9. KANTONG ISTIMEWA KANTONG RAHASIA


 

MINGGU KE 9
CERITA ALKITAB PER KELAS

KANTONG ISTIMEWA, KANTONG RAHASIA
(SIKAP HATI : RESPONSIBLE / TANGGUNG JAWAB, DALAM HAL INI TANGGUNGJAWAB UNTUK  MENGEMBANGKAN BAKAT/TALENTA/KARUNIA)

ANAK KECIL DENGAN 5 ROTI DAN 2 IKAN
ANAK KECIL DENGAN 5 ROTI DAN 2 IKAN

bidan-bidan mesir
bidan-bidan mesir
daniel
daniel
DAUD DI GOA ADULAM
DAUD DI GOA ADULAM
dorcas
dorcas
EZRA SANG AHLI KITAB
EZRA SANG AHLI KITAB
perempuan sunem
perempuan sunem

Pertanyaan Pancingan: (tanyakan pada anak-anak….)
Apa itu bakat?
Bakat itu diturunkan dari orang tua atau bisa juga dari kakek nenek, misalnya Anak seorang Guru Bulu Tangkis…menurunkan anak yang pandai Bulu Tangkis ( Rudy Hartono)
di alkitab juga ditulis seperti itu (ajak anak-anak baca I Raja-raja 7: 13-14) Hiram adalah ahli tembaga, karna ia anak seorang ahli tembaga.
Apa itu karunia?
karunia adalah pemberian dari Tuhan, karunia ada 3 macam, karunia Roh ( I Kor 12: 8-11) , karunia Jawatan ( Ef 4: 11), dan karunia Motivasi (Roma 12: 6-8). Ajak anak-anak membaca ketiga jenis karunia tersebut.
Tuhan akan disenangkan apabila kita mempersembahkan baik karunia maupun bakat kita kepada Tuhan, dengan cara mengetahui apa yang jadi bakat dan karunia kita, melatih dan mengasahnya, untuk kemuliaan Tuhan.
Permaian BAGI KELAS TENGAH DAN BESAR
Baik…..kakak punya kantong/ kotak/tas kresek hitam  rahasia, di kantong rahasia ini ada banyak sekali barang-barang yang juga rahasia. sekarang kita bagi kelompok.
•    Kita bagi menjadi 3 kelompok
•    tiap kelompok mengutus wakilnya maju,
•    wakil harus meraba salah satu benda di kantong/ kotak  ini, tidak boleh melihat ke arah kantong/ kotak, untuk itu kakak akan menaruh kresek ini di punggung kalian, jadi tidak boleh mengintip
•    setelah selesai memilih salah satu benda, merabanya, berikan benda itu pada kakak
•    kakak akan memindahkan benda yang sudah dipilih ke kresek/kantong/tas yang kosong, sambil mencatat benda apa yang kelompok kalian pilih, sehingga tidak mungkin kelompok lain memegang benda yang sama.
•    si wakil kelompok kini kembali ke kelompoknya
•    dan tugas kalian setelah mendapat informasi dari wakil kelompok benda apa yang tadi diraba,  adalah menyebutkan siapa tokoh alkitab yang memakai benda ini dalam mengembangkan bakat dan talentanya bagi Tuhan, dan terangkan apa yang menjadi talenta/ bakat/ karunia mereka. (buat kakak pembimbing, yang dinilai hanya kebenaran jawaban tokoh saja, kalau mereka kurang tepat menjawab talenta/bakat / karunia tokoh tersebut, tidak masalah, nanti di akhir sesi akan kita bahas satu persatu, tetapi tetap biarkan mereka berusaha menjawab)
•    untuk menjawabnya, teman-teman di kelompok boleh membantu dengan menjodohkan dengan tokoh yang tepat, dari kunci jawaban yang diberikan kakak. Jadi si wakil menyebutkan/ menebak benda apakah kiranya yang dirabanya, anggota kelompok mencari siapakah tokoh nya. Boleh juga dalam hal ini kalian membagi tugas pada teman-teman siapa yang bertugas membuka kunci jawaban yang ini, dan yang itu.
•    Setelah jawaban diketemukan, bisikkan pada kakak. Dan kakak akan melihat apakah jawaban kalian betul atau tidak. Jika salah, benda harus dikembalikan ke kotak. Jika betul benda boleh diambil dan siapa yang mengumpulkan benda terbanyak dia menjadi pemenang.
•    Kakak kembalikan benda yang salah di jawab ke kresek hitam/ kotak rahasia, kalau jawaban kalian salah
•    Benda yang betul ditebak, ini milik tokoh siapa dalam alkitab, boleh kalian bawa menjadi score kelompok kalian.
•    Jawaban betul bernilai 100, jawaban salah bernilai 0
•    Semenatara kelompok yang maju pertama berunding, kita tidak akan buang-buang waktu, langsung kita lanjutkan dengan kelompok berikutnya.
•    Jika ada nilai yang sama setelah setiap kelompok mengambil dua barang, dengna score sama-sama 200, kita adakan perebutan nilai
•    Perebutan nilai caranya begini, satu barang akan diraba oleh 3 orang wakil, tetapi sang wakil belum boleh kembali ke kelompok, sampai kakak hitung satu, dua tiga, berunding dengan kelompok, dan yang tercepat menjawab dengan jawaban tepat, menjadi pemenangnya.
Guru :
mempersiapkan kantong/ kardus berisi benda-benda sbb: (kunci jawaban ini hanya untuk guru, murid jangan sampai tahu)
1.    benang jahit (Dorkas, Kis 9: 39)—bakat menjahit
2.    batu (Daud, I Sam 17: 40) – bakat berperang
3.    uleg-uleg (Perempuan Sunem yang memasak untuk Nabi Elisa, II Raj 4: 8)—bakat memasak
4.    alkitab ( Ezra 7:6, Ezra)—karunia mengajar dan jawatan guru
5.    ballpoint ( Daniel 1: 4, Daniel) —kepandaian dalam pelajaran/pengetahuan umum
6.    roti/ bakpaow ( seorang anak yang tidak ditulis namanya, Yohanes 6: 9) —karunia memberi
7.    popok / pakaian bayi ( Kel 1: 17 Bidan-bidan Mesir) —karunia melayani
Kunci jawaban untuk menolong murid…. (gandakan kunci jawaban ini sebanyak 3 kali untuk 3 kelompok)
Kis 9: 39
I Samuel 17:40
II Raj 4: 8
Ezra 7:6
Daniel 1: 4
Yohanes 6: 9
Kel 1: 17
Kesimpulan
Di akhir permaian jelaskan pada anak-anak, bahwa setiap talenta sesederhana apa pun, jika dipersembahkan untuk Tuhan, Tuhan bisa pakai. Walaupun Dorkas hanya bisa menjahit, Tuhan pakai talenta/bakatnya itu. Daud pandai berperang dan bertarung, ia persembahkan kepandaiannya itu untuk TUHAN, Perempuan sunem juga bakat memasak, karunianya adalah melayani, dia gunakan keahliannya memasak itu untuk memasak bagi nabi TUHAN, Ezra suka menyelidiki Firman TUHAN dan mengajarkannya, ia mendapat jawatan sebagai guru, ia melakukan tugasnya dengan baik, Daniel juga diberi Tuhan kepandaian dalam berbahasa dan berbagai-bagai ilmu, dengan ballpoint/alat tulis Daniel memuliakan nama TUHAN, seorang anak kecil di Alkitab yang
tidak dicatat namanya, mempersembahkan roti yang ia miliki untuk menjadi berkat bagi ribuan orang, anak kecil ini punya karunia memberi,  bidan-bidan di Mesir juga diberi Tuhan karunia melayani.
Tuhan juga memberikan kepada kita karunia untuk menolong orang lain, jadi bukan untuk kesombongan. gunakan setiap kesempatan untuk mengembangkan talenta dan karunia yang Tuhan berikan . Amin
Ayat Hafalan:
I Kor 14:1
Kejarlah kasih itu dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh, terutama karunia untuk bernubuat.
KHUSUS UNTUK KELAS KECIL
Guru memamerkan barang-barang tadi :
1.    benang jahit (Dorkas, Kis 9: 39)—bakat menjahit
2.    batu (Daud, I Sam 17: 40) – bakat berperang
3.    uleg-uleg (Perempuan Sunem yang memasak untuk Nabi Elisa, II Raj 4: 8)—bakat memasak
4.    alkitab ( Ezra 7:6, Ezra)—karunia mengajar dan jawatan guru
5.    ballpoint ( Daniel 1: 4, Daniel) —kepandaian dalam pelajaran/pengetahuan umum
6.    roti/ bakpaow ( seorang anak yang tidak ditulis namanya, Yohanes 6: 9) —karunia memberi
7.    popok / pakaian bayi ( Kel 1: 17 Bidan-bidan Mesir) —karunia melayani
Serta menjelaskan bahwa Dorkas itu walaupun Cuma bisa menjahit, dia mempersembahkan talentanya itu kepada Tuhan, dst Gunakan 10 gambar yang tersedia untuk menjelaskan satu persatu.
Setelah itu lombanya hanya meraba saja, apakah anak-anak bisa membedakan melalui perabaan, mana yang batu, mana yang uleg-uleg, dll
Kelompok satu mengirim salah seorang wakil kelompok untuk maju ke depan meraba, dan menebak barang apakah itu, kalau benar, barang boleh di bawa ke kelompok untuk mendapat nilai 100, kalau salah, barang dikembalikan ke kotak/tas plastic tadi.
Kelompok yang berhasil mempergunakan indra peraba dengan terbaik, dialah pemenangnya.

ALAT PERAGA:

ALAT PERAGA
ALAT PERAGA

KETERANGAN: GANTI POPOK YANG SANGAT SULIT TERTEBAK DENGAN DOT BAYI.

zwani.com myspace graphic comments

Tinggalkan komentar