SINOPSIS SEKOLAH ALKITAB LIBURAN MATERI TERBARU 2015 GENERASI DIGITAL


SINOPSIS

SEKOLAH ALKITAB LIBURAN ( SAL)

GKT SEMARANG

2015.

 

 

 

THEMA UMUM

GENERASI DIGITAL

TUJUAN UMUM SAL;

Bagaimana anak-anak masa kini menikmati internet dengan hikmat Tuhan, bisa memfilter diri dan memanfaatkannya untuk memuliakan TUHAN.

SESI 1 ALKITAB ITU KUNO??

Tujuan:

  1. Agar anak-anak memahami bahwa di zaman digital ini, bukan masalah boleh atau tidak boleh bermain gadget, tetapi menggarisbawahi pesan Alkitab bahwa apakah itu berguna atau tidak, apakah itu membangun atau tidak. Selama kita dapat menggunakan gadget untuk sesuatu yang berguna dan membangun, boleh-boleh saja !
  2. Mengapa kita harus ikuti pesan Alkitab? Karena Alkitab terbukti tidak kuno. Bukti-bukti bahwa Alkitab itu tidak kuno akan dipaparkan.
  3. Tuhan ingin kita lebih cinta Firman-Nya, Diri-Nya lebih dari apapun di dunia ini.
  4. Orang yang cinta Firman Tuhan akan menjadi-kan Firman Tuhan sebagai pagar hidupnya. (Maz 119:9)
  5. Komitment untuk lebih cinta Firman Tuhan.

SESI 2 MERAH KUNING HIJAU

Tujuan:

  1. Agar anak-anak fun dalam game, tanpa harus merasa digurui mengenai sisi positif dan sisi negatif dari dunia digital
  2. Agar anak-anak lebih memperhatikan zaman di mana mereka hidup dan bertindak bijaksana dengan hal-hal apa yang dapat membangun mereka ataupun dapat meruntuhkan hidup mereka

SESI 3 MENGHITUNG HARI

Tujuan:

  1. Agar anak-anak memahami bahwa hidup ini sangat singkat
  2. Oleh karena itu mereka harus mengerti bahwa Tuhan ingin waktu utama kita diisi dengan hal-hal yang penting, bermanfaat, berguna, membangun, bertumbuh, dll seperti belajar, les, mengembangkan talenta, membaca buku, membangun hubungan, waktu untuk keluarga, dll( dalam area Roh, Jiwa dan Tubuh)- dan ada waktu-waktu dalam porsi yang sedikit/ waktu sisa- diisi dengan game-rekreasi. Ketika hukum ini dibalik, maka pada masa tua/ hari depan kita akan menyesal karena banyak waktu terbuang percuma. Mazmur 90:12

SESI 4 AKU ANAK MODERN

Tujuan:

  1. Agar anak-anak menjadikan MEDIA DIGITAL sebagai alat yang dapat dikendalikan untuk kepentingan kerajaan surga, bukan sebaliknya dimana anak-anak dikendalikan oleh iblis melalui media digital untuk kepentingan-nya membawa manusia jauh dari Tuhan. Materi ini Digali dari Alkitab yang diimplementasikan pada dunia modern.

PARENTING

Bagaimana menjadi orang tua yang bijaksana di zaman digital ini.

KKR ANAK

  1. Agar anak-anak memahami bahwa pikiran kita sangat dipengaruhi oleh input yang masuk dari luar melalui panca indera. Input yang masuk melalui gadget bisa input positif ataupun negatif, semua input tersebut akan mempengaruhi perilaku kita
  2. Tuhan ingin kita belajar dari kehidupan Lot dan Daniel yang sama-sama tinggal di lingkungan orang yang tidak takut akan Tuhan,tetapi Lot yang kehidupan rohaninya minim akan sangat berbeda dengan Daniel yang kehidupan rohaninya akrab dengan Tuhan. Lot hidup dengan jiwa yang tersiksa, sementara Daniel hidup sebagai orang yang lebih dari pemenang.
  3. Agar anak-anak melihat bahwa kita perlu hidup dalam kebenaran, terlebih saat kita sudah tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik. Jangan sampai mendapat SMS dari Tuhan seperti Raja Beltsazar; Mene-Mene-Tekel –Ufarsin yang artinya dia didapati terlalu ringan.

SINOPSIS SEKOLAH ALKITAB LIBURAN 2015 GENERASI DIGITAL

SESI 1 ALKITAB ITU KUNO ..??

SESI 2 MERAH KUNING HIJAU

SESI 3 MENGHITUNG HARI

SESI 4 AKU ANAK MODERN

KKR ANAK ; AKU DAN GADGETKU

PARENTING/ SEMINAR UNTUK ORANG TUA; BAGAIMANA MENJADI ORANG TUA DI ERA DIGITAL

2 pemikiran pada “SINOPSIS SEKOLAH ALKITAB LIBURAN MATERI TERBARU 2015 GENERASI DIGITAL

  1. Markus Arwakon

    Syaloom… Hallo.. sy adalah guru sekolah minggu di papua, apakah saya bisa mendapat file materi SAL Generasi Digital.? Soalnya kami berencana mengadakan SAL pada Hari Paskah tahun ini.
    Trima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan komentar