2 GAMES LOGIC SMART


ANAK-ANAK ASHIK MENGERJAKAN MATEMATIKA ALKITAB SAMBIL MENDENGAR MUSIK LEMBUT

ANAK-ANAK ASHIK MENGERJAKAN MATEMATIKA ALKITAB SAMBIL MENDENGAR MUSIK LEMBUT

GURU BOLEH MEMBERI PENJELASAN MENGENAI MAKSUD DARI SOAL PADA ANAK YANG BERTANYA

GURU BOLEH MEMBERI PENJELASAN MENGENAI MAKSUD DARI SOAL PADA ANAK YANG BERTANYA

ANAK BALITA MENGHITUNG JUMLAH KAKI....GOOD IDEA, METODE ANGGOTA TUBUH

ANAK BALITA MENGHITUNG JUMLAH KAKI….GOOD IDEA, METODE ANGGOTA TUBUH

TOPLES, CORONG, PLASTISIN, BOTOL

TOPLES, CORONG, PLASTISIN, BOTOL

MINYAK GORENG, SIRUP, SABUN CAIR UNTUK CUCI PIRING, CUKA, ALKOHOL, SEDOTAN

MINYAK GORENG, SIRUP, SABUN CAIR UNTUK CUCI PIRING, CUKA, ALKOHOL, SEDOTAN

MATERI INI ADALAH PENGEMBANGAN MATERI DARI MAXIMUM POTENCY YANG DAPAT ANDA KLIK DI SINI:

MAXIMUM POTENCY

Sengaja disini dihadirkan beberapa permainan, agar anda dapat mempunyai beberapa pilihan kemungkinan:

  • Pilihan 1. Durasi 1 jam
    • Jika anda dalam satu kesempatan, memakai 8 pos untuk 8 dimensi kecerdasan, pilih saja satu permainan dari semua permainan yang ada di tiap dimensi kecerdasan. Setiap permainan membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit.
    • Akan tetapi jika dalam dimensi kecerdasan tersebut terbagi menjadi dua bagian besar, seperti misalnya music smart terdiri dari musik Vokal dan Instrumental, maka saya sarankan anda memilih dua permainan, yang satu bersifat Vokal dan satu lagi bersifat instrumental. Demikian juga dengan word smart, yang terdiri dari dua bagian besar yaitu bahasa lisan dan bahasa tulis.
    • Jika murid-murid anda terdiri dari kelas besar dan kecil, maka anda memilih satu permainan pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS KECIL, dan satu permainan lagi pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS BESAR, kecuali music smart dan word smart
    • Untuk mekanismenya, dalam satu jam anak-anak dapat memilih 3 saja pos yang paling disukainya.

  • Pilihan 2. Durasi 3 jam
    • Jika anda dalam satu kesempatan , memakai 8 pos yang kesemua pos itu dijajal oleh semua anak
    • Pilih saja satu permainan untuk tiap dimensi kecerdasan , kecuali music smart dan word smart.
    • Jika murid-murid anda terdiri dari kelas besar dan kecil, maka anda memilih satu permainan pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS KECIL, dan satu permainan lagi pada tiap dimensi kecerdasan untuk KELAS BESAR, kecuali music smart dan word smart
    • Untuk mekanismenya, dalam tiga jam semua anak mendatangi semua pos

     

  • Pilihan 3. Durasi 3 jam selama 8 pertemuan (dua bulan).
    • Durasi tiga jam untuk tiap pertemuan ini tidak mutlak, anda bisa jadikan dua jam, satu jam, terserah anda, karna semakin sedikit durasi yang anda pilih, semakin sedikit pula permainan yang anda pilih, demikian pula sebaliknya semakin lama durasi yang anda pilih, semakin banyak juga permainan yang anda pilih.
    • Namun saya akan memberikan jumlah permainan sebanyak mungkin dari setiap ide yang Tuhan berikan. Sehingga anda bisa memilih permainan mana yang memungkinkan untuk dilaksanakan baik secara waktu, SDM, dan situasi kondisi yang ada.
    • Jika murid-murid anda terdiri dari kelas besar dan kecil, maka anda memilih beberapa permainan untuk kelas kecil dan beberapa permainan untuk kelas besar
    • U ntuk music smart dan word smart tidak menjadi masalah, pasti baik musik vokal maupun instrumental, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan semuanya pasti akan terjamah.
    • Untuk mekanismenya, dalam kurun waktu 8 pertemuan/2 bulan, anak-anak menjajal 8 dimensi kecerdasan dimana tiap dimensi terdiri dari 6-12 permainan.

ASUMSI PENGELOMPOKAN UMUR

  • Kelas besar (4-6 SD)
  • Kelas kecil (1-3 SD)
  • Kelas Balita ( TK)

SKALA PENGUKURAN:

  • MATIUS untuk yang berminat sekali
  • MARKUS untuk yang berminat tetapi di bawah skala Matius
  • LUKAS menunjukkan minatnya tetapi kemampuannya bukan di bidang ini, tetapi masih ada harapan untuk pengembangan lebih lanjut
  • YOHANES tidak berminat sama sekali di bidang ini

Kode Matius (MT). Markus (MR), Lukas (LK), dan Yohanes (YH) menolong kita agar tidak menyebut di depan anak, saat berdiskusi dengan guru penjaga pos lain, bahwa si anak A tidak berminat, kurang berbakat, dll, tetapi dengan bahasa sandi, Matius, Markus, dst.

Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan tata cara penilaian dan pengolahan nilai untuk MEMBUAT RAPORT yang akan diberikan pada wali murid pada akhir kegiatan ini

TATA CARA PENGOLAHAN DATA MULTI GAMES 8 DIMENSI KECERDASAN

KELAS KECIL

Karna keterbatasan waktu yang ada dan tidak dapat membayangkan bagaimana mengajak anak balita games logig smart, saya hanya membeli sedotan untuk dimainkan bersama, dan tidak ada persiapan lainnya, tetapi PUJI TUHAN, rekan saya Ibu Fitri, yang memandu kelas kecil ( balita) sangat JENIUS sekali dengan mengembangkan permainan LOGIG SMART UNTUK BALITA secara spontan dan ashik.

Saya tidak menerbitkan tulisan untuk LOGIG SMART kelas balita ini, oleh karna itu satu-satunya cara untuk mempelajarinya ya hanya dengan cara menonton tayangan rekaman -nya saja.

KELAS TENGAH DAN BESAR ( 1-6 SD) SERTA PRA REMAJA ( SMP)

Berbeda dengan games-games dari beberapa dimensi kecerdasan lainnya, kali ini untuk LOGIG Smart hanya 2 games saja, yaitu yang pertama matematika alkitab dan yang kedua eksperiment.

MATEMATIKA ALKITAB

Soal-soal matematika alkitab ini sudah diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan, dari yang paling mudah menuju yang paling sulit. Mengikuti metode KUMON, maka semua anak mengerjakan soal yang sama dari yang paling mudah sampai yang paling sulit, dengan mengabaikan dia duduk di kelas berapa. Metode ini kita pakai karna dengan demikian tiap anak diukur berdasarkan kemampuan pribadinya bukan berdasarkan kurikulum matematika di sekolah, karna bisa jadi anak kelas 3 SD bisa mengerjakan soal untuk tingkat kesulitan kelas V SD, atau sebaliknya anak kelas 3 SD tidak mampu mengerjakan tingkat kesulitan 1 SD

Setiap anak akan mengerjakan sama dari soal termudah, dan tiap anak akhirnya akan berhenti di soal yang benar-benar dianggapnya paling sulit. Bisa saja anak kelas III SD mampu mengerjakan soal anak kelas V, atau bisa saja anak kelas III SD sudah menyerah di soal anak kelas 1 SD. Jadi kita tidak memberi soal sesuai tingkat sekolahnya, tetapi kita memberi mereka tantangan sampai di mana mereka dapat mengerjakan semuanya itu.

SOAL-SOAL MATEMATIKA ALKITAB BERIKUT KUNCI JAWABAN UNTUK GURU DAPAT ANDA KLIK DI SINI:

MATEMATIKA ALKITAB

Yang kedua adalah kelas eksperiment. Semua contoh eksperimen di sini saya dapatkan dari YouTube dari acara RCTI Ranking 1 eksperimen, kalau teman-teman berminat silahkan browsing di YouTube, tetapi tetap akan saya sertakan di sini rekaman dan komentar dari saya untuk setiap persiapan sesi ini, hal ini saya lakukan untuk meminimalisir tingkat kegagalan eksperiment anda di hadapan anak-anak.

Semuanya ada 5 eksperiment.

Eksperiment dapat anda klik di sini:

EKSPERIMENT LOGIG SMART

Salah satu contoh tayangan :

Menuang air dengan corong biasa, dan corong yang dibalut plastisin/ lilin.

http://www.youtube.com/watch?v=Y8aNo06cM5A

( empat tayangan lainnya anda cari sendiri ya..!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s