menang g  dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. 3:22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan h  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat 9 .”

Jemaat Laodikia perlu membukakan pintu untuk Kristus. Perlu mengandalkan Kristus dalam hidup mereka, bukan kekayaan mereka.

SESI 1 .AKU DIPILIH

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

DENGAN MENERIMA KRISTUS SEBAGAI TUHAN OLEH KARYA ROH KUDUS

SEHINGGA KITA MENJADI UMAT PILIHAN ALLAH

Roma 8: 1-8

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman  bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

Roh , yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus 

dari hukum dosa  dan hukum maut.

Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat

karena tak berdaya oleh daging, 

telah dilakukan oleh Allah.

Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging,

yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa,

Ia telah menjatuhkan hukuman  atas dosa di dalam daging,

supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita  ,

yang tidak hidup menurut daging,

tetapi menurut Roh. 

Sebab mereka yang hidup menurut daging,

memikirkan hal-hal yang dari daging; 

mereka yang hidup menurut Roh ,

memikirkan hal-hal yang dari Roh. 

Karena keinginan daging adalah maut, 

tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.  

Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, 

karena ia tidak takluk kepada hukum Allah;

hal ini memang tidak mungkin baginya.

Mereka yang hidup dalam daging, 

tidak mungkin berkenan kepada Allah.

 

Thema sesi 1; AKU DIPILIH

Tujuan sesi 1

Untuk menjadi lebih dari pemenang, anak-anak harus mengambil langkah  menerima Kristus sebagai Tuhan dan juru selamat sehingga mereka disebut sebagai umat PILIHAN ALLAH. Untuk kita bisa menerima Kristus, kita membutuhkan karya Roh Kudus. I Kor 12:3

Ayat Mas: Markus 9:50

Ada tantangan / altar calling untuk terima Kristus sehingga kita dimerdekakan dari hukum dosa dan hukum maut

 

INTISARI SESI 1:

Manusia hidup berseteru dengan Allah, karena ada keinginan daging.

Keinginan daging tidak takluk pada hukum Allah, sehingga manusia tidak berkenan kepada Allah.

Manusia yang hidup menurut daging akan memikirkan hal-hal yang dari daging.

Keinginan daging itu adalah maut.

Oleh karena itu, manusia harus hidup diperdamaikan dengan Allah, dia tidak mungkin mengusahakan perdamaian itu sendiri, karena ada keinginan daging yang terus tidak mau taat kepada hukum Allah.

Manusia yang hidup di dalam daging, dan pikirannya memikirkan hal-hal yang dari daging dan keinginan daging itu adalah maut, berada di bawah belenggu HUKUM DOSA DAN HUKUM MAUT.

Untuk itulah Allah Bapa mengaruniakan Yesus datang ke dunia dan memberikan jalan keluar atas masalah ini. Yesus menanggung semua hukuman dosa kita dengan menyerahkan tubuh dan darah-Nya di kayu salib, agar kita bisa diperdamaikan dengan Allah.

Roh Kudus menolong kita untuk kita bisa menerima Kristus dalam hidup kita

I Kor 12: 3

Karena itu aku mau meyakinkan kamu,

bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah,

dapat berkata “Terkutuklah Yesus!”

dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku “Yesus adalah Tuhan”,

selain oleh Roh Kudus.

Saat kita menerima Kristus sebagai juru selamat kita, maka saat itulah kita hidup di dalam Roh, tidak hidup di dalam daging lagi.

Orang yang hidup dalam Roh, adalah karena Roh Allah diam di dalam hidup kita.

Seseorang menjadi milik Kristus setelah memiliki Kristus di dalam dirinya

Manusia yang hidup dalam Roh memikirkan hal-hal yang dari Roh

Keinginan Roh adalah  HIDUP DAN DAMAI SEJAHTERA (Roma 8:6)

Saat kita menerima Kristus menjadi Tuhan dalam hidup kita, oleh karya Roh Kudus, saat itulah kita menjadi umat PILIHAN ALLAH.

AYAT –AYAT TENTANG AKU DITENTUKAN- SESI 2

ROMA 8:28-30

8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

Kekayaan orang-orang yang terpilih

Efesus

1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus g  telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. h  1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih 2  kita i  sebelum dunia j  dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat k  di hadapan-Nya. 1:5 Dalam kasih l  Ia telah menentukan m  kita dari semula 3  oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya 4 , n  sesuai dengan kerelaan o  kehendak-Nya, 1:6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya p yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. q  1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya r  kita beroleh penebusan, s  yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan t  kasih karunia-Nya, 1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. 1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia u  kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya v  di dalam Kristus1:10 sebagai persiapan kegenapan w  waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus x  sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi. 1:11 Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan–kami yang dari semula ditentukan y  untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan z  kehendak-Nya– 1:12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. a  1:13 Di dalam Dia b  kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, c  yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan d dengan Roh Kudus 5  6 , e  yang dijanjikan-Nya itu. 1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian f  kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan g  yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. h 

 

Kepada jemaat di Pergamus

Wahyu 2:12 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: q  Inilah firman Dia, yang memakai pedang r  yang tajam dan bermata dua: 2:13 Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis 8 ; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, s  juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia t kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam. u  2:14 Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: v  di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam 9 , w  yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala x  dan berbuat zinah. y  2:15 Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus. z  2:16 Sebab itu bertobatlah! a  Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka 10  dengan pedang yang di mulut-Ku ini. b 2:17 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan c  apa yang dikatakan Roh 11  kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, d  kepadanya akan Kuberikan dari manna e  yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, f  yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya. g 

Jemaat Pergamus masih hidup dalam kedagingan, oleh karena itu mereka perlu segera bertobat !.

 

 

 

 

 

 

 

SESI 2 .AKU DITENTUKAN

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 2. DENGAN HIDUP DALAM PIMPINAN ROH KUDUS DAN MENINGGALKAN KEDAGINGAN SEHINGGA KITA MENJADI UMAT YANG DITENTUKAN UNTUK SEMAKIN LAMA SEMAKIN SERUPA DENGAN KRISTUS

Roma 8: 9-13

Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, 

melainkan dalam Roh,

jika memang Roh Allah diam di dalam kamu  . 

Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus,  

ia bukan milik Kristus.

Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, 

maka tubuh memang mati karena dosa ,

tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

Dan jika Roh Dia,

yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, 

diam di dalam kamu,

maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati,

akan menghidupkan juga tubuhmu  yang fana itu

oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang,

tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. 

Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; 

tetapi jika oleh Roh

kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu , 

kamu akan hidup. 

Thema sesi  2; AKU DITENTUKAN

Tujuan sesi 2

Agar anak-anak meninggalkan kedagingan, dan menyerahkan hidupnya menjadi milik Kristus, sehingga  hidup mereka DITENTUKAN untuk serupa dengan Kristus.  Hal ini hanya bisa dimungkinkan oleh karya Roh Kudus. (Roma 8: 13)

Ayat mas: Galatia 5: 16

Ada tantangan/ Altar Calling untuk mengambil keputusan tinggalkan kedagingan

Di sesi 1 tadi, kita sudah mengajak anak-anak untuk menerima Kristus sehingga mereka bisa merdeka dari hukum dosa dan hukum maut.

INTISARI SESI 2

Sejak kita menerima Kristus , maka roh kita dihalirkan kembali. Kita memiliki roh yang baru. Yaitu roh kita kini didiami Roh Kristus. Kini kita menjadi milik Kristus. Kita sudah diperdamaikan dengan Allah, kita sudah tidak ingin hidup dalam kedagingan lagi. Roh kita mengingini sesuatu yang berdamai dengan Allah, roh kita mengingini sesuatu yang berdamai dengan manusia.

Dalam hal ini roh kita masih bayi rohani. Kita sedang berlatih untuk bertumbuh di dalam Kristus. Seoalah-olah tidak ada sesuatu apa pun yang  membuat kita tampaknya berubah sejak kita menerima Kristus. Rambut kita tetap sama, senyuman kita tetap sama, kita tetap dengan umur kita sekarang, dll tetapi ada bagian di dalam kita…sangat dalam…yaitu roh kita, ada yang berubah. Kita sudah tidak ingin berbohong lagi. Tetapi tidak serta merta secara instan kita bisa jadi orang baru yang sama sekali tidak berbohong. Bisa jadi suatu saat kita jatuh dalam kebohongan. Saat kita berbohong, maka saat itu ada hati yang gelisah. Tidak seperti dulu, saat berbohong biasa saja, santai saja, tetapi sekarang ..?? Mulai ada kerinduan untuk tidak berbohong lagi. Orang-orang di sekitar belum melihat perbedaan yang terjadi dalam hidup kita, karena jiwa kita masih jiwa yang lama, jiwa yang terperangkap dalam dosa lama, seperti bohong, fitnah, iri, dll, tetapi roh kita sudah mulai tahu bahwa itu tidak baik, bahwa itu mendukakan Tuhan, bahwa Tuhan tidak suka kita berbohong, dst.

Pada saat itu sebenarnya jiwa kita ( yang terdiri dari pikiran-emosi-kehendak) masih ada di persimpangan jalan. Roh kita ingin mengikuti jalan-jalan Tuhan, tetapi daging kita masih ingin mengikuti jalan-jalan hikmat manusia, hikmat dunia dan hikmat setan-setan.

Seolah-olah jiwa kita menjadi suatu perebutan dua keinginan, yaitu keinginan daging dan keinginan Roh. Roh kita itu sangat menurut pada Tuhan, pada hukum Tuhan, namun daging kita sangat lemah, sangat ingin memberontak pada Tuhan, walaupun kita sudah menjadi milik Kristus.

Galatia 5: 1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka,

Kristus telah memerdekakan kita.

Karena itu berdirilah teguh

 dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Galatia 5; 13-18

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka.

Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan

untuk kehidupan dalam dosa,

melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu:

“Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan,

awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.

Maksudku ialah; hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh

dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging

—karena keduanya bertentangan—

sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh,

maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

Ada dua pilihan di sini:

  • Pilihan hidup menurut daging- kita akan mati
    • Hidup dalam roh perbudakan yang membuat kita menjadi takut lagi
  • Pilihan hidup menurut Roh- kita mematikan perbuatan-perbuatan tubuh/daging- kita akan hidup
    • Telah menerima Roh yang menjadikan kita anak Allah ( anak Allah tidak perlu takut lagi)
    • Roh itulah yang bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
    • Saat kita menjadi anak-anak Allah, kita menjadi ahli waris yang berhak menerima janji-janji Allah bersama-sama dengan Kristus (bersama-sama dalam penderitaan dan kemuliaan-Nya)

Untuk itu ada beberapa hal yang harus kita lakukan:

  • Hidup dipimpin oleh Roh Allah
  • Saat kita dipimpin oleh Roh Allah kita adalah anak Allah, oleh Roh itu lah kita berseru ‘ya Abba, ya Bapa !’
  • Saat kita terus hidup di pimpin oleh Roh Allah, kita dibawa kepada semakin serupa dengan Kristus (Roma 8:29)
  • Saat itulah kita sedang  menjadi umat yang DITENTUKAN, yaitu ditentukan untuk menjadi serupa dengan Kristus.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana ya caranya hidup dipimpin oleh Roh Allah itu?

  1. Berdiri teguh dan tidak mau lagi dikenakan kuk perhambaan terhadap kedagingan. Menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Galatia 5; 1, 24

Kedagingan yaitu: (Galatia 5; 19-21, 26)

  1. Percabulan
  2. Kecemaran
  3. Hawa nafsu
  4. Penyembahan berhala
  5. Sihir
  6. Perseteruan
  7. Perselisihan
  8. Iri hati
  9. Amarah
  10. Kepentingan diri sendiri
  11. Percideraan
  12. Roh pemecah
  13. Kedengkian
  14. Kemabukan
  15. Pesta pora
  16. Gila hormat
  17. Saling menantang
  18. Saling mendengki
  19. Dsb
  1. Hidup dalam buah Roh , yaitu:
    1. Kasih
    2. Sukacita
    3. Damai sejahtera
    4. Kesabaran
    5. Kemurahan
    6. Kebaikan
    7. Kesetiaan
    8. Kelemah lembutan
    9. Penguasaan diri
  2. Itu semua bisa didapat dari pergaulan dengan Kristus setiap hari dalam membaca Alkitab, berdoa dan bersekutu dengan Tuhan setiap hari. Tidak bisa instan. Semua membutuhkan proses berakar, bertumbuh sampai berbuah. Bahkan untuk berbuah lebat ada pemangkasan-pemangkasan lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIPANGGIL- SESI 3

ROMA 8:28-30

8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

 

Roma 11:29

11:29 Sebab Allah tidak menyesali u  kasih karunia dan panggilan-Nya

I Kor 1:9

Allah, yang memanggil kamu q  kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, r  adalah setia. s 

Galatia 1:6

Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil m  kamu, dan mengikuti suatu injil lain 1 , n 

Galatia 1:15

Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku 1  sejak kandungan e  ibuku dan memanggil aku f  oleh kasih karunia-Nya,

1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku 5  sejak kandungan e  ibuku dan memanggil aku f  oleh kasih karunia-Nya, 1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, g  maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia; h  1:17 juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik. i  1:18 Lalu, tiga tahun j  kemudian, aku pergi ke Yerusalem k  untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya. 1:19

 

Efesus 4:4

4:1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan s  karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan t  dengan panggilan u  itu. 4:2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu v  dalam hal saling membantu. w  4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan 1  x  Roh oleh ikatan damai sejahtera: y  4:4 satu tubuh, z  dan satu Roh, a  sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, b  4:5 satu Tuhan 2 , c  satu iman, satu baptisan, 4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, d  Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua. e

I Tes 2:12

2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, a  telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang, 2:12 dan meminta dengan sangat, supaya kamu hidup sesuai b  dengan kehendak Allah, yang memanggil c  kamu ke dalam Kerajaan dan kemuliaan-Nya.

Sukacita atas jemaat

2:13 Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya d  mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah e  yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi–dan memang sungguh-sungguh demikian–sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya. 2:14 Sebab kamu, saudara-saudara, telah menjadi penurut f  jemaat-jemaat Allah di Yudea, g  jemaat-jemaat di dalam Kristus Yesus, karena kamu juga telah menderita dari teman-teman sebangsamu h  segala sesuatu yang mereka derita dari orang-orang Yahudi.

II Tim 1:9

Dialah yang menyelamatkan t  kita dan memanggil u  kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan v  kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman

 

Ibrani 9:15

Karena itu Ia adalah Pengantara j  dari suatu perjanjian k  yang baru 1 , supaya mereka yang telah terpanggil l  dapat menerima bagian m kekal yang dijanjikan, n  sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian o  yang pertama.

I Pet 1:10

1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, m  yang karena rahmat-Nya n  yang besar telah melahirkan kita kembali 3  o  oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, p  kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, q  1:4untuk menerima suatu bagian r  yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, s  yang tersimpan di sorga bagi kamu. t  1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan u  Allah karena imanmu 4  sementara kamu menantikan keselamatan v  yang telah tersedia untuk dinyatakan w  pada zaman akhir. 1:6 Bergembiralah x  akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika y  harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. z  1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu 5 –yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya a  dengan api b –sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan c  pada hari Yesus Kristus menyatakan d  diri-Nya. 1:8 Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya 6 . Kamu percaya kepada Dia, e  sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, 1:9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. f  1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti g  oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat h  tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. i  1:11Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, j  yang ada di dalam mereka 7 , yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian k  tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. 1:12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu l  dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamum  dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus 8 , yang diutus dari sorga, n  menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

Kekudusan dan kasih persaudaraan

I Petrus 1:13 Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah o  dan letakkanlah pengharapanmu p  seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu q  pada waktu penyataan r  Yesus Kristus. 1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat s  dan jangan turuti t  hawa nafsu 9  yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, u  1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu v  sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu 10 , sebab Aku kudus. w  1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, x  yaitu Dia yang tanpa memandang mukay  menghakimi 11  semua orang menurut perbuatannya, z  maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan 12  a  selama kamu menumpang b  di dunia ini. 1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus 13  c  dari cara hidupmu d  yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 1:19melainkan dengan darah e  yang mahal, yaitu darah Kristus 14  yang sama seperti darah anak domba f  yang tak bernoda dan tak bercacat. g  1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, h  tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir. i  1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, j  yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati k  dan yang telah memuliakan-Nya, l  sehingga imanmu dan pengharapanmu m  tertuju kepada Allah. 1:22 Karena kamu telah menyucikan n  dirimu oleh ketaatan o  kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh p  saling mengasihi dengan segenap hatimu 15 1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali q  bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, r  oleh firman Allah, s  yang hidup dan yang kekal. 1:24 Sebab: “Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur, 1:25 tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya 16 . t ” Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.

I Pet 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, m  imamat n  yang rajani, bangsa o  yang kudus 1 , umat kepunyaan Allah p  sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya q  yang ajaib:

 

Wahyu 2:18 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: h  Inilah firman Anak Allah, i  yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga: j  2:19 Aku tahu segala pekerjaanmu: k  baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.2:20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, l  yang menyebut dirinya nabiah 12 , mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala. m  2:21 Dan Aku telah memberikan dia waktun  untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat o  dari zinahnya. 2:22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah p  dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. 2:23Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, q  dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya. r  2:24 Tetapi kepada kamu, yaitu orang-orang lain 13  di Tiatira, yang tidak mengikuti ajaran itu dan yang tidak menyelidiki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis, kepada kamu Aku berkata: Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu. s  2:25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah t  itu sampai Aku datang 14 . u  2:26 Dan barangsiapa menang v  dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, w  kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa; x  2:27 dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; y mereka akan diremukkan seperti tembikar z  tukang periuk–sama seperti yang Kuterima dari Bapa-Ku– 2:28 dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur. a  2:29 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan b  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Jemaat Tiatira yang menjaga kekudusan mendapatkan warisan kerajaan sorga di kekekalan

Wahyu 3:1 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: c  Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh d  Allah dan ketujuh bintang e  itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: f  engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati 1 ! g  3:2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku. 3:3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! h  Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri i  dan engkau tidak tahu pada waktu j  manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu. 3:4 Tetapi di Sardis ada beberapa orang 2  yang tidak mencemarkan pakaiannya; k  mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, l  karena mereka adalah layak untuk itu. 3:5Barangsiapa menang, m  ia akan dikenakan pakaian putih n  yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya 3  dari kitab kehidupan, o  melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku p  dan di hadapan para malaikat-Nya. 3:6Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan q  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Jemaat di Sardis yang menjaga kekudusan hidupnya, namanya tidak dihapus dari kitab Kehidupan

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru 1 , n  sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, o  dan lautpun tidak ada lagi. 21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, p  Yerusalem yang baru 2 , turun dari sorga, dari Allah, q  yang berhias bagaikan pengantin perempuan r  yang berdandan untuk suaminya. 21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. s  Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah t  mereka. 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata u  mereka 3 , dan maut v  tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, w  sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. x ” 21:5 Ia yang duduk di atas takhta y  itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru! z ” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar. a ” 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. b  Aku adalah Alfa dan Omega, c  Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma d  dari mata air kehidupan. e  21:7Barangsiapa menang 4 , f  ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.g  21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya 5 , orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, h  mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; i  inilah kematian j  yang kedua.”

Orang-orang yang tidak menjaga kekudusan hidupnya, akan mengalami api neraka dan tidam mendapatkan hak waris kerajaan sorga

 

SESI 3 .AKU DIPANGGIL

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 3. DENGAN TERUS BERTUMBUH SAMPAI DEWASA ROHANI OLEH KARYA ROH KUDUS, SEHINGGA KITA BERHAK MENJADI AHLI WARIS KARENA TELAH DEWASA ROHANI DAN KITA MENJADI UMAT YANG DIPANGGIL UNTUK MENJADI ANAK-ANAK-NYA

Roma 8: 14-17

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah ,adalah anak Allah. 

Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan

yang membuat kamu menjadi takut lagi,

tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah.

Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa ! 

Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita , 

bahwa kita adalah anak-anak Allah. 

Dan jika kita adalah anak,

maka kita juga adalah ahli waris,

maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah,

yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus,

yaitu jika kita menderita  bersama-sama dengan Dia ,

supaya kita juga dipermuliakan  bersama-sama dengan Dia.

Thema sesi  3; AKU DIPANGGIL

Tujuan sesi 3:

Agar anak-anak hidup sebagai anak Allah, sehingga mereka DIPANGGIL menjadi  ahli waris semua janji-Nya. Untuk hidup sebagai anak-anak Allah sampai tingkat kedewasaan akil balig secara roh, hal ini membutuhkan karya Roh Kudus dalam hidup kita.

Ayat mas: Matius 5: 8

Ada tantangan/ Altar Calling untuk terus bertumbuh dewasa, dengan bergaul setiap hari dengan Bapa, Yesus, Roh Kudus, berdoa, baca Firman Tuhan, beribadah, taat pada Firman Tuhan.

Setelah kita menerima Kristus yang memerdekakan kita dari kuasa hukum maut dan hukum dosa, (sesi 1) dan kita juga telah memutuskan untuk berkata tidak terhadap dosa dan ajakan teman-teman untuk berbuat dosa, serta kita telah memutuskan untuk terus bersekutu dengan Tuhan sehingga rohani kita terus bertumbuh (sesi2), maka sebagai anak-anak Allah Tuhan ingin kita terus bertumbuh sampai tingkat dewasa rohani.

INTISARI SESI 3:

Bagaimana mungkin kita bisa menjadi anak-anak Allah? Karena Tuhan telah mengangkat kita menjadi anak-Nya, mengadopsi kita menjadi anak-Nya.

I Yohanes 3:1

Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita,

sehingga kita disebut anak-anak allah,

dan memang kita adalah anak-anak Allah.

Dan anak yang terus bertumbuh dewasa ( sampai 17 tahun) memiliki hak secara hukum untuk menjadi ahli waris. Kita berhak mewarisi janji-janji Allah dalam hidup kita. Anak adopsi memiliki hak yang sama dengan anak kandung, sama-sama berhak atas warisan keluarga. Seorang anak adopsi, sah secara hukum setelah dia matang dalam usianya, walaupun sejak kecil sudah diangkat anak, tetapi akan memiliki hak secara hukum baru setelah dewasa.

Kapan warisan itu kita terima?

Saat kita menerimanya bersama dengan Kristus , menderita bersama-sama dengan Dia, supaya pada akhirnya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Saat kita diadopsi menjadi anak-anak Allah, saat itulah kita mendapat warisan, artinya kita  MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN SORGA, MENJADI WARGA NEGARA KERAJAAN SORGA, BERHAK MENERIMA JANJI-JANJI ALLAH

Namun itu tidak serta merta/ tidak instan, ada prosesnya sampai kita dinyatakan dewasa rohani, anak yang belum dewasa tidak akan mendapatkan warisan, karena umurnya belum diakui oleh hukum sebagai orang yang cukup umur untuk menjadi pelaku hukum.

GALATIA 4; 1-10

Yang dimaksud ialah; selama seorang ahli waris belum  akil balig, sedikit pun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu, tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya. Demikian pula kita; selama kita belum akil balig, kita takluk juga kepada roh-roh dunia. Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus anak-Nya …dst.

Setelah kita dewasa- barulah kita mendapat WARISAN rohani. Kedewasaan ini membutuhkan IMAN DAN KESABARAN, sama seperti kesabaran kita menunggu si benih ini bisa bertumbuh terus sampai menjadi tanaman / pohon besar yang kokoh.  Dalam Galatia 4; 1-10 digambarkan sebagai AKIL BALIG.

Ibrani 6: 11-12

tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama

untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti,

sampai pada akhirnya,

agar kamu jangan menjadi lamban,

tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang

oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.

 

Seseorang yang telah memberi dirinya disucikan, dikuduskan, dibenarkan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah, masih bisa hidup berbalik lagi pada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai meperhambakan diri lagi kepadanya! Galatia 4: 9

Seseorang yang telah memberi dirinya disucikan, dikuduskan, dibenarkan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah, masih bisa hidup di dalam kedagingan. I Korintus 6; 1-11

-melakukan ketidakadilan

-Mendatangkan kerugian kepada saudara-saudara seiman.

-berselisih

-tidak mau mengalah

Orang-orang seperti ini :

  • Orang yang Tidak adil
  • Orang cabul
  • Orang penyembah berhala
  • Orang berzinah
  • Orang banci
  • Orang pemburit
  • Orang pencuri
  • Orang kikir ( pelit)
  • Orang pembauk
  • Orang pemfitnah
  • Orang penipu

TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH.

Artinya- tidak akan mendapatkan warisan ilahi.

Juga yang seperti ini (Galatia 5; 19-21) – TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH

(Galatia 5; 19-21, 26)

  1. Percabulan
  2. Kecemaran
  3. Hawa nafsu
  4. Penyembahan berhala
  5. Sihir
  6. Perseteruan
  7. Perselisihan
  8. Iri hati
  9. Amarah
  10. Kepentingan diri sendiri
  11. Percideraan
  12. Roh pemecah
  13. Kedengkian
  14. Kemabukan
  15. Pesta pora
  16. Gila hormat
  17. Saling menantang
  18. Saling mendengki
  19. Dsb

Juga yang seperti ini ( Efesus 5:5)

  • Orang sundal.
  • Orang cemar
  • Orang serakah
  • Penyembah berhala

TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH

 

Warisan atau bagian pengikut Kristus ini dijamin oleh Roh Kudus ( Efesus 1: 14) dan disimpan di sorga untuk mereka ( I Petrus 1:4)

Efesus 1: 14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

I Petrus 1: 4 Untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Warisan seperti apakah itu?

Warisan di bumi:

  1. Memperoleh berkat ( 1 Petrus 3: 9)
  2. Penderitaan bersama Kristus supaya kita juga dipermuliakan bersama dengan Dia ( Roma 8: 17)
  3. Menuai apa yang telah ditabur ( Matius 19:29) selama di bumi

Warisan di kekekalan

  1. Penebusan (Efesus 1:14) Memperoleh keselamatan ( Ibrani 1:14) Memperoleh hidup kekal (matius 19:29), tidak mengalami kematian kekal
  2. Tubuh kemuliaan ( I Kor 15:50), yang tidak dapat bianasa
  3. Mendapatkan kerajaan sorga ( Mat 25; 34) di saat penghakiman terakhir
  4. Warisan yang Tidak dapat binasa, tidak dapat cemar dan tidak dapat layu ( I Pet 1:4)-yang tersimpan di sorga

Siapakah yang berkak mendapatkan warisan itu?

  1. Ditujukan pada orang yang kaya dalam iman dan mengasihi Tuhan ( Yakobus 2;5)
  2. Ditentukan oleh pilihan Allah sendiri, bukan kriteria manusia (Yakobus 2:5)

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIBENARKAN- SESI 4

ROMA 8:28-30

Roma  8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

 

Roma 3:24

Konteks
3:24 dan oleh kasih karunia j  telah dibenarkan k  dengan cuma-cuma karena penebusan 2  l  dalam Kristus Yesus.

Roma 5:1

Konteks

Hasil pembenaran

5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan g  karena iman 3 , h  kita hidup dalam damai sejahtera i  dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. j 

Roma 5:9

Konteks
5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan w  oleh darah-Nya, x  kita pasti akan diselamatkan dari murka y Allah.

Roma 5:16

Konteks
5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.

Roma 5:18

Konteks
5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang n  beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran o  untuk hidup 4 . p 

 

Wahyu

Kepada jemaat di Efesus

2:1 “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: p  Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya q  dan berjalan di antara ketujuh kaki dian r  emas itu. 2:2 Aku tahu segala pekerjaanmu: s  baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai t  mereka yang menyebut dirinya rasul 1 , tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta. u  2:3 Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; v  dan engkau tidak mengenal lelah.2:4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu w  yang semula 2 2:5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah x  dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu 3  y  dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat. 2:6 Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, z yang juga Kubenci 4 2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan a  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang 5 , b  dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan c  yang ada di Taman Firdaus d  Allah.”

Jemaat di Efesus mengalami penderitaan karena nama Yesus

 

Kepada jemaat di Smirna

Wahyu 2:8 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: e  Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, f  yang telah mati dan hidup kembali: g  2:9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu 6 –namun engkau kaya h -dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: i  sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. j  2:10Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai k  dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. l  Hendaklah engkau setia m  sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. n  2:11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan o  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua 7 . p 

 

Jemaat di Smirna juga  mengalami penderitaan, kesusahan dan kemiskinan.

 

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru 1 , n  sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, o  dan lautpun tidak ada lagi. 21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, p  Yerusalem yang baru 2 , turun dari sorga, dari Allah, q  yang berhias bagaikan pengantin perempuan r  yang berdandan untuk suaminya. 21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. s  Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah t  mereka. 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata u  mereka 3 , dan maut v  tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, w  sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. x ” 21:5 Ia yang duduk di atas takhta y  itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru! z ” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar. a ” 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. b  Aku adalah Alfa dan Omega, c  Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma d  dari mata air kehidupan. e  21:7Barangsiapa menang 4 , f  ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.g  21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya 5 , orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, h  mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; i  inilah kematian j  yang kedua.”

Akan ada penghapusan air mata dari segala perkabungan, tangisan atau dukacita.

 

 

 

 

SESI 4 .AKU DIBENARKAN

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 4. KARENA KITA ADALAH UMAT YANG DIBENARKAN, MAKA KITA DAPAT TERUS BERTAHAN DALAM PENDERITAAN YANG KITA ALAMI OLEH PERTOLONGAN ROH KUDUS .

Roma 8: 18-30

Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini

 tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan

yang akan dinyatakan kepada kita. 

Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan

saat anak-anak Allah dinyatakan.

Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan,

bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia,

yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan,

karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan

dari perbudakan kebinasaan  dan masuk ke dalam

kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah. 

Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk

sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.

Dan bukan hanya mereka saja,

tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh,

kita juga mengeluh dalam hati kita

sambil menantikan pengangkatan sebagai anak,

yaitu pembebasan tubuh kita.

Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan.

Tetapi pengharapan yang dilihat,

bukan pengharapan lagi; 

sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya?

Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat,

kita menantikannya dengan tekun.

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita;

sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa;

tetapi Rohsendiri berdoa untuk kita kepada Allah

dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, 

mengetahui maksud Roh itu,

yaitu bahwa Ia,

sesuai dengan kehendak Allah,

berdoa untuk orang-orang kudus.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja

dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 

bagi mereka yang mengasihi Dia,

yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencanaAllah.

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula  , 

mereka juga ditentukan-Nya dari semula

untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, 

supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung 

di antara banyak saudara.

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula,

mereka itu juga dipanggil-Nya. 

Dan mereka yang dipanggil-Nya,

mereka itu juga dibenarkan-Nya. 

Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

 

Thema sesi  4; AKU DIBENARKAN

Tujuan sesi 4:

Agar oleh karya Roh Kudus, anak-anak terus dapat bertahan di tengah-tengah penderitaan dunia ini. Kita pasti  sanggup bertahan dalam penderitaan, karena pertolongan Roh Kudus

Pada saat kita menderita, itu bukan karena kita sedang ada dalam penghukuman  karena  sebagai anak-anak Allah, kita adalah umat yang DIBENARKAN (Roma 8:1, Roma 8:30), kita tidak hidup di dalam roh perbudakan yang membuat kita takut lagi (Roma 8:15)

Ayat mas : Amsal 24:10, Roma 12: 12

Ada tantangan/ Altar Calling untuk alami babtisan Roh Kudus/ hidup dipenuhi Roh Kudus setiap hari, karena Roh Kuduslah yang menolong kita dapat menjadi seorang yang lebih dari pemenang, tidak perduli seberat apa pun penderitaan yang kita alami

INTISARI SESI 4:

Untuk dimuliakan bersama-sama dengan Kristus ( Roma 8: 17) akan melalui juga penderitaan bersama-sama dengan Kristus.

Walaupun di dunia ini kita mengalami penderitaan, namun penderitaan itu tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita (Rom 8:18) Menerima Kristus sebagai Tuhan, tidak berarti kita dibebaskan dari masalah-masalah yang ada di dunia yang fana ini.

Saat kita mengharapkan apa yang tidak dapat kita lihat sekarang ini dengan mata jasmaniah, itu artinya kita membutuhkan ketekunan, karena tanpa ketekunan, pengharapan kita tidak akan bertahan. Pengharapan yang dikerjakan oleh Roh Kudus inilah yang memampukan kita dapat bertahan dalam penderitaan yang ada di dunia.

Pada saat kita menderita karena Kristus ( jadi bukan menderita karena kesalahan kita sendiri), kita tidak perlu takut lagi, karena kita adalah umat yang DIBENARKAN- kita tidak diperbudak lagi oleh roh ketakutan. Seberat apa pun penderitaan yang kita alami, Roh Kudus akan bantu kita berdoa kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Umat yang dibenarkan- dapat menolak intimidasi iblis.

 

Macam-macam penderitaan:

  1. Karena salah sendiri/ upah dosa di masa lalu I Pet 4: 15, Roma 2:9, sebaiknya kita jangan menderita karena hal ini yaaaaaaaa……….. kalau ini terjadi ya minta ampun sama Tuhan dan segera tinggalkan kejahatan, dan bertobatlah !
  2. Karena memang hidup di dunia ini akan bertemu dengan penderitaan. Maz 90:10 Roma 8:22-23
  3. Karena kita tinggal di dunia yang jahat II Pet 2:7
  4. Karena menyangkal diri/ memikul salib/ -mematikan ego dari dalam hidup kita (hal ini tentu mengakibatkan penderitaan buat nafsu kedagingan kita) Matius 16:24
  5. Karena kita berbuat baik I Pet 3:17
  6. Karena untuk mengalah, I Kor 6:7, Maz 34:14
  7. Karena kita sedang ada dalam peperangan rohani/ mempertahankan iman Ibrani 10:32 ( lihat seluruh konteks), II Tes 1:4
  8. Karena diberi karunia untuk menderita Filipi 1:29
  9. Karena ada beban yang begitu besar dan begitu berat. II Kor 1:8
  10. Karena melepaskan hak, I Kor 9:12
  11. Karena kita sedang diuji ( Kitab Ayub)
  12. Karena kita mengikut Kristus

Mengapa kita harus menderita saat mengikut Kristus?

  • Karena Kristus telah memberi teladan terlebih dahulu I Pet 2:21, I Pet 4:1, Ibr 13; 12
  • Karena kita seorang Prajurit. II Tim 2:3
  • Penderitaan karena menjadi orang Kristen/ pengikut Kristus I Pet 4:16, Fil 1:13, II Tim 3: 11, dinista karena mengikut Kristus I Pet 4:14
  • Penderitaan karena ingin beribadah kepada Tuhan, , II Tim 3:12
  • Penderitaan karena memberitakan injil, II Tim 1:8, II Tim 2: 9-10
  • Karena kita adalah anggota tubuh Kristus I Tes 2: 14, Kol 1:24, I Kor 12: 26

Yang harus kita lakukan saat menderita:

  1. Datang pada Yesus dan mendapatkan kelegaan daripadaNya Mat 11: 28
  2. Berdoa Yak 5:13
  3. Berdoa dalam bahasa Roh, biarkan Roh Kudus yang menolong kita untuk berdoa dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan (Roma 8:26)
  4. II Kor 6:5 Berjaga-jaga dan berpuasa
  5. Memiliki kasih, karena kasih itu sabar menanggung segala sesuatu I Kor 13:7
  6. Ibr 5: 8 Belajar menjadi taat pada saat menderita
  7. Terus memiliki pengharapan akan kekekalan ( jadi mengarahkan pandangan pada perkara sorgawi, karena kehidupan di dunia ini hanya sementara saja- Roma 8: 18-25)
  8. II Kor 6:4 Menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran ( artinya tidak mengeluh)
  9. Bersukacita I Pet 4: 13
  10. Tetap sabar, tidak mengenal lelah Wah 2: 3
  11. Tidak membalas dendam dan tidak mengancam, sesuai dengan teladan yang Yesus teladankan I Pet 2: 23
  12. Tetap memberkati, dan sabar I Kor 4:12

Yang harus kita lakukan saat melihat orang lain menderita:

  1. Saling menolong Gal 6:2
  2. Membela orang yang sedang menderita Ibr 10:33

Janji apa yang Tuhan berikan pada kita, saat kita mengalami penderitaan?

  1. Kita akan terima penghiburan II Kor 1:5, II Kor 1:4, sehingga dapat juga menghibur yang lain
  2. Tuhan akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kita, sesudah kita menderita I Pet 5:10
  3. Roma 8:17 dimuliakan bersama dengan Kristus
  4. Filipi 3: 10 kita akan lebih mengenal Tuhan
  5. Tuhan memakai penderitaan kita untuk jadi penghiburan dan kekuatan bagi orang lain II Kor 1:6
  6. Kita akan ditolong Tuhan Ibr 2: 18, dan diberi jalan keluar untuk dapat menanggungnya, I Kor 10:13
  7. Roh Kudus akan menolong kita berdoa kepada Allah dengan keluhan-keluhan yant idak terucapkan. (Roma 8:26-28)
  8. Berpikir positif, bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia, yaitu bagi kita yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28)

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIMULIAKAN- SESI 5

ROMA 8:28-30

Roma  8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

WAHYU 3:7 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia 4 : r  Inilah firman dari Yang Kudus, s  Yang Benar, t  yang memegang kunci Daud; u  apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. 3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: v  lihatlah, Aku telah membuka pintu w  bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. x  3:9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, y  yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak z  demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu a  dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. b  3:10Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau c  dari hari pencobaan 5  yang akan datang atas seluruh dunia d  untuk mencobai e  mereka yang diam di bumi. f  3:11 Aku datang segera6 . g  Peganglah apa yang ada padamu, h  supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu. i  3:12 Barangsiapa menang, j  ia akan Kujadikan sokoguru k  di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, l  nama kota Allah-Ku, m  yaitu Yerusalem baru, n  yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. 3:13 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan o  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Tuhan berpihak pada Jemaat Filadelfia dan membela mereka dengan otoritasNya, mereka dilindungi-Nya karena kasih-Nya pada mereka menjadikan mereka jemaat yang tak terpisahkan dari-Nya. Jemaat Filadelfia giat melayani pekerjaan Tuhan.

 

Yoh 12:26 Barangsiapa melayani Aku 1 , ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. m  Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

 

1Kor 3:9

Karena kami adalah kawan sekerja z  Allah; kamu adalah ladang a  Allah, bangunan b  Allah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SESI 5. AKU DIMULIAKAN

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 5. ROH KUDUS MENOLONG KITA UNTUK MEMILIKI KEYAKINAN IMAN AKAN PEMIHAKAN TUHAN DAN PEMBELAAN TUHAN DALAM HIDUP KITA, SEHINGGA SEBAGAI UMAT YANG DIMULIAKAN, TIDAK ADA APA PUN YANG DAPAT MEMISAHKAN KITA DARI KASIH KRISTUS,

Roma 8: 31-39

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? 

Jika Allah di pihak kita,   siapakah yang akan melawan kita? 

Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri,

tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua,

bagaimanakah mungkin

Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita

bersama-sama dengan Dia?

Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah?

Allah, yang membenarkan mereka?

Siapakah yang akan menghukum  mereka?

Kristus Yesus, yang telah mati? 

Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit,

yang juga duduk di sebelah kanan Allah,  

yang malah menjadi Pembela bagi kita  ? 

Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus?

Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan,

atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? 

Seperti ada tertulis:

“Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari,

kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan . 

Tetapi dalam semuanya itu

kita lebih dari pada orang-orang yang menang, 

oleh Dia yang telah mengasihi  kita.

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup,

baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah,

baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 

atau kuasa-kuasa, baik yang di atas,

maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain,

tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah,

yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita . 

 

Thema sesi  5; AKU DIMULIAKAN

Tujuan sesi 5: Agar anak-anak mengetahui bahwa :

  1. Tuhan ada di pihak kita, sehingga tidak ada yang dapat melawan kita ( Roma 8:31-32)
  2. Tuhan akan menjadi pembela buat kita (Roma 8: 33-34)
  3. Tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih karunia Allah ( Roma 8: 35-39)
  4. Tuhan ingin kita menjadi kawan sekerja-Nya (Yohanes 12: 26, I Kor 3: 9)

Pada saat itulah Tuhan mengangkat kita menjadi umat yang DIMULIAKAN

Ayat mas: Roma 8:37

Ada tantangan/ Altar Calling untuk percaya, beriman bahwa Tuhan ada di pihak kita, bahwa Tuhan membela kita, bahwa tidak ada sesuatu apa pun yang dapat memisahkan kita dari kasih Kristus, berkomitment untuk terus mengikut dan melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh.

 

INTISARI SESI 5:

Roh Kudus akan pimpin hidup kita sampai kita memiliki keyakinan iman bahwa ada keberpihakkan Tuhan dalam hidup kita, ada pembelaan Tuhan dalam hidup kita, dan tidak ada apa pun yang dapat memisahkan kita  dari kasih Kristus. Tuhan ingin kita mengikut Tuhan dengan setia serta melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh ( Sesi 5 AKU DIMULIAKAN)

 

 

 

LEBIH DARI PEMENANG

( 2015)

GARIS BESAR MATERI SEKOLAH INJIL LIBURAN

GBT TASIK MALAYA

JUNI-JULI 2015

 

THEMA ; Lebih Dari Pemenang (More than Conquerors)

AYAT THEMA SIL ;

Roma 8: 37

Tetapi dalam semuanya itu

kita lebih dari pada orang-orang yang menang,

oleh Dia yang telah mengasihi kita.

SELURUH SESI AKAN MEMBAHAS KESELURUHAN ROMA PASAL DELAPAN

Roma 8: 1-39.

 

Sinopsis SIL dari Roma pasal 8 ini akan memiliki kissi-kissi sbb:

  1. Thema : Lebih dari Pemenang/ More than Conquerors.
  2. Seluruh sesi akan membahas keseluruhan dari Roma pasal 8:1-39
  3. Seluruh sesi dari sesi 1-sesi 5 akan memiliki ayat kunci/ayat thema Roma 8: 37 , Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.
  4. Pembagian seluruh Roma pasal 8 :1-39, terdiri dari pembagian sbb:
    1. Sesi 1: Roma 8:1-8
    2. Sesi 2; Roma 8: 9-13
    3. Sesi 3; Roma 8: 14-17
    4. Sesi 4; Roma 8: 18-30
    5. Sesi 5; Roma 8: 31-39
  5. Nama-nama Sesi diambil dari Intisari dari Roma pasal 8:28-30
    1. Sesi 1; Aku dipilih
    2. Sesi 2; Aku ditentukan
    3. Sesi 3; Aku dipanggil
    4. Sesi 4; Aku dibenarkan
    5. Sesi 5; Aku dimuliakan
  6. Semua bagian ayat dari kitab Roma dari tiap sesi ini akan diketik pada awal intisari sesi, agar memudahkan kita membaca bagian yang akan dikupas/dibahas dalam materi ini.
  7. Karena dibahas mengenai lebih dari pemenang, maka semua sesi akan terkait dengan BARANG SIAPA MENANG…. dst yang ada di 7 jemaat dalam kitab Wahyu. Jika dihubungkan pembahasan mengenai DIPILIH, DITENTUKAN, DIPANGGIL, DIBENARKAN dan DIMULIAKAN, ternyata kelima-limanya ada diwakili oleh jemaat-jemaat yang dibahas dalam kitab wahyu, karena pada tiap jemaat ada PARA PEMENANG- yang mendapat hadiah dari Tuhan.
  8. Semua sesi akan mengedepankan karya Roh Kudus karena Roma Pasal delapan ini paling banyak menuliskan/ memunculkan pribadi Roh Kudus dibandingkan dengan pasal-pasal lain mana pun dalam kitab Roma
  9. Setiap garis besar dari tiap sesi akan mengawali materi, juga dari sesi-sesi sebelumnya, karena tiap sesi merupakan suatu bentuk seri yang berkesinambungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIPILIH- SESI 1

ROMA 8:28-30

8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

Ef 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih 1  kita i  sebelum dunia j  dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat k  di hadapan-Nya.

I Pet 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, m  imamat n  yang rajani, bangsa o  yang kudus 1 , umat kepunyaan Allah p  sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya q  yang ajaib:

Wahyu 3:14 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: p  Inilah firman dari Amin, Saksi q  yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan r  Allah: 3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: s  engkau tidak dingin dan tidak panas. t  Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. 3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, u  dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, v  3:18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, w  agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian x  putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu y  yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. 3:19Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; z  sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! a  3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu b  dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku 8  dan membukakan pintu, c  Aku akan masuk d mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. 3:21 Barangsiapa menang,e  ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, f  sebagaimana Akupun telah menang g  dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. 3:22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan h  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat 9 .”

Jemaat Laodikia perlu membukakan pintu untuk Kristus. Perlu mengandalkan Kristus dalam hidup mereka, bukan kekayaan mereka.

SESI 1 .AKU DIPILIH

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

DENGAN MENERIMA KRISTUS SEBAGAI TUHAN OLEH KARYA ROH KUDUS

SEHINGGA KITA MENJADI UMAT PILIHAN ALLAH

Roma 8: 1-8

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman  bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

Roh , yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus 

dari hukum dosa  dan hukum maut.

Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat

karena tak berdaya oleh daging, 

telah dilakukan oleh Allah.

Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging,

yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa,

Ia telah menjatuhkan hukuman  atas dosa di dalam daging,

supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita  ,

yang tidak hidup menurut daging,

tetapi menurut Roh. 

Sebab mereka yang hidup menurut daging,

memikirkan hal-hal yang dari daging; 

mereka yang hidup menurut Roh ,

memikirkan hal-hal yang dari Roh. 

Karena keinginan daging adalah maut, 

tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.  

Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, 

karena ia tidak takluk kepada hukum Allah;

hal ini memang tidak mungkin baginya.

Mereka yang hidup dalam daging, 

tidak mungkin berkenan kepada Allah.

 

Thema sesi 1; AKU DIPILIH

Tujuan sesi 1

Untuk menjadi lebih dari pemenang, anak-anak harus mengambil langkah  menerima Kristus sebagai Tuhan dan juru selamat sehingga mereka disebut sebagai umat PILIHAN ALLAH. Untuk kita bisa menerima Kristus, kita membutuhkan karya Roh Kudus. I Kor 12:3

Ayat Mas: Markus 9:50

Ada tantangan / altar calling untuk terima Kristus sehingga kita dimerdekakan dari hukum dosa dan hukum maut

 

INTISARI SESI 1:

Manusia hidup berseteru dengan Allah, karena ada keinginan daging.

Keinginan daging tidak takluk pada hukum Allah, sehingga manusia tidak berkenan kepada Allah.

Manusia yang hidup menurut daging akan memikirkan hal-hal yang dari daging.

Keinginan daging itu adalah maut.

Oleh karena itu, manusia harus hidup diperdamaikan dengan Allah, dia tidak mungkin mengusahakan perdamaian itu sendiri, karena ada keinginan daging yang terus tidak mau taat kepada hukum Allah.

Manusia yang hidup di dalam daging, dan pikirannya memikirkan hal-hal yang dari daging dan keinginan daging itu adalah maut, berada di bawah belenggu HUKUM DOSA DAN HUKUM MAUT.

Untuk itulah Allah Bapa mengaruniakan Yesus datang ke dunia dan memberikan jalan keluar atas masalah ini. Yesus menanggung semua hukuman dosa kita dengan menyerahkan tubuh dan darah-Nya di kayu salib, agar kita bisa diperdamaikan dengan Allah.

Roh Kudus menolong kita untuk kita bisa menerima Kristus dalam hidup kita

I Kor 12: 3

Karena itu aku mau meyakinkan kamu,

bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah,

dapat berkata “Terkutuklah Yesus!”

dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku “Yesus adalah Tuhan”,

selain oleh Roh Kudus.

Saat kita menerima Kristus sebagai juru selamat kita, maka saat itulah kita hidup di dalam Roh, tidak hidup di dalam daging lagi.

Orang yang hidup dalam Roh, adalah karena Roh Allah diam di dalam hidup kita.

Seseorang menjadi milik Kristus setelah memiliki Kristus di dalam dirinya

Manusia yang hidup dalam Roh memikirkan hal-hal yang dari Roh

Keinginan Roh adalah  HIDUP DAN DAMAI SEJAHTERA (Roma 8:6)

Saat kita menerima Kristus menjadi Tuhan dalam hidup kita, oleh karya Roh Kudus, saat itulah kita menjadi umat PILIHAN ALLAH.

AYAT –AYAT TENTANG AKU DITENTUKAN- SESI 2

ROMA 8:28-30

8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

Kekayaan orang-orang yang terpilih

Efesus

1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus g  telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. h  1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih 2  kita i  sebelum dunia j  dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat k  di hadapan-Nya. 1:5 Dalam kasih l  Ia telah menentukan m  kita dari semula 3  oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya 4 , n  sesuai dengan kerelaan o  kehendak-Nya, 1:6 supaya terpujilah kasih karunia-Nya p yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. q  1:7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya r  kita beroleh penebusan, s  yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan t  kasih karunia-Nya, 1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. 1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia u  kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya v  di dalam Kristus1:10 sebagai persiapan kegenapan w  waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus x  sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi. 1:11 Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan–kami yang dari semula ditentukan y  untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan z  kehendak-Nya– 1:12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya. a  1:13 Di dalam Dia b  kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, c  yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan d dengan Roh Kudus 5  6 , e  yang dijanjikan-Nya itu. 1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian f  kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan g  yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. h 

 

Kepada jemaat di Pergamus

Wahyu 2:12 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: q  Inilah firman Dia, yang memakai pedang r  yang tajam dan bermata dua: 2:13 Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis 8 ; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, s  juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia t kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam. u  2:14 Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: v  di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam 9 , w  yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala x  dan berbuat zinah. y  2:15 Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus. z  2:16 Sebab itu bertobatlah! a  Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka 10  dengan pedang yang di mulut-Ku ini. b 2:17 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan c  apa yang dikatakan Roh 11  kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, d  kepadanya akan Kuberikan dari manna e  yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, f  yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya. g 

Jemaat Pergamus masih hidup dalam kedagingan, oleh karena itu mereka perlu segera bertobat !.

 

 

 

 

 

 

 

SESI 2 .AKU DITENTUKAN

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 2. DENGAN HIDUP DALAM PIMPINAN ROH KUDUS DAN MENINGGALKAN KEDAGINGAN SEHINGGA KITA MENJADI UMAT YANG DITENTUKAN UNTUK SEMAKIN LAMA SEMAKIN SERUPA DENGAN KRISTUS

Roma 8: 9-13

Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, 

melainkan dalam Roh,

jika memang Roh Allah diam di dalam kamu  . 

Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus,  

ia bukan milik Kristus.

Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, 

maka tubuh memang mati karena dosa ,

tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

Dan jika Roh Dia,

yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, 

diam di dalam kamu,

maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati,

akan menghidupkan juga tubuhmu  yang fana itu

oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang,

tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. 

Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; 

tetapi jika oleh Roh

kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu , 

kamu akan hidup. 

Thema sesi  2; AKU DITENTUKAN

Tujuan sesi 2

Agar anak-anak meninggalkan kedagingan, dan menyerahkan hidupnya menjadi milik Kristus, sehingga  hidup mereka DITENTUKAN untuk serupa dengan Kristus.  Hal ini hanya bisa dimungkinkan oleh karya Roh Kudus. (Roma 8: 13)

Ayat mas: Galatia 5: 16

Ada tantangan/ Altar Calling untuk mengambil keputusan tinggalkan kedagingan

Di sesi 1 tadi, kita sudah mengajak anak-anak untuk menerima Kristus sehingga mereka bisa merdeka dari hukum dosa dan hukum maut.

INTISARI SESI 2

Sejak kita menerima Kristus , maka roh kita dihalirkan kembali. Kita memiliki roh yang baru. Yaitu roh kita kini didiami Roh Kristus. Kini kita menjadi milik Kristus. Kita sudah diperdamaikan dengan Allah, kita sudah tidak ingin hidup dalam kedagingan lagi. Roh kita mengingini sesuatu yang berdamai dengan Allah, roh kita mengingini sesuatu yang berdamai dengan manusia.

Dalam hal ini roh kita masih bayi rohani. Kita sedang berlatih untuk bertumbuh di dalam Kristus. Seoalah-olah tidak ada sesuatu apa pun yang  membuat kita tampaknya berubah sejak kita menerima Kristus. Rambut kita tetap sama, senyuman kita tetap sama, kita tetap dengan umur kita sekarang, dll tetapi ada bagian di dalam kita…sangat dalam…yaitu roh kita, ada yang berubah. Kita sudah tidak ingin berbohong lagi. Tetapi tidak serta merta secara instan kita bisa jadi orang baru yang sama sekali tidak berbohong. Bisa jadi suatu saat kita jatuh dalam kebohongan. Saat kita berbohong, maka saat itu ada hati yang gelisah. Tidak seperti dulu, saat berbohong biasa saja, santai saja, tetapi sekarang ..?? Mulai ada kerinduan untuk tidak berbohong lagi. Orang-orang di sekitar belum melihat perbedaan yang terjadi dalam hidup kita, karena jiwa kita masih jiwa yang lama, jiwa yang terperangkap dalam dosa lama, seperti bohong, fitnah, iri, dll, tetapi roh kita sudah mulai tahu bahwa itu tidak baik, bahwa itu mendukakan Tuhan, bahwa Tuhan tidak suka kita berbohong, dst.

Pada saat itu sebenarnya jiwa kita ( yang terdiri dari pikiran-emosi-kehendak) masih ada di persimpangan jalan. Roh kita ingin mengikuti jalan-jalan Tuhan, tetapi daging kita masih ingin mengikuti jalan-jalan hikmat manusia, hikmat dunia dan hikmat setan-setan.

Seolah-olah jiwa kita menjadi suatu perebutan dua keinginan, yaitu keinginan daging dan keinginan Roh. Roh kita itu sangat menurut pada Tuhan, pada hukum Tuhan, namun daging kita sangat lemah, sangat ingin memberontak pada Tuhan, walaupun kita sudah menjadi milik Kristus.

Galatia 5: 1

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka,

Kristus telah memerdekakan kita.

Karena itu berdirilah teguh

 dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Galatia 5; 13-18

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka.

Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan

untuk kehidupan dalam dosa,

melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu:

“Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!”

Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan,

awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.

Maksudku ialah; hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh

dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging

—karena keduanya bertentangan—

sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh,

maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

Ada dua pilihan di sini:

  • Pilihan hidup menurut daging- kita akan mati
    • Hidup dalam roh perbudakan yang membuat kita menjadi takut lagi
  • Pilihan hidup menurut Roh- kita mematikan perbuatan-perbuatan tubuh/daging- kita akan hidup
    • Telah menerima Roh yang menjadikan kita anak Allah ( anak Allah tidak perlu takut lagi)
    • Roh itulah yang bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.
    • Saat kita menjadi anak-anak Allah, kita menjadi ahli waris yang berhak menerima janji-janji Allah bersama-sama dengan Kristus (bersama-sama dalam penderitaan dan kemuliaan-Nya)

Untuk itu ada beberapa hal yang harus kita lakukan:

  • Hidup dipimpin oleh Roh Allah
  • Saat kita dipimpin oleh Roh Allah kita adalah anak Allah, oleh Roh itu lah kita berseru ‘ya Abba, ya Bapa !’
  • Saat kita terus hidup di pimpin oleh Roh Allah, kita dibawa kepada semakin serupa dengan Kristus (Roma 8:29)
  • Saat itulah kita sedang  menjadi umat yang DITENTUKAN, yaitu ditentukan untuk menjadi serupa dengan Kristus.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana ya caranya hidup dipimpin oleh Roh Allah itu?

  1. Berdiri teguh dan tidak mau lagi dikenakan kuk perhambaan terhadap kedagingan. Menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Galatia 5; 1, 24

Kedagingan yaitu: (Galatia 5; 19-21, 26)

  1. Percabulan
  2. Kecemaran
  3. Hawa nafsu
  4. Penyembahan berhala
  5. Sihir
  6. Perseteruan
  7. Perselisihan
  8. Iri hati
  9. Amarah
  10. Kepentingan diri sendiri
  11. Percideraan
  12. Roh pemecah
  13. Kedengkian
  14. Kemabukan
  15. Pesta pora
  16. Gila hormat
  17. Saling menantang
  18. Saling mendengki
  19. Dsb
  1. Hidup dalam buah Roh , yaitu:
    1. Kasih
    2. Sukacita
    3. Damai sejahtera
    4. Kesabaran
    5. Kemurahan
    6. Kebaikan
    7. Kesetiaan
    8. Kelemah lembutan
    9. Penguasaan diri
  2. Itu semua bisa didapat dari pergaulan dengan Kristus setiap hari dalam membaca Alkitab, berdoa dan bersekutu dengan Tuhan setiap hari. Tidak bisa instan. Semua membutuhkan proses berakar, bertumbuh sampai berbuah. Bahkan untuk berbuah lebat ada pemangkasan-pemangkasan lagi.

 

 

 

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIPANGGIL- SESI 3

ROMA 8:28-30

8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

 

Roma 11:29

11:29 Sebab Allah tidak menyesali u  kasih karunia dan panggilan-Nya

I Kor 1:9

Allah, yang memanggil kamu q  kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, r  adalah setia. s 

Galatia 1:6

Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil m  kamu, dan mengikuti suatu injil lain 1 , n 

Galatia 1:15

Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku 1  sejak kandungan e  ibuku dan memanggil aku f  oleh kasih karunia-Nya,

1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku 5  sejak kandungan e  ibuku dan memanggil aku f  oleh kasih karunia-Nya, 1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, g  maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia; h  1:17 juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik. i  1:18 Lalu, tiga tahun j  kemudian, aku pergi ke Yerusalem k  untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya. 1:19

 

Efesus 4:4

4:1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan s  karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan t  dengan panggilan u  itu. 4:2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu v  dalam hal saling membantu. w  4:3 Dan berusahalah memelihara kesatuan 1  x  Roh oleh ikatan damai sejahtera: y  4:4 satu tubuh, z  dan satu Roh, a  sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, b  4:5 satu Tuhan 2 , c  satu iman, satu baptisan, 4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, d  Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua. e

I Tes 2:12

2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, a  telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang, 2:12 dan meminta dengan sangat, supaya kamu hidup sesuai b  dengan kehendak Allah, yang memanggil c  kamu ke dalam Kerajaan dan kemuliaan-Nya.

Sukacita atas jemaat

2:13 Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya d  mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah e  yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi–dan memang sungguh-sungguh demikian–sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya. 2:14 Sebab kamu, saudara-saudara, telah menjadi penurut f  jemaat-jemaat Allah di Yudea, g  jemaat-jemaat di dalam Kristus Yesus, karena kamu juga telah menderita dari teman-teman sebangsamu h  segala sesuatu yang mereka derita dari orang-orang Yahudi.

II Tim 1:9

Dialah yang menyelamatkan t  kita dan memanggil u  kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan v  kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman

 

Ibrani 9:15

Karena itu Ia adalah Pengantara j  dari suatu perjanjian k  yang baru 1 , supaya mereka yang telah terpanggil l  dapat menerima bagian m kekal yang dijanjikan, n  sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian o  yang pertama.

I Pet 1:10

1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, m  yang karena rahmat-Nya n  yang besar telah melahirkan kita kembali 3  o  oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, p  kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, q  1:4untuk menerima suatu bagian r  yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, s  yang tersimpan di sorga bagi kamu. t  1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan u  Allah karena imanmu 4  sementara kamu menantikan keselamatan v  yang telah tersedia untuk dinyatakan w  pada zaman akhir. 1:6 Bergembiralah x  akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika y  harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. z  1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu 5 –yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya a  dengan api b –sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan c  pada hari Yesus Kristus menyatakan d  diri-Nya. 1:8 Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya 6 . Kamu percaya kepada Dia, e  sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, 1:9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. f  1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti g  oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat h  tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. i  1:11Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, j  yang ada di dalam mereka 7 , yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian k  tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. 1:12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu l  dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamum  dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus 8 , yang diutus dari sorga, n  menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.

Kekudusan dan kasih persaudaraan

I Petrus 1:13 Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah o  dan letakkanlah pengharapanmu p  seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu q  pada waktu penyataan r  Yesus Kristus. 1:14 Hiduplah sebagai anak-anak yang taat s  dan jangan turuti t  hawa nafsu 9  yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, u  1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu v  sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu 10 , sebab Aku kudus. w  1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, x  yaitu Dia yang tanpa memandang mukay  menghakimi 11  semua orang menurut perbuatannya, z  maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan 12  a  selama kamu menumpang b  di dunia ini. 1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus 13  c  dari cara hidupmu d  yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 1:19melainkan dengan darah e  yang mahal, yaitu darah Kristus 14  yang sama seperti darah anak domba f  yang tak bernoda dan tak bercacat. g  1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, h  tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir. i  1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, j  yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati k  dan yang telah memuliakan-Nya, l  sehingga imanmu dan pengharapanmu m  tertuju kepada Allah. 1:22 Karena kamu telah menyucikan n  dirimu oleh ketaatan o  kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh p  saling mengasihi dengan segenap hatimu 15 1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali q  bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, r  oleh firman Allah, s  yang hidup dan yang kekal. 1:24 Sebab: “Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur, 1:25 tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya 16 . t ” Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.

I Pet 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, m  imamat n  yang rajani, bangsa o  yang kudus 1 , umat kepunyaan Allah p  sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya q  yang ajaib:

 

Wahyu 2:18 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: h  Inilah firman Anak Allah, i  yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga: j  2:19 Aku tahu segala pekerjaanmu: k  baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.2:20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, l  yang menyebut dirinya nabiah 12 , mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala. m  2:21 Dan Aku telah memberikan dia waktun  untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat o  dari zinahnya. 2:22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah p  dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. 2:23Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, q  dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya. r  2:24 Tetapi kepada kamu, yaitu orang-orang lain 13  di Tiatira, yang tidak mengikuti ajaran itu dan yang tidak menyelidiki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis, kepada kamu Aku berkata: Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu. s  2:25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah t  itu sampai Aku datang 14 . u  2:26 Dan barangsiapa menang v  dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, w  kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa; x  2:27 dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; y mereka akan diremukkan seperti tembikar z  tukang periuk–sama seperti yang Kuterima dari Bapa-Ku– 2:28 dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur. a  2:29 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan b  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Jemaat Tiatira yang menjaga kekudusan mendapatkan warisan kerajaan sorga di kekekalan

Wahyu 3:1 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: c  Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh d  Allah dan ketujuh bintang e  itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: f  engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati 1 ! g  3:2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku. 3:3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! h  Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri i  dan engkau tidak tahu pada waktu j  manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu. 3:4 Tetapi di Sardis ada beberapa orang 2  yang tidak mencemarkan pakaiannya; k  mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, l  karena mereka adalah layak untuk itu. 3:5Barangsiapa menang, m  ia akan dikenakan pakaian putih n  yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya 3  dari kitab kehidupan, o  melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku p  dan di hadapan para malaikat-Nya. 3:6Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan q  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Jemaat di Sardis yang menjaga kekudusan hidupnya, namanya tidak dihapus dari kitab Kehidupan

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru 1 , n  sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, o  dan lautpun tidak ada lagi. 21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, p  Yerusalem yang baru 2 , turun dari sorga, dari Allah, q  yang berhias bagaikan pengantin perempuan r  yang berdandan untuk suaminya. 21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. s  Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah t  mereka. 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata u  mereka 3 , dan maut v  tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, w  sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. x ” 21:5 Ia yang duduk di atas takhta y  itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru! z ” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar. a ” 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. b  Aku adalah Alfa dan Omega, c  Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma d  dari mata air kehidupan. e  21:7Barangsiapa menang 4 , f  ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.g  21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya 5 , orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, h  mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; i  inilah kematian j  yang kedua.”

Orang-orang yang tidak menjaga kekudusan hidupnya, akan mengalami api neraka dan tidam mendapatkan hak waris kerajaan sorga

 

SESI 3 .AKU DIPANGGIL

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 3. DENGAN TERUS BERTUMBUH SAMPAI DEWASA ROHANI OLEH KARYA ROH KUDUS, SEHINGGA KITA BERHAK MENJADI AHLI WARIS KARENA TELAH DEWASA ROHANI DAN KITA MENJADI UMAT YANG DIPANGGIL UNTUK MENJADI ANAK-ANAK-NYA

Roma 8: 14-17

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah ,adalah anak Allah. 

Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan

yang membuat kamu menjadi takut lagi,

tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah.

Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa ! 

Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita , 

bahwa kita adalah anak-anak Allah. 

Dan jika kita adalah anak,

maka kita juga adalah ahli waris,

maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah,

yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus,

yaitu jika kita menderita  bersama-sama dengan Dia ,

supaya kita juga dipermuliakan  bersama-sama dengan Dia.

Thema sesi  3; AKU DIPANGGIL

Tujuan sesi 3:

Agar anak-anak hidup sebagai anak Allah, sehingga mereka DIPANGGIL menjadi  ahli waris semua janji-Nya. Untuk hidup sebagai anak-anak Allah sampai tingkat kedewasaan akil balig secara roh, hal ini membutuhkan karya Roh Kudus dalam hidup kita.

Ayat mas: Matius 5: 8

Ada tantangan/ Altar Calling untuk terus bertumbuh dewasa, dengan bergaul setiap hari dengan Bapa, Yesus, Roh Kudus, berdoa, baca Firman Tuhan, beribadah, taat pada Firman Tuhan.

Setelah kita menerima Kristus yang memerdekakan kita dari kuasa hukum maut dan hukum dosa, (sesi 1) dan kita juga telah memutuskan untuk berkata tidak terhadap dosa dan ajakan teman-teman untuk berbuat dosa, serta kita telah memutuskan untuk terus bersekutu dengan Tuhan sehingga rohani kita terus bertumbuh (sesi2), maka sebagai anak-anak Allah Tuhan ingin kita terus bertumbuh sampai tingkat dewasa rohani.

INTISARI SESI 3:

Bagaimana mungkin kita bisa menjadi anak-anak Allah? Karena Tuhan telah mengangkat kita menjadi anak-Nya, mengadopsi kita menjadi anak-Nya.

I Yohanes 3:1

Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita,

sehingga kita disebut anak-anak allah,

dan memang kita adalah anak-anak Allah.

Dan anak yang terus bertumbuh dewasa ( sampai 17 tahun) memiliki hak secara hukum untuk menjadi ahli waris. Kita berhak mewarisi janji-janji Allah dalam hidup kita. Anak adopsi memiliki hak yang sama dengan anak kandung, sama-sama berhak atas warisan keluarga. Seorang anak adopsi, sah secara hukum setelah dia matang dalam usianya, walaupun sejak kecil sudah diangkat anak, tetapi akan memiliki hak secara hukum baru setelah dewasa.

Kapan warisan itu kita terima?

Saat kita menerimanya bersama dengan Kristus , menderita bersama-sama dengan Dia, supaya pada akhirnya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Saat kita diadopsi menjadi anak-anak Allah, saat itulah kita mendapat warisan, artinya kita  MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN SORGA, MENJADI WARGA NEGARA KERAJAAN SORGA, BERHAK MENERIMA JANJI-JANJI ALLAH

Namun itu tidak serta merta/ tidak instan, ada prosesnya sampai kita dinyatakan dewasa rohani, anak yang belum dewasa tidak akan mendapatkan warisan, karena umurnya belum diakui oleh hukum sebagai orang yang cukup umur untuk menjadi pelaku hukum.

GALATIA 4; 1-10

Yang dimaksud ialah; selama seorang ahli waris belum  akil balig, sedikit pun ia tidak berbeda dengan seorang hamba, sungguhpun ia adalah tuan dari segala sesuatu, tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya. Demikian pula kita; selama kita belum akil balig, kita takluk juga kepada roh-roh dunia. Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus anak-Nya …dst.

Setelah kita dewasa- barulah kita mendapat WARISAN rohani. Kedewasaan ini membutuhkan IMAN DAN KESABARAN, sama seperti kesabaran kita menunggu si benih ini bisa bertumbuh terus sampai menjadi tanaman / pohon besar yang kokoh.  Dalam Galatia 4; 1-10 digambarkan sebagai AKIL BALIG.

Ibrani 6: 11-12

tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama

untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti,

sampai pada akhirnya,

agar kamu jangan menjadi lamban,

tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang

oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.

 

Seseorang yang telah memberi dirinya disucikan, dikuduskan, dibenarkan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah, masih bisa hidup berbalik lagi pada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai meperhambakan diri lagi kepadanya! Galatia 4: 9

Seseorang yang telah memberi dirinya disucikan, dikuduskan, dibenarkan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah, masih bisa hidup di dalam kedagingan. I Korintus 6; 1-11

-melakukan ketidakadilan

-Mendatangkan kerugian kepada saudara-saudara seiman.

-berselisih

-tidak mau mengalah

Orang-orang seperti ini :

  • Orang yang Tidak adil
  • Orang cabul
  • Orang penyembah berhala
  • Orang berzinah
  • Orang banci
  • Orang pemburit
  • Orang pencuri
  • Orang kikir ( pelit)
  • Orang pembauk
  • Orang pemfitnah
  • Orang penipu

TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH.

Artinya- tidak akan mendapatkan warisan ilahi.

Juga yang seperti ini (Galatia 5; 19-21) – TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH

(Galatia 5; 19-21, 26)

  1. Percabulan
  2. Kecemaran
  3. Hawa nafsu
  4. Penyembahan berhala
  5. Sihir
  6. Perseteruan
  7. Perselisihan
  8. Iri hati
  9. Amarah
  10. Kepentingan diri sendiri
  11. Percideraan
  12. Roh pemecah
  13. Kedengkian
  14. Kemabukan
  15. Pesta pora
  16. Gila hormat
  17. Saling menantang
  18. Saling mendengki
  19. Dsb

Juga yang seperti ini ( Efesus 5:5)

  • Orang sundal.
  • Orang cemar
  • Orang serakah
  • Penyembah berhala

TIDAK AKAN MENDAPAT BAGIAN DALAM KERAJAAN ALLAH

 

Warisan atau bagian pengikut Kristus ini dijamin oleh Roh Kudus ( Efesus 1: 14) dan disimpan di sorga untuk mereka ( I Petrus 1:4)

Efesus 1: 14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

I Petrus 1: 4 Untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Warisan seperti apakah itu?

Warisan di bumi:

  1. Memperoleh berkat ( 1 Petrus 3: 9)
  2. Penderitaan bersama Kristus supaya kita juga dipermuliakan bersama dengan Dia ( Roma 8: 17)
  3. Menuai apa yang telah ditabur ( Matius 19:29) selama di bumi

Warisan di kekekalan

  1. Penebusan (Efesus 1:14) Memperoleh keselamatan ( Ibrani 1:14) Memperoleh hidup kekal (matius 19:29), tidak mengalami kematian kekal
  2. Tubuh kemuliaan ( I Kor 15:50), yang tidak dapat bianasa
  3. Mendapatkan kerajaan sorga ( Mat 25; 34) di saat penghakiman terakhir
  4. Warisan yang Tidak dapat binasa, tidak dapat cemar dan tidak dapat layu ( I Pet 1:4)-yang tersimpan di sorga

Siapakah yang berkak mendapatkan warisan itu?

  1. Ditujukan pada orang yang kaya dalam iman dan mengasihi Tuhan ( Yakobus 2;5)
  2. Ditentukan oleh pilihan Allah sendiri, bukan kriteria manusia (Yakobus 2:5)

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIBENARKAN- SESI 4

ROMA 8:28-30

Roma  8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

 

Roma 3:24

Konteks
3:24 dan oleh kasih karunia j  telah dibenarkan k  dengan cuma-cuma karena penebusan 2  l  dalam Kristus Yesus.

Roma 5:1

Konteks

Hasil pembenaran

5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan g  karena iman 3 , h  kita hidup dalam damai sejahtera i  dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. j 

Roma 5:9

Konteks
5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan w  oleh darah-Nya, x  kita pasti akan diselamatkan dari murka y Allah.

Roma 5:16

Konteks
5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.

Roma 5:18

Konteks
5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang n  beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran o  untuk hidup 4 . p 

 

Wahyu

Kepada jemaat di Efesus

2:1 “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: p  Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya q  dan berjalan di antara ketujuh kaki dian r  emas itu. 2:2 Aku tahu segala pekerjaanmu: s  baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai t  mereka yang menyebut dirinya rasul 1 , tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta. u  2:3 Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; v  dan engkau tidak mengenal lelah.2:4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu w  yang semula 2 2:5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah x  dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu 3  y  dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat. 2:6 Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, z yang juga Kubenci 4 2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan a  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang 5 , b  dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan c  yang ada di Taman Firdaus d  Allah.”

Jemaat di Efesus mengalami penderitaan karena nama Yesus

 

Kepada jemaat di Smirna

Wahyu 2:8 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: e  Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, f  yang telah mati dan hidup kembali: g  2:9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu 6 –namun engkau kaya h -dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: i  sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. j  2:10Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai k  dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. l  Hendaklah engkau setia m  sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan. n  2:11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan o  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua 7 . p 

 

Jemaat di Smirna juga  mengalami penderitaan, kesusahan dan kemiskinan.

 

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru 1 , n  sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, o  dan lautpun tidak ada lagi. 21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, p  Yerusalem yang baru 2 , turun dari sorga, dari Allah, q  yang berhias bagaikan pengantin perempuan r  yang berdandan untuk suaminya. 21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. s  Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah t  mereka. 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata u  mereka 3 , dan maut v  tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, w  sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. x ” 21:5 Ia yang duduk di atas takhta y  itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru! z ” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar. a ” 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. b  Aku adalah Alfa dan Omega, c  Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma d  dari mata air kehidupan. e  21:7Barangsiapa menang 4 , f  ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.g  21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya 5 , orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, h  mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; i  inilah kematian j  yang kedua.”

Akan ada penghapusan air mata dari segala perkabungan, tangisan atau dukacita.

 

 

 

 

SESI 4 .AKU DIBENARKAN

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 4. KARENA KITA ADALAH UMAT YANG DIBENARKAN, MAKA KITA DAPAT TERUS BERTAHAN DALAM PENDERITAAN YANG KITA ALAMI OLEH PERTOLONGAN ROH KUDUS .

Roma 8: 18-30

Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini

 tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan

yang akan dinyatakan kepada kita. 

Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan

saat anak-anak Allah dinyatakan.

Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan,

bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia,

yang telah menaklukkannya, tetapi dalam pengharapan,

karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan

dari perbudakan kebinasaan  dan masuk ke dalam

kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah. 

Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk

sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.

Dan bukan hanya mereka saja,

tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh,

kita juga mengeluh dalam hati kita

sambil menantikan pengangkatan sebagai anak,

yaitu pembebasan tubuh kita.

Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan.

Tetapi pengharapan yang dilihat,

bukan pengharapan lagi; 

sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya?

Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat,

kita menantikannya dengan tekun.

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita;

sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa;

tetapi Rohsendiri berdoa untuk kita kepada Allah

dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, 

mengetahui maksud Roh itu,

yaitu bahwa Ia,

sesuai dengan kehendak Allah,

berdoa untuk orang-orang kudus.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja

dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 

bagi mereka yang mengasihi Dia,

yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencanaAllah.

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula  , 

mereka juga ditentukan-Nya dari semula

untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, 

supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung 

di antara banyak saudara.

Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula,

mereka itu juga dipanggil-Nya. 

Dan mereka yang dipanggil-Nya,

mereka itu juga dibenarkan-Nya. 

Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

 

Thema sesi  4; AKU DIBENARKAN

Tujuan sesi 4:

Agar oleh karya Roh Kudus, anak-anak terus dapat bertahan di tengah-tengah penderitaan dunia ini. Kita pasti  sanggup bertahan dalam penderitaan, karena pertolongan Roh Kudus

Pada saat kita menderita, itu bukan karena kita sedang ada dalam penghukuman  karena  sebagai anak-anak Allah, kita adalah umat yang DIBENARKAN (Roma 8:1, Roma 8:30), kita tidak hidup di dalam roh perbudakan yang membuat kita takut lagi (Roma 8:15)

Ayat mas : Amsal 24:10, Roma 12: 12

Ada tantangan/ Altar Calling untuk alami babtisan Roh Kudus/ hidup dipenuhi Roh Kudus setiap hari, karena Roh Kuduslah yang menolong kita dapat menjadi seorang yang lebih dari pemenang, tidak perduli seberat apa pun penderitaan yang kita alami

INTISARI SESI 4:

Untuk dimuliakan bersama-sama dengan Kristus ( Roma 8: 17) akan melalui juga penderitaan bersama-sama dengan Kristus.

Walaupun di dunia ini kita mengalami penderitaan, namun penderitaan itu tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita (Rom 8:18) Menerima Kristus sebagai Tuhan, tidak berarti kita dibebaskan dari masalah-masalah yang ada di dunia yang fana ini.

Saat kita mengharapkan apa yang tidak dapat kita lihat sekarang ini dengan mata jasmaniah, itu artinya kita membutuhkan ketekunan, karena tanpa ketekunan, pengharapan kita tidak akan bertahan. Pengharapan yang dikerjakan oleh Roh Kudus inilah yang memampukan kita dapat bertahan dalam penderitaan yang ada di dunia.

Pada saat kita menderita karena Kristus ( jadi bukan menderita karena kesalahan kita sendiri), kita tidak perlu takut lagi, karena kita adalah umat yang DIBENARKAN- kita tidak diperbudak lagi oleh roh ketakutan. Seberat apa pun penderitaan yang kita alami, Roh Kudus akan bantu kita berdoa kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Umat yang dibenarkan- dapat menolak intimidasi iblis.

 

Macam-macam penderitaan:

  1. Karena salah sendiri/ upah dosa di masa lalu I Pet 4: 15, Roma 2:9, sebaiknya kita jangan menderita karena hal ini yaaaaaaaa……….. kalau ini terjadi ya minta ampun sama Tuhan dan segera tinggalkan kejahatan, dan bertobatlah !
  2. Karena memang hidup di dunia ini akan bertemu dengan penderitaan. Maz 90:10 Roma 8:22-23
  3. Karena kita tinggal di dunia yang jahat II Pet 2:7
  4. Karena menyangkal diri/ memikul salib/ -mematikan ego dari dalam hidup kita (hal ini tentu mengakibatkan penderitaan buat nafsu kedagingan kita) Matius 16:24
  5. Karena kita berbuat baik I Pet 3:17
  6. Karena untuk mengalah, I Kor 6:7, Maz 34:14
  7. Karena kita sedang ada dalam peperangan rohani/ mempertahankan iman Ibrani 10:32 ( lihat seluruh konteks), II Tes 1:4
  8. Karena diberi karunia untuk menderita Filipi 1:29
  9. Karena ada beban yang begitu besar dan begitu berat. II Kor 1:8
  10. Karena melepaskan hak, I Kor 9:12
  11. Karena kita sedang diuji ( Kitab Ayub)
  12. Karena kita mengikut Kristus

Mengapa kita harus menderita saat mengikut Kristus?

  • Karena Kristus telah memberi teladan terlebih dahulu I Pet 2:21, I Pet 4:1, Ibr 13; 12
  • Karena kita seorang Prajurit. II Tim 2:3
  • Penderitaan karena menjadi orang Kristen/ pengikut Kristus I Pet 4:16, Fil 1:13, II Tim 3: 11, dinista karena mengikut Kristus I Pet 4:14
  • Penderitaan karena ingin beribadah kepada Tuhan, , II Tim 3:12
  • Penderitaan karena memberitakan injil, II Tim 1:8, II Tim 2: 9-10
  • Karena kita adalah anggota tubuh Kristus I Tes 2: 14, Kol 1:24, I Kor 12: 26

Yang harus kita lakukan saat menderita:

  1. Datang pada Yesus dan mendapatkan kelegaan daripadaNya Mat 11: 28
  2. Berdoa Yak 5:13
  3. Berdoa dalam bahasa Roh, biarkan Roh Kudus yang menolong kita untuk berdoa dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan (Roma 8:26)
  4. II Kor 6:5 Berjaga-jaga dan berpuasa
  5. Memiliki kasih, karena kasih itu sabar menanggung segala sesuatu I Kor 13:7
  6. Ibr 5: 8 Belajar menjadi taat pada saat menderita
  7. Terus memiliki pengharapan akan kekekalan ( jadi mengarahkan pandangan pada perkara sorgawi, karena kehidupan di dunia ini hanya sementara saja- Roma 8: 18-25)
  8. II Kor 6:4 Menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran ( artinya tidak mengeluh)
  9. Bersukacita I Pet 4: 13
  10. Tetap sabar, tidak mengenal lelah Wah 2: 3
  11. Tidak membalas dendam dan tidak mengancam, sesuai dengan teladan yang Yesus teladankan I Pet 2: 23
  12. Tetap memberkati, dan sabar I Kor 4:12

Yang harus kita lakukan saat melihat orang lain menderita:

  1. Saling menolong Gal 6:2
  2. Membela orang yang sedang menderita Ibr 10:33

Janji apa yang Tuhan berikan pada kita, saat kita mengalami penderitaan?

  1. Kita akan terima penghiburan II Kor 1:5, II Kor 1:4, sehingga dapat juga menghibur yang lain
  2. Tuhan akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kita, sesudah kita menderita I Pet 5:10
  3. Roma 8:17 dimuliakan bersama dengan Kristus
  4. Filipi 3: 10 kita akan lebih mengenal Tuhan
  5. Tuhan memakai penderitaan kita untuk jadi penghiburan dan kekuatan bagi orang lain II Kor 1:6
  6. Kita akan ditolong Tuhan Ibr 2: 18, dan diberi jalan keluar untuk dapat menanggungnya, I Kor 10:13
  7. Roh Kudus akan menolong kita berdoa kepada Allah dengan keluhan-keluhan yant idak terucapkan. (Roma 8:26-28)
  8. Berpikir positif, bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia, yaitu bagi kita yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28)

 

 

 

 

 

AYAT –AYAT TENTANG AKU DIMULIAKAN- SESI 5

ROMA 8:28-30

Roma  8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan 17  j  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k  sesuai dengan rencana l  Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula 18 , m  mereka juga ditentukan-Nya n  dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, o  supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung p  di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula 19 , q  mereka itu juga dipanggil-Nya. r  Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. s  Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya. t 

WAHYU 3:7 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia 4 : r  Inilah firman dari Yang Kudus, s  Yang Benar, t  yang memegang kunci Daud; u  apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. 3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: v  lihatlah, Aku telah membuka pintu w  bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku. x  3:9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, y  yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak z  demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu a  dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. b  3:10Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau c  dari hari pencobaan 5  yang akan datang atas seluruh dunia d  untuk mencobai e  mereka yang diam di bumi. f  3:11 Aku datang segera6 . g  Peganglah apa yang ada padamu, h  supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu. i  3:12 Barangsiapa menang, j  ia akan Kujadikan sokoguru k  di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, l  nama kota Allah-Ku, m  yaitu Yerusalem baru, n  yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. 3:13 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan o  apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Tuhan berpihak pada Jemaat Filadelfia dan membela mereka dengan otoritasNya, mereka dilindungi-Nya karena kasih-Nya pada mereka menjadikan mereka jemaat yang tak terpisahkan dari-Nya. Jemaat Filadelfia giat melayani pekerjaan Tuhan.

 

Yoh 12:26 Barangsiapa melayani Aku 1 , ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. m  Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

 

1Kor 3:9

Karena kami adalah kawan sekerja z  Allah; kamu adalah ladang a  Allah, bangunan b  Allah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SESI 5. AKU DIMULIAKAN

BAGAIMANA KITA BISA JADI UMAT YANG LEBIH DARI PEMENANG?

SESI 5. ROH KUDUS MENOLONG KITA UNTUK MEMILIKI KEYAKINAN IMAN AKAN PEMIHAKAN TUHAN DAN PEMBELAAN TUHAN DALAM HIDUP KITA, SEHINGGA SEBAGAI UMAT YANG DIMULIAKAN, TIDAK ADA APA PUN YANG DAPAT MEMISAHKAN KITA DARI KASIH KRISTUS,

Roma 8: 31-39

Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? 

Jika Allah di pihak kita,   siapakah yang akan melawan kita? 

Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri,

tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua,

bagaimanakah mungkin

Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita

bersama-sama dengan Dia?

Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah?

Allah, yang membenarkan mereka?

Siapakah yang akan menghukum  mereka?

Kristus Yesus, yang telah mati? 

Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit,

yang juga duduk di sebelah kanan Allah,  

yang malah menjadi Pembela bagi kita  ? 

Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus?

Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan,

atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? 

Seperti ada tertulis:

“Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari,

kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan . 

Tetapi dalam semuanya itu

kita lebih dari pada orang-orang yang menang, 

oleh Dia yang telah mengasihi  kita.

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup,

baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah,

baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 

atau kuasa-kuasa, baik yang di atas,

maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain,

tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah,

yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita . 

 

Thema sesi  5; AKU DIMULIAKAN

Tujuan sesi 5: Agar anak-anak mengetahui bahwa :

  1. Tuhan ada di pihak kita, sehingga tidak ada yang dapat melawan kita ( Roma 8:31-32)
  2. Tuhan akan menjadi pembela buat kita (Roma 8: 33-34)
  3. Tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih karunia Allah ( Roma 8: 35-39)
  4. Tuhan ingin kita menjadi kawan sekerja-Nya (Yohanes 12: 26, I Kor 3: 9)

Pada saat itulah Tuhan mengangkat kita menjadi umat yang DIMULIAKAN

Ayat mas: Roma 8:37

Ada tantangan/ Altar Calling untuk percaya, beriman bahwa Tuhan ada di pihak kita, bahwa Tuhan membela kita, bahwa tidak ada sesuatu apa pun yang dapat memisahkan kita dari kasih Kristus, berkomitment untuk terus mengikut dan melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh.

 

INTISARI SESI 5:

Roh Kudus akan pimpin hidup kita sampai kita memiliki keyakinan iman bahwa ada keberpihakkan Tuhan dalam hidup kita, ada pembelaan Tuhan dalam hidup kita, dan tidak ada apa pun yang dapat memisahkan kita  dari kasih Kristus. Tuhan ingin kita mengikut Tuhan dengan setia serta melayani Tuhan dengan sungguh-sungguh ( Sesi 5 AKU DIMULIAKAN)

 

 

 

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

2 thoughts on “SINOPSIS SIL 2015 LEBIH DARI PEMENANG, ROMA PASAL 8”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s