MEMBUAT PUZZLE AYAT DARI TANGGALAN BEKAS


1. AMBIL TANGGALAN BEKAS TAHUN YANG SUDAH LEWAT

1. AMBIL TANGGALAN BEKAS TAHUN YANG SUDAH LEWAT

2. BOLEH TANGGALAN ROHANI ATAU SEKULER, ASAL GAMBAR JANGAN YANG SERONOK
2. BOLEH TANGGALAN ROHANI ATAU SEKULER, ASAL GAMBAR JANGAN YANG SERONOK
3.. SIAPKAN CUTTER
3.. SIAPKAN CUTTER
4. SOBEK BAGIAN ATAS DENGAN HATI-HATI, CUTTER TEPI YANG TIDAK RAPI
4. SOBEK BAGIAN ATAS DENGAN HATI-HATI, CUTTER TEPI YANG TIDAK RAPI
5. CONTOH GAMBAR YANG DIAMBIL
5. CONTOH GAMBAR YANG DIAMBIL
6. POTONG GAMBAR MENJADI EMPAT
6. POTONG GAMBAR MENJADI EMPAT
7. PILIH AYAT YANG SESUAI DENGAN GAMBAR
7. PILIH AYAT YANG SESUAI DENGAN GAMBAR
8. JIKA DI TANGGALAN SUDAH ADA AYAT, PAKAI AYAT ITU SAJA
8. JIKA DI TANGGALAN SUDAH ADA AYAT, PAKAI AYAT ITU SAJA
9. PRINTBALIK GAMBAR DENGAN POSISI KIRI ATAS BERISI ALAMAT AYAT DAN FRASE PERTAMA
9. PRINTBALIK GAMBAR DENGAN POSISI KIRI ATAS BERISI ALAMAT AYAT DAN FRASE PERTAMA
10. PRINT KANAN ATAS SEBAGAI FRASE KEDUA DENGAN WARNA TINTA YANG SAMA
10. PRINT KANAN ATAS SEBAGAI FRASE KEDUA DENGAN WARNA TINTA YANG SAMA
11. PRINT BALIK DARI GAMBAR KE TIGA, SEBELAH KIRI BAWAH
11. PRINT BALIK DARI GAMBAR KE TIGA, SEBELAH KIRI BAWAH
12. PRINT KANAN BAWAH SEBAGAI FRASE TERKAHIR AYAT
12. PRINT KANAN BAWAH SEBAGAI FRASE TERKAHIR AYAT
13. SIAP DILAMINATING
13. SIAP DILAMINATING
14. CONTOH GAMBAR UKURAN KECIL, BAGI DUA
14. CONTOH GAMBAR UKURAN KECIL, BAGI DUA
15. PRINT ATAS DAN BAWAH
15. PRINT ATAS DAN BAWAH
16 DARI SATU TANGGALAN MENGHASILKAN UKURAN YANG SAMA DENGAN BULAN LAINNYA
16 DARI SATU TANGGALAN MENGHASILKAN UKURAN YANG SAMA DENGAN BULAN LAINNYA
17. BANGKITKAN IMAJINASI ANAK KAITKAN GAMBAR DAN AYAT
17. BANGKITKAN IMAJINASI ANAK KAITKAN GAMBAR DAN AYAT
18. GAMBAR YANG TAMPAKNYA PERLU DIBUANG TERNYATA BISA DIPAKAI
18. GAMBAR YANG TAMPAKNYA PERLU DIBUANG TERNYATA BISA DIPAKAI
19. JANGAN BUANG BESI UNTUK PANJI-PANJI (CALON TULISAN SAYA BERIKUTNYA)
19. JANGAN BUANG BESI UNTUK PANJI-PANJI (CALON TULISAN SAYA BERIKUTNYA)
20. JANGAN BUANG SISA TANGGALAN UNTUK LABEL KANTUNG KACANG
20. JANGAN BUANG SISA TANGGALAN UNTUK LABEL KANTUNG KACANG
21. JANGAN BUANG TEPI LOBANG UNTUK JALAN LEBAR DAN SEMPIT
21. JANGAN BUANG TEPI LOBANG UNTUK JALAN LEBAR DAN SEMPIT
22. MENGUTAMAKAN GAMBAR TAMPAK ATAS
22. MENGUTAMAKAN GAMBAR TAMPAK ATAS
23. TUMPUKAN GAMBAR TAMPAK ATAS
23. TUMPUKAN GAMBAR TAMPAK ATAS
24. TUMPUKAN TAMPAK AYAT
24. TUMPUKAN TAMPAK AYAT
25. SERU DAN ASHIK
25. SERU DAN ASHIK

Sudah sejak dulu saya sering mengkoleksi gambar-gambar dari tanggalan yang biasanya kertasnya tebal, apik dan tidak jarang maknanya dalam. Tetapi sungguh sayang, koleksi itu numpuk di gudang dan akhirnya rusak begitu saja, karna tidak selalu gambar yang dikoleksi itu menjadi bahan peraga cerita, bahkan terkadang kita sudah lupa gambar apa saja yang kita punya.

Suatu ketika, saya melihat mainan Puzzle Ayat , terbitan dari sebuah yayasan pelayanan anak, dimana mainan itu menunjukkan gambar cerita alkitab, yang dibagi dua, dan dibawahnya ada tercantum ayat bersambung.

Sebuah gagasan Tuhan berikan untuk membuat Puzzle ayat, tetapi ayat dicantumkan di belakang gambar, dan gambar bisa terdiri dari gambar apa saja, asal kita pandai-pandai memilih ayat yang tepat.PUJI TUHAN.

Saya pun membeli plastik laminating yang anda bisa beli di toko buku, selembarnya lebih kurang seharga Rp 1000.00, karna sudah bisa melaminating sendiri, menggunakan kain alas, plastik laminating, serta kain di atas plastik, dan setrika dengan tingkat panas yang pas.

Cara membuat Puzzle ayat ini, dapat anda baca di tiap keterangan foto yang saya tampilkan di tulisan ini. Saya hanya ingin mengomentari hal-hal yang perlu mendapat perhatian saja:

Buat serapi mungkin, gunakan cutter, penggaris, pensil, dll

Pilih ayat yang sesuai menggunakan http://www.sabda atau konkordansi online lainnya

Copy-Paste saja ayat dari http://www.sabda tersebut, sehingga anda tidak perlu mengetik ulang, tetapi jangan lupa menghapus huruf-huruf dan tanda-tanda yang tidak diperlukan. (karna kalau anda mengetik ulang, kemungkinan keliru ketik lebih besar)

Pelajari cara menge-print dengan baik, dengan cara:

  • susun gambar yang telah dipotong menjadi 4 itu sebagai gambar utuh
  • ambil dahulu sisi kiri atas
  • ukur kertas panjang dan lebarnya
  • pakai WORD saja, dan beri ukuran menggunakan pilihan COSTUM
  • Enol-kan semua margin kiri, kanan, atas maupun bawah
  • pilih warna huruf yang sama dalam semua ayat (sehingga ketika anak-anak main, mereka  tidak dimudahkan begitu saja, dengan pilihan warna huruf)
  • Pastikan mengambil model CENTER, sehingga tulisan tampak tengah
  • setelah itu, sadari bahwa sistem print itu mengeluarkan kertas dalam keadaan terbalik, jadi yang kita lakukan adalah
    • Pastikan gambar menghadap ke kita
    • Pegang bagian bawah gambar, dan balik
    • Balik sehingga gambarnya menjungkir balik membelakangi kita
    • Masukkan dalam printer, rapikan tepi pembatas printer
    • Siap print
  • Jika tanggalan anda terlalu tipis kertasnya, ada baiknya ditempel dahulu di kertas tebal, karna menurut pengalaman saya, kertas tipis akan membuat masalah dalam printer anda, bisa-bisa gambar menjadi sobek.
  • Bagaimana jika ada tanggalan kembar…? Tetap kita buat semua dengan ayat yang berbeda (jadi bisa dipakai untuk kelompok lain, atau untuk kelompok yang sama, toh tetap ayatnya beda) Misal : gambar bunga, bisa diisi ayat, Tuhan mendanani kita, atau ayat yang menyangkut mengenai Dia menginginkan kita menyebarkan keharuman, dll

PENGGUNGAAN PUZZLE AYAT  INI:

  1. Untuk anak batita/balita : yang dipakai adalah gambarnya, untuk :
    • peraga saat bercerita
    • tanya jawab, mana gambar daun? mana gambar kacamata? atau dibalik : Ini gambar apa? Kalau yang ini warna apa?, dll
    • bagi puzzle yang hanya terdiri dari dua potong, beberapa dari mereka (4-5 tahun) sudah bisa menyusunnya.
    • guru mengajak anak membaca ayat di belakang gambar sambil mengurutkan suku kata menggunakan jari (tanpa mengeja – tapi langsung dibaca) – ini adalah tehnik mengajar anak balita membaca (metode Glenn doman)

Untuk anak kelas tengah (1-3 SD)

    • LOMBA PUZZLE GAMBAR
    • Memakai gambar untuk lomba puzzle antar pribadi, atau antar kelompok.
    • Bisa dengan cara bergantian tiap kelompok, yang perhitungan waktu tercepat, menang, bisa juga dengan membagi puzzle dalam jumlah sama adil, dan dilombakan, yang tercepat dan tepat menang
    • untuk lomba puzzle gambar ini, pastikan menumpuk dan mengacak gambar, dengan cara GAMBAR TAMPAK ATAS SEMUA, sehingga mereka dilarang melihat ayat di belakangnya, selama berlomba, setelah semua perhitungan waktu dihitung, barulah di cek menggunakan ayat yang tertera di belakang gambar
    • Untuk cek apakah gambar yang disusun sudah benar, balik setiap gambar dari kiri atas, kanan atas, dan kiri bawah serta kanan bawah, kalau ayatnya nyambung/ betul, berarti dapat nilai 100
    • Nilai 100 untuk tiap ayat betul, jika mendapat 4 paket, betul semua, nilai 400, jika nilai sama dengan kelompok lain, baru perhitungan waktu yang menentukan siapa pemenangnya.

UNTUK KELAS BESAR (4-6 SD)

  • LOMBA PUZZLE AYAT
    • Memakai ayat sebagai lomba puzzle ayat, sama dengan di atas, boleh antar pribadi atau kelompok dengan aturan main yang sama dengan lomba puzzle gambar
    • Bisa dengan cara bergantian tiap kelompok, yang perhitungan waktu tercepat, menang, bisa juga dengan membagi puzzle dalam jumlah sama adil, dan dilombakan, yang tercepat dan tepat menang
    • untuk lomba puzzle ayat ini, pastikan tumpukan acak pertama, tampak atas, adalah AYAT.
    • Untuk cek apakah ayat ini tepat, setelah perhitungan waktu dicatat, dibuka tiap ayat dari kiri atas, kanan atas, kiri bawah, dan kanan bawah, jika gambarnya cocok/nyambung berarti betul, dapat nilai 100
    • Nilai 100 untuk tiap ayat betul, jika mendapat 4 paket, betul semua, nilai 400, jika nilai sama dengan kelompok lain, baru perhitungan waktu yang menentukan siapa pemenangnya.

Bisa juga dipakai untuk lomba menghafal ayat hafalan yang ada di balik gambar, pada saat diberi waktu latihan, mereka diwajibkan mencipta gerak dan ayat, gambar di balik ayat dipakai untuk memudahkan peserta mengimajinasikan isi ayat dibalik gambar yang terkait,  dan nanti pada saat presentasi, boleh melihat gambarnya saja, Semakin banyak ayat yang tepat, semakin menang. (Disarankan untuk kelas PRA REMAJA/ REMAJA)<

klik tautan berikut ini untuk mengerti kegunaan sisa-sisa ini , tetapi khusus untuk yang besi-nya,  belum saya terbitkan tulisannya (tetapi ide sudah ada…nanti itu berguna untuk materi PANJI-PANJI KRISTUS)- nantikan tulisan berikut ini.Aktifitas ini dapat anda gunakan untuk:

  • Membuat bersama guru-guru lainnya
  • Membuat bersama keluarga di hari libur
  • Menjadikannya lomba di sela-sela acara reat-reat/ SIL/ Sekolah Injil Liburan/ Family Camp, dll

Jangan buang sisa sisa kertas bekas lubang, besi, dan angka-angka yang ada (semua berguna), untuk mengetahui kegunaannya, klik tautan berikut

ANGKA-ANGKA PADA TANGGALAN JANGAN DIBUANG, DAPAT DIPAKAI SEBAGAI LABEL KANTUNG KACANG

KERTAS BEKAS SOBEKAN BERLUBANG -LUBANG JANGAN DIBUANG, BISA DIPAKAI UNTUK PERAGA JALAN LEBAR DAN SEMPIT

NAMA HARI, BULAN JANGAN DIBUANG, KARNA BISA DIPAKAI UNTUK DITEMPEL DI HASIL JIPLAKAN DAUN PISANG PADA MATERI CATATAN SI YUSUF

zwani.com myspace graphic comments

2 pemikiran pada “MEMBUAT PUZZLE AYAT DARI TANGGALAN BEKAS

Tinggalkan komentar