CATATAN RESEP KEREN DARI DAPUR SAYA


Tujuan saya menuliskan resep-resep ini adalah agar bisa saya kumpulkan bagi anak cucu kita kelak-resep-resep yang yummy dari mommmmy.

Agar para pembaca blog ini juga tertolong untuk jenius di dapur.

Agar saya bisa mengkoleksi juga resep-resep dari dapur saya untuk saya sendiri tetapi sekaligus berguna untuk anda juga.

KENDARI , NOVEMBER 2013.

ROTI KUAH WANGI KEMANGI

Think outsite of the box.

Roti kuah wangi kemangi.

Rebus air santan dengan cengkeh, serai memar, vanili, daun pandan, serta daun kemangi…. setelah mendidih, saring. Taruh kembali di atas api, masukkan garam, gula serta labu. Tunggu sampai labu empuk. Kini taruh roti di piring, siram dgn kuah santan. Anda akan nikmqti sensasi kemangi ttp dgn citarasa manis. Ceuuuiiiieeeeeuuuuuuuiiiihhhh

KACANG PANJANG LABU KARE

Bosan memasak kancang panjang dengan menumis terus ? Coba resep ini.

Kupas dan potong labu kotak kotak. Rebus. Potong kacang panjang. Masukkan dalam rebusan bila labu telah empuk. Tambahkan bumbu instan merk Bamboe rasa Kare. Tambahkan santan dan garam. Jadi deh.


Kentang Pentung Ijo.

Buat adonan perkedel kentang.

Caranya: Goreng kentang iris, lalu lumatkan bersama garam dan merica serta bawang putih,

Buat bulatan adonan kentang , taruh irisan lombok hijau yg telah buang biji, bulatkan, celupkan dalam kocokan telur, goreng.

Searah jarum jam. Siapkan sawi putih yg sudah dicuci utuh dan direbus sebentar agar lunak (jangan lupa bubuhkan sedikit garam pada air rebusan ). Bubuhkan diatasnya adonan kentang ( potong kentang hulat tipis, goreng kentang, lumatkan, tambahkan bawangputih dan merica serta garam yg telah dihaluskan, tambahkan 2 telur untk 5 kentang ukuran sedang) , tambahkan cabai hijau buang biji, tambahkan irisan sosis, gulung, dan kukus. Hmmmmmm

Sambal terong anti minyak. Biasanya kita menjumpai sambal terong yang sarat minyak. Untuk menghindari minyak berlebih, saya coba buat sambal terong dgn cara lain. Iris cabai keriting, iris terong ungu sesuka selera, iris daun bawang 5 cm (panjang panjang), memarkam 3 cm jahe, memarkan 6 siung bawang putih, encerkan terasi dgn 2 sdt air panas. Panaskan wajan, tata di bagian dasar cabai, daun bawang, jahe serta bawang putih. Langsung di atasnya taruh terong mentah, siramkan air trasi dan tutup rapat dengan api super kecil. Diamkan dan aduk tiap 15 menitan, tunggu sampai semua empuk, baru terakhir bubuhkan garam dan air panas. Jadilah sambal terong kuah tanpa minyak….. hmmmmm nyus emak alamak !

SAMBAL PETAI LOMBOK IJO BUMBU TRASI AROMA KEMANGI ANTI KANKER.

Bahan :2 keris petai, 1/8 kg cabai hijau keriting, 1 butir tomat hijau belah 8, 1 ikat daun kemangi, 1 lembar daun bawang iris 1 cm, batang brokoli anti kanker (buang lapisan luar, potong bulat)

Bumbu : trasi bungkus abc, garam, 5 siung bawang putih.

Cara memasak :lumatkan kasar, bawang putih, cabai hijau dan trasi serta garam, tumis, masukkan tomat hijau dan batang brokoli anti kanker, setelah batang brokoli lunak, masukkan daun kemangi, daun bawang, serta setelah layu paling akhir masukkan petai. Tambahkan garam , cicipi, setelah pas garamnya, matikan api, sajikan dan hmmmmm rasa tak terlupakan akan memenuhi memory otak anda

Soup Merah

Soup merah… rebus tomat yg telah dipotong potong kecil kotak (jumlah tomat jgn terlalu sedikit, agar tingkat merahnya tidak pucat). Setelah layu, angkat dan saring sambil tekan tekan potongan tomat untuk mengambil sarinya. Rebus ulang, masukkan jagung rebus pupil, wortel potong dadu kecil, sosis, kacang polong, daging asap, daun bawang serta seledri, biarkan mendidih, siramkan di atasnya tumisan bawang bombai dan bawang putih yg ditumis dgn mentega. Tambahkan sedikit kecap inggris. Sajikan panas

IKAN SEBRANG BUMBU KUNING

IKAN SEBRANG JEMBATAN KUNING

Cingcang jahe kecil kecil, tumis dengan minyak wijen, masukkan ikan dengan api kecil sekali, tambahkan kecap asin, kecap ikan dan mentega serta merica dan sedikit air, bolak balik dengan hati-hati sampai matang, angkat tanpa bumbu, bumbu yang tertinggal dipakai utnuk menumis jagung putren yang telah dibuang bonggolnya/tengahnya/putihnya. tambahkan garam dan bumbu masak, tunggu sambil diaduk sampai empuk dan matang, tata berbentuk jembatan kuning.

 

BAKSO TAHU

Resep Bakso Tahu.

Sayang sekali untuk masakan saya yang kali ini nggak sempat membuat fotonya.

Bahan : Tahu, belah segitiga, buat lobang di tengah segitiga tersebut untuk memasukkan adonan bakso,

sisihkan tahu yang dikeluarkan dari lobang tadi menjadi adonan tahu, lumatkan.

Haluskan bawang putih, merica dan garam, campurkan ke dalam adonan tahu tadi.

Kupas sampai bersih udang, pisahkan dari sungutnya, ekornya dan kulitnya, udang yang telah dibersihkan tadi cingcang halus, campurkan dalam adonan tahu. Campurkan adonan tahu dan udang ini dengan tepung kanji dan air secukupnya ( jangan terlalu encer). Masukkan bumbu penyedap, dan sesendok demi sesendok masukkan pada tahu segitiga berlubang tadi, tahu demi tahu. Kukus tahu yang sudah diberi isi adonan tadi, sampai matang.

Cuci bersih kulit udang, buang kotorang kuning, rebus ambil kaldu udangnya untuk menjadi kaldu bakso tahu nantinya. Tentunya setelah mendidih, harus disaring dan dididihkan kembali.

Tumis bawang bombai, dan bawang putih, setelah harum masukkan dalam kaldu udang yang sedang mendidih, tambahkan merica dan garam, serta daun bawang dan daun seledri.

Setelah kedua bagian masakan ini matang ( kaldu dan bakso) siap dihidangkan terpisah, sehingga saat anda ingin memanasi, cukup dipanasi kuahnya saja, sedang bakso tahunya tetap bisa anda panasi dengan mengukusnya.

Jika adonan isi bakso tahu ini terlalu banyak, tahunya sudah habis terisi semua sementara adonan bakso masih ada, anda bisa menggorengnya, sehingga menjadi bakso goreng….

Hmmmmmmmmmmmmm selamat datang di dunia kuliner Dito’s Favorite.

Semur Menawan Lidah.

Rebus 8 telur di tungku 1, sementara itu di tungku 2.Goreng 8 tahu setengah matang, sementara itu kupas 4 kentang ukuran sedang, potong bulat dan cuci bersih. Setelah tahu matang, goreng kentang sampai matang. Sementara menggoreng kentang, siapkan bumbu. Kupas bawang putih dan bawang merah. Haluskan ketumbar dan garam, tambahkan dgn menghaluskan merica, bawang putih dan bawang merah, haluskan juga gula merah (untuk citarasa masakan ini memang manis, jadi gula merah jangan terlalu sedikit). Jika sudah selesai sambil menunggu kentang matang, iris bulat 3 tomat merah besar, dan kupas telur yg telah matang. Kini setelah semua bahan siap, tumus bumbu yg telah dihaluskan tadi, tambahkan 5 sendok makan kecap manis, dan satu sendok teh kecap inggris, masukkan tomat sampai tomat layu, masukkan tahu, kentang dan telur, terakhir bubuhkan pala yg telah dihaluskan dan diberi air hangat (saat memasukkan pala sebaiknya disaring dulu) dan masukkan cengkeh 7 butir. Tak lupa tambahkan air secukupnya. Citarasa manis dan rasa asam dari tomat membuat semur ini skan menawan lidah 8 porsi penikmatnya. Sajikan dgn kerupuk udang yg menggoda.

Telur hitam maniz sarang putih.

Rebus sawi putih dalam air mendidih yg telah dibubuhi garam, tiriskan, siram air es agar kesegarannya tetap terjaga. Tata di tas piring sbg sarang putihnya. Rebus telur sampai pecah/matang, kupas. Haluskan kasar:bawang merah, bawang putih, gula merah, tambahkan irisan sarai yg telah dimemarkan. Tumis dgn minyak, tambahkan garam dan kecap manis serta penyedap. Biarkan gula merah sampai menjadi karamel..tunggu sampai benar benar hitam maniz. Ambil telur hitam manis terpisah dari karamel, letakkan di atas sarang putih. Kini sisa karamel di belanga siap disaring diatas telur, sehingga terpisah dari ampasnya…..hmmmmm yumy yumy

KARE SAYURAN

masakan ini kesukaan mas Ari dan Dito. Haluskan bumbu bumbu sbb :bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, jintan, garam, kemiri, dan kunyit bakar, tumis semuanya, tambahkan sere dan laos memar, masukkan santal kental, tambahkan gula merah, dan garam serta penyedap. Masukkan bahan bahan secara bertahap menunggu bahan sebelumnya matang :kentang, wortel, labu siam dan kol. Cicipi, apakah kentang, dan labu siam telah benar benar matang. Sajikan……bersama kerupuk atau tempe, lengkapindgn sambal bajak.

Nasi goreng

TRIP TO KOREA.

Ini adalah nasi goreng yang istimewa karena ini adalah nasi goreng yang dibuat dengan resep khusus dari papa saya. Pernah ‘gara-gara’membuatkan nasi goreng ini dgn bangun jam 4 pagi untuk menjamu tamu tamu korea..papa saya diundang pelayanan ke Korea bbrp tahun kemudian.Kacaukan telur, jangan kupa bubuhkan garam, buat orak-arik telur, sisihkan di wajan sebelah sini, tumis bawang merah yg sebelumnya telah dihaluskan dgn garam, tumis menggunakan minyak biasa atau mentega di wajan sebelah sana, setelah harum, masukkan nasi.Bubuhkan kecap asin, dan penyedap. Aduk hingga rata antara telur orak arik tadi,tumisan bawang merah serta nasi. Hidangkan dgn telur mata sapi…. hasilkan nasi goreng putih, gurih, dan siapa tahu..ada trip to korea…?

 Tahu telur gurih menggigit.

Lumatkan tahu, tambahkan penyedap. Tidak perlu diberi garam, agar tdk keasinan, tambahkan kocokan telur yg dibubuhi garam ( dengan perbandingan 6 tahu dengan 1 telur)  campurkan semuanya, bentuk menggunakan dua sendok, dibolak balik di dua sendok sehingga membentuk oval, goreng terendam dlm minyak panas,  tapi saat menggoreng, kecilkan api jangan diaduk aduk jika blm coklat, agar tidak pecah. Hmmmmmmmmm….
resep ini telah dipraktekkan oleh teman FB saya Lily Lin (Thanks ya untuk fotonya dan tipsnya)
berikut fotonya:

Cumi bumbu trasi.

Haluskan bawang putih, merica, trasi yg sudah digoreng, jahe, tumis dlm minyak panas sampai harum, masukkan cumi, bubuhkan kecap ikan, kecap manis, kecap asin, kecap inggris, garam dan bumhu penyedap serta sedikit gula. Terakhur tambahjan tahu mentah iris kotak. Hmmmm ….cumyyummy

 

TELUR TEAM DITO’S FAVOURITE

 

Telur team dito’s favourite. Kacaukan 5 butir telur, tambahkan 1 sendok teh kecap asin, dan merica yg dihaluskan mendadak (saya biasanya menghindari pemakaian merica halus yg instan krn kurang wangi ) , garam sedikit saja, air 1/4 gelas. Aduk lagi sampai semua bumbu tercampur rata. Kukus brbrp menit. Jika ditusuk garpu, sudah tdk ada cairan telur yg melengket di garpu, itu artinya sudah matang. Hmmmmm i love my son….

TUMIS JAGUNG PUTREN EMAK ENYUS

Tumis jagung putren emak enyus. Belah putren memanjang jadi 4 belah. Buang bagian putihnya, sisakan bagian kuningnya saja, iris serong memanjang. Tumis bawang putir rajang tipis dan jahe memar, tumis menggunakan minyak wijen, setelah harum, pisahkan di bagian wajan sebelah sini, sementara itu di bagian wajan sebelah sana masukkan kocokan telur yg seblmnya telah dibubuhi garam (agar telur tdk terasa tawar nantinya pada tiap gigitannya ) kacaukan. Tambahkan irisan tomat, kecap asin, penyedap serta garam. Terakhir sekali bubuhkan sedikit gula. Hmmmmm rasanya rasa nambah….

TAHU UDANG KUAH TAOCHO

Tahu udang kuah taoco: iris semua bumbu:bawang merah, bawang putih, tomat hijau, lombok besar hijau, laos memarkan, daun kemangi petik, daun bawang iris serong. Kupas udang, cuci bersih, potong kotak, cuci dan kemudian rebus kulitnya untk kaldu udang. Siapkan tahu, potong dadu 2 cm, Siapkan garam, kecap asin, kecap ikan, dan taoco (taoco dpt dibeli botolan di supermaket)penyedap. Tumis brambang bawang dan laos, setelah harum, masukkan udang, stlh berubah warna, masukkan tomat, cabai, daun kemangi dan daun bawang bersamaan, setelah layu, masukkan kuah udang, terakhir masukkan tahu mentah, tunggu sampai mendidih, sembari tambahkan, taoco, kecap asin dan bumbu penyedap, cicipi, bubuhkan garam jika kurang asin. Yummmy yummmyyyy.

JAGUNG KEMBAR KUAH JAHE

Jagung kembar kuah jahe. Siapkan jagung manis kembar 2, telur kocok kembar 2, wortel kembar dua, daun bawang kembar dua, daun seledri kembar dua, beef burger sapi kembar dua. Cara memasak :1. Rebus jagung, jangan buang kaldunya, setelah matang, pupil salah satu, sisihkan, sisir jagung kainnya dan lumatkan sampai halus, sisihkan. Parut wortel kembar dgn model parutan kasar. Kocok dua telur. Iris beef burger kotak kotak, Haluskan jahe 2 cm, bawang putih 2 siung, dan merica secukupmys,tumis dgn mentega, setelah harum, masukkan burger potongan, setelah lunak, masukkan parutan wortel, jagung pupil, jagung lumat, kuah rebusan wortel, tunggu sampai mendidih, masukkan kocokan telur dgn menyaringnya di atas wajan. Aduk, taburksn penyedap dan garam, daun sekedri dan daun bawang. Siap disantap

JANTUNG PISANG PALM MAS ALA GRACE

Tumis bumbu yg sudah dimemarkan: bawang putih, bawang merah, laos, dan trasi bakar. Masukkan jantung pisang yg telah dibuang lapis luar yg keras, serta sudah dipotong potong sesuai selera, tambahkan santan kental, terakhir masukkan bumbu penyedap. It’s simple but…delicious…

Saran penyajian :sajikan bersama sambal trasi dan tempe goreng tepung

KENTANG GULUNG SOSIS ciptaan saya…he he…yummmynya tiada tara

 Lumatkan bumbu sampai halus: merica, pala, bawang putih dan bawang bombai, dan garam,sisihkan,

rebus kentang sampai matang, kupas dan lumatkan sampai halus tiada gumpalan.

Campurkan bumbu yg sudah dilumatkan tadi dgn adonan kentang hingga bumbu merata, tambahkan penyedap rasa sapi.

Siapkan kocokan telur dalam mangkok terpisah.

Ambil adonan kentang, bentuk memanjang, taruh di atas ham panggang (siap olah), tambahkan sedikit telur di atas gulingan kentang sampai merata, agar kentang nanti bisa lengket pada ham, gulung sampai rapi,

trus ikat dgn benang,

gulingkan ikatan ham pada telur kocok sampai semua permukaan terkena telur dengan merata.

Goreng dgn minyak panas tetapi kini telah disetel api kecil, dan sebentar saja.

Saran penyajian: untuk kudapan bisa anda midifikasi dengan balutan tepung roti.

AGUSTUS 2014

KENTANG TAHU SOSIS  KUAH SANTAN ala grace…hmmm yummy yummy

Kentang tahu sosis santan ….hmmmm yummy.

Tumis dgn mentega :bawang putih cingcang, bawang bombai cingcang, serai memar, serta jahe memar setelah harum, masukkan tahu potong dadu, setelah bumbu kira kira telah meresap pada tahu, masukkan kentang lalu siramkan santan kental sampai terendam,tambahkan garam, tunggu mendidih sambil tambahkan penyedap rasa, setelah mendidih masukkan sosis lada hitam, sebentar saja, angkat dan sajikan deh…ashiknya disajikan pakai kerupuk udang….yummmy yumy

AGUSTUS 2014

BAKWAN JAGUNG YUMY

ALA GRACE

– Rebus jagung manis

– setelah itu sisir jagung tersebut

-campurkan tepung terigu, telur, garam, irisan super tipis daun jeruk, irisan super tipis daun kemangi,

-tambahkan bawang putih dan merica yang telah dihaluskan

-tambahan air secukupnya ( terakhir- sampai adonan mendapat kekentalan dan keenceran yang pas)

– goreng dalam minyak panas.

KEISTIMEWAAN RESEP INI : tidak perlu menghaluskan jagung yang telah direbus, kemanisan jagung tetap terjaga, kenikmatan semakin berlipat saat lidah merasakan daun jeruk dan daun kemangi.

TAHU TEK

(UNTUK 40 PORSI)

Resep Tahu Tek ini, adalah perpaduan dari beberapa tahu tek dari beberapa daerah yang sudah saya padukan, dan hasil olahan resep ini menjadi pemenang juara II dalam LOMBA MEMASAK MASAKAN TRADISIONAL, di GUPDI Madiun. Puji Tuhan.

BAHAN:

15 buah lontong

15 buah tahu super, goreng mendadak

15 buah Heci (membuat sendiri)

Mie direbus

Kobis rajang halus

Taoge panjang direbus

BUMBU

15 buah bawang kating goreng utuh

30 buah cabai keriting haluskan

gula jawa 3 bulatan cetakan

1 cup/ gelas  petis super

1,5 KG kacang tanah, goreng

air asam secukupnya dari ¼ Kg asam jawa

Kecap manis secukupnya

3 buah jeruk nipis

garam

air secukupnya

MEMBUAT HECI

Campurkan tepung terigu dengan taoge, kobis dan wortel yang diiris memanjang

Tambahkan telur, royco, bawang putih, garam, dan mrica bubuk

Goreng dalam cetakan

TABURAN

Brambang goreng

Sledri

Krupuk bawang

Kecap manis

Acar Ketimun

Cara Membuat

Haluskan semua bumbu.

Tata di piring, lontong, tahu super, irisan heci, mie, kobis dan taoge, tambahkan bumbu, taburkan di atasnya brambang goreng, sledri, krupuk bawang dan kecap manis, tambahkan acar

KENTANG ONGKLOK

foto kentang ongklok langsung diambil dari dapur saya sebelum disajikan di meja saji untuk seluruh keluarga

Kentang ongklok adalah resep andalan mamie saya, yang sudah di surga sekarang ini. Hmmmmmm semuanya suka masakan ini !!

Bahan: 2 KG kentang,  cuci bersih, rebus bersama kulitnya,  sampai pecah, kupas, lumatkan di atas batu penggiling, sengaja tidak sampai halus semua, ada yang halus ada yang dibiarkan bongkahan kasar

0,5 kg wortel, potong dadu kecil, kukus sampai matang ( jangan direbus, agar vitamin tetap terjaga, dan mengukusnya jangan terlalu lama)

0.5 baby buncis, potong bulat kecil, kukus sampai matang ( jangan direbus, agar vitamin tetap terjaga, dan mengukusnya jangan terlalu lama)

daun bawang, kira-kira 6 batang, iris tipis

daging sapi 2 kg, rebus matang, potong dadu kecil, pisahkan kaldunya lebih kurang 3 liter

susu sapi murni tawar 2 liter/ atau bisa diganti dengan SANTAN atau juga dengan susu kream

Bumbu:

merica secukupnya, pala parut secukupnya, (keduanya jangan menggunakan yang bubuk, tetapi harus yang merica butir yang dihaluskan, dan pala utuh yang diparut- agar kita mendapatkan aromanya- tidak hanya rasanya),

kecap inggris ( 2 sendok makan saja, lebih kurang- jangan terlalu banyak- agar tidak terlalu menyengat)-

3 buah bawang bombay- 10 siung bawang merah -cingcang keduanya ( bawang merah dan bawang bombay tersebut), mentega untuk menggoreng, penyedap rasa sapi

Cara Memasak:

Panaskan mentega, masukkan bawang merah dan bawang bombay cingcang, setelah harum, masukkan daging dadu, wortel dan buncis, kaldu sapi, kentang lumat, masukkan paling terakhir susu sapi untuk mengentalkan, tambahkan semua bumbu dan tambahkan irisan daun bawang di paling akhir proses

Saran Penyajian:

siramkan Kentang Ongklok ini pada Selembar roti tawar atau pada irisan Roti Perancis ( yang panjang dan keras- yang dapat anda beli di Mall), TAMBAHKAN KEJU PARUT bila anda menghendaki lebih yummmy

Resep ini saya tulis sejak pengantin baru, sekitar 1998.

PISANG GOYANG LIDAH

Ala Grace

bahan: santan kental, rebus dengan ditambahkan garam dan kayu manis serta daun pandan

pisang susu/ pilih pisang yang teksturnya lembut dan rasanya manis, iris bulat tipis

sirup markisa/ atau lebih tepatnya sari markisa ( dari Makassar- yang paling enak)

es batu kotak

Cara membuat, campurkan rebusan santan, irisan pisang, dan sirup markisa secukupnya, tambahkan es batu atau bisa juga disimpan di lemari es. Hmmmmmmmm minum selagi dingin….yummmynya alang kepalang !!

BAKMOY UNTUK PARA

HAMBA-NYA

RESEP BAKMOY ini pernah membuat para hamba-hamba Tuhan yang melayani di GPDI Kharsima Kalinegoro bergoyang lidah dan kami semua dari Cell Getsemani sangat puas bisa menjamu para hamba Tuhan ini. Dan resep rahasia dapur cell Getsemani ini tidak saya rahasiakan khusus untuk saudara.

RESEP BAKMOY

Bahan: 10 tahu ( potong dadu kecil, goreng setengah matang), daging ayam 0,5 kg (potong kotak kecil), udang 0,25 kg, babi 0,5 kg. (potong kotak kecil)

bumbu: garam, mrica, kecap inggris, margarin, bawang prey, sledri, kecap manis, kecap asin

rebus babi sampai matang, masukkan ayam ,rebus lagi sampai matang, (ambil kaldu jangan terlalu sedikit, untuk kuah nanti)
cuci udang bersih selagi masih ada kulitnya, kupas dan jangan buang kulitnya, pisahkan udang yang telah dikupas, potong kecil, dan rebuslah kulit udang untuk mengambil kaldunya, tiriskan.

memarkan bawang putih dan goreng dengan mentega, masukkan potongan udang, potongan daging babi, setelah matang masukkan potongan daging ayam, setelah matang, terkhir masukkan potongan tahu yang sudah digoreng setengah matang tadi.

tambahkan kecap manis, kecap asin, garam , merica , kecap inggris (sedikit saja) 1/2 sendok teh, serta penyedap

tambahkan kaldu udang dan aduk terus sampai kuah meresap dan habis

Untuk membuat kuahnya: lumatkan bawang putih, goreng dalam minyak panas, setelah harum dan berubah warna masukkan dalam kuah mendidih, tambahkan mrica dan masukkan daun bawang prei yang telah disimpul.

Saran penyajian: hidangkan dengan cara menaruh bakmoy di piring di atas nasi, setelah itu baru disiram kuah panas, sebelumnya tambahkan potongan daun bawang prei dan potongan sledri, serta bubuhkan bawang putih goreng di atas bak moy ini

Sambal: iris cabe rawit hijau kecil dan tambahkan kecap manis.

NASI GORENG MAMA

KESUKAAN ANAK SULUNG

Dito anak saya yang sulung , sangat mengidolakan nasi goreng buatan saya.

caranya sangat mudah, kupas bawang merah saja (Tanpa bawang putih), cuci bersih, lumatkan dengan daun jeruk yang sudah dibuang tulang daun tengahnya, tambahkan garam, tumis semuanya dengan mentega, masukkan nasi, tambahkan kecap asin,

Anda bisa menambahkan campuran telur yang sebelumnya digoreng kacau terpisah, dan juga irisan ayam yang sudah digoreng kering, atau pun ditambah dengan ikan teri.

Hmmmmmmm yummmmyyy dan mudah sekali !!

———————————————————–

PERKEDEL ISTIMEWA ISI

TONGKOL ALA GRACE

Perkedel kentang ini beda, karna dalamnya ada isinya…tongkol!!

Ikan tongkol sangat lezat sekali, karna itu adalah salah satu ikan kesukaan saya!!!

kupas kentang, cuci bersih, potong lingkaran, goreng setengah matang, lumatkan

Sambil menunggu kentang matang, kupas bawang putih lumatkan beserta beberapa butir mrica pada cobek batu penggiling

di atas bumbu bawang dan mrica tadi lumatkan kentang goreng setengah matang tadi sampai halus, tambahkan garam serta penyedap.

Bentuk adonan kentang tadi bulat pipih, sisipkan tongkol yang sudah digoreng terlebih dahulu dan dihaluskan ( sebelum digoreng tongkol kita rendam dalam air jeruk nipis dan garam), tambahkan lagi adonan kentang di atasnya, padatkan, goreng dengan dibalut kocokan telur.

hmmmmmmmm yummmmmmmmmmynya minta ampunnnnnndehhhhhhh!!!!

PERKEDEL ISTIMEWA ISI

KEJU ALA GRACE

Perkedel kentang ini beda, karna dalamnya ada isinya…KEJU !!

Rasa keju sangat cocok sekali dengan rasa kentang, untuk itu saya memadukan kedua bahan ini, dan keduanya, baik kentang maupun keju  sangat lezat sekali, karna itu adalah kesukaan saya!!!

kupas kentang, cuci bersih, potong lingkaran, goreng setengah matang, lumatkan

Sambil menunggu kentang matang, kupas bawang putih lumatkan beserta beberapa butir mrica pada cobek batu penggiling, dan pada resep ini sengaja saya tambahkan BAWANG BOMBAI cingcang

di atas bumbu bawang dan mrica tadi lumatkan kentang goreng setengah matang tadi sampai halus, tambahkan garam serta penyedap.

Bentuk adonan kentang tadi bulat pipih, sisipkan keju yang telah dipotong kotak-kotak, tambahkan lagi adonan kentang di atasnya, padatkan, goreng dengan dibalut kocokan telur sebelumnya

sajikan panas.

hmmmmmmmm yummmmmmmmmmynya minta ampunnnnnndehhhhhhh!!!!

Agustus 2014

 

RESEP IKAN ASIN PETE KUAH

SANTAN

Karya saya

 

Bahan dan Bumbu:

  • 5 keris petai, iris tengah, bersihkan dari ulat-ulat, kalau bisa cari yang masih segar tanpa ulat
  • Ikan asin ukuran sedang 5 buah, cuci bersih dengan air biasa ( tidak perlu menggunakan garam atau air panas- pertahankan tingkat keasinannya)- jangan dipotong terlalu kecil agar tidak hancur di dalam kuah
  • Santan secukupnya
  • Cabai hijau besar sesuka selera (iris kasar), jahe 2 cm (memarkan), kencur 2 cm (memarkan) , bawang merah dan bawang putih masing masing 6 siung (iris kasar), daun jeruk 7 lembar ( sobek tengah tulang daun- agar keluar wanginya lebih tajam), tomat hijau kecil 3 buah (belah empat), gula jawa lebih kurang 7 cm X 3 cm (iris tipis)
  • Penggunaan garam paling terakhir jika dirasa asin dari ikan asin kurang mengasinkan kuah, namun jika dirasa tidak diperlukan, tidak perlu ditambahkan ( karna ikan asin sudah asin)

Cara memasak:

  • Tumis bawang merah dan bawang putih, setelah harum masukkan semua bumbu lainnya
  • Setelah semua bumbu layu, masukkan petai , aduk terus sampai setengah matang, masukkan santan, dan terakhir masukkan ikan asin, aduk terus agar santan tidak pecah
  • Jika telah mendidih, cicipi, jika kurang asin baru tambahkan garam

Saran Penyajian:

  • Siap dihidangkan panas dengan lauk kerupuk

Keterangan; kata suami saya “Uuuuueeeenak ma..!!”

Puji Tuhan…!! kata saya..

RESEP DURIAN MENTAH

GORENG TEPUNG ALA ARI

RESEP ini buatan dari suami saya

Pada suatu kali, kami mengalami ketipu…karena durian yang mahal sekali itu ternyata mentah total.

Mau diapakan ya durian ini…? Sayang jika dibuang begitu saja, suami saya mendapat ide keren banget…dan hasilnya Yummmmyy!! Kita bisa diberi hikmat untuk membalikkan keadaan…Haleluya !!

Adonan:

Campurkan semua bahan ini:

Tepung terigu pilihan, mentega, telur secukupnya, garam sejumput, keju potong kotak dadu, durian mentah (buang biji) potong lempeng/korek api/dadu sesuai selera. air secukupnya sampai adonan kekentalannya pas.

Goreng dalam minyak panas dengan api sedang.

Nikmati durian mentah itu kini telah menjadi lembut menyatu dengan adonan tepungnya yang gurih berbaur dengan keju yang ashik punya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s