85. ANAK YANG HILANG DENGAN METODE EMOTICON

Hai guru-guru sekolah minggu yang dikasihi Tuhan, sudah waktunya kita untuk lebih kreatif dalam menceritakan cerita sekolah minggu, dalam tulisan ini metode kreatif yang digunakan yaitu EMOTICON, kita semua tahu bahwa dalam kehidupan sehari-hari emoticon itu digunakan hanya pada saat chat di sms dan sosmed, namun disini kita akan berkreatif dengan berbagai macam emoticon yang tentunya akan membuat cerita alkitab menjadi lebih berwarna.. ūüôā


Beberapa gambar emoticon ini saya pergunakan

http://ayusda.files.wordpress.com/2012/03/emoticon1.jpg

beberapa dari emoticon ini juga saya pergunakan

http://husnulaini.files.wordpress.com/2012/07/true.jpg

DSC00130

Ide materi ini saya dapat saat mengajar CREATIVE TEACHING saat seminar di GKII Anugrah Samarinda Sebtember 2014 lalu.

Ada satu kelompok yang idenya menarik saya untuk segera mengabadikan presentasi satu menit mereka dengan kamera tablet saya, dan jadilah materi kita kali ini.

Nah ini foto kelompok saat mereka berpresentasi

DSC00131

berikut foto-foto dengan Model; Melody Harvest Elnerd Widiono

  1. PUTIH = MENANGIS

DSC00112 DSC00115 DSC001432. BIRU TUA= MENCIUM DSC00111 DSC00116 DSC001443. HIJAU MUDA= BERTANYA TANYA DSC00110 DSC00117 DSC001394. UNGU= TERSENYUM SAMBIL MEMEJAMKAN MATA DSC00113 DSC00114 DSC00132 DSC001555. MERAH= MARAH DSC00118 DSC00119 DSC001376. HITAM= MENGEJEK SAMBIL MENJULURKAN LIDAH DSC00120 DSC00121 DSC001477. COKLAT= BERKATA ‚ÄúOOOOO…‚ÄĚ untuk menunjukkan bahwa dia sudah mengerti akan apa yang baru dikatakan tadi DSC00122 DSC00123 DSC001408. HIJAU TUA= TERTAWA HA HA HA DSC00124 DSC00125 DSC001389. BIRU MUDA = BERSEDIH DSC00126 DSC00127 DSC0015110. ORANYE= TERSENYUM DENGAN MATA TERBUKA DSC00128 DSC00129 DSC00145 ¬† CARA BERMAIN: TUTUPKAN EMOTICON INI PADA WAJAH SEPERTI TOPENG LEPASAN DSC00154 DSC00153 DSC00152

  1. PUTIH = MENANGIS
  2. BIRU TUA= MENCIUM
  3. HIJAU MUDA= BERTANYA TANYA
  4. UNGU= TERSENYUM SAMBIL MEMEJAMKAN MATA
  5. MERAH= MARAH
  6. HITAM= MENGEJEK SAMBIL MENJULURKAN LIDAH
  7. COKLAT= BERKATA ‚ÄúOOOOO…‚ÄĚ untuk menunjukkan bahwa dia sudah mengerti akan apa yang baru dikatakan tadi
  8. HIJAU TUA= TERTAWA HA HA HA
  9. BIRU MUDA = BERSEDIH
  10. ORANYE= TERSENYUM DENGAN MATA TERBUKA

  Masing-masing warna saya siapkan 6 lembar untuk 2 kelompok, jadi warna putih 6 lembar, Biru tua 6 lembar dst. Nantinya tiap warna akan dibagi dua , jadi kelompok 1 akan mendapat 3 putih, 3 biru tua, 3 hijau muda, dst, dan sama juga dengan kelompok 2 akan mendapatkan 3 putih, 3 biru tua, dst Satu kelompok bisa dimainkan oleh 9 anak, sehingga jika di kelas anda ada 18 anak, anda cukup membuat tiap warna sejumlah 6 lembar ( 3X2)

Tetapi jika murid anda lebih banyak lagi, misalnya 36 anak, maka anda perlu membuat tiap warna sejumlah (36:9=4) (tiap kelompok butuh 3 untuk tiap warna yang ada X jumlah kelompok 4 = 12 lembar) jadi tiap warna perlu membuat 12 lembar jika di kelas anda ada 36 anak.

Bagi anak anak dalam kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 9 anak, mintalah mereka duduk melingkar Sebelum anda bercerita, jelaskan arti dari masing ‚Äďmasing EMOTICON tersebut dan sebutkan emosi yang dimaksud, misalnya sedih, dst, peragakan dengan mimik muka anda, mintalah mereka menghafalkan arti dari tiap gambar EMOTICON tersebut Jika sudah dijelaskan, bagikan emoticon secara lengkap semua warna pada tiap kelompok, pastikan tiap kelompok mendapat 3 lembar untuk tiap emoticon yang sama warna.

Mintalah mereka menata EMOTICON masing masing pada tengah tengah lingkaran tempat mereka duduk. Siapkan BOLA warna MERAH 3 buah untuk TIAP KELOMPOK, dimana 3 bola ini akan diberikan pada guru pembimbing masing masing kelompok

Siapkan BOLA warna KUNING  15-20buah untuk sebagai penanda score tiap kelompok, lengkap dengan keranjang/kardus untuk menempatkan bola score ini, sejumlah kelompok yang ada. Tugas guru pembimbing adalah: memberikan 3 bola pada anggota bimbingannya secara bergilir, kali ini anak a,b,c nanti jika sudah selesai, kini giliran d,e,f, jika sudah , nanti berganti dengan giliran anak g-h-i, dan jika selesai kembali ke anak a,b,c lagi, dengan demikian semua anak pasti akan mendapat giliran memainkan EMOTICON ini Berikan peraturan pada anak-anak, sbb:

  • Jika mendengar kata SEDIH dalam cerita Bapak/Ibu..cepat-cepat ambil emoticon SEDIH, dan 3 anak dalam kelompok harus memasang di wajah, GAMBAR TIDAK BOLEH TERBALIK, siapa yang paling cepat 3 orang memasang gambar di wajah dengan tidak terbalik, dia kelompok pemenang !!
  • Pengumpul point terbanyak, dia kelompok pemenang
  • Bagaimana tandanya bahwa sekarang ini adalah saat yang tepat untuk memilih emoticon yang tepat….???? Tandanya jika Bapak/Ibu guru sudah selesai berbicara….atau sudah diam…contoh:
    • Waktu itu anak-anak…Sang kakak marah dan tidak mau masuk ke rumah… ( ini bukan saat yang tepat..karena setelah menyebutkan mata marah- bapak/ibu guru masih terus berbicara)
    • Waktu itu anak-anak…Sang kakak tidak mau masuk ke rumah karena ia MARAH. ……(Guru diam) ‚Äď inilah saat yang tepat untuk mengambil EMOTICON, karena guru sudah diam, tidak berbicara lagi…

Guru bercerita pada anak-anak sbb: (menggunakan teks Alkitab, tetapi anda bisa kembangkan sendiri

Tujuan: hidup dalam pertobatan seperti si Bungsu.

Perumpamaan tentang anak yang hilang 15:11¬†Yesus berkata lagi:¬†“Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki.¬†a¬† 15:12¬†Kata yang bungsu¬†kepada¬†ayahnya: Bapa, berikanlah¬†kepadaku¬†bagian harta milik kita yang menjadi hakku.¬†b¬† Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu¬†c¬†¬†di antara mereka.

BAPA = 9 BIRU MUDA= BERSEDIH

15:13 Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh 4 . Di sana ia memboroskan harta miliknya itu d  dengan hidup berfoya-foya.

BUNGSU= 8 HIJAU TUA= TERTAWA HA HA HA

15:14 Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan iapun mulai melarat.

BUNGSU = 1 PUTIH = MENANGIS

15:15 Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya. e  15:16 Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu

BUNGSU= 9 BIRU MUDA= BERSEDIH ,

tetapi tidak seorangpun yang memberikannya kepadanya.

ORANG-ORANG = 6 HITAM= mengejek sambil menjulurkan lidah

15:17 Lalu ia menyadari keadaannya 5 , katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. 15:18 Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa f  terhadap sorga dan terhadap bapa, 15:19 aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.

BUNGSU = 1 PUTIH = MENANGIS

15:20 Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh 6 , ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan 7 . Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. g 

BAPA= 2 BIRU TUA = MENCIUM

15:21 Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, h  aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa.

BUNGSU = 1 PUTIH = MENANGIS

15:22 Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah i yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya j  dan sepatu pada kakinya. 15:23 Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita. 15:24 Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, k  ia telah hilang 8  dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria. l 

BAPA = 8 HIJAU TUA= TERTAWA HA HA HA

Ada hamba-bambanya yang tertawa, ada yang tersenyum sambil memejamkan mata, ada juga yang tersenyum dengan mata terbuka

HAMBA-HAMBANYA = 8 HIJAU TUA= TERTAWA HA HA HA

HAMBA ‚ÄďHAMBANYA = 4 UNGU= TERSENYUM SAMBIL MEMEJAMKAN MATA

HAMBA-HAMBANYA = 10. ORANYE= TERSENYUM DENGAN MATA TERBUKA

15:25Tetapi anaknya yang sulung berada di ladang dan ketika ia pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian. 15:26 Lalu ia memanggil salah seorang hamba dan bertanya kepadanya apa arti semuanya itu.

SULUNG = 3. HIJAU MUDA= BERTANYA TANYA

15:27Jawab hamba itu: Adikmu telah kembali dan ayahmu telah menyembelih anak lembu tambun, karena ia mendapatnya kembali dengan sehat.

SULUNG = 7. COKLAT= ‚ÄúOOOOOO….‚ÄĚ untuk menunjukkan bahwa dia sudah mengerti akan apa yang baru dikatakan tadi

15:28 Maka marahlah 9  m  anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia.

SULUNG= 5. MARAH

15:29 Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku. 15:30 Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan n  bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, o  maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia. 15:31 Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu. 15:32 Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. p 

BAPA= 9. BIRU MUDA= BERSEDIH

 

Keterangan: anda bisa memakai metode emoticon ini untuk kisah-kisah lainnya !!

Evaluasi:

Saat di rumah Melody anak saya sehari setelah saya bercerita di sekolah minggu mengenai materi ini, saya chek apakah dia bisa menangkap cerita dengan baik kira kira seperti ini percakapan saya dengannnya:

Mama: kemarin mama cerita apa ya?

Mhel: ayah yang punya dua orang anak

mama: anaknya ngapain..??

Mhel: minta warisan…

Mama; Trus..?

Mhel: pergi habiskan uangnya..

Mama: Trus..?
Mhel: dia mau bertobat

mama: kalau sang sulung/kakak?

Mhel: dia tidak mau masuk kan ma..? Tidak mau bertobat kan..?

Nah buat para guru: jangan kuatir dalam games ini seolah olah anak-anak tidak memperhatikan cerita anda, sebenarnya mereka menyimak semuanya, tetapi karena mereka punya daya kompetisi yang tinggi, maka seolah-olah mereka sibuk dengan games dan lomba antar kelompok ini, tetapi nanti kita akan terkejut, ternyata semua cerita kita mereka serap…bagaimana tidak? Jika mereka tidak perhatian, mereka bisa bisa mengambil emoticon yang salah bukan..?

Penulis: jeniuscaraalkitab

Menjadi Alat di Tangan Tuhan untuk Mencetak Generasi Jenius bagi Kemuliaan Nama Tuhan

3 thoughts on “85. ANAK YANG HILANG DENGAN METODE EMOTICON”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s