90. GAME JUMPA FANS DENGAN TOKOH ALKITAB


Sumber Gambar:http://www.biblesongsandmore.com/bibleplansdavidwallshepherd.jpg

 

Game ini seru sekali.

Game ini bisa anda lakukan untuk:

– mengawali acara connect group atau kelompok cell

– sebagai salah satu game di acara rekreasi

-sebagai acara selingan di retreat

-sebagai evaluasi akhir program bila di waktu-waktu sebelumnya anda telah mengajarkan suatu serial tokoh Alkitab pada serial kotbah/ serial cerita sekolah minggu/ serial PA/ penyelidikan Alkitab.

-bisa juga untuk suatu acara special, misalnya natal, dengan menghadirkan tokoh Orang Majus, Para Gembala serta Maria, Yusuf, Nenek Hana, dll

 

Sebagaimana kita tahu, bahwa tiap artis memiliki fansnya masing-masing, dan tiap fans itu memiliki nama sendiri-sendiri. Misalnya fansnya artis bernama Raffi Ahmad dan Nagitan Slavina menyebut dirinya sebagai RANS.

Nah disadari atau tidak, sebenarnya kita semua juga punya fans tokoh -tokoh Alkitab yang paling kita favourite-kan, misalnya saya sangat terkesan dengan tokoh Daud dan Yusuf, mungkin juga beberapa dari anda sangat terinspirasi dengan tokoh Musa, dll.

Hindarkan pemakaian kata TOKOH IDOLA ( karena kata idola berasal dari kata idol yang artinya berhala, hindarkan pemakaian kata TOKOH PUJAAN,karena pujaan kita hanya Yesus,  melainkan pakai kata yang lebih tepat dalam acara ini TOKOH FAVOURITE, kita boleh memfavouritekan siapa saja dalam hidup kita, karena manusia menajamkan sesamanya, hidup kita pun dibentuk oleh orang-orang di sekitar kita/ tokoh tokoh dalam hidup kita)

Nah dalam game kali ini, kita akan tunjuk beberapa orang untuk menjadi Tokoh Favourite Alkitab kita……wk wk wk …

Misalnya, ada yang jadi Musa, ada yang jadi Daud, ada yang jadi Nuh, ada yang jadi Paulus, ada yang jadi Petrus, dll. Baik itu tokoh PL maupun tokoh PB, anda bisa memilih tokoh-tokoh ini berdasarkan kriteria sbb:

– pilih tokoh yang sekiranya cukup dikenal oleh audience, jangan tokoh yang jarang dibahas/ jarang dikotbahkan, misalnya tokoh Harun…kan jarang dikotbahkan/dibahas, ya jangan dipilih

– pilih tokoh yang pernah dan sering dibahas di waktu -waktu sebelumnya dalam kotbah seri/ pengajaran berseri ( bila anda pernah membahas serial tokoh-tokoh Alkitab)

– pilih jumlah tokoh sesuai dengan jumlah perkiraan jumlah audience. Misalnya untuk audience sebanyak 30 orang, anda bisa memilih yaa bisa jadi 5 tokoh saja. (jadi rata-rata tiap kelompok fans nanti bias beranggotakan 6 orang- walaupun nanti jumlah kelompok bisa tidak sama- karena seperti artis kan jumlah fansnya tidak sama dengan artis-artis lainnya- namun secara rata-rata tetap akan kita hitung 30:5= 6)

– pilih jumlah tokoh sesuaikan juga dengan jumlah waktu yang tersedia untuk game ini, semakin banyak waktu yang tersedia, maka semakin banyak pula tokoh yang bisa kita hadirkan, sebaliknya semakin sedikit waktu yang tersedia, , maka semakin sedikit pula tokoh yang bisa kita hadirkan.

Anggap saja jumpa fans ini memakan waktu 15 menit untuk tiap tokohnya, maka waktu yang kita butuhkan untuk 5 tokoh sekitar 15 menit x 5 = 1 jam 15 menit ditambah persiapan, penjelasan, penilaian dll sekitar 45 menit, jadi total butuh waktu sekitar 2 jam untuk 5 tokoh.

Nah sekarang kita akan coba jelaskan Game Jumpa Fans ini.

Pemandu acara mengucapkan salam/ice breaker singkat/yel yel..

Pemandu acara mengatakan bahwa jumpa fans Tokoh Favourite Alkitab kita hari ini, akan segera dimulai dan akan didatangkan Tokoh Favourite Alkitab yang akan dipanggil memasuki ruang jumpa fans, (contohnya saja-) yaitu Daud dan Musa.

Nah untuk anak-anak, kita perlu jelaskan bahwa ini cuma acara pura-pura. Para tokoh Alkitab itu telah meninggal dunia, jadi saat ini kita hanya akan berpura-pura seandainya mereka ini masih hidup, dan kita bisa bertemu dengan mereka, kira-kira hal-hal seperti apa yang ingin kita ungkapkan pada fans kita/ tokoh favourite Alkitab kita dan hal-hal seperti apa yang kira-kira ingin mereka ungkapkan pada kita.

Kita juga jelaskan pada anak-anak bahwa tokoh-tokoh Alkitab itu bukan artis..seperti halnya yang di TV TV, tapi kita akan berpura-pura membuat acara jumpa tokoh favourite/ tokoh yang paling kita senangi. Karena tokoh-tokoh Alkitab yang luar biasa adalah tokoh-tokoh pahlawan Iman dalam Alkitab, mereka telah meninggalkan contoh/ teladan hidup buat kita, yang dapat kita teladani, bisa jadi contoh buat hidup kita. Ada juga hal-hal yang tidak perlu kita contoh dari hidup mereka. Karena sebagai manusia biasa, mereka juga terkadang pernah melakukan kesalahan-kesalahan.

Sebelum tokoh favourite Alkitab diminta memasuki ruangan, maka audience bisa berkumpul siapa yang ngefans sama Daud, dan siapa yang ngefans sama Musa. Jadi yang ngefans sama Daud bisa berkumpul sesama fans Daud, dan juga yang ngefans sama Musa bisa berkumpul sesama fans Musa.Jumlah ini bisa saja tidak sama, karena siapa memfavouritekan siapa tidak bisa dipaksakan, misalnya setelah terbagi kelompoknya, ternyata yang memfavouritekan Daud ada 10 sedangkan yang memfavouritekan Musa ada 5, dari total 15 orang, bisa saja terjadi. Tidak menjadi masalah. Kita bukan sedang menyamakan jumlah anggota.

Panitia bisa mempersiapkan atribut, seperti topi yang sama semua untuk fans Daud, dan pita ikat lengan yang sama semua untuk fans Musa, dll ( sesuai kreatifitas anda)

Minta mereka memisahkan area berdiri sesuai kelompok fans masing masing.

Panitia menyediakan juri rahasia.  Mengapa kita buat seperti itu? Agar nantinya penilaian berjalan natural, sehingga acara fans club ini tidak berkesan seperti acara lomba, walaupun sebenarnya ada penilaian-penilainnya.Jadi siapa jurinya, tidak akan diberitahukan pada peserta.

Bahkan peserta tidak perlu tahu akan adanya penjurian ini , dan  hadiah untuk kelompok fans club pemenang akan dibagikan pada acara paling belakang.

Nah, sekarang tiap fans club diminta untuk menamakan diri mereka. Apakah fans Daud mau menamakan diri Daud Lovers..? ( Contohnya.., biarkan mereka berkreativitas sendiri)- semua penamaan ini juga akan dinilai untuk nilai kelompok- penilain pertama secara kelompok)

Setelah itu, mintalah mereka membuat yel yel terkait dengan fans mereka, misalnya:

Daud Lovers membuat yel yel sbb:

Daud yes yes yes ! Daud oke oke oke ! Daud sip sip sip !

Dst.

Jelaskan bahwa yel yel ini nanti akan ditampilkan saat tokoh favourite Alkitab kita datang/ telah tiba di ruang jumpa fans

Sebelum tokoh favourite Alkitab datang, maka tiap fans diminta membuat surat yang nanti akan diberikan pada fansnya, tiap surat akan dibuat oleh para fans secara pribadi. Ungkapkan hal -hal apa yang telah dilakukan/ dikatakan oleh tokoh favourite Alkitab ini yang telah memberi inspirasi dalam hidup anda. Misalnya seperti ini:

“Daud, aku selalu terharu ketika membaca Mazmur 51. Di situlah aku melihat sosokmu yang begitu jujur dan lembut. I Love You Daud..”

Boleh juga mengutip kata-kata mereka yang bisa kita jumpai di Alkitab. Jadi boleh membuka Alkitab untuk menulis surat ini, misalnya sbb:

Daud, tahu nggak, Mazmur 23 itu adalah pasal kesukaanku di seluruh Alkitab, nih…kata-kata yang ini nih yang paling menyentuh hatiku…”Tuhan adalah gembalaku…” dst

Panitia membagikan kertas surat cantik ini berserta ballpoint pada tiap peserta jumpa fans Artis Alkitab ini. Jangan lupa tuliskan nama anda di surat fans tersebut.

Waktu yang disediakan hanya 10 menit, jadi tidak perlu membuat kalimat yang banyak-banyak, cukup satu alinea saja, dan setelah waktu usai, semua harus dikumpulkan pada ketua fans club ini untuk nanti diberikan pada tokoh favourite Alkitab. (panitia bisa sediakan kardus untuk menyimpan surat surat dari fans club ini, hias kardus dengan kertas kado dan pita cantik)

Nanti juri akan memilih surat yang paling indah dan keren yang akan dibaca oleh Tokoh Favourite Alkitab ( ada point penilaian pribadi di titik ini, ada pemenangnya)

Nah sebelum Tokoh Favourite Alkitab datang, sebelumnya tiap kelompok akan mendapatkan karton warna ( ukuran besar/ ukuran karton utuh) dan sepidol besar, untuk memberi ungkapan pada sang tokoh favourite, saat tokoh  tersebut memasuki ruangan. Bisa diberi tulisan misalnya “Daud…kami bangga padamu” atau “I Love You David!”, dll

Karton yang telah ditulisi akan digulung, dan nanti akan dibuka setelah Yel yel di depan tokoh favourite Alkitab kita.

Keindahan kalimat dan tulisan akan dinilai ( penilaian ketiga untuk kelompok)

Kini saatnya anda akan kami pertemukan dengan Tokoh Favourite Alkitab kita ……

Baik, sekarang kita panggilkan….

(tokoh yang dipanggil sebelumnya sudah memakai kostum dan make up sesuai dengan pentokohannya dan umur tokoh saat itu- jadi artis tidak selalu harus muda, bisa saja kita hadirkan Daud saat sudah tua, karena seperti artis yang sudah tua juga tetap punya fans yang masih setia sejak dia muda dulu. Make up bisa berupa kumis, jenggot, berewok, bedak pada rambut agar terkesan tua, dll. Tokoh juga memakai property seperti tongkat, ikat pinggang, dll sesuai pentokohannya)

Baik, kita panggilkan tokoh favourite Alkitab kita hari ini….

Daaaa….uuuuuddddd  !

(tokoh Daud memasuki ruangan, dan duduk di kursi tokoh favourite. Bisa saja panitia memodifikasi kedatangan tokoh Daud ini disediakan pengawalan yang ketat dari para fans yang ingin menjamah Daud,dll)

Para fans Daud, meneriakkan nama Daud sambil memegang foto/ gambar Daud yang telah disediakan Panitia ( print lukisan wajah Daud di karton-karton tebal), boleh juga diberi steak balon di belakangnya, sehingga mudah dipegang pegang dan diangkat junjung.

Ada juga yang berlarian ingin memegang Daud..

Mana Yel-yelnya untuk menyambut Daud…?? (Yel yel digelar)

(setelah Yel yel selesai digelar, disaksiakan Daud, kini fans daripada Daud boleh membuka lembaran karton yang telah digulung tadi)

Kini, kita juga akan pangilkan…….

Muuuuuuuuuuuuu saaaaaaaaaaaaaaaaa !

(tokoh Musa memasuki ruangan, dan duduk di kursi artis. Bisa saja panitia memodifikasi kedatangan tokoh Musa ini disediakan pengawalan yang ketat dari para fans yang ingin menjamah Musa,dll)

Para fans Musa, meneriakkan nama Musa sambil memegang foto/ gambar Musa yang telah disediakan Panitia ( print lukisan wajah Musa di karton-karton tebal)

Ada juga yang berlarian ingin memegang Musa

Mana Yel-yelnya untuk menyambut Musa…?? (Yel yel digelar)

(setelah Yel yel selesai digelar, disaksiakan Musa, kini fans daripada Musa boleh membuka lembaran karton yang telah digulung tadi)

Sepatah dua patah kata dari Daud dan Musa. Kira-kira inti daripada pidato singkat mereka adalah sbb:

-ucapan terima kasih pada para fans yang telah menunggu mereka datang

-mereka bersyukur karena karya-karya mereka ( misalnya Daud- kitab Mazmur- Musa – 5 kitab Kejadian, Keluaran, dst) telah dipakai Tuhan untuk memberkati para fans, ada penekanan bahwa semua karya mereka ini adalah karena anugrah Tuhan dalam hidup mereka. Semua untuk kemuliaan Tuhan, mereka hanya alat saja di tangan Tuhan, hanya sebagai hamba saja. Biarlah segala kemuliaan hanya bagi Tuhan saja.

– mereka meminta maaf apabila sebagai manusia mereka pernah mengecewakan para fans dalam dosa -dosa yang pernah mereka lakukan, tetapi ada harapan ketika mereka bertobat dari dosa-dosa tersebut, harapan mereka para fans dapat memetik hikmat berharga dari setiap peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup mereka .

-mereka memberi nasehat pada para fansnya, untuk terus hidup takut akan Tuhan, mengembangkan talentanya, memakai waktu dengan baik, dll

(- harap para tokoh ini mempersiapkan draft pidatonya dengan baik- sehingga dapat berbicara dengan lancar)

Kini tokoh favourite boleh membacakan surat dari para fans yang telah dipilih yang terbaik oleh panitia /juri rahasia.

Setelah surat dibaca, langsung boleh diberikan hadiahnya ( untuk tiap pribadi si penulis surat)- boleh langsung foto-foto bersama- atau meminta tanda tangan di Alkitab, dll

Hadiah boleh disediakan sebelumnya oleh panitia. Hadiah ini boleh saja berupa barang atau sesuatu ciri khas dari si tokoh, misalnya Musa memberikan hadiah pasir dari padang gurun, atau Daud mengahadiahkan puisi karyanya ( yang sudah diprint dan dihias dan dipigura, dst- sesuai kreatifitas panitia)

Para tokoh favourite boleh boleh saja terkesan terharu sehingga di mengambil tissue untuk menghapus air matanya, dst.

Setelah itu baik Daud ataupun Musa boleh menerima pertanyaan-pertanyaan dari para fans.

Misalnya :

“Daud, bagaimana perasaan kamu saat kamu dulu ditegur oleh nabi Natan..??”

– tokoh Daud di sini harus bisa menjawab sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang diinterpretasikan dari Alkitab.

“Musa, nyesel nggak sih nggak bisa masuk ke tanah Kanaan itu…? Gimana perasaan kamu?”

-tokoh Musa di sini harus bisa menjawab sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang diinterpretasikan dari Alkitab.

Untuk anak-anak ( kelas tengah), pada sesi ini, bisa saja pertanyaan sudah dirancang oleh Panitia, diketik dan dibagikan pada siapa yang berani membaca pertanyaan. Dan daftar pertanyaan ini telah dirancang berserta jawaban yang nanti akan dijawab oleh si tokoh, jadi ada skrip/ naskahnya, namun jawaban harus dihafal oleh si tokoh, agar tidak berkesan membaca.

(untuk siapa yang berani membaca pertanyaan, dia mendapat point penilaian lebih terhadap penilaian perorangan)

Namun untuk anak-anak kelas besar- bisa digiring untuk membuat pertanyaan sendiri sesuai dengan pengenalan mereka akan tokoh favourite tersebut. (Untuk pertanyaan terunik mendapat point penilaian lebih terhadap penilaian perorangan). Untuk tanya jawab spontan seperti ini, maka si tokoh tidak dapat memprediksi pertanyaan seperti apa yang akan diajukan, jadi si tokoh harus benar-benar menguasai pentokohannya, jika dia memerankan Daud misalnya, dia harus benar-benar mengetahui seluk beluk hidup Daud secara keseluruhan.

Bisa saja, siapa yang pertanyaannya paling mengesankan si tokoh, maka si tokoh saat itu langsung memberikan hadiah pada si penanya.

Hadiah boleh disediakan sebelumnya oleh panitia. Hadiah ini boleh saja berupa barang atau sesuatu ciri khas dari si tokoh, misalnya Musa memberikan hadiah pasir dari padang gurun, atau Daud mengahadiahkan puisi karyanya ( yang sudah diprint dan dihias dan dipigura, dst- sesuai kreatifitas panitia)

Setelah itu, para fans boleh meminta foto atau meminta tandatangan sang tokoh. Tanda tangan bisa dibubuhkan pada Alkitab, dan pada special kitab yang ditulis oleh tokoh tersebut, misalnya, Daud membubuhkan tanda tangannya pada kitab Mazmur, dst.

Foto bersama juga foto benaran, bukan pura-pura, jadi boleh berfoto sendiri-sendiri, juga boleh berfoto bersama -sama satu fans club, dll

Di akhir acara, para tokoh favourite akan membagikan hadiah pada para fansnya.

hadiah ini akan diterimakan secara kelompok.

Dan harga dari tiap hadiah ini tidak sama, misalnya kelompok 1 mendapat hadiah makanan seharga Rp 100.000,00. kelompok 2 mendapat hadiah makanan seharga Rp 75.000,00. dst.

Jadi yang menentukan kelompok mana sebagai juara 1, kelompok mana sebagai juara 2, dst, ditentukan oleh juri, jadi saat tokoh Daud ingin memberikan hadiah pada fans clupnya/ Daud Lovers..- panitianya yang nanti memilihkan hadiahnya yang mana, apakah yang seharga Rp 100.000,00 ataukah yang seharga Rp 75.000,00, dst ( sesuai total nilai juri dari sejak lomba pemberian nama kelompok fans clubnya, yel-yel, dst). Jadi pada pembagian hadiah ini tidak disebutkan sebagai juara-juara. Murni dilakukan secara natural seperti pemberian hadiah dari si tokoh pada anggota fans clubnya.

 

Buka tiap hadiah dan makan beramai-ramai…..

Anda bisa juga memodifikasi acara ini untuk satu tokoh saja, dan bisa diatur acara ulang tahun untuk sang tokoh favourite tersebut. Biasanya kan artis-artis diberitakan selalu dirayakan HUTnya oleh para fans.

Bahkan kalau anda ada dana, anda bisa membuat banner sebagai latar belakang panggung, dengan tulisan sbb:

 

Jumpa Fans dengan Tokoh Favourite Alkitab:

MUSA, DAUD, YUSUF dan PAULUS

Hotel Merdeka, 14 Pebruari 2015

Madiun.

 

Sediakan di meja panjang, minuman, dan snack untuk sang Tokoh Favourite Alkitab ini.

Dan untuk membentuk suasana, boleh juga anda menyediakan pemain akustik gitar atau piano untuk mengiringi acara ini.

 

 

Huuuuu serunya…..

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s