10. PURA-PURA BUTA

Pura-pura buta…? Ah yang benar saja…!! Untuk apa? mari simak tulisan berikut…!!


Kata Pendahuluan:

Saya terdorong untuk merefisi ulang semua tulisan saya terdahulu, terutama yang berkaitan dengan materi mengajar, sehingga saya dapat menjadikan semua materi tersebut multifungsi , baik dipakai oleh kelas kecil, kelas tengah, maupun kelas besar. Untuk itu, semua materi akan saya beri penjelasan bagaimana aplikasinya untuk kelas kecil, tengah maupun besar.

Semua materi saya pisahkan satu persatu serta saya beri judul baru, dan saya masukkan dalam ‘keluarga’ bank kreatifitas, serta akan saya masukkan juga dalam MATERI KREATIF BISA DIPAKAI SEMUA USIA

Terima kasih saya ucapkan kepada GUP Madiun, serta GPDI Bayeman, Magelang, dimana melalui semua materi yang sudah dipakai, dan kelas evaluasi setiap minggunya, timbul ide-ide pengembangan serta penerapannya yang lebih sesuai ke usia siswa.  Anda semua adalah guru saya juga.

MINGGU KE 10
GABUNGAN SEMUA KELAS

PURA PURA BUTA
(disadur dari Spirit Junior Vol 47 Sebtember 2009)

SIKAP HATI: TABAH / ENDURE

FANNY CROSBY

TOKOH INSPIRATIF DUNIA
(disadur dari Spirit Junior Vol 47 Sebtember 2009)

(cerita ini bisa digunakan untuk CERITA KELAS maupun CERITA KELAS GABUNG (tetapi dengan aktivitas seusai cerita, dalam pembagian sesuai kelompok umur, pilih aktivitas yang sesuai dengan umur anak)

Biografi Funny Crosby

Fanny Crosby

SEMUA PERMAINAN HURUF BRIELLE INI ADALAH KARYA KAK ALNINDA RAMANDANI, guru sekolah minggu GPDI Bayeman, Magelang. Terima kasih pada Kak Alninda karna telah berbagi kreatifitas bersama kami.

"Yoook adik-adik, bermain huruf Brielle bersama kakak...."
"Yoook adik-adik, bermain huruf Brielle bersama kakak...."
Ambil contoh huruf atau abjad Brielle dari internet, sebagai 'kamus' sandi brielle.
Ambil contoh huruf atau abjad Brielle dari internet, sebagai 'kamus' sandi brielle.
Dari kamus yang ada, anak-anak diminta menggambar ayat hafalan hari ini menggunakan huruf brielle, sehingga bisa dibaca orang buta.
Dari kamus yang ada, anak-anak diminta menggambar ayat hafalan hari ini menggunakan huruf brielle, sehingga bisa dibaca orang buta.
atau sebaliknya, anda menyusun huruf brielle dan meminta anak-anak menebak, tulisan apakah itu ? (gunakan ayat hafalan minggu ini, bedakan kelompok ini dengan kelompok yang tadi) Cara membuat peraga ini, menggunakan kacang hijau, karton berlobang, serta esolasi bening.
atau sebaliknya, anda menyusun huruf brielle dan meminta anak-anak menebak, tulisan apakah itu ? (gunakan ayat hafalan minggu ini, bedakan kelompok ini dengan kelompok yang tadi) Cara membuat peraga ini, menggunakan kacang hijau, karton berlobang, serta esolasi bening.

Adik-adik, hari ini kita akan mendengarkan kisah kehidupan seorang bernama Fanny Crosby.

Fanny Crosby dilahirkan sebagai bayi yang sehat pada tanggal 24 Maret 1820. Ia dilagirkan di tengah keluarga yang miskin, di New York.

Pada waktu Fanny berumur 6 minggu, si Fanny kecil terserang demam tinggi dan matanya bengkak. Karna keluarganya miskin, mereka tidak punya uang untuk membawa Fanny ke dokter. Dan pada saat itu ada seseorang yang mengaku mengerti tentang ilmu kedokteran , ia mengompress mata bayi Fanny dengan bubur panas.

Akibat kesalahan itulah, mata Fanny yang dilahirkan sehat, kini menjadi BUTA TOTAL, sama sekali tidak dapat melihat.

Pada waktu Fanny berusia satu tahun, ayahnya John Crosby meninggal dunia, sejak saat itu Fanny dirawat hanya oleh mama dan neneknya.

Mama dan nenek Fanny, rajin mengajak Fanny ke sekolah minggu untuk belajar Alkitab.

Fanny anak yang sangat pandai, walaupun ia buta, tetapi pikiran dan telinganya tajam sekali.

Pada umur 8 tahun, Fanny sudah bisa menulis syair/ puisi.

Fanny sangat senang kalau ada orang yang mau membacakan buku untuknya dan pada saat sebuah buku dibacakan, Fanny selalu mendengarkan dengan sungguh-sungguh.

Pada saat Fanny berumur 10 tahun, dia sudah dapat menghafalkan kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan dan juga Matius, Markus, Lukas serta Yohanes. Hebaaaaat sekali ya….?

Pada waktu Fanny berusia 15 tahun, dia pindah ke kota Ney York untuk sekolah di sekolah khusus untuk orang-orang buta/tunanetra

Fanny belajar dengan sungguh-sungguh, dan dia menjadi murid teladan. Sepuluh tahun kemudian setamatnya Fanny dari sekolah itu, dia bekerja menjadi guru di sekolah itu.

Fanny adalah wanita pertama yang berpidato di depan anggota DPR di ibukota Washington. Bahkan Fanny berkesempatan berteman dengan beberapa presiden Amerika Serikat

Fanny menjadi pengarang yang terkenal, dan ia menulis syair lagu yang sangat terkenal pada waktu itu dan diterbitkan dan dinyanyikan di seluruh Amerika Serikat.

Sebagai pengarang lagu yang terkenal, Fanny tidak sombong, ia menggunakan sekitar 200 nama samaran dalam karya-karyanya, selain ia juga memakai namanya sendiri.

Sampai Fanny meninggal, Fanny menuliskan 9000 syair lagu. Bahkan banyak dari lagu-lagu karangannya masih dinyanyikan hingga sekarang.

Walaupun Fanny buta, ia tidak menyesali keadaannya, sebaliknya ia mensyukuri keadaannya itu. Fanny menyadari, justru melalui kebutaannya itulah ia bisa mengalami anugrah yang luar biasa.

Inilah puisi yang dikarang Fanny saat ia berusia 8 tahun:

Oh , aku anak yang sangat berbahagia,

Meskipun tidak bisa melihat !

Aku memutuskan bahwa di dunia ini,

Aku akan berpuas hati !

Banyak berkat kunikmati,

Yang tidak orang lain dapati!

Untuk menangis atau berduka karna aku buta,

Aku tak akan melakukannya.

Perenungan :

Ayo adik-adik, kita mau meneladani Fanny yang walaupun buta, ia selalu mengucap syuku dan memuliakan Tuhan dalam segala keadaan. Ia tetap tabah, tidak menggerutu, tidak mengeluh, tidak menyalahkan Tuhan, tidak dendam pada orang yang salah mengobati dia saat dia bayi yang menyebabkan dia buta. Tetapi sebaliknya ia cinta Firman Tuhan, selalu berkarya/bekerja, membuat syair-syair lagu yang memberkati banyak orang.

Aktifitas:

Membaca puisi Fanny Crosby di depan kelas.

(mohon guru memberi point penilaian tertinggi, untuk diberi stiker tambahan di buku ayat hafalan)

Ayat Hafalan:

Amsal 24: 10

Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

(ALAT PERAGA ; GAMBAR FANNY CROSBY DAPAT ANDA CARI DI INTERNET)

IDE-IDE KEGIATAN UNTUK JUDUL “FUNNY CROSBY”

KELAS KECIL

  1. melatih kepekaan dengan menghafal ayat secara permainan ‘bisik-bisik berantai’ (gunakan ayat hafalan materi ini)
  2. Menghafalkan letak benda-benda di ruang dengan mata tertutub, sehingga berjalan dengan mata tertutup tanpa menabrak ruang dan benda-benda di kelas

KELAS TENGAH:

  1. Membaca puisi Funny Crosby
  2. Mempelajari huruf Brielle, misalnya dengan menyalin salah satu ayat dalam huruf Brielle , atau menterjemahkan ayat dalah huruf Brielle yang sudah dipersiapkan guru sebelumnya (cari contoh kamus huruf brielle di internet)/ pelajari foto-foto di halaman atas ini
  3. membuat 50 nama samaran, nama perempuan, boleh menggunakan nama-nama dalam Alkitab.
  4. memperagakan pidato dengan mata tertutup, tetapi tetap dengan percaya diri, tidak minder, mohon guru membuat naskah pidatonya
  5. menghafal ayat dengan mata tertutup, berpasangan, yang satu membacakan ayat itu, dan yang lainnya berusaha menghafalkan dengan mata tertutup, lalu dilakukan sebaliknya

KELAS BESAR

  1. mencoba membuat syair lagu, yang intinya berbicara tentang:
    1. ketabahan
    2. pengampunan
    3. cinta Firman Tuhan
    4. rajin berkarya
  2. membuat kisah film singkat mengenai kehidupan Funny Crosby, guru sekolah minggu membuat naskahnya, lalu buat film menggunakan HP saja, dengan tehnik rekam-pouse-rekam-pouse, dst Setelah selesai, tonton mini film tsb bersama-sama.
  3. lomba membaca kisah cerita funny Crosby dengan intonasi terbaik
  4. membuat wawancara dengan Funny Crosby, pertanyaan sudah dibuatkan oleh guru, murid tinggal membaca pertanyaan tersebut, salah satu guru atau murid menjadi Funny Crosby-nya

Ayat-ayat yang digunakan di sini, bisa saja diambil dari ayat hafalan materi ini.

Selamat berkarya…!!

 

zwani.com myspace graphic comments

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s