SEKOLAH ALKITAB LIBURAN MATERI TERBARU 2015 GENERASI DIGITAL SESI 4 AKU ANAK MODERN


SEKOLAH ALKITAB LIBURAN ( SAL)

GKT SEMARANG

JUNI 2015.

THEMA SAL: GENERASI DIGITAL

 

SESI 4 AKU ANAK MODERN !

 

Tujuan sesi 4

  1. Agar anak-anak menjadikan MEDIA DIGITAL sebagai alat yang dapat dikendalikan untuk kepentingan kerajaan surga, bukan sebaliknya dimana anak-anak dikendalikan oleh iblis melalui media digital untuk kepentingan-nya membawa manusia jauh dari Tuhan. Materi ini Digali dari Alkitab yang diimplementasikan pada dunia modern.

 

Keterangan untuk guru:

Dengan materi ini kita bukannya mendorong anak-anak memiliki akun FB, SKYPE atau IG, melainkan mereka dapat tahu contoh penggunaan digital yang positif itu seperti apa dan juga mereka siap memberi penilaian kira-kira teman dunia maya seperti apa yang bisa membangun atau yang tidak membangun seperti apa, dan juga mereka dapat siap menjadi berkat lewat dunia digital saat nanti mereka sudah cukup umur untuk memiliki akun-akun tersebut.

Penggunaan metode dalam materi ini salah satunya adalah pemilihan METODE KEKINIAN, metode kekinian adalah bagaimana peristiwa di zaman dahulu dikisahkan ulang dalam zaman modern sekarang ini. Namun metode ini akan dijelaskan pada anak-anak bahwa ini hanyalah imajinasi, seandainya pada zaman itu sudah ada FB, IG, dll, namun dalam kenyataannya pada zaman itu belum ada dunia digital seperti sekarang.

 

 

 

MATERI UNTUK ANAK

Anak-anak kita akan adakan pembagian kelompok sbb:

KELOMPOK 1. ( minimal oleh 4 anak)

KISAH ABRAHAM DAN LOT

MEDIA SKYPE – VIDEO CONFERENCE

Kelompok 1 ini akan dibagi lagi menjadi

  • KELOMPOK 1A ( TOKOH ABRAHAM)
  • DAN KELOMPOK 1B ( TOKOH LOT) .

 

KELOMPOK 2 . ( minimal oleh 12 anak)

KISAH ABRAHAM DAN LOT

MEDIA FACEBOOK- STATUS

Kelompok 2 ini akan dibagi lagi menjadi

  • KELOMPOK 2A ( TOKOH ABRAHAM)
  • DAN KELOMPOK 2B ( TOKOH LOT),
  • dan KELOMPOK 2 C ( PARA GEMBALA ABRAM- buat beberapa akun dari para gembala ini)) ,
  • dan kelompok 2D (PARA GEMBALA LOT- buat beberapa akun dari para gembala ini),
  • kelompok 2E (ORANG KANAAN) dan
  • 2F ( ORANG FERIS)

 

KELOMPOK 3 KISAH ABRAHAM DAN LOT  ( minimal oleh 10 anak)

MEDIA INSTAGRAM

Kelompok 3 ini akan dibagi lagi menjadi KELOMPOK 3A ( TOKOH ABRAHAM)  DAN KELOMPOK 3B ( TOKOH LOT), dan KELOMPOK 3C ( PENDUDUK SODOM- buat beberapa akun dari beberapa orang penduduk Sodom ini)

 

 

 

 

 

Keterangan pembagian kelompok:

Karena kelompok 1,2 dan 3  ini salah satu metodenya menggunakan metode Visual karena  menggunakan gambar/ foto ,maka dalam kelompok ini minimal harus mengandung 2 anak laki-laki yang nanti memerankan Abraham dan Lot, sisanya anak-anak perempuan tidak menjadi masalah.

Namun jika anda ingin menambahkan kelompok lagi (kelompok ke 4) dengan kelompok yang memakai media SMS- tidak memerlukan anak laki-laki. Bisa dilakukan anak perempuan.

Penjelasan Pembicara/ guru di awal:

Anak-anak, Bpk/Ibu ingin menyarankan,  nanti saja jika kalian sudah cukup umur, kalian baru memiliki akun-akun di jejaring sosial sesuai dengan ketentuan yang disarankan.

Tapi untuk sekarang ini kita hanya BERLATIH saja untuk bagaimana menjadi generasi digital yang memakai dunia digital secara positif untuk memuliakan nama TUHAN, dan kita bisa belajar mengenali kira-kira  teman dunia maya seperti apa yang bisa membangun atau yang tidak membangun seperti apa, dan juga kita dapat siap menjadi berkat lewat dunia digital saat nanti kalian sudah cukup umur untuk memiliki akun-akun tersebut.

Pada zaman Abraham (kitab Kejadian) belum ada dunia digital seperti sekarang ini, ini semua hanyalah bersifat imajinasi saja.

Membuat nama akun

Setelah pembagian kelompok, maka anak-anak diminta membuat nama akun, sesuai dengan keunikan tokoh. Tetapi nama ini tidak harus persis sekali dengan yang di Alkitab, seperti juga setiap kita memiliki nama panggilan yang mungkin tidak sama dengan nama resmi.

Contoh:

Kelompok 1 A, nama akun Facebook-nya Abraham: BRAM U.K.

Maksudnya Abraham dari Ur Kasdim

Dlsb.

 

KARTU PETUNJUK TOKOH

Ketiga kelompok ini akan mendapatkan kartu petunjuk tokoh, dengan isi yang berbeda.

Mereka  semua akan membuat kisah yang bersambung, sehingga pada saat presentasi nanti tiap kelompok akan menampilkan kisah yang berbeda dari tokoh yang sama secara berkesinambungan/ berseri.

 

KARTU PETUNJUK TOKOH UNTUK KELOMPOK 1

ABRAHAM- KELOMPOK  1A.

  1. Tuhan memerintahkan Abram untuk pergi dari negrinya dan dari sanak saudaranya dan dari rumah bapanya ( Kej 12: 1)
  2. Abram mendapat janji Tuhan yang luar biasa, yang mana janji Tuhan ini sering diulang-ulang dalam hidupnya oleh Tuhan (Janji pertama: Kej 12: 2-3, janji ke dua :Kej 12:7, janji ke tiga: Kej 13:14-16, janji ke empat Kej 15:4-6, janji ke lima Kej 17:2)
  3. Tetapi perhatikanlah bahwa ternyata Abram taat secara tidak sepenuhnya, karna dia memang pergi sesuai yang Tuhan perintahkan, tetapi dia membawa serta Lot, kemenakannya (Kej 12: 4), sanak saudaranya.

LOT- KELOMPOK 1B

  1. Lot adalah keponakan daripada Abram (Kej 11: 27), ayahnya telah meninggal (Kej 11: 29), kemungkinan besar Abraham mengasuh Lot seperti anaknya sendiri.
  2. Lot mengikuti Abraham (Kejadian 12: 4) pada saat Abraham pergi dari rumah kakeknya.

 

Tugas kelompok 1A dan 1B adalah : Berdasarkan informasi di atas tadi :

  • Tokoh Abraham dan tokoh Lot membuat naskah pembicaraan Video Call, untuk nanti dipresentasikan
  • Presentasi harus ditutup kesimpulan oleh kelompok 1 ( gunakan kata-katamu sendiri dalam kesimpulan ini- kecuali ayat boleh dibaca)

SEBAGAIMANA KETIDAKTAATAN ABRAM DALAM MEMBAWA LOT DALAM PERJALANANNYA- BERDAMPAK/ BERPENGARUH BESAR PADA KEHIDUPAN LOT DI MASA DATANG.

 

MELALUI DUNIA DIGITAL- ketaatan kita ataupun ketidaktaatan kita kepada Firman Tuhan akan menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. (Misalnya melalui FB atau Tweeter) Dengan mudahnya alat komunikasi sekarang ini (HP, SMS, Internet, FB, dll)- kita dengan mudah dapat memberi pengaruh kepada orang-orang disekitar kita DENGAN CEPAT- dan pengaruh itu bisa pengaruh yang baik atau buruk.

 

2 Korintus 3: 2 Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang

 

  • Pengaturan Waktu:
    • 15 menit membaca materi
    • 15 menit menyusun naskah pembicaraan Video Call
    • 3 menit presentasi (waktu untuk presentasi ini sudah termasuk waktu yang digunakan untuk memberi kesimpulan)

 

KARTU PETUNJUK TOKOH UNTUK KELOMPOK 2

ABRAHAM -KELOMPOK 2A

  • Karena Abram tidak taat pada Tuhan ( disuruh meninggalkan sanak saudaranya, tetapi tetap membawa LOT dalam perjalanannya ) akhirnya terjadi masalah di antara Abraham dan Lot karna mereka sangat kaya, dan negri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama (Kej 13:5-7)
  • Abram memberi kesempatan lebih dahulu pada Lot, kemenakannya, orang yang lebih muda darinya untuk memilih terlebih dahulu, sedang dia mengambil sisanya. (Kej 13: 8-9) Abram yang memegang janji Tuhan dalam hidupnya tidak merasa kecewa atas pilihan Lot, Abram tetap berjalan sesuai janji Tuhan.(Kej 13;10-13)
  • Setelah Lot berpisah dari Abram, berfirmanlah Tuhan pada Abram, “Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan ke barat, utara dan selatan, ..” ( kej 13:14-17), jadi peristiwa Tuhan berfirman untuk mengulangi pernjanjian-Nya dengan Abraham sampai ke-tiga kalinya ini (Janji pertama: Kej 12: 2-3, janji ke dua :Kej 12:7, janji ke tiga: Kej 13:14-16) , SETELAH Lot berpisah dari Abram.

LOT -KELOMPOK 2B

  • Lot tanpa segan-segan, walaupun yang lebih muda, dia memilih tempat yang dipandangnya dan dilihatnya sangat banyak air/subur, yaitu Lembah Yordan. (Kej 13:10-13)

PARA GEMBALA ABRAM – KELOMPOK 2C- DAN PARA GEMBALA LOT- KELOMPOK 2D

  • Para gembala Abram dan Lot berkelahi, padahal mereka tinggal di tengah-tengah orang Kanaan dan orang Feris yang saat itu belum mengenal Allah yang hidup.  (Kejadian 13: 6-7).

ORANG KANAAN- KELOMPOK 2 E DAN ORANG FERIS – KELOMPOK 2 F

  • Tentunya kejadian perkelahian ini tidak bisa menjadi kesaksian yang baik, tidak bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi Orang Kanaan dan Orang Feris sebagai orang-orang yang belum mengenal Allah yang hidup pada waktu itu. Perkelahian mereka ini tentunya menurut Abram tidak baik, karena antara Abram dan Lot ,mereka adalah kerabat ( Om dan ponakan) Kej 13: 7

 

Tugas kelompok 2A-2B-2C-2D -2E-2F adalah : Berdasarkan informasi di atas tadi :

  • Tokoh gembala-gembala Abram membuat status FB
  • Kemudian status gembala-gembala Abram ini ditanggapi oleh tokoh gembala-gembala LOT
  • Orang-orang Kanaan dan orang-orang Feris sebagai TEMAN FB juga ikut berkomentar pada status gembala-gembala Abram maupun status gembala-gembala Lot
  • Akhirnya Tokoh Abram inbox ke FB –nya Lot
  • Dan Lot inbox ke FB-nya Abram
  • Akhirnya Lot membuat status- menyatakan tempat yang dia pilih

 

  • Dan setelah peristiwa perpisahan itu, Abram juga membuat status- (kepribadiannya yang mengalah, tetap berpegang teguh pada Tuhan- dst)
  • Tuliskanlah semua kalimat status dan in box tersebut untuk persiapan presntasi nanti
  • Presentasi harus ditutup kesimpulan oleh kelompok 2 ( gunakan kata-katamu sendiri dalam kesimpulan ini- kecuali ayat boleh dibaca)

TERJADI PERTENGKARAN ANTARA PARA GEMBALA ABRAM DAN PARA GEMBALA LOT- MENJADI CONTOH YANG BURUK YANG AKAN DIBACA/ DILIHAT OLEH ORANG-ORANG YANG BELUM MENGENAL TUHAN.

 

MELALUI DUNIA DIGITAL-  Kita harus berhati-hati terhadap kata-kata tajam, kata-kata sindiran, kata-kata mengutuki- kata-kata kekerasan, pertengkaran, mengecam, menghina, iri hati, dan kata-kata sia-sia yang tidak membangun. Apalagi jika terjadi perkelahian, perang mulut dan pertikaian, pertengkaran, sakit hati. Semuanya itu akan dengan mudah dilihat / ditonton/ dibaca/diketahui oleh semua orang seluruh dunia, dengan cepat. Hal-hal semacam ini tidak mempermuliakan nama Tuhan. 

 

I Petrus 3:10 Siapa yang mau mencitai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu

Efesus 4: 29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

 

  • Pengaturan Waktu:
    • 15 menit membaca materi
    • 15 menit menuliskan naskah status/ inbox FB
    • 5 menit presentasi (waktu untuk presentasi ini sudah termasuk waktu yang digunakan untuk memberi kesimpulan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KARTU PETUNJUK TOKOH UNTUK KELOMPOK 3

LOT – KELOMPOK 3B

  • Lot telah setuju berpisah dari Omnya Om Abram dan dia memilih untuk tinggal di Lembah Yordan yang banyak airnya, seperti taman Tuhan, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. (Kej 13:10)
  • Namun Lot sama sekali tidak mengetahui bahwa suatu saat nanti, Sodom dan Gomora akan dimusnahkan oleh Tuhan. (Kej 13:11)
  • Pada awalnya Lot berkemah di DEKAT Sodom (Kej 13: 12)
  • Barulah setelah Lot itu tinggal di sana, barulah dia mengetahui bahwa ternyata Orang Sodom itu sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN (Kej 13:13, Kej 19:13) Salah satu kejahatan orang-orang Sodom ini adalah mereka orang orang yang aneh, karena banyak dari penduduk kota itu yang mana laki-lakinya suka kepada sesama laki-laki/ HOMO. Kehidupan yang suka pesta pora, tanpa mau mengenal Tuhan (Lukas 17:28) Guru pembimbing kelompok kalian akan menjelaskan lebih lanjut pada kalian. **
  • Lama-kelamaan Lot tidak hanya tinggal dekat SODOM- melainkan sudah TINGGAL DI SODOM (Kej 14:12)
  • Tidak saja tinggal di SODOM, melainkan lama-kelamaan LOT menjadi pemimpin kota SODOM ( Kej 19:1) – karena pada zaman dahulu orang yang duduk di pintu gerbang adalah pemimpin-pemimpin kota
  • Sabagai orang benar, jiwa Lot benar-benar tersiksa, karena dia tinggal di tengah-tengah orang-orang Sodom yang hidupnya jahat, tiap hari dia melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang jahat.( 2 Pet 2: 6-10)

ABRAHAM- KELOMPOK 3 A

  • Abram mengerahkan tentaranya untuk berperang melawan musuh untuk menyelamatkan Lot dan keluarganya dan harta bendanya (Kej 13: 13-16)
  • Abram berdoa syafaat untuk Lot (Kej 18:20-33)
  • Doa Abram dijawab Tuhan, dimana Tuhan tetap memusnahkan kota Sodom dan Gomora, melainkan tetap menyelamatkan Lot dari bencana itu. (Kej 19:27-29)

MASYARAKAT SODOM- KELOMPOK 3 C

  • Orang Sodom itu sangat jahat dan berdosa terhadap TUHAN (Kej 13:13, Kej 19:13, 2 Pet 2: 6-10) Salah satu kejahatan orang-orang Sodom ini adalah mereka orang orang yang aneh, karena banyak dari penduduk kota itu yang mana laki-lakinya suka kepada sesama laki-laki/ HOMO. Kehidupan yang suka pesta pora, tanpa mau mengenal Tuhan (Lukas 17:28) Guru pembimbing kelompok kalian akan menjelaskan lebih lanjut pada kalian. **

 

 

 

 

Tugas kelompok 3A, 3B. 3C adalah : Berdasarkan informasi di atas tadi :

  • Tokoh MASYARAKAT SODOM membuat Foto untuk diupload di Instagram, tentang kehidupan mereka yang jahat. Dan mereka selalu meng hashtag foto-foto mereka di instagram milik LOT.
  • LOT menampakkan foto galau pada akun IG nya ketika dia hidup di tengah-tengah masyarakat yang  jahat dan tidak takut akan Tuhan. Ketika Lot mencoba memberi kata-kata peringatan agar orang Sodom bertobat, justru tanggapan mereka meremehkan dan menghina ( bandingkan dengan Kej 19: 12-14)
  • ABRAM pun selalu mengomentari IG LOT yang tampak galau dan memberi kata-kata positif pada LOT, kata-kata kekuatan, motivasi untuk LOT terus takut akan Tuhan. Di sinilah kesempatan kita menunjukkan bahwa kita bisa memakai dunia digital untuk kemuliaan nama Tuhan.
  • Buatlah Foto betulan seperti untuk akun Instagram dan tuliskanlah komentar pada tiap foto untuk persiapan presentasi melalui LCD Screen nanti
  • Presentasi harus ditutup kesimpulan oleh kelompok 3 ( gunakan kata-katamu sendiri dalam kesimpulan ini- kecuali ayat boleh dibaca)

INGATLAH BAHWA KITA HIDUP DI DUNIA YANG JAHAT, dan kejahatan dunia ini akan terlihat juga di media, di layar, di internet, di TV, di IG, di FB, di Tweeter, dll

Berhati-hatilah saat berhadapan dengan orang yang tidak kita kenal di dunia nyata, mereka dapat saja berbuat jahat kepada kita, karena kita tidak mengenal mereka sesungguh-sungguhnya.

 

 Kalau kita tidak hati-hati, tidak mengenal firman Tuhan, tidak suka berdoa, tidak dekat dengan Tuhan, mudah saja kita ditipu, disesatkan, dll Tetapi kalau kita mengenal Firman Tuhan,suka berdoa, hidup depat dengan Tuhan,  kita tidak mudah disesatkan, ditipu, dibohongi, diperlakukan dengan tidak sopan.

 

Berhati-hatilah saat bergaul  karib dengan orang-orang yang memberontak pada Tuhan, tidak takut akan Tuhan, maka kebiasaan baik kita akan berganti dengan kebiasaan buruk.

 

I Kor 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik

 

Mazmur 119:9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan Firman-Mu.

 

 

 

 

 

 

  • Pengaturan Waktu:
    • 15 menit membaca materi
    • 15 menit menuliskan membuat foto-foto IG
    • 5 menit presentasi (waktu untuk presentasi ini sudah termasuk waktu yang digunakan untuk memberi kesimpulan)

 

** guru harap baca di Kej 19: 4-11, 2 Pet 2: 4-16 dan mohon menjelaskan anak-anak dengan bahasa yang cukup dijaga dengan penuh kehati-hatian/ penuh hikmat.- bagian ini tidak termasuk dalam kartu kelompok 3

 

KESIMPULAN OLEH PEMBICARA:
AKU ANAK MODERN adalah anak yang tidak gaptek, tetapi tahu bagaimana menggunakan dunia digital untuk kemuliaan nama TUHAN.

Pada tiap kesimpulan tiap kelompok, ( jadi setelah mereka selesai presentasi dan memberi kesimpulan) , pembicara juga akan memberi tambahan / kisah kesaksiannya / pengamalannya.

 

Keterangan Persiapan Panitia:

  • Ide 1: Skype menggunakan LCD- screen dan Handycam- 2 tampilan –kanan-kiri
  • Ide 2: Template FB Status dan Inbox- siap ketik mendadak sesuai presentasi anak
  • Ide 3: Template Instagram siap isi foto anak- kabel data kamera-LCD Screen/ Laptop
  • Kertas dan ballpoint untuk tiap anak
  • Guru pembimbing tiap kelompok
  • Kostume dan property untuk kelompok 3: sarung, tongkat pemukul, topi, kacamata hitam, botol bir, dll
  • Kamera dan kabel data untuk kelompok 3 dan kameraman dari panitia
  • Ahli IT untuk ide 1-3
  • Kartu petunjuk tokoh untuk kelompok bisa diprint/ditambahkan gambar, dll, dilaminating, dll

 

Praise God !

 

 

 

 

Keterangan untuk guru kelompok, harap guru kelompok bisa mempelajari tiap materi kelompoknya nanti pada hari H dapat menceritakan secara singkat pada kelompoknya apa yang menjadi LATAR BELAKANG tiap tokoh, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk anak-anak membaca dan meneliti satu persatu materi kelompoknya masing-masing.  Namun tidak berarti melarang kita mengajak anak membuka ayat, tetapi prosesnya akan lebih cepat dan mulus bila guru kelompok benar-benar menguasai materi.

Guru tidak boleh mendikte status/inbox,koment, dll Guru HANYA BERTUGAS MENJELASKAN DI AWAL, setelah itu MENGARAHKAN pada proses selanjutnya

Jumlah anggota kelompok tidak perlu sama- karena kebutuhan kelompok juga berbeda-beda. !

 

RUNDOWN ACARA

  1. Pembagian kelompok (5 menit)
  2. Penjelasan pembicara/guru di awal (5 menit)
  3. Pembuatan nama akun (5 menit)
  4. Pembagian kartu petunjuk tokoh dan pembacaan materi/ kartu/ ayat-ayat/ penjelasan dari guru pembimbing kelompok (15 menit secara serentak)
  5. Pengerjaan status/foto/naskah video call dll ( 15 menit secara serentak)
  6. Pengumpulan data pada petugas IT untuk disesuaikan dengan template, dll (proses pengerjaan 10 menit- untuk 3 kelompok)
  7. Presentasi kelompok 1 (3 menit)
  8. Tambahan kesimpulan dari pembicara ( 5 menit)
  9. Presentasi kelompok 2 (5 menit)
  10. Tambahan kesimpulan dari pembicara ( 5 menit)
  11. Presentasi kelompok 3 ( 5 menit)
  12. Tambahan kesimpulan dari pembicara ( 5 menit)
  13. Kesimpulan akhir dari pembicara (10 menit)
  14. Sisa waktu untuk cadangan waktu apabila estimasi alokasi ini meleset. (27 menit)

 

BACA TULISAN TERKAIT:

SINOPSIS SEKOLAH ALKITAB LIBURAN 2015 GENERASI DIGITAL

SESI 1 ALKITAB ITU KUNO ..??

SESI 2 MERAH KUNING HIJAU

SESI 3 MENGHITUNG HARI

SESI 4 AKU ANAK MODERN

KKR ANAK ; AKU DAN GADGETKU

PARENTING/ SEMINAR UNTUK ORANG TUA; BAGAIMANA MENJADI ORANG TUA DI ERA DIGITAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s