MATERI ONLINE SEKOLAH MINGGU, MINGGU KE 5 PULANGLAH KE RUMAHMU


MATERI ONLINE ANAK SEKOLAH MINGGU

MINGGU KE 5

Tujuan; anak-anak dapat menikmati di rumah saja, dengan bersukacita bisa jadi berkat / kesaksian untuk memuliakan nama Tuhan di rumah, buat seisi keluarga.

 

Doa Pembukaan: ( Video Doa oleh guru)

Bapa yang baik, jadikan kami anak-anak yang selalu jadi berkat di mana pun, juga termasuk di dalamnya di rumah kami, di  keluarga kami, di dalam nama Yesus, Amin.

Lagu:

https://youtu.be/_59Mp_c56NE

 

LEBIH DALAM CINTAKU KEPADA YESUS

Karya Pdt Yehuda Yermiadi

 

Ku mengasihi-Mu dengan seg’nap hatiku

Membawa s’luruh hidupku

Jadi persembahanku

 

Lebih dalam-dalam-dalam

Lebih luas-luas-luas

Lebih tinggi-tinggi-tinggi

Kasih Tuhan

 

Lebih sayang-sayang-sayang

Lebih cinta-cinta-cinta

Lebih dalam cintaku kepada Yesus

 

Hanya Yesus

S’bab hanya Yesus kekasih jiwaku.

 

 

Lagu ke 2

ANAK PERKASA

Cipt; Yehuda Yermiadi

https://youtu.be/rWnznKdi2-8

 

Aku anak yang perkasa

Sehat kuat oleh kuasa firman

Banyak tantangan

Seribu macam godaan

Kesukaran menghadang di depan

 

Berperang melawan ku pasti menang

Berperang tuhan pimpin di depan

Ib lis tlah ku kalahkan dan kuhancurkan

Kuinjak prok prok prok dahsyat ku menang

 

PEMBACAAN ALKITAB

Guru dapat oleh 1 orang yang berganti-ganti resonansi suara, atau dapat juga melibatkan beberapa orang guru.

Guru menggunakan VOICE WhatsApp

 

Adik-adik, mari kita buka Markus 5:1-20 dan kakak akan bacakan buat kita semua ya.

 

 

NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

Markus 5: 1-20

 

Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa

 

5:1 Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 5:2 Baru saja Yesus turun dari perahu, p  datanglah seorang yang kerasukan roh jahat 1  q  dari pekuburan menemui Dia. 5:3 Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, 5:4 karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. 5:5 Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 5:6 Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, 5:7 dan dengan keras ia berteriak:

SUARA IBLIS ( GURU B)

RESONANSI LEHER

“Apa urusan-Mu dengan aku, r  hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? s  Demi Allah, jangan siksa aku!”
NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

5:8 Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya:
SUARA YESUS ( GURU C)

RESONANSI DADA

“Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!”
NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

5:9 Kemudian Ia bertanya kepada orang itu:
SUARA YESUS ( GURU C)

RESONANSI DADA

“Siapa namamu?”
NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

Jawabnya:
SUARA IBLIS ( GURU B)

RESONANSI LEHER

“Namaku Legion, t  karena kami banyak.”
NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

5:10 Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. 5:11 Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan, 5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya:
SUARA IBLIS ( GURU B)

RESONANSI LEHER

“Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!”
NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. 5:14 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat apa yang terjadi. 5:15 Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras, orang yang tadinya kerasukan legion u  v  itu. Maka takutlah mereka. 5:16 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu. 5:17 Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka. 5:18 Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia. 5:19 Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu:
SUARA YESUS ( GURU C)

RESONANSI DADA

“Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah w  kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!”
NARATOR ( GURU A)

RESONANSI MULUT

5:20 Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis x  segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.

 

Sekarang kita akan mengadakan tanya jawab, saat kakak bertanya, silahkan cepat-cepatan jawab pakai VOICE ya, kalau sudah ada jawaban benar, kakak akan lanjut ke pertanyaan berikutnya.

Kalau temanmu sudah jawab benar, ya sudah, tidak perlu kirim jawaban lagi, tunggu pertanyaan berikutnya ya.

Jadi kira rebutan siapa yang paling cepat kirim voice dan jawabannya paling benar.

 

GMS juga pakai VOICE, jika ada anak yang menjawab betul, guru langsung menuju VOICE ke dua, dst. Jika salah dibahas dulu jawaban yang benarnya apa.

  1. Di daerah mana Yesus bertemu dengan orang yang kerasukan roh jahat ini?

( kunci jawaban: di daerah orang Gerasa, ayat 1)

  1. Siapa nama orang yang dirasuki roh jahat ini?

( kunci jawaban; tidak dicatat namanya dalam Alkitab)

  1. Tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkan orang yang kerasukan setan ini. Apa lawan kata dari jinak?

( kunci jawaban; liar)

Penjelasan guru; Ternyata orang ini sangat berbahaya, liar, dan bisa membuat orang-orang di sekitarnya menjadi takut. Mengapa dia berbahaya? Karena di dalam dirinya dirasuk iblis/ setan. Hidupnya dikuasai setan.

  1. Di manakah orang yang dirasuk setan ini tinggal?

( kunci jawaban: di pekuburan dan di bukit-bukit – ( ayat 5)

  1. Apa yang terjadi pada orang yang dirasuk setan itu setelah Yesus mengusir setan itu agar keluar dari orang itu? Perubahan apa yang terjadi pada orang itu?

( kunci jawaban; ayat 15; duduk, sudah berpakaian, sudah waras)

  1. Apakah Yesus memperbolehkan orang yang sudah sembuh itu untuk ikut perjalanan Yesus yang berikutnya?

( kunci jawaban; TIDAK – ayat 19)

  1. Apa yang kemudian Yesus perintahkan kepada orang ini?

( kunci jawaban; Yesus meminta orang ini untuk pulang ke rumahnya dan ke orang-orang sekampungnya, dan juga supaya orang ini menceritakan kebaikan Tuhan Yesus dan kasih Tuhan Yesus kepadanya, ayat 19)

 

Kesimpulan oleh guru:

Nah, adik-adik, ternyata orang ini yang sudah disembuhkan dari kerasukan setan ini, rindu untuk mengikuti Yesus di perjalanan berikutnya, namun Tuhan Yesus justru menyuruh di pulang ke rumanya, dan bersaksi kepada keluarganya, bercerita kepada mereka, betapa Tuhan Yesus itu baik dan mengasihi dia, bahwa Tuhan Yesus itu sudah membebaskan dia dari cengkraman iblis.

Aplikasi

Demikian juga dengan kita, Tuhan ingin saat di rumah saja, kita tetap mau jadi berkat buat keluarga kita, ceritakan kepada papa, mama, kakak dan adik kebaikan Tuhan buat hidupmu. Ceritakan bahwa Tuhan mengasihimu.

Walaupun di rumah saja, kita dapat bersaksi juga dengan cara –cara yang seru. Misalnya kamu bisa tanya “Ma, apa yang bisa kubantu?” dan kerjakan apa yang dikatakan mama, misalnya menyapu, melipat selimut, merapikan kamar, dll.

“Pa, apa yang bisa kubantu?” Lakukan dan kerjakan dengan sukacita apa yang papa katakan.

Bersaksi adalah membuat orang melihat bahwa di hidup kita ada Tuhan Yesus, ada terang kasih Kristus, ada Tuhan yang membuat kita memuliakan namaNya.

 

Doa Persembahan:

Doa Penutup:

Tuhan, seperti orang ini disuruh pulang ke rumahnya untuk bersaksi, demikian juga kami mau bersaksi kepada keluarga kami, lewat perkataan kami, juga lewat tingkah laku kami, kami ingin keluarga kami melihat, bahwa ada Tuhan Yesus di hidup kami. Kami mau jadi anak yang taat, anak yang menghormati orang tua, dan anak yang mau melakukan perkara kecil di rumah untuk membantu pekerjaan rumah. Kami mau rajin belajar juga selama di rumah, kami juga mau terus bersyukur pada Tuhan, di dalam nama Yesus, amin.

 

 

Tinggalkan komentar