GAME 9 BUAH ROH


Sumber Gambar :

Sumber gambar: https://godsincontrol.files.wordpress.com/2010/10/fruits-of-the-spririt.jpg

GALATIA 5: 22

Tetapi buah Roh   ialah:

kasih,

sukacita,

damai sejahtera, 

kesabaran,

kemurahan,

kebaikan,

kesetiaan,

kelemahlembutan,

penguasaan diri.

Cara bermain:

kuasai dulu lagu berikut ini, yang mana syairnya diambil dari DUA SUKU KATA dari 9 buah Roh.

Mengapa kita tidak pakai lagu yang sudah jadi saja seperti lagu Kasih Sukacita Damai sejahtera…dst? (Karena tiap kata tidak sama jumlah suku katanya, dan juga karena terlalu panjang kata-katanya)

Mengapa kita tidak pakai satu singkatan suku kata saja, seperti ME-JING-KU-HI-BI-NI-U Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila Ungu? Karena untuk singkatan satu suku kata akan menyulitkan jika ada singkatan yang sama pada sembilan buah Roh ini, seperti misalnya Kesabaran- Ke, Kemurahan-Ke juga..

Mengapa kita bentukkan lagu? Agar mudah dihafal dan diingat !

Karena saya belum berhasil memindahkan lagu ke wordpress ini, mau tidak mau saya sarankan anda download lagu dengan klik tautan di bawah ini:

LAGU GAME 9 BUAH ROH

Saat anda klik tautan di atas, akan muncul judul baru, dan tautan lagi, mohon anda bisa klik tautan yang muncul kemudian itu, dan chek di komputer anda ( tidak bisa dibuka di tab atau HP- harus memakai komputer) di sebelah kiri bawah akan ada proses, jika proses selesai, download-an anda akan tersimpan biasanya di bagaian komputer anda bagian download secara otomatis. Tinggal anda simpan sesuka hati anda simpan di mana.

Pelajari lagu tersebut sampai anda hafal. Tuliskan lagu tersebut atau print, agar nanti memudahkan mengajarkannya pada anak-anak. Jika anda tidak mengusai not angka, anda bisa minta tolong diajarin oleh orang yang bisa baca not angka tersebut.

Setelah anda mengusai lagu tersebut, kini saatnya kita melakukan GAME ini.

Game 9 buah Roh dimainkan oleh 9 orang. ( ATAU BISA JUGA KURANG DARI 9 ORANG)

1. Ajak semua peserta game membaca Galatia 5; 22

2. Ajak semua peserta game menguasai lagu ini, jelaskan syair lagu ini diambil dari dua suku kata dari tiap buah Roh yang tercantum dalam Galatia 5: 22 yang tadi telah kita baca

3. Kini tiap orang boleh memilih buah Roh apa yang menjadi pilihannya, misalnya: Rudy memilih Sukacita, Anita memilih Kasih, Rita memilih Damai sejahtera, dst ( tiap orang tidak boleh memilih buah yang sama). Akan lebih seru kalau anda mempersiapkan 9 kartu dengan 9 nama buah Roh ( tetapi tidak pakai kartu juga tidak masalah, kita pakai cara lisan, asalkan tiap-tiap pemain mengingat sendiri buah Roh yang dia pilih. )

4. Serukan bersama-sama ‘SEM-BI-LAN  BU-AH ROH’ !!! pada saat kata ROH, maka semua orang harus merentangkan jarinya dari kedua tangannya, boleh membuka satu jari , dua jari, sepuluh hari, menutup semua, (menggenggam), salah satu tangan menggenggam dan tangan lain terbuka, dll semua terserah si pemain.

5. Salah seorang memimpin untuk menyanyikan lagu game 9 buah Roh tersebut, Ingat, TIAP SATU SUKU KATA PADA SYAIR LAGU- kita menunjuk  SATU jari yang terbuka. Contoh : ka-si-su-ka-da-ma itu membutuhkan 6 jari.

Jika jari habis, itu artinya lagu berhenti. Misalnya berhenti pada kata MA- itu artinya menunjuk pada kata DAMA – atau  singkatan dari DAMAI SEJAHTERA. Karena Rita tadi memilih Damai sejahtera, maka dia jadi pemenang , dapat 1 point.

Kita ulang-ulang game ini terus, sampai akhirnya siapa pemilik point terbanyak dia menang.

Pada saat mengulang, bisa dua kemungkinan: tiap orang tetap pada pilihannya semula: misalnya Rita terus memilih Damai Sejahtera. atau kemungkinan lain, tiap orang harus berganti-ganti pilihan.

Jika anda menggunakan kartu maka pilihan kedua akan lebih mudah dimainkan, karena kartu tinggal di acak dan dibagi ulang.

Kegunaan Game:

-mengajak tiap orang menghafakan 9 buah roh melalui game singkatan kata.

– mengajak tiap orang untuk terdorong melakukan buah Roh dalam hidupnya

Yuhuuuuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii serunya !!

Thanks untuk ananda Melody Harvest dan Jessica Ludong ( GKII Parousia Makassar) yang menginspirasi saya menciptakan game ini.

Jessica Ludong dan Melody Harvest Elnerd Widiono

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s