PROTEUS MIRABILIS BAKTERI PENYEBAB BATU GINJAL DAN GAGAL GINJAL DIPERANGI OLEH HERBAL PECUT KUDA


daun-pecut-kuda-kemasandaun-kering-piring

PADA ARTIKEL DI BAWAH INI DIBAHAS MENGENAI BAKTERI PROTEUS MIRABILIS YANG MENJADI PENYEBAB BATU GINJAL DAN GAGAL GINJAL ( perhatikan yang saya stabilo ungu)

Artikel ini diterjemahkan dari artikel aslinya:

https://www.hindawi.com/journals/ecam/2016/7842340/

Bukti-Based Complementary and Alternative Medicine
Volume 2016 (2016), ID Pasal 7842340, 7 halaman
http://dx.doi.org/10.1155/2016/7842340
Mengulas artikel
Pecut kuda (L.) Vahl: Dari Penggunaan tradisional untuk Bukti Farmakologi
Mutiara Majorie Liew dan Yoke Keong Yong
Departemen Anatomi Manusia, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universiti Putra Malaysia (UPM), 43.400 Serdang, Selangor, Malaysia

Menerima Oktober 2015 7; Revisi 28 Desember 2015; Diterima Desember 2015 30

Editor Akademik: Nunziatina De Tommasi

Copyright © 2016 Pearl Majorie Liew dan Yoke Keong Yong. Ini adalah sebuah artikel akses terbuka didistribusikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi, yang memungkinkan penggunaan tak terbatas, distribusi, dan reproduksi dalam media apapun, asalkan karya asli benar dikutip.

Abstrak

Pengantar. Pecut kuda (L.) Vahl milik keluarga Verbenaceae dan umumnya dikenal sebagai Gervao, teh Brasil, verbena cimarrona, simpatisan sisir, atau biru porter gulma. Ini adalah salah satu tanaman penting dengan manfaat obat dan nutraceutical tinggi. S. jamaicensis berisi berbagai sifat obat dalam sistem tradisional dan rakyat obat, dengan obat untuk beberapa penyakit. Objektif. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai morfologi, distribusi, penggunaan tradisional, komposisi fitokimia, aktivitas biologis, dan data keamanan S. jamaicensis. Bahan dan metode. Informasi yang diperoleh dari pencarian literatur melalui database elektronik seperti PubMed dan Google Scholar di S. jamaicensis. Hasil dan Kesimpulan. Sifat obat tinggi tanaman ini, misalnya, antimikroba dan efek antijamur sebagai kegiatan utama, tapi verbascoside sebagai komponen kimia utama yang aktif, membuatnya menjadi sumber yang berharga dari senyawa obat. Makalah ulasan ini merangkum semua informasi mengenai morfologi, distribusi, penggunaan tradisional, komposisi fitokimia, aktivitas farmakologi, dan studi toksikologi dari S. jamaicensis.

1. Perkenalan

Selama beberapa dekade, tanaman obat telah digunakan sebagai sumber alami yang mengandung senyawa bioaktif yang menawarkan manfaat terapeutik dan perawatan terjangkau terhadap spektrum yang luas dari penyakit. Penggunaan tanaman obat sebagai alternatif kimia disintesis obat dalam pengobatan penyakit telah diterima pada skala global. Karena penggunaan dan khasiat tanaman obat, penelitian telah secara ekstensif menunjukkan bahwa tanaman obat mengandung metabolit sekunder dan telah melaporkan peran mereka dalam berbagai sifat obat, termasuk analgesik, antidiare, antimikroba, antioksidan, antihipertensi, antinociceptive, dan anti-inflamasi [1 -6].

jamaicensis Stachytarpheta (L.) Vahl adalah anggota dari keluarga Verbenaceae dan umumnya dikenal sebagai Gervao, teh Brasil, verbena cimarrona, simpatisan sisir, atau biru porter gulma [1, 7]. Tanaman ini sebagian besar tumbuh di daerah tropis Amerika, serta di hutan subtropis Afrika, Asia, dan Oseania. S. jamaicensis telah menjadi tanaman obat penting dengan sifat obat yang besar dalam sistem obat tradisional dan rakyat. Tanaman ini telah digunakan secara tradisional oleh orang tua sebagai obat untuk alergi dan kondisi pernafasan, batuk, pilek, demam, sembelit, komplikasi pencernaan, dan disentri dan mempromosikan menstruasi, antara lain [8].

Di sini, ini ulasan makalah ini bertujuan untuk mendokumentasikan morfologi, distribusi, penggunaan tradisional, komposisi fitokimia, dan sifat obat S. jamaicensis, serta prospek masa depan untuk penyelidikan lebih lanjut dalam mengembangkan obat tradisional etno efektif dalam industri farmasi.

2. Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl

S. jamaicensis telah digunakan secara tradisional oleh orang tua selama beberapa dekade. Namun demikian, sedikit yang diketahui tentang tanaman ini dibandingkan dengan tanaman lain. S. jamaicensis adalah tanaman herba kurus yang tumbuh 60-120 cm. Tanaman ini memiliki halus, batang berwarna hijau gelap, yang ternyata kayu menuju pangkal batang [9]. S. jamaicensis biasanya mereproduksi bunga dalam campuran warna kebiruan dan merah muda atau tahan bunga dengan warna ungu untuk warna biru. Daun berlawanan, hijau keabu-abuan, memiliki permukaan halus, dan memiliki puncak bulat dan tangkai yang berbeda [10, 11]. tanaman sebagian besar tumbuh di daerah tropis Amerika dan hutan subtropis lainnya seperti di Nigeria, Eropa, dan Rusia [2]. Hal ini juga didistribusikan secara luas di daerah tropis diaklimatisasi seperti di Malaysia dan Indonesia. Hal ini disebut sebagai “Jolok Cacing” atau “Selasih Dandi” di negara-negara ini [12].

3. Penggunaan tradisional Stachytarpheta jamaicensis

S. jamaicensis secara luas dikenal karena pentingnya obat yang tinggi dalam sistem obat tradisional dan rakyat di berbagai negara. Tanaman ini telah dilaporkan memiliki efek farmakologis karena adanya berbagai phytochemical bioaktif.

Dalam pengobatan herbal, S. jamaicensis sendiri telah dikenal untuk menunjukkan antasida, analgesik [13], anti-inflamasi [12], hipotensi [3], antihelminthic [14], diuretik, pencahar, lactagogue, pencahar, obat penenang, spasmogenic, vasodilator , sifat vulnerary, dan vermifuge [1, 8, 15].

S. jamaicensis juga telah banyak digunakan oleh orang tua sebagai tonik pendingin untuk perut. Daun dan batang ekstrak tanaman ini biasanya disusun dalam bentuk kantong teh sebelum dikonsumsi. tonik pendinginan ini dikonsumsi untuk merangsang fungsi saluran pencernaan atau untuk membantu dalam masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, asam refluks, bisul, sembelit, dispepsia, dan pencernaan yang lambat [1]. Selain itu juga sering digunakan untuk mengobati alergi dan kondisi pernapasan seperti asma, dingin, flu, bronkitis, dan batuk, serta sirosis dan hepatitis [7]. Ekstrak daun S. jamaicensis juga dapat diterapkan secara eksternal untuk membersihkan luka, luka, borok, dan luka [7].

Di Southern Nigeria, S. jamaicensis dipraktekkan oleh wanita untuk mengobati gangguan menstruasi dan keluhan perempuan [7]. Daun direbus dalam air dan menjabat sebagai teh untuk para wanita untuk minum setelah melahirkan untuk mengembalikan rahim kembali ke posisi semula dalam tubuh. Ia juga dikenal untuk mengatur hormon dan meningkatkan pasokan susu pada ibu menyusui [7]. Daun tanaman ini juga diambil secara lisan untuk mengobati disentri dan cacingan sebagai jus [7]. Namun, tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau individu dengan tekanan darah rendah untuk mengkonsumsi S. jamaicensis, karena dianggap memiliki efek yang gagal dan hipotensi [7].

4. Konstituen fitokimia Stachytarpheta jamaicensis

S. jamaicensis kaya metabolit sekunder, umumnya dikenal sebagai senyawa bioaktif. Saat ini, senyawa bioaktif yang ditemukan untuk bertanggung jawab dalam memamerkan kegiatan terapi mereka. Ada beberapa kelompok utama metabolit sekunder yang hadir di pabrik, termasuk alkaloid, flavonoid, fenol, steroid, dan terpenoid. Senyawa bioaktif dapat ditemukan berlimpah di seluruh bagian tanaman. Secara khusus, fitokimia dalam senyawa fenolik dari S. jamaicensis, yang meliputi kumarin, flavonoid, tanin [15], dan saponin [1], yang paling dipelajari di antara para peneliti karena sifat terapeutik mereka. Akhirnya, senyawa ini menghasilkan sifat obat yang berbeda. Sebagai contoh, phytochemical hadir dalam S. jamaicensis (saponin, tanin, dan flavonoid) telah dikenal untuk menunjukkan aktivitas antimikroba pada E. coli, C. albicans, S. aureus, dan P. vulgaris [1]. Kehadiran konstituen fitokimia di berbagai belahan S. jamaicensis dirangkum dalam Tabel 1, menurut beberapa karya penelitian. hasil negatif dinyatakan dalam tabel tidak menunjukkan bahwa senyawa tersebut tidak hadir tapi agak karena konsentrasi rendah dari senyawa ini. Selain itu, beberapa senyawa murni telah diisolasi dan ditentukan S. jamaicensis tanaman (Tabel 2).
Tabel 1: Ringkasan konstituen fitokimia hadir di berbagai belahan S. jamaicensis (L.) Vahl (udara, daun, batang, dan akar) [1-3, 15, 17, 37, 48, 49].

Tabel 2: Ringkasan senyawa murni yang diisolasi dari S. jamaicensis (L.) Vahl.
5. Aktivitas Farmakologi

5.1. Antimikroba dan antijamur Aktivitas

penyakit menular baru muncul terus menerus dan account untuk proporsi yang tinggi dari komplikasi kesehatan yang mempengaruhi populasi manusia di seluruh negara-negara berkembang. Telah dilaporkan bahwa alasan utama yang menjelaskan situasi yang memburuk ini karena mikroorganisme antibiotik-resistance. Menurut Putera dan Anis Shazura [15], mikroorganisme telah mendapatkan dan mengembangkan perlawanan mereka terhadap antibiotik melalui perubahan genetik antara mereka dan organisme lainnya. Akibatnya, masalah terapi besar dalam pengobatan penyakit infeksi telah muncul, dan taktik alternatif diperlukan untuk melawan dunia ini menyangkut ancaman. Hal ini telah menyebabkan para peneliti untuk mencari pengganti dari berbagai sumber, termasuk tanaman obat.

S. jamaicensis telah digunakan secara tradisional oleh orang tua untuk pengobatan penyakit infeksi [15]. Selain itu, telah dilaporkan secara luas bahwa tanaman ini mampu mempertahankan aktivitas mikroba dari berbagai mikroorganisme patogen [1, 16]. Sejumlah penelitian telah melaporkan dan membuktikan potensi antimikroba dari S. jamaicensis ekstrak terhadap mikroorganisme patogen, termasuk bakteri dan jamur [1, 16-19].

Sebuah studi yang dilakukan oleh Putera dan Anis Shazura [15] telah menyelidiki aktivitas antimikroba dari S. jamaicensis tanaman (termasuk akar, batang, dan daun) dengan menggunakan teknik difusi disk. Ekstrak tanaman mentah di semua tiga bagian tanaman telah menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap Pseudomonas aeruginosa, Micrococcus luteus, dan Escherichia coli. Ekstrak akar mentah menunjukkan aktivitas antimikroba yang lebih baik terhadap Pseudomonas aeruginosa dibandingkan dengan ekstrak kasar lainnya, tetapi dalam cara yang tergantung dosis [15].

Aktivitas antimikroba ekstrak daun S. jamaicensis juga dilaporkan menggunakan selokan dan metode pukulan hole [1]. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air S. jamaicensis (L.) Vahl menghambat pertumbuhan Bacillus subtilis, Escherichia coli, Candida albicans, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Proteus vulgaris, aerogenes Klebsiella, dan Proteus mirabilis [1]. Ekstrak etanol S. jamaicensis (L.) Vahl menunjukkan aktivitas di Bacillus subtilis, Escherichia coli, Candida albicans, Pseudomonas aeruginosa, dan Proteus mirabilis [1]. Kedua dua ekstrak tersebut ditemukan memiliki aktivitas mereka pada konsentrasi tinggi, yang menunjukkan bahwa itu adalah antibiotik mungkin yang harus diberikan pada dosis tinggi.

Aktivitas antijamur dari S. jamaicensis dievaluasi terhadap jamur terisolasi menggunakan bioassay juga difusi agar. Thomas et al. [16] mengungkapkan bahwa ekstrak petroleum eter dari S. jamaicensis menunjukkan aktivitas fungisida terhadap dua dari jamur yang diuji, yaitu, Curvularia sp. dan Penicillium sp. Di sisi lain, ekstrak metanol menunjukkan efektivitas terhadap Curvularia sp., Penicillium sp., Dan Fusarium sp. Secara keseluruhan, S. jamaicensis memang memiliki efek antijamur [16].

Suneetha et al. [17] menilai efikasi antimikroba dan antijamur dari ekstrak daun fenolik tanaman obat yang berbeda, termasuk S. jamaicensis, di studi banding mereka. Penelitian ini diuji terhadap gram strain negatif positif dan gram, serta tiga strain jamur yang berbeda. Ekstrak fenolik S. jamaicensis maksimum dipamerkan sampai sedang aktivitas antimikroba terhadap Pseudomonas kemekaran, Staphylococcus aureus, dan Bacillus subtilis, dan setidaknya dalam Escherichia coli. individu tanaman dipamerkan berbagai kegiatan fungisida terhadap jamur yang berbeda, dan dengan demikian, S. jamaicensis ditemukan lebih rentan terhadap Mucor sp. dibandingkan dengan dua jamur lain [17]. Khasiat antijamur tanaman ini diyakini disebabkan oleh adanya senyawa fenolik dan administrasi dalam konsentrasi tinggi [17].

Properti antibakteri dari ekstrak daun S. jamaicensis terdeteksi terhadap strain serotyped, Staphylococcus aureus, menggunakan metode difusi cakram [18]. Hasil penelitian menunjukkan zona inhibisi terhadap S. aureus meningkat secara bertahap dengan cara tergantung dosis, dan zona tertinggi penghambatan diamati pada konsentrasi tertinggi (10 mg / mL) [18].

5.2. Properti antioksidan ( anti radikal bebas)

Karena kehadiran elektron tidak berpasangan, sebagian besar radikal bebas sangat tidak stabil dan sangat reaktif. radikal bebas atau oksidan yang berasal dari proses metabolisme seseorang tubuh, atau dari paparan sumber eksternal seperti sinar-X, merokok, atau bahan kimia industri [20]. Radikal bebas, misalnya, hidrogen peroksida, oksida nitrat radikal, anion superoksida radikal, dan peroxynitrite radikal, mampu menyerang dan protein yang merusak, karbohidrat, lipid, dan asam nukleat bahkan [20]. Akibatnya, keseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan sangat penting untuk fungsi fisiologis yang tepat. Jika tidak, bisa menyebabkan sejumlah penyakit manusia.

Sayuran, buah-buahan, tanaman obat, dan infus herbal telah dikenal sebagai sumber penting dari antioksidan [21]. Banyak tanaman obat mengandung banyak senyawa antioksidan seperti senyawa fenolik dan polifenol, yang memainkan peran penting dalam menghilangkan radikal bebas [21]. Karena antioksidan, penting untuk pencegahan dan pengobatan gangguan terkait radikal bebas. Tujuan telah meningkat pesat dalam menemukan antioksidan alami untuk digunakan dalam makanan atau bahan obat.

Álvarez et al. [22] didokumentasikan bahwa ekstrak etil asetat S. jamaicensis ‘daun secara signifikan menekan spesies oksigen reaktif (ROS) produksi dengan menghambat XO dan mengais ROS. Sebaliknya, ekstrak heksana tidak menunjukkan aktivitas antioksidan. Aktivitas antioksidan dalam ekstrak asetat dapat atribut oleh kehadiran katekin (sejenis flavonoid) pada daun. Selain itu, Sivaranjani et al. [23] melakukan uji antioksidan yang luas di berbagai ekstrak S. jamaicensis daun in vitro. Di antara semua ekstrak, ekstrak metanol dilaporkan menjadi lebih efektif secara total aktivitas antioksidan, DPPH dan FRAP. Ini mungkin karena konsentrasi tinggi dari fenol dan flavonoid yang disajikan dalam ekstrak metanol. Seperti yang didokumentasikan, senyawa dengan pr antioksidan

5.3. Anti-inflamasi/ anti radang  dan antinociceptive Aktivitas/ anti nyeri

Peradangan dapat dicirikan sebagai reaksi patofisiologi cedera atau infeksi yang mengarah ke kemerahan, kehangatan, pembengkakan, nyeri, dan hilangnya fungsi. Peradangan merupakan sistem pertahanan tubuh yang penting yang menghilangkan benda asing atau patogen dan mencegah kerusakan lebih lanjut untuk tuan rumah. Namun, jika peradangan berbahaya berjalan tidak diobati, hal itu akan menyebabkan akar dari banyak penyakit seperti sepsis, aterosklerosis, dan pembentukan kanker. Banyak obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yang tersedia saat ini, dan mereka adalah obat yang telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah peradangan, dari hanya sakit kepala ringan, untuk rheumatoid arthritis. Penggunaan sering NSAID menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, termasuk gangguan pencernaan, sakit maag, dan reaksi alergi [26]. Selain itu, konsumsi jangka panjang NSAID yang dilaporkan terkait dengan serangan jantung, stroke, atau gagal jantung [27]. obat-obatan herbal banyak mungkin menunjukkan efek anti-inflamasi atau kegiatan nyeri. Selain itu, efek samping yang lebih sedikit daripada NSAID. Karena ini, ethnomedicine telah menjadi menarik bagi para ilmuwan di seluruh dunia dalam mencari obat anti-inflamasi dan antinociceptive baru.

Berdasarkan studi oleh Sulaiman dan kelompoknya [12], ekstrak etanol daun S. jamaicensis menunjukkan potensi kegiatan anti-inflamasi dan analgesik dalam pengaturan hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun S. jamaicensis memiliki aktivitas antinociceptive terhadap nosisepsi kimia dan termal diinduksi dan terhadap kedua nosisepsi inflammation- dan non-inflamasi yang dimediasi melalui penindasan baik tingkat perifer dan sentral. Selain itu, mereka juga membuktikan bahwa ekstrak daun S. jamaicensis menunjukkan aktivitas anti-inflamasi pada kedua model akut dan kronis peradangan. Kegiatan ini mungkin karena penghambatan arakidonat COX, yang konsisten dengan studi antinociceptive [12]. penelitian serupa oleh Jagadish dan Gopalkrishna [13] juga melaporkan bahwa ekstrak etanol S. jamaicensis aktivitas analgesik dipamerkan di tes menggeliat dan ekor perendaman metode asam-diinduksi asetat pada tikus albino Swiss.

5.4. Kegiatan antidiare

Diare merupakan salah satu faktor yang paling umum yang menyebabkan beberapa juta kematian di seluruh dunia. Anak-anak di bawah usia lima tahun dan bayi lebih muda dari akun satu tahun untuk lebih dari setengah dari kematian ini [28]. Diare dikenal sebagai kondisi dengan gerakan usus longgar dan sering ditandai dengan frekuensi berair dan peningkatan bangku [29]. Kegiatan anti diare merupakan salah satu sifat obat dipamerkan oleh S. jamaicensis. Tanaman ini telah digunakan sebagai agen dalam obat rakyat dalam pengelolaan diare.

Evaluasi aktivitas antidiare oleh S. jamaicensis diselidiki oleh Álvarez et al. [22]. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak metanol daun S. jamaicensis dalam minyak jarak dan magnesium sulfat-induced (penyebab organisme diare) model diare in vivo. Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak metanol S. jamaicensis dimiliki volume cukup tinggi aktivitas antidiare pada tikus albino Swiss, dengan cara yang tergantung dosis [30].

5.5. Kegiatan antihipertensi/ dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi telah memberikan kontribusi sebagai salah satu penyakit yang paling umum, dengan tingginya tingkat morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia. S. jamaicensis diklaim memiliki efek antihipertensi, tapi ada kurangnya informasi yang tersedia di ini [31]. Dengan demikian, studi in vivo telah dilakukan untuk memverifikasi properti antihipertensi S. jamaicensis.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Idu et al. [32], disimpulkan bahwa ekstrak air S. jamaicensis menunjukkan efek antihipertensi yang signifikan tergantung dosis. Ekstrak mengurangi tekanan darah dan detak jantung kelinci dibius, secara bertahap meningkatkan dosis, dan efek maksimum adalah dengan dosis tertinggi [32].

5.6. Antidyslipidaemia Kegiatan/ menurunkan kelebihan lemak dalam darah

Penyakit kardiovaskular adalah salah satu dunia tentang ancaman utama yang menimpa manusia dan bertanggung jawab untuk jutaan kematian. Faktor-faktor untuk pengembangan penyakit kardiovaskular dapat bervariasi. Salah satu faktor adalah dislipidemia. Ini mungkin baik primer atau berhubungan dengan komplikasi lain seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan obesitas, yang berkontribusi terhadap kelainan seperti tingkat plasma meningkat trigliserida, LDL dan kolesterol VLDL, dan kadar kolesterol HDL rendah [33-35].

Mengingat aspek ini, sebuah studi in vivo telah dilakukan untuk mengevaluasi efek dari S. jamaicensis di properti penurun lipid. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa infus berair (teh) dari S. jamaicensis secara signifikan menurunkan kadar plasma trigliserida, kolesterol total, LDL, dan VLDL tetapi meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam model hewan diperlakukan [36].

5.7. Efek hepatoprotektif/ melindungi hati

Efek hepatoprotektif S. jamaicensis dinilai dengan karbon tetraklorida (CCl4) diinduksi toksisitas dengan obat hepatoprotektif (Liv-52) pada tikus albino [37]. Darah tikus dikumpulkan dari arteri karotis. Serum dipisahkan dan disaring untuk estimasi berbagai parameter biokimia (serum glutamic transaminase oksaloasetat (SGOT) juga dikenal sebagai ASAT, serum glutamic-piruvat transaminase (SGPT) juga dikenal sebagai ALAT, serum alkali fosfatase (SALP), dan serum bilirubin dan terbalik total protein). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan kadar CCl4-diinduksi SGPT, SGOT, SALP, dan serum bilirubin dan terbalik total protein dalam ekstrak etanol S. jamaicensis hewan diperlakukan [3]. Temuan ini menunjukkan bahwa daun S. jamaicensis acara manfaat hepatoprotektif ampuh.

5.8. Penyembuhan luka

Luka pengaruh ekstrak daun hydroalcoholic S. jamaicensis penyembuhan dievaluasi dalam studi yang dilakukan oleh Pandian et al. [37]. Kegiatan penyembuhan luka dilakukan pada diabetes tikus Wistar albino streptozotocin diinduksi dengan menggunakan dua metode: eksisi dan model ruang mati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok tikus diobati dengan ekstrak daun hydroalcoholic meningkat secara signifikan dalam hal penyembuhan luka parameter (luka persentase penutupan, kekuatan tarik, hidroksiprolin, hexosamine, DNA, dan kadar protein total), bersama dengan penurunan yang signifikan dalam periode epitelisasi dan kadar glukosa darah, dibandingkan dengan hewan yang tidak diobati dengan cara yang tergantung dosis [38]. Dalam sebuah penelitian serupa, Rozianoor dan timnya juga membuktikan bahwa ekstrak daun etanol S. jamaicensis mampu meningkatkan penyembuhan luka pada tikus diabetes aloksan diinduksi [25]. Disarankan bahwa ekstrak daun hydroalcoholic S. jamaicensis mungkin memiliki potensi penyembuhan luka dan sifat hipoglikemik [37].

5.9. Properti Farmakologi lainnya; INSEKTISIDA, LAVARSIDA, ANTIHELMINTICS ( obat infeksi cacing) ANTITYPHOID ( anti types) ANTI HIV 1, MENGOBATI GEJALA KANKER

Terlepas dari aktivitas farmakologi tersebut di atas, S. jamaicensis telah didokumentasikan untuk menunjukkan insektisida [39], larvasida [38], dan kegiatan Antihelmintics [40]. Selain itu, S. jamaicensis juga ditunjukkan memiliki aktivitas antityphoid [41] dan anti-HIV1 terbalik transcriptase aktivitas penghambatan [42], serta untuk mengobati gejala kanker seperti [43].

6. Toksikologi Studi S. jamaicensis/ AMAN DIKONSUMSI SEBAGAI TERAPIS

Meskipun diketahui bahwa fitotoksisitas sangat rendah, penilaian toksikologi harus dilakukan pada semua obat herbal. Tidak hanya data yang diperoleh dari studi toksikologi membantu dalam menentukan batas atas administrasi, juga wajib untuk pendaftaran produk dengan Otoritas Kesehatan Nasional. efek toksik dapat berkisar dari diabaikan begitu parah untuk mencegah perkembangan lebih lanjut dari senyawa [44]. Ada beberapa studi toksisitas yang dilakukan pada S. jamaicensis. Belajar dari Idu et al. [45] mencatat bahwa tikus diberikan dengan 25, 50, dan 75 g bubuk S. jamaicensis daun menunjukkan tidak ada perubahan yang signifikan dalam biokimia serum yang normal bila dibandingkan dengan kontrol. Selain itu, gambar USG jantung, hati, ginjal, dan limpa juga menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dari kontrol [45]. Namun, Ataman et al. [46] melaporkan bahwa tikus diberi makan dengan dosis yang sama dan konsentrasi seperti di Idu et al. [45] menunjukkan sedikit variasi pada penampilan tanda-tanda fisik / tubuh hewan dan lesi histopatologi ringan seperti kemacetan, perubahan lemak, dan nekrosis ditemukan di jaringan tertentu, seperti hati, pembuluh darah, ginjal, paru-paru, dan testis. Di sisi lain, otak, mata, usus kecil dan besar, dan jaringan jantung pada dasarnya normal. Data ini menunjukkan bahwa S. jamaicensis tampaknya menyebabkan toksisitas sistemik ringan pada jaringan tertentu [46]. Penelitian lebih lanjut telah dilakukan oleh Idu et al. [1] pada toksisitas akut daun S. jamaicensis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air S. jamaicensis tidak menunjukkan beracun terhadap tikus Wistar bahkan sampai dosis 4 g / kg berat badan dan tidak ada perubahan signifikan dalam berat badan pada tikus Wistar. Selain itu, warna mata normal dan hilangnya rambut tidak hadir pada hewan [1]. Penelitian baru-baru ini melaporkan bahwa berat badan dan hati tikus albino makan dengan 25, 50, dan 75 g S. jamaicensis daun bubuk tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan yang ada pada kelompok kontrol [47]. Secara keseluruhan data menunjukkan bahwa dosis tinggi dari daun S. jamaicensis ekstrak tidak menunjukkan toksisitas dan relatif aman untuk menyembuhkan terapi penyakit. Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi dan membuktikan pada efek toksisitas kronis nya.

7. Prospek Masa Depan dan Kesimpulan

Hal ini sangat jelas bahwa S. jamaicensis merupakan tanaman obat penting yang memainkan peran penting dalam sistem obat, terutama dalam sistem obat tradisional dan rakyat. S. jamaicensis juga telah terbukti memiliki sejumlah konstituen fitokimia, yang merupakan faktor kunci untuk menunjukkan nilai-nilai obat tinggi tanaman ini. Sebagian besar, semua bagian tanaman ini (daun, batang, dan akar) digunakan sebagai agen untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sebagai industri farmasi adalah melihat ke depan untuk mengembangkan obat baru dari sumber alami, pengembangan obat tradisional etno efektif dari S. jamaicensis dapat dipertimbangkan dalam pengobatan penyakit dengan memanfaatkan aktivitas farmakologi utama. Sebuah penelitian dan pengembangan sistemik harus dilakukan untuk pengembangan dan pengenalan produk baru ke masyarakat, dengan tujuan untuk pemanfaatan ekonomi dan terapi yang lebih baik.

Konflik kepentingan

Para penulis menyatakan bahwa tidak ada konflik kepentingan.

Pengakuan

Karya ini didukung secara finansial oleh Hibah Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia, hibah tidak ada. 9.433.400.

Referensi

M. Idu, E. K. I. Omogbai, G. E. Aghimien, F. Amaechina, O. Timothy, dan S. E. Omonigho, “fitokimia pendahuluan, sifat antimikroba dan toksisitas akut Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl. daun, “Tren Medical Research, vol. 2, tidak ada. 4, pp. 193-198, 2007. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar
K. Ramakrishnan dan R. Sivaranjani, “Pharmacognostical dan studi fitokimia pada batang Stachytarpheta jamaicensis (L) Vahl,” Internasional Jurnal Penelitian Farmasi, vol. 4, tidak ada. 10, pp. 44-47, 2013. Lihat di Google Scholar
V. Joshi, P. Sutar, A. Karigar, S. Patil, B. Gopalakrishna, dan R. Sureban, “Screening ekstrak etanol Stachytarpheta indica L. (Vahl) daun untuk kegiatan hepatoprotektif,” International Journal of Research in Ayurveda dan Farmasi, vol. 1, tidak ada. 1, pp. 174-179, 2010. Lihat di Google Scholar
R. Meena dan R. Pitchai, “Evaluasi aktivitas antimikroba dan studi fitokimia pendahuluan pada seluruh tanaman dari Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl,” Internasional Jurnal Penelitian Farmasi, vol. 2, tidak ada. 3, pp. 234-239, 2011. Lihat di Google Scholar
M. Rahmatullah, R. Jahan, F. M. S. Azam, S. Hossan, M. A. H. Mollik, dan T. Rahman, “Folk menggunakan obat dari Verbenaceae tanaman keluarga di Bangladesh,” African Journal of Traditional, Komplementer dan Alternatif Obat, vol. 8, tidak ada. 5, pp. 53-65, 2011. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
A. Vikrant dan M. L. Arya, “Sebuah tinjauan pada tanaman anti-inflamasi menyalak,” International Journal of Pharmtech Research, vol. 3, tidak ada. 2, pp. 899-908, 2011. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
D. E. Okwu dan O. N. Ohenhen, “Isolasi dan karakterisasi glikosida steroid dari daun pecut kuda Linn Vahl,” Der Chemica Sinica, vol. 1, tidak ada. 2, pp. 6-14, 2010. Lihat di Google Scholar
R. Sivaranjani, K. Ramakrishnan, dan G. Bhuvaneswari, “studi Pharmacognostic pada akar pecut kuda,” Letters Internasional Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 8, tidak ada. 2, pp. 100-105, 2014. Lihat di Google Scholar
M. Idu, J. O. Erhabor, dan E. A. Odia, “studi morfologi dan anatomi daun dan batang beberapa tanaman obat: Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl. Dan S. cayennensis (LC Kaya) Schau, “Leaflet Ethnobotanical, vol. 13, tidak ada. 11, pp. 1417-1425, 2009. Lihat di Google Scholar
P. V. Lakshmi dan A. S. Raju, “Psychophily di Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl. (Verbenaceae), “Ilmu sekarang, vol. 100, tidak ada. 1, pp. 88-95, 2011. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
R. Sivaranjani, K. Ramakrishnan, dan G. Bhuvaneswari, “Morpho-anatomi dan awal studi fitokimia dari daun pecut kuda (L) Vahl,” International Journal of Pharmtech Research, vol. 5, tidak ada. 2, pp. 577-582, 2013. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
MR Sulaiman, ZA Zakaria, HS Chiong, SK Lai, DA israf, dan TM Azam Shah, “antinociceptive dan anti-inflamasi efek Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl (Verbenaceae) pada model hewan percobaan,” Prinsip medis dan Praktek, vol . 18, tidak ada. 4, pp. 272-279, 2009. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
N. R. N. Jagadish dan B. Gopalkrishna, “Evaluasi aktivitas analgesik dari ekstrak yang berbeda dari Stachytarpheta indica L. (Vahl),” Biomed, vol. 3, tidak ada. 3-4, pp. 229-233, 2008. Lihat di Google Scholar
A. F.-C. Valdés, J. M. Martínez, R. S. Lizama, Y. G. Gaiten, D. A. Rodríguez, dan J. A. Payrol, “In vitro aktivitas antimalaria dan sitotoksisitas dari beberapa tanaman obat Kuba dipilih,” Revista melakukan Instituto de Medicina Tropical de São Paulo, vol. 52, tidak ada. 4, pp. 197-201, 2010. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
I. Putera dan K. Anis Shazura, aktivitas antimikroba dan efek sitotoksik Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl ekstrak tumbuhan mentah [Guru disertasi], Universiti Teknologi Malaysia, 2010.

R. P. Thomas, M. Thomas, J. Paul, dan M. Mohan, “aktivitas antijamur dari Verbenaceae,” Biosciences Penelitian Bioteknologi Asia, vol. 10, tidak ada. 1, pp. 355-360, 2013. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
P. Suneetha, S. Poornima, K. Sumana, H. Nidhi, dan HP Puttaraju, “Studi Perbandingan khasiat antimikroba dan antijamur dari Bixa Orellana L., Lantana Camara L., Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl., Hyptis suaveolens (L.) poit. Dengan triclosan, “CIBTech Journal of Microbiology, vol. 2, tidak ada. 2, pp. 15-23, 2013. Lihat di Google Scholar
O. C. Ruma dan T. B. Zipagang, “Penentuan metabolit sekunder dan properti antibakteri ekstrak dari daun pecut kuda (L.) Vahl,” Journal of Medicinal Plants and Studies, vol. 3, tidak ada. 4, pp. 79-81, 2015. Lihat di Google Scholar
B. G. Brasileiro, V. R. Pizziolo, D. S. Raslan, C. M. Jamal, dan D. Silveira, “antimikroba dan aktivitas sitotoksik pemutaran beberapa tanaman obat Brasil digunakan di distrik Governador Valadares,” Revista Brasileira de Ciencias Farmacêuticas, vol. 42, tidak ada. 2, pp. 195-202, 2006. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
B. Halliwell dan J. M. C. Gutteridge, Radikal Bebas Biologi dan Kedokteran, Clarendon Press, edisi 4, 2007.
A. S. Veskoukis, A. M. Tsatsakis, dan D. Kouretas, “diet oksidatif stres dan pertahanan antioksidan dengan penekanan pada administrasi ekstrak tanaman,” Sel Stres dan pendamping, vol. 17, tidak ada. 1, pp. 11-21, 2012. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
E. Álvarez, J. M. Leiro, M. Rodríguez, dan F. Orallo, “efek hambat ekstrak daun pecut kuda (Verbenaceae) pada ledakan pernapasan makrofag tikus,” Phytotherapy Research, vol. 18, tidak ada. 6, pp. 457-462, 2004. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
R. Sivaranjani, K. Ramakrishnan, dan G. Bhuvaneswari, “Evaluasi in vitro antioksidan aktivitas dan estimasi total fenol dan flavonoid isi berbagai ekstrak dari Stachytarpheta jamaicensis,” International Journal of Inovatif Obat Discovery, vol. 4, tidak ada. 1, pp. 31-37, 2014. Lihat di Google Scholar
C. J. Dillard dan J. Bruce Jerman, “Fitokimia: nutraceuticals dan kesehatan manusia,” Journal of Ilmu Pangan dan Pertanian, vol. 80, tidak ada. 12, pp. 1744-1756, 2000. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
M. H. Wan Rozianoor, Y. Nurol Eizzatie, dan S. Nurdiana, “hipoglikemik, dan aktivitas antioksidan dari daun etanol Stachytarpheta jamaicensis ekstrak pada tikus aloksan diinduksi diabetes Sprague Dawley,” Bioteknologi, vol. 9, tidak ada. 10, pp. 423-428, 2014. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
C. Charpignon, B. Lesgourgues, A. Pariente et al,. “Penyakit Ulkus peptikum: satu dari lima terkait dengan tidak Helicobacter pylori atau asupan aspirin / NSAID,” pencernaan Farmakologi & Therapeutics, vol. 38, tidak ada. 8, pp. 946-954, 2013. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
L. A. G. Rodríguez, S. Tacconelli, dan P. Patrignani, “Peran potensi dosis dalam prediksi risiko infark miokard berhubungan dengan obat anti-inflamasi nonsteroid pada populasi umum,” Journal of American College of Cardiology, vol. 52, tidak ada. 20, pp. 1628-1636, 2008. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
S. P. Gutiérrez, M. A. Z. Sánchez, C. P. Gonzlález, dan L. A. García, “aktivitas antidiare tanaman yang berbeda digunakan dalam pengobatan tradisional,” African Journal of Biotechnology, vol. 6, tidak ada. 25, pp. 2988-2994, 2007. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
S. Meite, J. D. N’Guessan, C. Bahi, H. F. Yapi, A. J. Djaman, dan F. Guede Guina, “aktivitas anti diare dari ekstrak etil asetat dari morindoides Morinda pada tikus,” Tropical Journal of Pharmaceutical Research, vol. 8, tidak ada. 3, pp. 201-207, 2009. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
S. Sasidharan, L. Latha, Z. Zuraini, S. Suryani, S. Sangetha, dan L. Shirley, “kegiatan anti diare dan antimikroba dari daun pecut kuda,” Indian Journal of Pharmacology, vol. 39, tidak ada. 5, pp. 245-248, 2007. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
J. C. Ikewuchi, C. C. Okaraonye, dan E. A. Ogbonnaya, “Tentu saja Waktu efek Stachytarpheta jamaicensis L. (Vahl.) Pada natrium plasma dan kadar kalium kelinci normal,” Journal of Applied Sciences Research, vol. 5, tidak ada. 10, pp. 1741-1743, 2009. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
M. Idu, E. K. I. Omogbai, F. Amaechina, dan J. E. Ataman, “Beberapa efek kardiovaskular dari ekstrak air daun pecut kuda L. Vahl,” International Journal of Pharmacology, vol. 2, tidak ada. 2, pp. 163-165, 2006. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
American Diabetes Association, “prinsip-prinsip gizi berbasis bukti dan rekomendasi untuk pengobatan dan pencegahan diabetes dan komplikasi yang terkait,” Diabetes klinis, vol. 20, tidak ada. 2, pp. 53-64, 2002. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar
D. M. Martirosyan, L. A. Miroshnichenko, S. N. Kulakova, A. V. Pogojeva, dan V. I. Zoloedov, “aplikasi minyak Amaranth untuk penyakit jantung koroner dan hipertensi,” Lipid dalam Kesehatan dan Penyakit, vol. 6, tidak ada. 1, pasal 1, 2007. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
G. X. Shen, “gangguan lipid pada diabetes mellitus dan manajemen saat ini,” Analisis Farmasi sekarang, vol. 3, tidak ada. 1, pp. 17-24, 2007. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
C. J. Ikewuch dan C. C. Ikewuchi, “Perubahan profil lipid plasma dan indeks aterogenik oleh Stachytarpheta jamaicensis L.,” Biokemistri, vol. 21, tidak ada. 2, pp. 71-77, 2010. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar
C. Pandian, A. Srinivasan, dan I. C. Pelapolu, “Evaluasi aktivitas penyembuhan luka ekstrak hydroalcoholic daun pecut kuda di streptozotocin diinduksi tikus diabetes,” Der Pharmacia Lettre, vol. 5, tidak ada. 2, pp. 193-200, 2013. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
S. Nazar, S. Ravikumar, G. P. Williams, M. S. Ali, dan P. Suganthi, “Screening tanaman pesisir India ekstrak untuk kegiatan larvasida dari Culex quinquefasciatus,” Indian Journal of Science and Technology, vol. 2, tidak ada. 3, pp. 24-27, 2009. Lihat di Google Scholar
C. M. Chariandy, C. E. Seaforth, R. H. Phelps, G. V. Pollard, dan B. P. S. Khambay, “Screening tanaman obat dari Trinidad dan Tobago untuk sifat antimikroba dan insektisida,” Journal of Ethnopharmacology, vol. 64, tidak ada. 3, pp. 265-270, 1999. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
R. D. Robinson, L. A. D. Williams, J. F. Lindo, S. I. Terry, dan A. Mansingh, “Inaktivasi strongyloides stercoralis larva filariform in vitro oleh enam ekstrak tumbuhan Jamaika dan tiga anthelmintics komersial,” The West Indian Medical Journal, vol. 39, tidak ada. 4, pp. 213-217, 1990. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
I. R. Iroha, D. C. Ilang, T. E. Ayogu, A. E. Oji, dan E. C. Ugbo, “Screening untuk kegiatan anti-tifoid dari beberapa tanaman obat yang digunakan dalam pengobatan tradisional di negara bagian Ebonyi, Nigeria,” African Journal of Pharmacy dan Farmakologi, vol. 4, tidak ada. 12, hlm. 860-864, 2010. Lihat di Google Scholar · View di Scopus
W. Woradulayapinij, N. Soonthornchareonnon, dan C. Wiwat, “In vitro Jenis HIV 1 reverse transcriptase kegiatan penghambatan tanaman obat Thailand dan Canna indica L. rimpang,” Journal of Ethnopharmacology, vol. 101, tidak ada. 1-3, pp. 84-89, 2005. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
E. Caamal-Fuentes, LW Torres-Tapia, P. SIMA-Polanco, SR Peraza-Sánchez, dan R. Moo-Puc, “Screening tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional Maya untuk mengobati gejala kanker seperti,” Journal of Ethnopharmacology, vol. 135, tidak ada. 3, pp. 719-724, 2011. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
H. P. Rang, J. M. Ritter, R. J. Bunga, dan G. Henderson, Rang & Dale Farmakologi: Dengan Mahasiswa Konsultasikan Akses Online, Elsevier Churchill Livingstone, 2014.
M. Idu, J. E. Ataman, A. O. Akhigbe, E. K. I. Omogbai, F. Amaechina, dan E. A. Odia, “Pengaruh Stachytarpheta jamaicensis L. (Vahl.) Pada tikus Wistar: biokimia serum dan ultrasonografi,” Journal of Medical Sciences, vol. 6, tidak ada. 4, pp. 646-649, 2006. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
J. E. Ataman, M. Idu, E. A. Odia et al., “Efek histopatologi Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl pada tikus Wistar,” Pakistan Journal of Biological Sciences, vol. 9, tidak ada. 3, pp. 477-482, 2006. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
E. A. Ogie-Odia, M. N. Ilechie, A. H. Erhenhi, dan E. F. Oluowo, “Pengaruh tingkat terkait dosis bubuk Stachytarpheta jamaicensis Vahl daun pada berat badan dan fungsi hati tikus albino,” Peneliti, vol. 1, tidak ada. 4, pp. 50-55, 2009. Lihat di Google Scholar
S. Princely, N. S. Basha, J. J. Kirubakaran, dan M. D. Dhanaraju, “skrining fitokimia pendahuluan dan aktivitas antimikroba dari bagian aerial Stachytarpheta indica L. (Vahl.),” Tanaman Obat, vol. 5, tidak ada. 2, pp. 96-101, 2013. Lihat di Penerbit · View di Google Scholar · View di Scopus
S. R. Sahoo, R. R. Dash, dan S. Bhatnagar, “skrining fitokimia dan bioevaluation dari tanaman obat Stachytarpheta indica (L.) Vahl,” Farmakologi & Toksikologi Research, vol. 1, tidak ada. 2, pp. 1-5, 2014. Lihat di Google Scholar
F. H. Jawad, N. J. Doorenbosx, dan P. C. Chengt, “Tarphetalin: glukosida iridoid baru dari Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl,” Mesir Journal of Pharmaceutical Science, vol. 18, pp. 511-514, 1977. Lihat di Google Scholar
K. S. Chung, K. Takeatsu, P. H. B. Paul, dan G. Ji-Xiang, Internasional Kolasi Tradisional dan Folk Medicine: Northeast Asia III, World Scientific Publishing, 1997.
H. J. Lin dan A. H. Chen, “studi fitokimia pada Stachytarpheta jamaicensis,” Journal of China Pertanian Chemical Society, vol. 14, pp. 151-154, 1976. Lihat di Google Scholar
R. S. Melita dan O. Castro, “Farmakologi dan kimia evaluasi Stachytarpheta jamaicensis (Verbenaceae),” Revista de Biología Tropical, vol. 44, tidak ada. 2, pp. 353-359, 1996. Lihat di Google Scholar
D. E. Okwu dan O. N. Ohenhen, “Isolasi, karakterisasi dan aktivitas antibakteri lanostane triterpenoid dari daun Stachyterpheta jamaicensis Linn Vahl,” Der Pharma Chemica, vol. 1, tidak ada. 2, pp. 32-39, 2009. Lihat di Google Scholar

 

PROTEUS MIRABILIS

http://jeannytheo.blogspot.co.id/2011/06/proteus-mirabilis.html
PROTEUS MIRABILIS
Proteus mirabilis adalah Gram-negatif , fakultatif anaerob , berbentuk batang bakteri . Ini menunjukkan motilitas dipenuhi , dan urease aktivitas. P mirabilis menyebabkan 90% dari ‘semua’ Proteus infeksi pada manusia.Sebuah basa urin sampel adalah tanda kemungkinan P. mirabilis
P. mirabilis dapat didiagnosis di laboratorium karena karakteristik motilitas dipenuhi, dan ketidakmampuan untuk memetabolisme laktosa (pada agar-agar MacConkey piring, misalnya). mirabilis menghasilkan bau yang sangat berbeda.
Penyakit
Bakteri berbentuk batang ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan tingkat tinggi urease . Urease menghidrolisis urea untuk amonia (NH 3) dan dengan demikian membuat urin lebih basa. Jika tidak diobati, alkalinitas meningkat dapat menyebabkan pembentukan kristal dari struvite , kalsium karbonat , dan / atau apatit . Bakteri dapat ditemukan di seluruh batu, dan bakteri ini bersembunyi di batu-batu bisa restart infeksi setelah pengobatan antibiotik. Setelah batu berkembang, dari waktu ke waktu mereka bisa tumbuh cukup besar untuk menyebabkan obstruksi dan gagal ginjal.Proteus juga dapat menyebabkan infeksi luka, septicemia dan pneumonia, terutama pada pasien yang dirawat di rumah sakit.
Karakteristik
mirabilis dapat memanfaatkan urea dan sitrat . Hal ini dapat menghasilkan hidrogen sulfida gas, dan bentuk film yang jelas pada media pertumbuhan. Hal ini motil , memiliki peritrichous flagela , dan dikenal karena kemampuannya dipenuhi nya. Hal ini umumnya ditemukan pada saluran pencernaan manusia. mirabilis tidak patogen pada kelinci percobaan atau ayam. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan spesies ini untuk menghambat pertumbuhan strain tidak terkait mengakibatkan garis makroskopik terlihat dari pertumbuhan bakteri berkurang di mana dua strain dipenuhi berpotongan.
Tes mikro-organisme:
Indol negatif dan Nitrat reduktase positif (tidak ada gelembung gas yang dihasilkan)
Metil Merah positif dan Voges-Proskauer negatif
Katalase positif dan sitokrom oksidase negatif
Fenilalanin Deaminase positif
Tryptophan tes negatif (-)
Urea tes-positif
Kasein tes-negatif
Pati tes-negatif
Hidrogen sulfida tes-positif
Sitrat agar-agar tes-positif

PERINGATAN;

Bagi perempuan yang sedang hamil dilarang meminum rebusan daun pecut kuda, karena dapat menyebabkan keguguran.

Bagi penderita tekanan darah rendah dilarang minum rebusan daun pecut kuda, karena pecut kuda dapat menurunkan tekanan darah.

 

 

PEMESANAN HERBAL PECUT KUDA;

Grace        ; WA/ SMS di 081946262599

Ari            ; WA/ SMS di 08122690078

atau bisa lewat BBM dengan pin 5b7d937f

Pembayaran pemesanan lengkap dengan ongkos kirim, bisa dikirimkan ke rekening atas nama Ari Prasetyo Widiono; BRI CABANG KENDARI,  0646-01-012105-53-7

ONGKOS KIRIM diberlakukan SUBSIDI SILANG, Jauh Dekat- Rp.40.000,00

Setelah dana terkirimkan baru kami akan kirimkan pesanan anda.

 

HARGA TEH DAUN PECUT KUDA

1 Sachet Rp 10.000, 00 terdiri dari 4 gram daun pecut kuda yang kering,  untuk sekali minum. Pemesanan minimal 10 sachet. Harga tersebut di luar ongkos kirim.

Ongkos kirim, secara subsidi silang, dipukul rata jauh dekat Rp 40,000,00 untuk dibawah 1 Kg.

1 Kg bisa memuat 20 pack, alias berisi 200 sachet.

 

HARGA BATANG PECUT KUDA

1 Pack Rp 15.000,00 terdiri dari 30 gram BATANG PECUT KUDA KERING, dapat direbus untuk 3 kali minum dalam sehari, yaitu untuk PAGI, SIANG dan MALAM.

Pemesanan minimal 10 pack,

Harga tersebut di luar ongkos kirim.

Ongkos kirim, secara subsidi silang, dipukul rata jauh dekat Rp 40,000,00 untuk dibawah 1 Kg.

1 Kg bisa memuat 30 pack, alias bisa dipakai untuk 1 bulan minum.

HARGA AKAR PECUT KUDA

1 Pack Rp 20 .000,00 terdiri dari 4 gram AKAR PECUT KUDA KERING, dapat direbus untuk 2 kali minum dalam sehari, yaitu untuk PAGI, SORE

Pemesanan minimal 10 pack,

Harga tersebut di luar ongkos kirim.

Ongkos kirim, secara subsidi silang, dipukul rata jauh dekat Rp 40,000,00 untuk dibawah 1 Kg.

1 Kg bisa memuat 20 pack, alias bisa dipakai untuk 20 HARI MINUM.

HARGA STACHYTARPHETA JAMAICENSIS HERBAL SPA

1 Pack Rp 50 .000,00 terdiri dari 40 gram DAUN UTUH PECUT KUDA KERING, dapat direbus dengan 10 liter air.

Pemesanan minimal 10 pack,

Harga tersebut di luar ongkos kirim.

Ongkos kirim, secara subsidi silang, dipukul rata jauh dekat Rp 40,000,00 untuk dibawah 1 Kg.

1 Kg bisa memuat 20 pack, alias bisa dipakai untuk 20 kali spa atau sesuai kebutuhan.

Artinya bila anda menginginkan satu kali spa menggunakan 20 liter air, maka anda membutuhkan 2 pack untuk sekali pakai. Bila hal itu anda inginkan, 20 pack akan habis terpakai dalam 10 kali spa.

Tinggalkan komentar