LOMBA MELUKIS AYAT MAS UNTUK KEGIATAN PRA NATAL


LOMBA MELUKIS AYAT MAS UNTUK KEGIATAN PRA NATAL

goreskan cryon pada kertas membentuk tulisan. Oleskan cat air di seluruh permukaan kertas, bahkan melewati tulisan huruf dari cryon tadi. Cat air tidak akan menutupi cryon.

goreskan cryon pada kertas membentuk tulisan. Oleskan cat air di seluruh permukaan kertas, bahkan melewati tulisan huruf dari cryon tadi. Cat air tidak akan menutupi cryon.

tips dari saya, buat cat air encer dan hindari terlalu kental agar mendapat hasil yang baik.

tips dari saya, buat cat air encer dan hindari terlalu kental agar mendapat hasil yang baik.
Seorang, untuk gambar ini, tuliskan dulu kata seorang, baru kemudian bubuhkan gambar menggunakan cat air.

Seorang, untuk gambar ini, tuliskan dulu kata seorang, baru kemudian bubuhkan gambar menggunakan cat air.

anak

anak

telah

telah

lahir

lahir

untuk

untuk

kita

kita

Cryon mengandung minyak, sementara minyak tidak dapat menyatu dengan air, prinsip itulah yang kita gunakan dalam lomba kali ini. Anak-anak diminta menuliskan ayat mas dengan ukuran huruf yang cukup besar, dengan cryon, setelah itu ajak mereka mengarsir di atas tulisan itu dengan cat air…dan anda akan lihat hasilnya begitu indah, karna tulisan dari cryon tersebut tidak terhapus oleh cat air tersebut. Karna ayat mas untuk natal cukup panjang, bagi anak-anak dalam lomba kelompok, dan tiap anak mendapat satu kata saja, anak 1 : menuliskan Yesaya 9:5 anak ke-2 : menuliskan SEBAB anak ke 3 menuliskan SEORANG dst – ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA, SEORANG PUTERA TELAH DIBERIKAN UNTUK KITA; LAMBANG PEMERINTAHAN ADA DI ATAS BAHUNYA DAN NAMANYA DISEBUTKAN ORANG; PENASIHAT AJAIB, ALLAH YANG PERKASA, BAPA YANG KEKAL, RAJA DAMAI Tanda koma, titik koma ; ikut kata di belakang tanda itu. Dengan demikian dibutuhkan 33 anak dalam satu kelompok. Jika kelompok ini dirasa terlalu ‘gemuk’, maka ayat bisa dipecak-pecah menjadi beberapa frase: Yesaya 9:6 Sebab seorang Anak telah lahir untuk kita ( Kel 1, terdiri dari 8 anak) Seorang Putera telah diberikan untuk kita (Kel 2, terdiri dari 6 anak) Lambang pemerintahan ada di atas bahu-Nya (Kel 3, terdiri dari 6 anak) Dan nama-Nya disebutkan orang ; Penasihat Ajaib,  (kel 4, terdiri dari 6 anak) Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Kel 5, terdiri dari 8 anak) Kriteria penilaian

  1. kekompakan team
  2. kreatifitas
  3. pemilihan warna
  4. keindahan tulisan/ kerjelasan huruf
  5. penataan komposisi tulisan dan hiasan lainnya
  6. point lomba ayat mas ( dijelaskan lebih lanjut)- kriteria 1-5 oleh juri gambar, sementara mereka menilai, hasil gambar anak-anak, sediakan juri lain untuk point lomba ayat mas ini. Setelah semua selesai, nilai diakumulasi, dan didapatkan para pemenang.

Jika hasil gambar bagus, tetapi kalah di lomba ayat, belum tentu jadi pemenang, demikian pula sebaliknya. Setelah ayat selesai dibuat. mohon setiap kelompok menyusun ayat-ayat tersebut dalam satu garis lurus, sehingga mudah dibaca. Beri waktu semua anggota kelompok menghafalkan ayat tersebut, dengan gerakan. Sementara hasil gambar diperiksa juri gambar, sekarang ajak anak-anak pindah area lain dan mengikuti lomba ayat (materi ayat adalah ayat yang tadi digambar bersama-sama) Lomba Ayat (pilih jenis lomba yang anda pikir sesuai dengan umur murid saudara)

  • guru memberi potongan tiap kata yang sudah ditulis di kartu (33 kartu), kartu dikocok, dan anak-anak yang menerima dalam keadaan tertutup, (perhitungan waktu dimulai) diminta cepat berlari ke arah ayat dan berdiri di samping kata dalam ayat tersebut, jika dirasa sudah sempurna harap merentangkan tangan, jika juri sudah melihat semua merentangkan tangan dan membentuk satu garis lurus seperti kereta api (perhitungan waktu distop), kartu diperiksa. Kelompok tercepat menang
  • guru memberi potongan tiap kata yang sudah ditulis di kartu (33 kartu), kartu dikocok, dan anak-anak yang sudah menerima dalam keadaan terbuka, setelah juri menyebut aba-aba; satu-dua-tiga, tiap anak harus membaca kartu yang dipegangnya tetapi harus urut dari alamat ayat Yesaua 9:6,  ganti anak lain menyebut kata pertama SEBAB, ganti anak lain SEORANG…dst Jika ada kesalahan diulangi terus sampai sempurna, perhitungan waktu terus berjalan. Kelompok pemenang adalah yang tercepat perhitungan waktunya.
  • Kartu dimasukkan dalam amplop, semua kelompok serempak menyusun kartu-kartu yang ada, yang tertepat dan tercepat menang
  • Lomba tiap kelompok presentasi ayat beserta gerakan/ tarian tersesuai. Yang paling menarik penampilannya, menang
  • tiap anak menadapat satu kalung bertuliskan satu kata, agar acak, mereka memilih sendiri kalung yang sudah disusun pembimbing secara terbalik dan acak, setelah peluit dibunyikan, mereka harus berbaris sedemikian rupa sehingga ayat bisa terbaca urut sempurna.

Kalau anda mengambil waktu di hari libur, bisa juga semua model permainan ini dilakukan, sehingga ayat mas ini semakin melekat di hati anak-anak. Saran pembagian kelompok : Campur usia anak, sehingga dapat merata tingkat pemahaman, atau bagi lomba dalam beberapa kategori: kelas kecil, tengah dan besar, sediakan hadiah sesuai kategori yang ada. Pengumuman Pra Lomba:

  1. anak-anak diharapkan membawa sendiri cat air dan perlengkapannya
  2. anak-anak diharapkan membawa sendiri cryon yang dibutuhkan
  3. anak-anak diharapkan membawa celemek/ alas pakaian, atau pakaian rumah pada saat lomba agar tidak mengotori pakaian yang untuk bepergian.
  4. anak-anak tetap membawa alkitab PL PB, agar ayat yang dilukis langsung dibaca anak-anak dari Alkitab dengan demikian semakin mengakrabkan mereka dengan Alkitab.
Dari sanggar Jenius Cara Alkitab, Magelang, kami ucapkan....

Dari sanggar Jenius Cara Alkitab, Magelang, kami ucapkan....

Selamat hari natal....Tuhan Yesus memberkati.

Selamat hari natal....Tuhan Yesus memberkati.

Bantu mama merapikan sanggar dulu ah.....da da teman-teman...!!

Bantu mama merapikan sanggar dulu ah.....da da teman-teman...!!

 

zwani.com myspace graphic comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s